Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12


Infinix Mobile kembali memanaskan pasar ponsel tanah air dengan memperkenalkan varian baru smartphone mid-range miliknya, Infinix Note 12. Seri Note menjadi salah satu produk andalan Infinix karena biasanya mengusung spesifikasi yang mumpuni untuk berbagai kebutuhan namun dipasarkan dengan harga yang terjangkau.

Dalam Infinix Note 12 ini, Infinix menghadirkan sejumlah update spesifikasi yang cukup menarik dan terbilang jarang dilakukan produsen lainnya. Update yang dihadirkan ialah penggunaan layar panel AMOLED, memori internal super besar 256 GB dan fast charging 33W. Spesifikasi baru ini terbilang masih jarang dihadirkan di kelas harga dan jajaran ponsel mid-range lainnya.

Bila itu belum cukup menarik, Infinix juga menghadirkan dapur pacu yang berperforma untuk kebutuhan multitasking berkat adanya chipset mediatek G96 dan RAM berukuran besar.

Produsen asal Hongkong ini bahkan percaya diri bahwa ponsel Android terbarunya ini bisa dipakai untuk multitasking, chatting, nonton Youtube, mengerjakan pekerjaan kantor hingga bermain game dengan nyaman berkat spesifikasi baru yang ditawarkan. 

Nah, pertanyaannya, apa saja kelebihan lain yang ditawarkan Infinix Note 12? simak artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Note 12 ini sampai habis.

Spesifikasi Infinix Note 12

Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(depth)


MP
(AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.799.000

Kelebihan Infinix Note 12

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Infinix Note 12. Enam poin itu menjadi nilai jual dari ponsel mid-range ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Menarik, Plastik Mirip Metal

infinix note 12

Infinix menjadi contoh produsen ponsel yang mulai hadir dengan desain lebih segar dan berkelas dalam setiap produknya. Tidak ada lagi kesan produk murahan ala HP Cina. 

Infinix sendiri berasal dari Hongkong. Namun, perusahaan ini didirikan oleh perusahaan Wireless asal Prancis dan Transsion Holdings yang memiliki kantor pusat di Shenzhen, China. Jadi tetap dari Cina atau Tiongkok. 

Balik lagi ke soal desain Infinix Note 12. Sekilas desain ponsel Infinix terbaru ini terinspirasi dari iPhone. Bagian bodi belakang tampak bersih dengan modul kamera berbentuk persegi panjang yang vertikal.

Menariknya, bodi belakang ini mirip bahan metal padahal aslinya masih berbahan plastik. Bagian rangka pinggir juga masih terbuat dari plastik yang diklaim masih nyaman digenggam tangan dan tidak mudah licin. 

Modul kamera si ponsel dibuat lebih segar dengan penempatan kamera yang baru. Modul kamera sedikit menonjok keluar. Dalam modul ini terpasang kamera utama yang berukuran besar.

Dibawah kamera utama, terdapat dua kamera kecil tambahan yang ditempatkan bersebelahan. Untuk posisi LED Flash berada di bawah kamera kecil. Untuk tampilan depan, smartphone ini memiliki desain kaca seperti pada ponsel pada umumnya. Untuk kamera depan, desainnya menggunakan model waterdrop.

Selain modul kamera yang berbeda, Infinix Hot 12 juga mengalami peningkatan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 164,4 x 76,7 x 7,9 mm dengan bobot 185 gram. Sang pendahulunya, Infinix Hot 11 hanya memiliki ketebalan 8,9 mm dan berbobot 200 gram. Walaupun dimensinya menyusut, kesan smartphone bodi besar masih melekat kuat di HP ini.

2. Layar Full HD dan Pemindai Sidik Jari di Samping

Salah satu alasan HP infinix cukup laris di pasaran tentu saja karena alasan ukuran layarnya yang besar. Ukuran layar yang besar akan membuat pengalaman bermain game maupun menonton video di HP lebih terasa nyaman dan puas. Layar yang lebar juga memudahkan kamu dalam melakukan berbagai aktivitas.

Untuk spesifikasi layar, Infinix Note 12 menggunakan layar berukuran 6,7 inci. Ukuran layar ini terasa masih pas untuk penggunaan harian maupun untuk gaming. Menariknya, layar ini sudah menggunakan panel AMOLED dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel. Alhasil layar si ponsel mampu menampilkan kontras yang lebih baik dan warna yang lebih hidup dibanding HP pesaingnya.

Oh iya, layar Infinix Note 12 juga mendukung refresh rate 90 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan yang mulus serta responsif. Apalagi, Infinix menghadirkan teknologi True Color yang membuat warna yang ditampilkan lebih impresif dan membuat layar lebih hemat daya.

Baca juga  15 Game Perang Pesawat Tempur Terbaik di HP Android

Menurut penguji dari Nasilemaktech,com, layar HP ini mampu menghasilkan tampilan yang cerah dan warnanya cukup akurat. Layarnya enak dipakai untuk seluruh aktivitas, termasuk main game dan menonton video. Apalagi layar ini memiliki kecerahan 514 nits sehingga masih nyaman untuk penggunaan di luar ruangan.

Untuk sistem keamanan, HP Infinix Note 12 ini sudah dibekali pemindai sidik jari yang terletak di bodi samping menyatu dengan tombol power.

Penempatan fitur sidik jari ini dimaksudkan untuk memudahkan kamu dalam membuka atau mengunci HP dengan lebih cepat. Sensor sidik jari ini cukup sensitive sehingga akan mudah ketika digunakan.

3. Kualitas Suara Mumpuni Berkat Speaker Stereo

infinix note 12

Kualitas visual Infinix Note 12  tak perlu diragukan lagi berkat panel AMOLED. Namun, suatu ponsel dapat dikatakan memiliki kemampuan baik jika bisa menghasilkan kualitas audio bagus. Maka dari itu Infinix menghadirkan speaker stereo dalam seri ini.

Speaker dengan konfigurasi stereo sudah disokong oleh teknologi DTS dual-speaker untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima. Speaker utama note 12 ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas, menyatu dengan earpiece.

Penguji Chris Martin dari Techadvisor.com bilang bahwa speaker HP ini memiliki suara cukup lantang. Komposisi suaranya juga cukup berimbang. Bahkan suara yang dihasilkan lebih baik dibanding ponsel dengan harga dua kali lipat di atasnya.

4. Dapur Pacu yang Oke di Kelasnya

infinix note 12

Infinix menyadari kebutuhan smartphone yang mampu untuk multitasking terus meningkat. Maka produsen ini menghadirkan dapur pacu yang bertenaga memakai SoC Mediatek Helio G96.

SoC Mediatek Helio G96 ini merupakan chipset kelas menengah yang dibangun dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini mendukung tampilan resolusi Full HD+ untuk scrolling halaman web dan animasi yang lebih mulus di berbagai aplikasi. SoC ini mendukung kamera resolusi tinggi untuk foto yang lebih detail hingga model 4G LTE yang cepat.

Mediatek Helio G96 mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah dua core berbasis Cortex a76 (2,0 GHz) dan enam core Cortex A55 (2,0 GHz). 

Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Mali G57, Fitur pengurangan Noise 3D , dan modem internal 4G Cat-13. Chipset Helio G96 ini didukung RAM 8 GB LPDDR4X dan memori internal 128 GB dan 256 GB berjenis UFS 2.2. 

Menariknya, terdapat fitur extended RAM yang menambah hingga 5 GB secara virtual. Itu berarti, i HP ini akan memiliki total RAM 13 GB. Dengan dukungan RAM dan memori penyimpanan berkapasitas besar, pantaslah HP Android 4G ini menyebut diri sebagai Multitasking Master. Apalagi untuk ponsel mid-range, memori internal 256 GB masih jarang.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh akun Youtube, Jagat Review. Pada AnTuTu 9, Infinix Note 12 mencetak skor 320.986 sebelum update sistem dan skor 328.645 setelah update sistem. Skor tersebut sudah tinggi untuk ponsel mid-range.

Pengetesan selanjutnya adalah mengenai kemampuan CPU pada GeekBench 5.  Hasilnya impresif, skor single-core HP setelah mendapat update menyentuh 501, sedangkan multi-core-nya tembus 1769. 

Dalam pengujian di kondisi nyata, performa HP Infinix terbaru ini mampu melahap seluruh tugas harian dengan mulus lancar. Multitasking, browsing, streaming, mengedit gambar, dan bermain game, semua terasa lancar.

Adapun pada pengujian game oleh Jagat Riview, Infinix Note 12 mampu menjalankan game PUBG Mobile, Apex Legends Mobile dan Mobile Legends dengan baik.

Tidak ada penurunan fps dan jitter yang mengganggu game play. Seluruh game lancar dimainkan pada kualitas grafik terbaik. Misal game Apex Legends dapat dimainkan dengan setting grafis HD menghasilkan frame rate rata-rata 40 fps. Untuk game Mobile Legends dengan seting High-HD-Shadow On menghasilkan frame rate 57-60fps.

Sayangnya untuk game kelas berat seperti Genshin Impact, Infinix Note 12 ini mengalami penurunan fps dan performa yang cukup drastis.  

5. Hasil Kamera Oke

infinix note 12

Tidak hanya membenahi bagian layar dan mesin, Infinix juga menghadirkan ubahan di sektor kamera. Produsen cukup serius membenahi sektor ini. Terbukti dengan penggunaan tiga kamera belakang dan sebuah kamera depan, dengan penggunaan teknologi Ultra Night Camera di kamera utamanya.

Baca juga  15 Laptop MSI Terbaru yang Siap Dibeli di Tahun 2022

Nah, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, Infinix memasang sensor 50 MP dengan ukuran 1/2,8 inci. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.6, dilengkapi autofokus PDAF.

Lalu kamera kedua memiliki resolusi 2 MP memiliki fungsi sebagai kamera depth. Kamera ini punya bukaan f/2.4, dan terakhir mengenai kamera kecil yang ada dipaling bawah, kamera 0,3 MP yang belum jelas fungsinya. Untuk kamera selfie, resolusinya 16 MP (f/2.5).

Kamera Infinix Note 12 diklaim mampu menghasilkan foto yang jelas dan berwarna baik siang hari maupun malam hari. Hal ini disebabkan sensor kedalaman baru dan lensa teknologi Ai, mampu membantu mempertajam hasil foto. Selain itu penggunaan sensor gambar terbaru juga membantu kamera Infinix menghasilkan foto yang detail dan jelas di malam hari. 

Perihal perekaman video, resolusi 2K 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 30 fps.

Untuk pengujian kamera, Techadvisor.com fokus pada kamera utama 50 MP. Kamera utama ini sanggup menghasilkan foto detail, exposure yang sesuai dan warna yang akurat. Untuk foto di luar ruangan, kamera Infinix Note 12 masih menghadirkan sedikit noise.

Sementara situs Ungeek.ph mengatakan kalau kualitas kamera utama ponsel ini mampu hadirkan foto bagus, baik di luar ruangan di siang hari dan di dalam ruangan. Gambar yang diambil dalam situasi ini memiliki warna yang bagus dan detail yang cukup banyak.

Masih menurut Ungeek.ph, kualitas kamera saat malam hari cenderung mengalami penurunan kualitas gambar. Terutama, ketika mengambil foto mode otomatis. Untuk mendapatkan kualitas gambar yang cerah dan detail, mode malam justru wajib diaktifkan.

Untuk swafoto, kamera depan 16MP mampu menangkap gambar berkualitas baik yang seharusnya bagus untuk sebagian besar pengguna.

Berikut beberapa contoh hasil foto kamera Infinix Note 12.

hasil foto infini note 12
Hasil Foto Infinix Note 12
hasil foto infini note 12
Hasil Foto Infinix Note 12
Hasil foto infini note 12 night modeSumber: Ungeek.ph
Hasil Foto Infinix Note 12 Night Mode
hasil foto infini note 12 selfie_Sumber: Ungeek.ph
Hasil Foto Infinix Note 12 Selfie

Walaupun demikian untuk penggunaan media sosial, kamera HP ini sudah cukup bisa diandalkan. Untuk kamera selfie sendiri sudah cukup detail. Namun, untuk mode portrait, bagian sekitar rambut objek masih terasa berantakan. 

6. Daya Tahan Baterai yang Baik 

infinix note 12

Dengan spesifikasi baru ini, sayangnya, Infinix masih mempercayakan kapasitas baterai 5000 mAh di balik bodi Note 12. Kapasitas ini memang dianggap masih ideal untuk penggunaan harian saat ini. 

Untungnya ,Infinix menyematkan Infinix Note 12 dengan teknologi pengisian cepat 33W. Hal menariknya lagi, charger 33W beserta kabelnya sudah disertakan dalam paket penjualan.

Dengan charger bawaannya, waktu pengisian ponsel jadi cepat. Seperti pengujian yang dilakukan nasilemaktech.com, Infinix Note 12 bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 96 menit. Pengecasan dengan tempo singkat itu dilakukan untuk mengisi baterai 15% hingga penuh.

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. Infinix Note 12 mendukung konektivitas yang lengkap. Mulai dari jaringan seluler 4G, WIFi dual-band, dan Bluetooth 5.0. Dengan modul 4G yang terdapat di SoC Mediatek G96, konektivitas 4G di HP ini cukup cepat dan akurat. 

Kekurangan Infinix Note 12

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti kamu perhatikan terhadap Infinix Note 12. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi kamu dalam melihat ponsel ini.

1. Sisi Minus Desain

Ponsel mid-range buatan Infinix ini memang hadir dengan desain yang besar. Hal ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, ditengah padatnya kegiatan manusia saat ini, desain smartphone yang besar memang menjadi penghambat. Kamu tentu tidak dapat dengan mudah menyimpan atau membawa HP Infinix ini. 

Selain itu, desain kamera selfie ini kembali menggunakan desain model lama yakni waterdrop. Desain kamera depan ini terbilang jadul dan cukup mengganggu. Pasalnya beberapa ponsel Android terbaru sudah menggunakan desain yang lebih minimalis sehingga layar HP tampak lebih luas.

2. Masalah Software

infinix note 12

Infinix Note 12 dibekali sistem operasi Android 12 dengan balutan software antarmuka XOS 10.6. Ada banyak fitur menarik yang dimiliki antarmuka ini, baik untuk sekadar mengubah penampilan maupun optimasi performa. Sayangnya, pengalaman mengoperasikan ponsel dengan software HP ini masih kurang. Penyebabnya karena ada cukup banyak bloatware (aplikasi prainstal) dan munculnya notifikasi atau iklan yang tidak diharapkan dari bloatware tersebut. 

Baca juga  Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone realme

Tidak hanya itu, ketidakjelasan akan update sistem Android juga menjadi kekurangan HP ini. Padahal beberapa produk HP lain sudah memberikan garansi akan mendapat update sistem hingga 2 tahun ke depan.

3. Masih dengan Gimmick Kamera  

infinix note 12

Sejumlah produsen smartphone saat ini berlomba-lomba menghadirkan kamera belakang dengan jumlah empat bahkan lebih. Penggunaan kamera dengan jumlah banyak ini dimaksudkan setiap kamera memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Nah, infinix pun menghadirkan desain kamera yang lebih dari dua. Sayangnya, dari tiga atau empat buah kamera yang ada di belakang. Biasanya hanya ada dua kamera saja yang berfungsi yakni kamera utama dan sebuah kamera depth. Sedangkan kamera tambahan lainnya tidak jelas fungsinya.

Beberapa keterangan menyebut kamera ketiga dan kamera keempat di bodi belakang HP Infinix merupakan kamera QVGA yang berfungsi sebagai kamera AI. Bisa dibilang, ini tipe kamera gimmick yang sering dipakai Infinix.

Ini tentu menjadi kekurangan HP Infinix Note 12 yang perlu di kaji ulang oleh produsen. Pasalnya, dengan harga jual yang sama, banyak ponsel Android yang menggunakan kamera belakang lebih baik. Infinix bisa memikirkan untuk menghadirkan kamera ultrawide atau kamera telephoto agar ponsel ini makin gahar di sektor fotografinya.

Selain itu, sejumlah fitur sudah disematkan pada aplikasi kamera Infinix Hot 12. Mulai dari short video, video, AI cam, Beuty, Portrait, Super Night, AR Shot, Panorama, slow motion hingga Time Lapse. Sekilas fitur yang ditawarkan memang cukup lengkap. Namun, kalau kamu jeli, kamu akan menemukan bahwa tidak ada fitur professional dan fitur makro pada HP Android ini.

4. Minim Fitur Pelindung 

infinix note 12

Ada banyak fitur yang disematkan pada HP Infinix terbaru ini. Namun, untuk kelas ponsel mid-range, fitur perlindungan yang ditawarkan produsen sangatlah minim. Dalam paket pembelian misalnya, Infinix hanya memberikan anti gores biasa. Padahal layar HP infinix Note 12 cukup lebar sehingga rentan tergores bahkan retak atau pecah. Ditambah lagi, produsen tidak menghadirkan anti gores berkualitas macam Corning Gorilla Glass.

Kekurangan yang perlu diperhatikan dari desain HP ini adalah desain kamera modulnya. Infinix sudah memperlihatkan upaya penyegaran desain dengan bentuk modul yang berbeda. Hanya saja, modul kamera ini sedikit menonjol keluar. Hal ini tentu membuat bagian kaca kamera mudah tergores bahkan pecah seperti di beberapa kasus HP Infinix sebelumnya.

Tidak hanya itu, HP Android ini juga belum dibekali fitur anti air maupun fitur anti debu. Ini memang sedikit mengecewakan karena di kelas harga yang sama, beberapa smartphone sudah menggunakan fitur anti air maupun anti debu meski fiturnya level terendah.

Simpulan

Infinix Mobile mengklaim Infinix Note 12 sebagai Multitasking Monster. Hal ini nampak benar adanya mengingat HP ini menggunakan dapur pacu yang powerfull berkat SoC Mediatek Helio G96 dan RAM 8 GB.

Kinerjanya dipastikan akan lancar dan cepat untuk sekadar membuka media sosial atau bermain game. Meski bukan difokuskan bermain game, HP ini nyatanya bisa memainkan sejumlah game kekinian dengan grafis HD hingga ultra dengan lancar.

Sayangnya, HP Android Infinix ini hanya dibekali kamera 50 MP dan 2 MP saja di bagian belakang dan kamera depan 16 MP. Untuk penggunaan harian, kamera HP Infinix ini memang sudah cukup memadai. Namun, untuk penggunaan kamera yang butuh detail tentu saja kamera ini tidak bisa diandalkan. Selain itu, tidak adanya fitur pelindung layar depan maupun pelindung anti air juga menjadi kekurangan yang wajib kamu perhatikan kala membeli HP ini.

Dipasarkan dengan harga Rp2.800.000,00 , Infinix Note 12 memang dipersiapkan untuk ponsel harian yang siap melibas berbagai kegiatan multitasking termasuk gaming. Ponsel ini cocok untuk kamu anak muda yang membutuhkan ponsel harian dengan performa gahar harga terjangkau. Bagaimana menurut kamu, apakah ponsel ini cukup menarik?


https://actoncloud.com