10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 12 Play NFC


Pada pertengahan 2022, Infinix Indonesia hadirkan penerus Hot 11 series lewat 4 ponsel, yakni seri Infinix Hot 12 series.  Mereka hadirkan seri Infinix Hot 12 yang terdiri dari Infinix Hot 12, Infinix Hot 12i, Infinix Hot 12 Play, dan Infinix Hot 12 Play NFC.

Pada kesempatan kali ini, yang bakal dibahas adalah Infinix Hot 12 Play NFC. 

Sebagai informasi, fitur NFC pada ponsel dapat bisa membantu pengguna smartphone untuk melakukan pembayaran non tunai, mentransfer data ke perangkat lain dengan lebih mudah, dan punya fungsi lainnya. 

Soal NFC pada HP ini bisa disimak pada artikel “Cara Mengaktifkan NFC Beserta Fungsinya”. 

Infinix Hot 12 Play NFC sendiri punya spesifikasi yang hampir mirip dengan Infinix Hot 12 Play, alias versi yang tidak punya NFC. Namun, tentu saja ada beberapa hal yang membuat spesifikasi ponsel Infinix Hot 12 Play NFC punya keunggulan tersendiri. Tentu juga ada kekurangannya. 

Oleh karena itu, mari simak kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 12 Play NFC pada artikel kali ini. 

Spesifikasi Infinix Hot 12 Play NFC

Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T610
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.799.000

Kelebihan Infinix Hot 12 Play NFC 

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Infinix Hot 12 Play. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel gaming murah ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain yang Menarik di Kelas Harganya 

Desain Infinix Hot 12 Play NFC tidak jauh berbeda dengan desain Infinix Hot 12 biasa. Penampilan bagian depan HP Hot 12 Play hadir lebih segar dibanding seri sebelumnya, Infinix Hot 11 Play. 

Kedua HP menggunakan desain kamera selfie yang berbeda. Hot 12 series hadir dengan desain kamera yang lebih kekinian yakni punch hole, sedangkan Hot 11 masih waterdrop.

Saat melihat sisi belakang ponsel, kembali tampak perbedaan HP terbaru ini. Benar, Infinix Hot 12 play NFC mengalami perubahan desain di sisi belakang, khususnya bagian modul kamera. 

Tidak hanya itu, jika di seri Hot 12, sensor sidik jari ada di bagian samping, maka dalam seri Hot 12 Play NFC, sensor kembali berada di area bodi belakang.

Modul kamera si ponsel berbentuk persegi panjang vertikal. Dalam modul kamera yang minimalis ini terdapat 2 buah kamera berukuran besar dan 1 buah kamera tambahan di bagian bawahnya. 

Terdapat juga quad LED Flash dengan desain unik untuk membantu pencahayaan kamera saat di kondisi minim cahaya.  

Selain modul kamera yang berbeda, Infinix Hot 12 play juga mengalami peningkatan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 170,5 x 77,6 x 8,3 mm dengan bobot 195 gram. Dimensinya cukup besar untuk sebuah ponsel entry-level.

2. Layar 90Hz dan Pemindai Sidik Jari

Layar Infinix Hot 12 Play NFC masih sama dengan seri Infinix Hot 12 Play biasa yakni memiliki bentang 6,82 inci.

Untuk memberikan pengalaman navigasi di layar HP yang lebih baik, Layar Infinix Hot 12 play NFC sudah mendukung refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan yang mulus serta responsif.

Layar ini sudah menggunakan panel IPS dengan resolusi HD+ 720 x 1612 piksel. Dengan ratio layar 20 : 9, layar ini terasa luas sehingga nyaman ketika digunakan bermain game atau sekadar browsing media sosial. 

Baca juga  20 HP ZTE Terbaru Beserta Harga & Speknya (Juni 2022)

Apalagi, model kamera selfie yang digunakan adalah tipe terbaru yang tidak mengganggu pandangan kamu saat menonton di layar HP ini. 

Untuk sistem keamanan, HP Infinix Hot 12 Play NFC ini sudah dibekali pemindai sidik jari yang terletak di tengah bodi bagian belakang. 

Penempatan fitur sidik jari ini memang sedikit merepotkan kamu karena bodi HP ini cukup besar dan letak pemindai yang agak masuk ke dalam. Walaupun demikian, sistem keamanan ini cukup membantu mengingat ini hanyalah sebuah HP harga 1 jutaan.

3. Suara Lantang

infinix hot 12 play

Kualitas gaming dalam seri Infinix Hot series memang tak perlu diragukan lagi. Namun, suatu ponsel dapat dikatakan memiliki kemampuan gaming yang lengkap jika bisa menghasilkan kualitas audio visual yang bagus meski masih speaker mono. 

Maka dari itu, Infinix menambahkan teknologi DTS Sound yang diklaim mampu meningkatkan kualitas suara dan volume sehingga pengalam menonton film atau bermain game di HP Android murah ini kian seru.

4. Dapur Pacu Unisoc yang Kencang

infinix hot 12 play nfc

Infinix terkenal sebagai produsen yang sering menggunakan dapur pacu buatan Mediatek. Namun, kali ini, Infinix menghadirkan chipset yang berbeda yakni SoC Unisoc T610. Hal ini dimaksudkan agar konsumen bisa merasakan performa yang berbeda di ponsel Infinix.

Soc Unisoc T610 sendiri merupakan SoC kelas menengah ke bawah. Chipset ini akan menghasilkan kinerja yang kencang sekaligus memaksimalkan keawetan baterai dan tidak menyebabkan panas yang berlebih sehingga pengalaman gaming bisa lebih lama dan dinamis, 

Chipset Unisoc ini mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah dua core berbasis Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam core berbasis Cortex A55 (1,8 GHz). Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Mali G52.

Pada dapur pacu Infinix Hot 12 Play NFC, Unisoc T610 ini didukung RAM 4 GB dan memori internal 64 GB berjenis UFS 3.1. Menariknya, Infinix menghadirkan fitur RAM tambahan 3 GB sehingga total RAM 7 GB.

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh channel Youtube TeknoLoGue. Pada AnTuTu 9, Infinix Hot 12 play NFC ini mencetak skor 193.087. 

Skor tersebut lebih tinggi dibanding versi Hot 12 Play biasa yang menggunakan chipset Mediatek. Tentu performa Versi NFC lebih baik untuk bermain game.

Adapun untuk bermain game, Infinix Hot 12 Play NFC mampu menjalankan gim PUBG Mobile dengan baik dan lancar menggunakan setingan smooth ultra. Tidak ada penurunan fps dan jitter yang berarti. 

Dalam pengujian di kondisi nyata, channel Youtube ini mengaku cukup puas dengan performa Infinix Hot 12 play NFC. Ponsel ini disebut mampu digunakan Multitasking, browsing, streaming, dan bermain game, dengan lancar dan tidak mudah panas.

5. Kamera Fitur AI

infinix hot 12 play nfc

Sebagai smartphone gaming, ponsel infinix ini memang dibekali sektor kamera yang biasa saja. Walaupun demikian, Infinix menghadirkan teknologi AI terbaru dan teknologi image algorithm terbaru  yang membuat kamera HP ini bisa menghasilkan foto dan video yang bagus.

Selanjutnya, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, Infinix memasang sensor 13 MP dengan bukaan f/1.8, dilengkapi autofokus. 

Baca juga  Inilah Daftar Versi OS Android Lengkap dari Masa ke Masa

Selanjutnya, ada kamera depth  yang memiliki resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4. Ada juga kamera kecil berukuran 0,3 MP yang diklaim sebagai kamera AI. Terakhir mengenai kamera selfie, resolusinya 8 MP (f/2.0) dan memiliki dual LED.

Perihal perekaman video, resolusi Full HD 30 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 30 fps. 

Kamu tidak bisa berharap banyak mengingat ponsel ini fokus di sektor gaming bukan videografi maupun fotografi.

Lantas, seperti apa hasil jepretan kamera Infinix Hot 12 Play NFC? Dalam beberapa pengujian, HP Infinix Hot 12 Play NFC ini nyatanya memiliki shutter speed yang lebih baik dibanding Hot 12 Play versi biasa. Warna yang dihasilkan juga lebih tajam dibanding saudaranya tersebut. 

Seperti sampel yang diambil oleh Themobileindian.com, foto jepretan kamera utama terlihat biasa saja di semua kondisi pencahayaan. Detail foto pun tampak biasa khas HP murah pada umumnya. Bahkan masih banyak ditemukan noise saat kondisi minim cahaya. 

Walaupun demikian, hasil foto dan video kamera Infinix saat di luar ruangan dan cahaya yang pas tampak cukup natural secara warna sehingga masih cocok untuk diposting di media sosial. 

Untuk kamera selfie, tangkapannya juga memiliki warna yang cukup tajam, meski terkadang warna kulit dan kontras warna sekitar sering berubah sesuai pencahayaan. Fitur bokeh di kamera selfie pun tampak cukup baik.

6. Kemampuan Baterai yang Baik 

infinix hot 12 play

Infinix Hot 12 play NFC dibekali dengan baterai dengan kapasitas 6000 mAh. Kapasitas tersebut memang sedikit lebih besar untuk standar ponsel masa kini yang 5000 mAh. Untungnya, berkat penggunaan chipset yang hemat daya serta penggunaan layar resolusi HD+, baterai ini mampu digunakan cukup lama.

Adapun Infinix menyematkan Infinix Hot 12 play NFC dengan teknologi pengisian cepat 18W. Dengan charger bawaan itu, HP Android 4G ini bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 2 jam dari 0–100%. 

Pengecasan dengan tempo ini memang terbilang lama di era fast charging. Menariknya, kalau baterai masih 20%, hanya butuh waktu 60 menit saja hingga penuh.

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. Infinix Hot 12 Play NFC mendukung konektivitas yang cukup lengkap. Mulai dari jaringan seluler 4G, WIFi dual-band, dan Bluetooth 4.0. Dengan fitur NFC, ponsel ini tampak lebih mewah dan lebih fungsional dibanding HP murah lainnya.

Kekurangan Infinix Hot 12 Play NFC

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap Infinix Hot 12 Play NFC. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi kamu dalam melihat ponsel ini.

1. Sisi Minus Desain

infinix hot 12 play nfc

Ponsel dengan layar di atas 6 inci umumnya punya bobot yang cukup berat. Hal ini tampak pada varian Hot 12 Play ini dimana memiliki berat 195 gram.

Tak hanya berat, ponsel Android terbaru ini juga memiliki dimensi yang cukup besar. Hal ini tentu akan menyulitkan kamu ketika hendak membawa atau menyimpan HP ini dalam setiap kegiatan. 

Selain bobot dan dimensi, hal yang perlu diperhatikan dari desain HP ini adalah desain kamera modulnya. Infinix sudah memperlihatkan upaya penyegaran desain dengan bentuk modul yang berbeda. 

Baca juga  15 Aplikasi yang Lagi Hits dan Paling Kekinian Tahun 2022

Hanya saja, modul kamera ini sedikit menonjol. Hal ini tentu membuat bagian kaca kamera mudah tergores bahkan pecah seperti di beberapa kasus HP Infinix sebelumnya. Selain itu, bodi belakang HP ini juga mudah kotor.

2. Masalah Software

Infinix Hot 12 play NFC dibekali sistem operasi Android 11 dengan balutan software antarmuka XOS 10.6. Ada banyak fitur menarik yang dimiliki antarmuka ini, baik untuk sekadar mengubah penampilan maupun optimasi performa. 

Beberapa di antaranya adalah fitur Extended RAM hingga fitur chromebook connection.

Sayangnya, pengalaman mengoperasikan ponsel dengan software HP ini masih kurang. 

Penyebabnya karena ada cukup banyak bloatware (aplikasi prainstal) dan munculnya notifikasi atau iklan yang tidak diharapkan dari bloatware tersebut. Tidak hanya itu, ketidakjelasan akan update sistem Android juga menjadi kekurangan HP ini. Padahal beberapa produk HP lain sudah memberikan garansi akan mendapat update sistem hingga 2 tahun ke depan.

3. Memori Internal Cuma 64 GB

Di era digital saat ini, banyak smartphone sudah dibekali memori penyimpanan yang cukup besar 128 GB dan 256 GB. Sayangnya, untuk versi NFC ini Infinix hanya menghadirkan memori internal 64 GB saja. 

Ini menjadi pertanyaan serius pecinta gadget tanah air. Pasalnya, dalam Hot 12 Play versi Non NFC justru menggunakan memori internal 128 GB. Untungnya, HP ini sudah dilengkapi slot kartu memori 512 GB.

4. Aplikasi Kamera Tanpa Mode Malam

infinix hot 12 play nfc

Ada sejumlah fitur yang disematkan pada aplikasi kamera Infinix Hot 12 play NFC. Mulai dari short video, video, AI cam, Beauty, Portrait, AR Shot, Panorama, slow motion hingga Time Lapse. Sekilas fitur yang ditawarkan cukup lengkap. 

Namun, kalau kamu jeli, kamu akan menemukan bahwa tidak ada mode malam. mode professional dan mode makro pada HP Gaming ini.

Ya sebagai sebuah HP gaming tentu ketiga mode yang hilang tersebut tidaklah berpengaruh. Namun, tentu bila Infinix menambahkan mode tersebut semakin membuat sektor kamera HP entry-level ini lebih menarik.

Simpulan

Infinix kembali menghadirkan produk ponsel gaming murah, Infinix Hot 12 Play, Tidak hanya satu versi saja, produsen ini juga menghadirkan versi NFC. Ini membuat ponsel terbaru ini menjadi salah satu ponsel murah dengan NFC.

Meski mengusung desain yang lebih segar, Infinix sayangnya kembali menghadirkan sensor sidik jari di bagian bodi belakang. Untungnya, sensor tersebut cukup cepat. 

Untuk bagian mesin, Infinix memasang chipset yang berbeda dari biasanya yakni chipset Unisoc. 

Penggunaan chipset Unisoc T610 dan RAM 4 GB memberikan performa gaming yang lancar. 

HP ini mampu digunakan bermain game sekelas PUBG Mobile hingga Mobile Legend dengan pengaturan smooth. Game pun dapat dengan lancar dimainkan meski grafis yang dihadirkan tidak bisa terlalu detail. Panas yang dihadirkan smartphone ini juga masih terbilang normal. 

Sayangnya, dengan sejumlah kelebihan tersebut, HP Infinix Hot 12 Play NFC hanya memiliki kamera yang biasa. Hanya saja, kameranya memiliki shutter speed dan kualitas warna yang baik di kelas ponsel entry-level.

Dipasarkan dengan harga R1.699.000,00 HP ini sangat cocok untuk anak muda yang mencari HP gaming murah tanpa memperhatikan sektor kamera. Walaupun murah, HP ini sudah memiliki spesifikasi gaming yang mumpuni berkat chipset dan RAM tambahan yang dihadirkan. Bagaimana menurut kamu, apakah ponsel ini cukup menarik?


https://actoncloud.com