Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Kece vivo Y15s


vivo diam-diam merilis vivo Y15s untuk mengisi segmen ponsel entry level di Indonesia. HP vivo di bawah 2 jutaan ini tiba-tiba saja ada di marketplace sejak November 2021. Jika dilihat dari urutannya, HP ini merupakan pernerus dari vivo Y15 yang diluncurkan pada 2019.

Di sisi lain, walau dirilis secara diam-diam, vivo Y15s punya posisi yang penting buat vivo. Pasalnya, ponsel kelas entri seperti HP ini merupakan tulang punggung penjualan bagi vivo Indonesia. Maka dari itu, vivo Y15s mestinya punya kelebihan yang bisa membuatnya memenangi persaingan di segmen entry level.

Nah, pertanyaannya, apa saja kelebihan yang dimiliki HP vivo entry level ini? Lalu, apakah ia memiliki kekurangan yang krusial? Dua pertanyaan itu akan segera Anda temui jawabannya dalam artikel ini. Simak pembahasannya sampai habis.

Spesifikasi vivo Y15s

Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
()
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.899.000

Kelebihan vivo Y15s

vivo Y15s menawarkan fungsi-fungsi esensial sebagaimana sebuah smartphone. Namun, ia juga menawarkan hal lain yang menambah daya tarik. Semua hal yang ditawarkan itu merupakan sebuah kelebihan dari HP ini.

1. Desain

vivo Y15s

vivo nyaris tak pernah gagal dalam merancang desain. Entah itu produk flagship atau bukan, mereka hampir selalu bisa menciptakan ponsel berpenampilan kece. Pada vivo Y15s, kesan ponsel seharga 1 jutaan bahkan tidak tampak, walaupun material bodinya adalah polikarbonat.

Faktor pertama yang membuat penampilannya serasa bukan HP murah ada di penutup belakang. Penutup belakang ponsel ini memiliki guratan-guratan vertikal yang menciptakan sebuah tekstur. Kemudian, penutup belakang tersebut juga menimbulkan efek holografis saat dilihat dari sudut tertentu.

Menariknya, walau terlihat berkilauan saat terkena paparan cahaya, penutup belakang vivo Y15s tak memakai finishing glossy. Alhasil, noda sidik jari sulit menempel. Masih di sektor belakang, adanya modul kamera dengan dua lensa berukuran sama besar menambah kesan rapi pada ponsel ini.

Faktor yang kedua yang membuat penampilan HP ini menarik adalah build quality. Menurut Krida Patty, pemilik kanal YouTube TeknoLoGue, build qualiy vivo Y15s tergolong baik karena terasa solid saat digenggam. Selain itu, tidak ada sisi yang terasa tajam pada area port USB, jack audio, dan grill speaker.

Adapun vivo Y15s memiliki dimensi 163,96 x 75,2 x 8,28 mm dengan bobot 179 gram. HP ini pun terasa tipis dan ringan ditenteng. Sementara itu, HP ini belum memiliki IP Rating. Namun, vivo sudah memberi seal karet pada slot SIM si ponsel agar debu dan tetesan air tidak mudah masuk.

2. Tampilan dan Suara

vivo Y15s

Layar 6,51 inci berpanel IPS LCD mengisi sektor tampilan vivo Y15s. Layar dengan model water drop notch ini memiliki resolusi HD+ (1600 x 720 piksel). Tidak ada masalah mengenai resolusi yang masih HD+. Kualitas visualnya masih tajam dan jernih menurut kanal YouTube TeknoLoGue.

Keterbacaan konten saat ponsel dipakai di lingkungan outdoor pun masih oke. TeknoLoGue mengklaim layar HP ini responsif dan mendukung sentuhan hingga 10 jari. Intinya, layar vivo Y15s sudah oke buat multimedia dan main game.

Beralih ke masalah suara, vivo sudah tepat menempatkan lubang speaker vivo Y15s di bagian rangka, tepatnya di sebelah port microUSB. Posisi tersebut membuat suara keluar lebih lepas daripada ditaruh di sisi penutup belakang.

Konfigurasi speaker HP ini memang masih mono alias tunggal. Namun, menurut kanal YouTube TeknoLoGue, suaranya sudah tergolong jernih, jelas, dan detail untuk kelas harganya.

3. Kamera

vivo Y15s

Mengharap kehadiran kamera ultrawide pada HP 1 jutaan memang masih sulit. Namun, setidaknya vivo Y15s mempunyai dua kamera belakang yang seluruhnya bisa dipakai untuk memotret. Benar, HP ini memiliki kamera utama 13 MP, f/2.2 dan kamera makro 2 MP, f/2.4.

Dua kamera tersebut ditemani satu lampu flash dan hanya kamera utama yang punya fitur autofokus. Sementara itu, di sisi depan HP ini ada kamera selfie 8 MP dengan bukaan f/2.0. Baik kamera utama maupun kamera selfie bisa merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) 30 fps.

Fitur-fitur yang disematkan pada kamera HP ini terbilang minimalis. Mode malam untuk meningkatkan kualitas foto di kondisi low light belum ada. Akan tetapi, mode pro justru ada dan pengaturannya lengkap. Anda bisa mengatur ISO, shutter speed, white balance, hingga memilih fokus.

Soal kualitas tangkapan kameranya, kanal YouTube TeknoLoGue menilai sudah bagus. Kamera utama dan kamera selfie HP ini mampu melakukan pekerjaannya dengan baik.

Foto yang dihasilkan memiliki detail tinggi dan jernuh walaupun ukuran megapiksel kameranya biasa saja. Karakter warna dan eksposurnya pun bagus. Semuanya terlihat pas, sama sekali tidak terlihat oversaturated ataupun undersaturated.

Adapun kamera makro si ponsel juga mampu menghasilkan foto yang bagus. Namun, Anda mesti menjaga jarak kamera dengan obyek sekitar 2-4 cm mengingat kamera ini tidak memiliki fitur autofokus.

4. Memori

vivo Y15s

vivo Y15s hadir dengan dua pilihan memori, yakni RAM 3 GB plus penyimpanan 32 GB serta RAM 3 GB dengan memori internal 64 GB. Masalah RAM mungkin mepet untuk standar masa kini. Untuk multitasking masih bisa, walau aplikasi yang dibuka dalam satu waktu tidak terlalu banyak.

Namun, vivo sudah menyematkan teknologi Extended RAM untuk menambah RAM sebanyak 0,5 GB. Fitur ini hanya tersedia buat vivo Y15s varian 3/64 GB.

Di sisi lain, memori internal vivo Y15s terasa pas-pasan, khususnya jika Anda mengambil varian 3/32 GB. Untungnya vivo menyediakan slot microSD khusus buat HP ini. Artinya, ada dua slot kartu SIM dan satu slot microSD dalam laci si ponsel. Kartu microSD yang bisa dipasang maksimal berkapasitas 1 TB.

File-file media seperti lagu, video, foto, dan dokumen-dokumen pun bisa dialihkan ke microSD. Dengan begitu, ruang yang ada di memori internal bisa dimaksimalkan untuk pemasangan aplikasi atau gim.

5. Baterai

vivo Y15s

vivo Y15s membawa baterai dengan kapasitas yang lumrah untuk ukuran sekarang. Baterai yang dibawa si ponsel memiliki kapasitas 5000 mAh. Baterai 5000 mAh tak disangka-sangka bisa masuk ke dalam bodi sebuah ponsel yang tipis dan ringan ini.

Namun demikian, kapasitas baterai yang besar tak lantas membuat nyala ponsel jadi lebih lama. Pasalnya, sistem manajemen daya turut berperan. Menurut klaim vivo. vivo Y15s bisa bertahan selama sehari penuh berbekal baterai 5000 mAh-nya.

Dalam penggunaan sehari-hari, memutar video YouTube selama satu jam membuat baterai si ponsel hanya berkurang 3-4%. Demikian hasil pengujian yang dilakukan kanal YouTube TeknoLoGue.

6. Kelengkapan Sensor

vivo Y15s

vivo tak memangkas kelengkapan sensor pada vivo Y15s. Artinya, HP ini memiliki seluruh sensor dasar. Mulai dari akselerometer, proksimitas, cahaya, kompas, dan pemindai sidik jari. Sensor giroskop juga ada, tetapi sifatnya virtual. Karena itu, disarankan tidak digunakan mengingat kinerjanya tidak akurat.

Adapun keberadaan sensor cahaya membuat vivo Y15s mampu melakukan pengaturan tingkat kecerahan layar secara otomatis. Sedangkan fungsi kompas berfungsi untuk menunjukkan arah, termasuk orientasi pengguna saat membuka aplikasi seperti Google Maps.

7. Paket Penjualan

vivo Y15s

vivo tampaknya belum melihat pemangkasan paket penjualan sebagai salah satu tindakan cinta lingkungan. Pasalnya, dalam kotak penjualan vivo Y15s terdapat pernak-pernik yang lengkap.

Ya, pembeli ponsel ini bakal mendapatkan kabel USB beserta charger 10W, ejektor kartu SIM, softcase, dan pelindung layar, dan beberapa dokumen. Anda pun tidak perlu bingung mencari aksesori tambahan saat memutuskan membeli vivo Y15s.

Kekurangan vivo Y15s

vivo Y15s sebetulnya sudah cukup menarik untuk sebuah HP 1 jutaan. Namun, Anda juga harus mencermati hal-hal di bawah ini agar sesuai dengan preferensi pemilihan smartphone.

1. Performa

vivo Y15s

Performa adalah sektor yang kurang dari vivo Y15s, khususnya jika Anda adalah seorang pemain game. Wajar performanya kurang, mengingat SoC yang dipakai sebatasi MediaTek Helio P35. SoC 12 nm ini tidak punya inti CPU dengan mikroarsitektur Cortex A7x, seperti Cortex A73 atau Cortex A75.

Delapan inti CPU-nya merupakan Cortex A53. Empat di antaranya disetel dengan frekuensi maksimal 2,3 GHz, dan sisanya 1,8 Ghz. Cortex A7x adalah mikroarsitektur yang dirancang untuk menangani beban kerja tinggi secara efisien.

Selain tidak punya inti CPU Cortex A7x, GPU yang dipakai SoC ini adalah PowerVR GE8320 yang uzur. Di kelas entri, performanya pun jauh di bawah GPU Mali atau Adreno masa kini. Oleh sebab itu, Helio P35 hanya mencatat skor AnTuTu 8 90.288, menurut pengujian kanal YouTube TeknoLoGue.

Terlepas dari itu, vivo Y15s masih bisa menjalankan tugas harian dengan cukup lancar. Beberapa gim pun bisa dijalankan dengan setelan grafis yang disesuaikan. Beberapa gim yang bisa dijalankan oleh HP ini adalah PUBG Mobile, PES, dan Mobile Legends.

2. Port dan Pengisian Daya

vivo Y15s

Hal selanjutnya yang perlu dicermati dari vivo Y15s adalah port pengecasannya yang masih microUSB. Port ini bukan zamannya lagi karena mayoritas HP masa kini sudah memakai port USB C. Alasan utama mengapa port microUSB ditinggalkan adalah fleksibilitasnya yang kurang.

Port microUSB kurang fleksibel karena tidak bisa dicolokkan bolak-balik seperti USB C. Hal kedua yang bikin port ini tak lagi populer adalah keterbatasan dukungan pengisian cepat. Nah, sebetulnya port microUSB mendukung teknologi pengisian cepat sampai 18W.

SoC Helio P35 yang dikandung vivo Y15s pun mendukung pengisian cepat. Hanya saja, teknologi pengisian cepat tidak diaktifkan oleh vivo di HP ini. Alhasil daya maksimal yang bisa diterima si ponsel adalah 10W saja.

Hal ini membuat proses pengecasan jadi lama. Berdasarkan tes yang dilakukan TeknoLoGue, pengisian dari kondisi baterai kosong sampai penuh butuh waktu lebih dari tiga jam. Oleh sebab itu, waktu terbaik mengecas baterai HP ini adalah malam hari menjelang tidur.

3. Perekaman Video

vivo Y15s

Kamera vivo Y15s terbilang bagus dalam hal menghasilkan foto. Namun, untuk merekam video, hasilnya belum terlalu bagus. Dalam video sampel di kanal YouTube TeknoLoGue, terlihat bahwa video rekaman goyang lantaran ponsel belum memiliki fitur stabilisasi.

Stabilisasi ini adalah masalah paling utama. Masalah selanjutnya adalah penguncian fokus yang kurang gegas. Di sisi lain, jika mengingat berapa harga si ponsel, problem mengenai perekaman video ini masih bisa diwajarkan.

Simpulan

vivo merancang dengan cukup baik vivo Y15s untuk sebuah HP 1 jutaan. Benar, HP ini tidak sekadar ada untuk mengisi segmen terjangkau. Namun, ia menawarkan hal-hal yang dibutuhkan banyak orang.

Mulai dari layar yang cerah, kemampuan fotografi yang oke, daya tahan baterai prima, dan sensor yang lengkap. Bahkan, bodi HP ini pun ringan dan punya desain menarik. Desain HP ini benar-benar tampak seperti ponsel mahal.

Mengenai performa, vivo Y15s memang belum bisa diandalkan jika Anda adalah tipe pengguna yang doyan main game secara intensif. Namun, jika Anda adalah pengguna kasual, dan hanya memainkan gim-gim ringan, ponsel ini masih layak untuk dipertimbangkan.

vivo Y15s pun bisa menjadi pilihan buat pelajar, tenaga kependidikan, admin toko online, hingga driver ojol (ojek online). Nah, apakah Anda berminat dengan ponsel yang satu ini?


https://actoncloud.com

Baca juga  Ketahui Perbedaan Spesifikasi Redmi 10c dan Redmi 10a Berikut Ini