10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 12 VIP


Infinix Indonesia kembali memperkenalkan ponsel mid-range terbarunya yakni Infinix Note 12 pada Mei 2022. Tak hanya memperkenalkan satu tipe HP saja, seri Note terbaru hadir dalam beberapa varian HP yakni Infinix Note 12, Infinix Note 12i dan Note 12 VIP. Di Indonesia sendiri, Infinix hanya memasukan Infinix Note 12 dan Infinix Note 12 VIP secara resmi, setidaknya saat artikel ini dibuat.

Nah, untuk seri Note 12 VIP ini menjadi salah satu varian baru HP Infinix Note series yang diklaim sebagai varian paling tinggi untuk seri Note.

Sektor yang paling ditonjolkan Infinix pada Infinix Note 12 VIP cukup menggoda, yaitu kamera dan baterai. Dua faktor yang membuat sektor kamera menonjol tak lain karena Infinix kali ini menghadirkan kamera resolusi besar 108 MP dan adanya teknologi Laser Detection Auto Focus.

Di bagian baterai, HP Infinix terbaru 2022 ini memang hanya membekali smartphone ini baterai kapasitas yang tidak terlalu besar yakni 4500 mAh. Yang menjadi daya tarik justru adanya fitur fast charging 120W. Dengan fitur ini, si ponsel dapat terisi penuh 0-100% hanya dalam waktu 17 menit saja. 

Tidak melulu soal gaming dan layar besar yang ditawarkan Infinix. Sebagai salah satu bagian seri Note 12,  ponsel ini dirancang agar memiliki keunggulan untuk multitasking dengan penggunaan chipset dan RAM besar. 

Nah, pertanyaannya, apa saja kelebihan dan kekurangan yang dipunyai Infinix Note 12 VIP? simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi Infinix Note 12 VIP

Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.099.000

Kelebihan Infinix Note 12 VIP

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Infinix Note 12 VIP. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel mid-range ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Ala Ponsel Flagship

infinix note 12 vip desain_

Infinix seperti yang diketahui memiliki produk dengan desain-desain yang baru dan segar. Seperti yang terlihat dalam desain baru Infinix Note 12 VIP yang tampak modern dan kokoh ala ponsel flagship.  

Penampilan bagian depan Infinix Note 12 VIP sangat berbeda dengan Infinix Note 12 biasa. Hal ini disebabkan karena Infinix sudah menggunakan desain kamera selfie baru meski posisi kamera sama-sama ditengah.

Saat melihat sisi belakang ponsel, tampaklah perbedaan lainnya. Note 12 VIP menggunakan bodi belakang berbahan plastik khusus yakni Aerospace-grade Glass Fiber. Tidak hanya itu, bagian modul kamera ponsel terbaru ini juga mengalami penyegaran desain yang cukup mengesankan.

Modul kamera si ponsel tidak lagi berbentuk persegi panjang vertikal, melainkan persegi panjang yang membentang nyaris selebar penutup belakang. Di dalam modul berkelir hitam itu terdapat sejumlah kamera dan LED Flash.

Selain modul kamera baru, Infinix Note 12 VIP juga mengalami perubahan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 163,5 x 76,7 x 7.9 mm dengan bobot 198 gram. 

Sebagai pelindung, Infinix Note 12 VIP kini sudah dilengkapi sertifikasi IP53. Sertifikasi ini belum ada di Note sebelumnya. Dengan adanya IP53, pengguna HP Infinix terbaru ini akan merasa lebih aman dan terjaga dalam beraktivitas di luar ruangan.

Adapun menurut George Kamau dari Techweez.com, bodi Infinix Note 12 ViP ini memiliki build quality yang bagus dengan tombol-tombol yang clicky. Finishing alias polesan bodinya berjenis matte membuat HP ini tampak mewah. Desain keseluruhan bodi cukup atraktif dan elegan.  

2. Layar AMOLED 120 Hz dan Pemindai Sidik Jari Responsif

infinix note 12 vip

Sudah semenjak lama, Infinix menghadirkan layar dengan spesifikasi yang tangguh selain ukuran layar yang lebar. Dalam layar Infinix Note 12 VIP mengalami kenaikan spesifikasi yang cukup banyak, meski ukuran layar ponsel ini tidak berubah dibanding seri Note 12 biasa, 6,7 inci.  

Resolusi layarnya pun sudah cukup baik yakni FHD+ (1080 x 2400 piksel), sehingga kepadatan pikselnya tembus 393 ppi. Lalu layar dengan panel AMOLED ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 360 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan yang mulus serta responsif.

Baca juga  10 Pilihan Laptop Lenovo Paling Murah di Tahun 2022

Infinix menyebut layar HP ini mampu menampilkan warna 10 bit dengan 100% DCI-P3. Layar si ponsel juga diklaim memiliki tingkat kecerahan 700 nit, punya rasio kontras tinggi, dan keluaran warnanya cukup akurat. 

George Kamau dari Techweez.com, juga menyebut bahwa layar Infinix Note 12 VIP bisa menampilkan berbagai konten media dengan baik dan jelas. Layarnya enak dipakai untuk seluruh aktivitas, termasuk main game dan menonton video.

Laman Electronicclinic.com juga mengatakan bahwa layar Infinix Note 12 VIP memiliki performa yang cepat tanpa lag. Layar ini juga sudah dilindungi anti gores corning gorilla glass 3. Selain itu, Infinix juga sudah menghadirkan teknologi Always on Display. Ini membuat layar ini diatas layar ponsel mid-range lainnya.

Untuk sistem keamanan, HP Infinix Note 12 VIP ini sudah dibekali pemindai sidik jari yang terletak di bodi samping menyatu dengan tombol power. Penempatan fitur sidik jari ini dimaksudkan untuk memudahkan kamu dalam membuka atau mengunci HP dengan lebih cepat. Sensor sidik jari ini cukup cepat responnya sehingga akan mudah ketika digunakan. 

Bila itu belum cukup untuk keamanan, infinix juga sudah menghadirkan fitur face unlock. Fitur ini dibekali dengan teknologi biometric login terbaru yang diklaim akurat dan mudah digunakan.

3. Kualitas Suara Yang Oke

infinix note 12 vip

Kualitas visual Infinix Note 12 VIP  tak perlu diragukan lagi berkat panel AMOLED. Namun, suatu ponsel dapat dikatakan memiliki kemampuan baik jika bisa menghasilkan kualitas audio bagus pula. Maka dari itu Infinix menghadirkan speaker stereo dalam seri ini.

Speaker dengan konfigurasi stereo sudah disokong oleh teknologi DTS dual-speaker untuk memaksimalkan kualitas suara yang prima. Speaker utama note 12 VIP ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas – menyatu dengan earpiece. Dengan teknologi ini, suara yang dihasilkan terdengar menyebar seakan mengelilingi bodi.

4. Dapur Pacu yang Cukup

redmi

Sebagai ponsel varian tertinggi seri Note terbaru, Infinix memasang dapur pacu yang mumpuni, mirip dengan dapur pacu Note 12 biasa, berbekal chipset Mediatek Helio G96.

SoC Mediatek Helio G96 ini merupakan chipset kelas menengah yang dibangun dengan fabrikasi 12 nm. Chipset ini mendukung tampilan resolusi Full HD+ untuk scrolling halaman web dan animasi yang lebih mulus di berbagai aplikasi. SoC ini mendukung kamera resolusi tinggi untuk foto yang lebih detail hingga model 4G LTE yang cepat.

Mediatek Helio G96 mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah dua core berbasis Cortex a76 (2,0 GHz) dan enam core Cortex A55 (2,0 GHz). Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Mali G57, Fitur pengurangan Noise 3D , dan modem internal 4G Cat-13.

Infinix Note 12 ini didukung RAM 8 GB LPDDR4X dan memori internal 256 GB berjenis UFS 2.2. Sedikit berbeda, dalam HP ini terpasang sistem pendingin 9 lapisan grapheme dan vapor chamber. 

Menariknya, terdapat fitur extended RAM yang menambah hingga 5 GB, jadi HP ini akan memiliki total RAM 13 GB. Dengan dukungan RAM dan memori penyimpanan berkapasitas besar, pantaslah HP Android 4G ini menyebut diri sebagai Multitasking Master. Apalagi untuk ponsel mid-range, memori internal 256 GB masih jarang. Agar makin lancar untuk bermain game dihadirkan pula Monster Game Kit.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh akun Youtube TeknoLoGue. Pada AnTuTu 9, Infinix Note 12 VIP mencetak skor 351.303. Skor tersebut cukup tinggi untuk kelas ponsel mid-range.

Dalam pengujian di kondisi nyata, akun Youtube tersebut mengaku puas dengan performa Infinix Note 12 VIP. Meski performanya tidak gahar bahkan cenderung biasa saja, Ponsel ini mumpuni melahap seluruh tugas harian dengan mulus lancar. Multitasking, browsing, streaming, mengedit gambar, dan bermain game, semua terasa lancar.

Selama menguji ponsel ini, Ketan Pratap tidak mengeluh soal temperatur. Ponsel memang mengalami peningkatan sampai 55°C, tetapi setelahnya stabil di 40-50°C setelah dipakai untuk main game. Kata Pratap, hal ini membuktikan komponen pendingin vapor chamber bekerja dengan baik.

Adapun pada pengujian yang dilakukan untuk gaming, Note 12 VIP mampu menjalankan game Mobile Legends setting paling maksimal dengan frame rated HD Ultra secara lancar. Untuk bermain game PUBG mobile, ponsel ini support pengaturan balance ultra dengan gyroscope yang cukup responsive. Tidak ada penurunan fps dan jitter yang mengganggu game play.

Hal yang perlu diperhatikan, di kelas harganya, performa dari SoC ini tidaklah buruk tetapi jelas bukan yang terbaik. Selain itu, chipset ini tidak mendukung jaringan 5G.

Baca juga  Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan realme Narzo 50

5. Kamera dengan Fitur Cinematic Video 2K

infinix note 12 vip

Infinix mencoba menjawab berbagai kritik pedas selama ini mengenai HP buatannya yang lemah di sektor kamera. Maka dari itu, ubahan besar di sektor kamera coba diberikan dalam Infinix Note 12 VIP ini.

Dibalik modul terbaru, Infinix menghadirkan 3 buah kamera belakang. Untuk kamera utamanya sendiri menggunakan sensor 108 MP dengan bukaan f/1.8. Kemudian ada juga kamera ultra-wide 13 MP f/2.2 dengan sudut 118 derajat yang diklaim menghasilkan foto lebih detail. Untuk kamera terakhir ialah kamera depth 2 MP. Untuk kamera depan, sudah terpasang sensor CMOS 16 MP bukaan f/2.4.

Infinix menggunakan sensor 1/1.52 Samsung S5KHM2 (ISOCELL Plus CMOS) untuk kamera utama. Untuk kamera ultra wide menggunakan sensor SONY IMX355. Sedangkan kamera depth menggunakan sensor Omnivision. Tidak hanya itu, sudah ada Laser Detection Auto Focus.

Dengan sensor-sensor tersebut, Infinix Note 12 VIP mampu menangkap cahaya lebih baik saat siang maupun malam hari. Hasilnya foto yang dihasilkan menjadi lebih jelas dengan warna yang akurat.

Perihal perekaman video, resolusi 2K 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi 2K 30 fps.

Berbagai fitur turut disematkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah filter bokeh untuk foto dan fitur Pro Mode. Lantas, seperti apa hasil jepretan kamera Infinix Note 12 VIP? 

Dalam sampel yang diambil oleh techweez.com, foto jepretan kamera utama terlihat bagus di semua kondisi pencahayaan. Itu termasuk foto low light. Meski begitu, detail sedikit berkurang di kondisi low light seperti malam hari.

Mode Lowlight

Mode Supernight

Lanjut ke hasil jepretan kamera ultrawide, fotonya cukup detail. Tangkapan kamera ultrawide kamera HP ini juga memiliki akurasi warna, eksposur, dan white balance-nya cukup berimbang.

Untuk kamera selfie, tangkapannya memiliki warna yang natural. Terutama foto pada warna kulit. Tekstur pada area muka juga tidak diperhalus alias apa adanya. Untuk fitur bokeh juga sudah cukup apik namun masih belum merata di area sekitar rambut dan kulit.

6. Fast Charging 120W Yang Cepat

infinix note 12 vip

Lagi dan lagi, Infinix masih mempercayakan kapasitas baterai 4500 mAh di balik bodi Note 12 VIP ini. Kapasitas ini memang dianggap masih ideal untuk penggunaan harian saat ini. Yang berbeda dan menjadi daya jual adalah hadirnya teknologi pengisian cepat 120W. Menariknya charger 120W beserta kabelnya sudah disertakan dalam paket penjualan. 

Dengan charger bawaan itu, pengujian yang dilakukan techweez.com, Note 12 VIP bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 17-20 menit. Pengecasan dengan tempo singkat itu dilakukan untuk mengisi baterai 0% hingga penuh. 

Infinix juga sudah menambahkan fitur 103 protection untuk memastikan keamanan saat pengisian daya. Ketika digunakan bermain game Call of Duty mobile menggunakan jaringan wifi, baterainya habis 15% untuk sejam bermain. Untuk digunakan menonton Youtube selama sejam, baterai berkurang 7%. 

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. Infinix Note 12 VIP mendukung konektivitas yang lengkap. Mulai dari jaringan seluler 4G, NFC, WIFi 5, dan Bluetooth 5.0. Dengan modul 4G yang terdapat di SoC Mediatek G96, konektivitas 4G di HP ini cukup cepat dan akurat. Fitur wifi 5 juga membuat kecepatan upload dan download di ponsel ini lebih cepat dibanding seri sebelumnya.

Kekurangan Infinix Note 12 VIP

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti kamu perhatikan terhadap Infinix Note 12 VIP. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi kamu dalam melihat ponsel ini.

1. Desain Bodi Samping yang Kaku dan Modul Kamera Tampak Kosong

infinix note 12 vip featured_

Ponsel Mid-range dengan layar di atas 6 inci ini punya bobot 199 gram. Bagi sebagian orang, ponsel Note 12 VIP ini terasa agak berat. Maka saat memilih HP ini, kamu perlu pembiasaan jika sebelumnya memakai HP di bawah 200 gram. Apalagi, desain bodi samping HP ini cukup kaku dan kurang nyaman untuk digenggam.

Baca juga  10 HP vivo Terbaik dan Paling Bagus di Dunia (Juli 2022)

Selain bobot, hal yang perlu diperhatikan dari desain HP ini adalah penataan kamera pada modulnya. Infinix memang telah memperlihatkan upaya penyegaran desain dengan bentuk modul yang berbeda. Hanya saja, modul tersebut masih tampak sedikit kurang mewah dan kosong. Seharusnya, Infinix menggunakan ukuran kaca kamera yang besar sehingga modul kamera lebih tampak terisi.

2. Ada Banyak Bloatware dan Iklan Mengganggu

infinix note 12 vip

Infinix Note 12 VIP dibekali sistem operasi Android 12 dengan balutan software antarmuka XOS 10.6. Ada banyak fitur menarik yang dimiliki antarmuka ini, baik untuk sekadar mengubah penampilan maupun optimasi performa.

Sayangnya, pengalaman mengoperasikan ponsel dengan software HP ini masih kurang. Penyebabnya karena ada cukup banyak bloatware (aplikasi pra-instal) dan munculnya notifikasi atau iklan yang tidak diharapkan dari bloatware tersebut. 

Tidak hanya itu, ketidakjelasan akan update sistem Android juga menjadi kekurangan HP ini. Padahal beberapa produk HP lain sudah memberikan garansi akan mendapat update sistem hingga 2 tahun ke depan.

Menariknya, Infinix telah memberikan sejumlah update yang nyatanya mampu memberikan performa yang lebih baik.Semoga saja pihak Infinix memberikan update sistem hingga ke sistem Android 14 atau Android 15.

3. Baterai 4500 mAh Terasa Kurang

infinix note 12 vip

Kapasitas baterai 5000 mAh memang sudah umum digunakan di banyak smartphone. Menariknya, dalam Note 12 VIP hanya menggunakan baterai 4500 mAh. Kapasitas baterai ini tentu membuat HP ini mengalami penurunan performa baterai.

Penggunaan baterai ini sudah tidak lagi bisa dibilang irit apalagi HP ini menggunakan sejumlah teknologi baru yang tentu saja memakan lebih banyak daya. Sebut saja ukuran layar yang besar, yang tentu memakan baterai lebih banyak.

4. Kamera Ultrawide yang Kurang Maksimal

infinix note 12 vip

Sejumlah produsen smartphone saat ini berlomba-lomba menghadirkan kamera belakang dengan jumlah empat bahkan lebih. Penggunaan kamera dengan jumlah banyak ini dimaksudkan untuk menghasilkan foto maupun video berkualitas. Apalagi setiap kamera memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Nah, Infinix pun sudah menghadirkan kamera belakang terbaru dengan kamera utama 108 MP. Kamera ini ditemani kamera ultrawide dan kamera depth. Sayangnya, kamera ultrawide Note 12 VIP ini masih kurang baik di kondisi minim cahaya. Walaupun lebih baik dari seri Note 12 standar.

Ini tentu menjadi kekurangan HP Infinix Note 12 VIP yang perlu di kaji ulang oleh produsen. Pasalnya, dengan harga jual yang sama, banyak ponsel Android yang menggunakan kamera belakang lebih baik. termasuk untuk ultrawide.

Simpulan

Hadir dengan desain dan spesifikasi yang lebih segar, Infinix Note 12 VIP memang diposisikan berada antara ponsel mid-range dan ponsel Flagship. Menggunakan bahan material baru, membuat bodi lebih kokoh namun menjadi sedikit berat. Secara tampilan luar, HP ini cukup mewah, namun untuk digenggam terasa kurang nyaman karena pinggiran bodinya yang terasa mengkotak.

Dukungan dapur pacu yang powerfull memang menjadi kekuatan seri Note. HP ini menggunakan dapur pacu SoC Mediatek Helio G96 dan RAM 8 GB. Kinerjanya dipastikan akan lancar dan cepat untuk sekadar membuka media sosial atau bermain game. Meski bukan difokuskan bermain game, HP ini nyatanya bisa memainkan sejumlah game kekinian dengan grafis HD hingga ultra dengan lancar.

Dibagian kamera, HP Infinix Note 12 VIP ini sudah mengusung kamera berkualitas tinggi dengan komposisi kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 13 MP dan kamera depth 2 MP. Untuk ponsel mid-range, kamera HP ini sudah sangat detail dan jelas bahkan cepat mendeteksi objek foto.

Bahkan untuk foto malam sudah cukup terang dan minim noise untuk kamera utamanya. Sayangnya, meski sudah bisa merekam video 2K, belum ada fitur video FHD 60fps untuk vloging yang lebih nyaman.

Dipasarkan dengan harga Rp4 jutaan, Infinix Note 12 VIP sangat direkomendasikan untuk kamu yang membutuhkan HP kelas menengah dengan desain mewah, fitur lengkap dan harga terjangkau. Bagaimana menurut kamu, apakah ponsel ini sesuai kebutuhanmu?


https://actoncloud.com