10 Kelebihan dan Kekurangan Huawei MatePad 10.4 2022


Huawei Indonesia hadirkan Huawei MatePad 10.4 2022 pada April 2022. Perangkat  ini dirancang sebagai tablet untuk kerja andalan baru Huawei. Kehadiran tablet ini diharapkan mampu bersaing dengan Apple iPad ataupun Samsung Galaxy Tab. 

Maka dari itu, Huawei menghadirkan desain baru, spesifikasi baru bahkan sistem operasi baru guna mendukung aktivitas penggunanya. Huawei bahkan secara khusus menghadirkan sistem operasi khusus agar tablet ini bisa memberikan pengalaman bekerja yang mirip laptop.

Selain sistem operasi khusus, sektor yang paling ditonjolkan Huawei pada tablet kelas menengah ini, yaitu layar. Huawei merancang layar ini secara khusus agar nyaman digunakan bekerja. Selain itu, layarnya juga memiliki tampilan yang enak dipandang mata.

Walau difokuskan untuk bekerja, Huawei MatePad 10.4 terbaru ini juga tetap dibekali kemampuan kamera yang tinggi. Dengan demikian, Tablet Huawei ini dirancang agar memiliki keunggulan yang menyeluruh di semua aspek. 

Nah, pertanyaannya, apa saja kelebihan dan kekurangan yang dipunyai Huawei MatePad 10.4 2022? Jawabannya akan segera kamu temukan dalam artikel ini. Oleh karena itu, simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi Huawei MatePad 10.4 2022

Layar IPS LCD 10.4 inci
Chipset Kirin 710A
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Po 7250 mAh
Kelebihan Baca di sini
Mau beli HP baru tapi bingung memilihnya? Yuk tanyakan ke tim Carisinyal aja. Klik di sini!

Kelebihan Huawei MatePad 10.4 2022

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada tablet terbaru Huawei ini. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari Huawei MatePad 2022 ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain yang Membuat Nyaman Pengguna

huawei matepad 10.4 2022

Penampilan seluruh bagian depan dan belakang Huawei MatePad 10.4  sangatlah mewah. Seluruh bodi menggunakan konstruksi bahan metal. Ini mengingatkan pada desain bodi gawai premium beberapa tahun silam yang masih menggunakan metal bukan lapisan kaca.

Kalau diperhatikan lebih detail, desain tablet Huawei terbaru ini memiliki genggaman yang nyaman mirip saat menggenggam iPad mini. Keempat tepian layarnya juga dirancang tipis, namun masih pas untuk tempat jari menggenggam. 

Tepi layar yang tipis juga dirancang agar jari tidak mudah menekan layar tanpa sengaja. Tepi layarnya juga di desain agar mudah ditambah aksesoris lain seperti cover dan keyboard.

Untuk detail desain lainnya seperti desain tombol dan port memang terbilang standar, namun tetap kokoh dan premium. Penempatan komponen tersebut cukup ergonomis sehingga mudah digunakan sehari-hari.

Huawei MatePad memiliki tebal bodi 7,35 mm dan berat 450 gram saja sehingga cocok bagi kamu yang memerlukan perangkat kerja yang mudah digunakan kapanpun dan dimanapun.

Kamu dapat nyaman menggenggam tablet ini dalam posisi portrait maupun landscape.

2. Layar Resolusi Tinggi

huawei matepad 10.4 2022

Sesuai namanya, layar Huawei MatePad 10.4 2022 memiliki ukuran yang cukup lebar yakni 10,4 inci. Karna Huawei menyadari pentingnya sektor layar dalam sebuah tablet, Huawei menghadirkan sejumlah teknologi yang mendukung kenyamanan pengguna.

Teknologi utama yang ditawarkan dalam layar ini ialah penggunaan resolusi besar 2K 1200 x 2000 piksel dengan panel IPS. Resolusi ini terbilang tinggi untuk diterapkan di sebuah layar tablet. Kecerahan layarnya juga cukup bagus untuk sebuah tablet kelas menengah.

Baca juga  Tertarik untuk Membeli? Simak Dulu 6 Perbedaan vivo V23e dan vivo V25e

Dengan teknologi tersebut, mampu menampilkan warna yang tajam dan detail. Kamu pun dapat menikmati aktivitas bekerja seperti mengedit foto, mengedit video atau bermain game dengan lebih nyaman. Apalagi, sudut pandang layar tablet ini terasa luas.

Sebagai sebuah perangkat kerja, tablet Huawei ini masih nyaman untuk membuka dua aplikasi bahkan empat aplikasi sekaligus dalam layar 10,4 inci ini tanpa masalah.

Huawei juga sudah menghadirkan fitur sertifikasi layar TUV Rheinland yang berarti layar sudah aman dari cahaya biru dan efek flickering. Mata pengguna pun tidak mudah lelah meski memandang tablet dalam waktu lama. 

Bagi kamu yang terbiasa bekerja menggunakan stylus, layar Huawei MatePad terbaru juga sudah mendukung hingga 4,096 tekanan. 

Untuk penggunaan di luar ruangan, tablet Huawei ini memiliki kecerahan layar 470 nits sehingga masih dapat terlihat jelas di outdoor.

Kamu bisa memutar film di Netflix, HBO Go, dan sejenisnya, dengan resolusi tertinggi di tablet ini. Pasalnya layar gawai ini juga mendukung pemutaran konten HDR10.

3. Quad Speaker 

huawei matepad 10.4 2022

Guna mendukung produktivitas kerja dan multimedia, Huawei menghadirkan sistem speaker baru pada tablet terbaru ini. Bila di smartphone sedang ramai penggunaan stereo speaker, maka di tablet ini justru sudah terpasang quad speaker

Speaker dengan konfigurasi empat merupakan sebuah peningkatan mengingat beberapa tablet hanya memiliki dua buah speaker aktif. Speaker utama MatePad 10.4 ditaruh di tempat yang pas sehingga suara yang dihasilkan bisa lantang dan pas.

Dibumbui teknologi dari Harman Kardon, quad speaker tablet ini nyatanya mampu menghasilkan suara yang prima. Suara yang dihasilkan cocok untuk digunakan sebagai media rapat virtual. 

Menurut media dari Filipina, Yugatech.com , suara bass tablet ini biasa saja. Namun, kualitas suara yang dihasilkan cukup nikmat untuk menonton video atau bermain game.

Tidak lupa  Huawei juga sudah menambahkan tiga mikrofon dengan dukungan anti noise. Fitur ini diklaim akan mengurangi noise di sekitar mic secara otomatis.

4. Dapur Pacu yang Sangat Mumpuni 

huawei matepad 10.4 2022

Membahas dapur pacu, Huawei MatePad 10.4  diperkuat oleh SoC Kirin 710A buatan Huawei. kamu mungkin sudah cukup tak asing dengan SoC yang satu ini. Pasalnya, SoC ini sudah digunakan pada Huawei Honor 9c.

Awalnya, banyak yang meragukan performa chipset Kirin 710A ini. Pasalnya, prosesor octa-core ini jarang digunakan di smartphone maupun tablet selain produk Huawei. Walaupun demikian, performa chipset ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kirin 710 mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah empat core berbasis Cortex A73; (2,0 GHz), dan empat core Cortex A53; (1,7 GHz).

Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Mali G51 (1000 MHz), RAM 4 GB LPDDR4 dan memori internal 128 GB berjenis UFS 2.1.

Kini saatnya membahas performa si tablet, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan Yugatech.com.

Pada AnTuTu 9, Huawei MatePad 10.4 2022 mencetak skor 159.363. Pengetesan selanjutnya adalah mengenai kemampuan CPU pada GeekBench 5. Hasilnya, skor single-core tablet ini menyentuh 271, sedangkan multi-core-nya tembus 671. 

Lanjut ke pengujian kemampuan grafis, Tablet terbaru Huawei ini mampu mencatat skor 360 pada 3DMark Wild Life. 

Baca juga  Inilah 12 Aplikasi Arisan yang Cocok untuk Ibu-Ibu Muda

Menurut Diangson, meski tablet ini memiliki RAM yang biasa saja, performa tablet cukup halus saat digunakan kerjaan ringan. Jika kamu merasa performa tablet lambat, bisa jadi kamu terlalu banyak membuka aplikasi. 

Meski ini fokus sebagai tablet kerja, nyatanya tablet ini bisa digunakan untuk bermain game seperti Honkai Impact 3. Dalam game ini, pengaturan yang digunakan mid graphic. Hasilnya, cukup baik dan lancar meski di beberapa pertarungan masih ada sedikit penurunan.

5. Kamera Cukup Oke untuk Ukuran Tablet

huawei matepad 10.4 2022

Sudah semenjak lama, tablet tidak dibekali sektor kamera yang berkualitas. Banyak produsen bahkan hanya menghadirkan sektor kamera depan dan belakang sebagai penghias saja tanpa kualitas yang memadai.

Namun, seiring perkembangan zaman, sektor kamera memang penting baik di ponsel maupun tablet. Apalagi, dengan berkembangnya media sosial, banyak orang ingin membagikan foto atau video penting melalui perangkat yang ada.

Menyadari hal tersebut, Huawei MatePad 10.4 dibekali sektor kamera yang berkelas untuk mengoptimalkan tablet ini kala digunakan bekerja. Untuk kamera utama, Huawei memasang sensor 13 MP dengan autofokus.

Kamera belakang ini mampu memproduksi hasil foto yang meningkat ketajamannya dan warna yang akurat. Intinya hasil foto kamera utama tablet Huawei ini sudah layak untuk diposting di media sosial. 

Lanjut ke kamera selfie, resolusinya 8 MP (f/2.4). Kamera depannya memang tidak setajam dan tidak sejelas kamera utama. Walaupun demikian, kamera depan ini sudah cukup untuk video call.

Menariknya, kamera depan ini dapat menentukan posisi baik landscape atau portrait dengan baik. Alhasil, tablet ini bisa digunakan untuk video call tanpa harus repot memperhatikan posisi tablet, apakah harus landscape atau portrait?

Perihal perekaman video, resolusi Full HD 60 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi Full HD 60 fps.

Berbagai fitur turut disematkan dalam aplikasi kamera tablet untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur-fitur tersebut  adalah filter
Time lapse, watermark, beauty mode, Voice-activated shot dan banyak lagi,

Lantas, seperti apa hasil jepretan kamera Huawei MatePad 10.4 2022? Singkatnya, seluruh kameranya bisa memproduksi foto yang jelas dan bagus sesuai tablet kelas menengah lainnya.

6. Kemampuan Baterai yang Baik 

huawei matepad 10.4 2022

Huawei MatePad 2022 dibekali dengan baterai dengan kapasitas 7250 mAh. Kapasitas tersebut memang biasa saja untuk standar tablet masa kini. 

Baterai tersebut ternyata cukup untuk MatePad 10.4  menyala dari pagi sampai malam. Hal ini menandakan bahwa sistem manajemen daya tablet Android ini cukup bagus, kendati resolusi layarnya 2K.

Dalam pengujian pemutaran video lokal yang dilakukan, Tablet Android 4G ini dapat bertahan selama 18 jam lebih.

 

Kekurangan Huawei MatePad 10.4 2022

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap Huawei MatePad 10.4. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi kamu dalam melihat ponsel ini.

1. Pengisian Cepat Seharusnya Lebih Baik 

huawei matepad 10.4 2022

Huawei menyematkan Huawei MatePad 10.4 dengan teknologi pengisian cepat 18 watt. Dengan teknologi  ini, tablet dapat terisi penuh baterainya dalam waktu 2,5 jam.

Baca juga  20 Laptop ASUS Terbaru yang Dirilis di Indonesia 2022

Berdasarkan pengujian yang dilakukan GizGuide, proses pengisian daya tablet ini juga mencapai 2,5 jam. 

Waktu pengisian ini tidaklah buruk, tetapi bukan yang terbaik. Huawei seharusnya bisa menyematkan teknologi pengisian cepat yang lebih baik di tablet ini. 

2. Masalah Software

huawei matepad 10.4 2022

Seperti yang sudah dibahas di bagian awal pembuka artikel, Huawei menggunakan sistem operasi hasil rancangan sendiri bernama Harmony OS 2.0.0. Sistem ini dirancang khusus untuk memudahkan bekerja di tablet.

Kalau diperhatikan lebih lanjut, sistem operasi tablet Huawei ini seakan menggabungkan sistem Android  versi tablet, dengan tampilan depan milik iPadOS. 

Sejatinya, Harmony OS mirip dengan sistem Android. Bedanya dalam Harmony OS tidak ada layanan Google. Alhasil, kalau kamu hendak mengunduh aplikasi di App Gallery atau memakai Petal Search.

3. Tanpa Jack Audio

huawei matepad 10.4 2022

Huawei sepertinya belum punya rumus baku mengenai port apa saja yang dibutuhkan sebuah tablet kerja. Hal ini tampak dari tidak adanya jack audio dalam tablet ini.   

Hilangnya jack audio ini memang membuat tablet tampak lebih bersih dari port yang mengganggu. Namun, ternyata jack audio cukup penting bagi sebagian orang. 

Ini membuat kerepotan baru. Pasalnya jika kamu masih ingin memakai headset kabel, kamu harus membeli kabel adaptor atau dongle. 

Selain itu, dengan tidak adanya jack audio membuat kamu harus menggunakan headset bluetooth yang sayangnya ketika dihubungkan ke tablet, membuat baterai boros. 

4. Chipset Generasi Lama

huawei kirin

Seperti yang diketahui, jantung Tablet Huawei terbaru ini ialah Kirin 710A. Menariknya ini merupakan chipset yang dirilis pada tahun 2020. Tentu ini termasuk generasi lama. Hal ini lah yang membuat banyak orang pesimis akan performa MatePad 10.4 2022 ini.

Tidak hanya itu, chipset ini juga hanya dibekali RAM 4 GB saja. Ini tentu kecil mengingat tablet ini menggunakan layar yang cukup luas. Seharusnya, Huawei membenamkan RAM 6 GB atau 8 GB agar performa chipset generasi lama ini meningkat.

Kalaupun Huawei masih ingin menggunakan RAM 4 GB, seharusnya tablet ini menggunakan chipset Kirin 990. Pasalnya, chipset ini memiliki performa mesin dan GPU yang lebih berkualitas, serta sejumlah fitur baru di  tahun 2022 ini.

Simpulan 

Huawei MatePad 10.4 2022 menjadi salah satu tablet terbaru yang diklaim cocok untuk pekerjaan sederhana pengganti laptop. Tablet ini bahkan sudah mendukung sejumlah aksesoris tambahan seperti Keyboard, dan pen stylus.

Yang sedikit membingungkan dalam tablet Huawei ini ialah pnggunaan chipset generasi lama dan RAM yang kecil. Padahal sejumlah sektor lain seperti layar, speaker, konektivitas hingga baterai, semua sektor terasa premium.

Apalagi, di tablet ini, Huawei menggunakan sistem operasi baru bernama Harmony OS. Sayangnya, sistem ini tidak memiliki layanan Google. Tentu untuk kamu yang bekerja dan selalu berhubungan dengan aplikasi Google, tablet ini tidak cocok.

Huawei tentu bisa menyelesaikan masalah itu dengan melakukan update software. Paling tidak dalam update tersebut, pengguna kian dipermudah meski tanpa layanan Google sekalipun..

Jika hal itu sukses dilakukan vivo, X80 Pro pun layak untuk dipertimbangkan sebagai ponsel andalan baru. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?


https://actoncloud.com