10 Kelebihan dan Kekurangan HP ASUS Zenfone dan ROG Phone


ASUS merupakan pemasok yang cukup terkenal karena pabrikan ini sukses di pasar komputer dan laptop. ASUS juga memasuki pasar perangkat mobile dengan seri Zenfone. Kehadiran mereka sangat membantu, meski kemudian terasa lamban.

Meskipun nama ASUS cukup kuat di pasar notebook, namun agak kalah bersaing di pasar perangkat mobile ASUS. Cukup sulit bagi mereka untuk bersaing dengan lima besar pasar ponsel di Indonesia: Xiaomi, Samsung, vivo, OPPO dan realme.

Selain itu, ponsel ASUS cukup menarik. Terlebih lagi, mereka memiliki seri ROG Phone khusus untuk gaming. Jadi, haruskah Anda membeli HP ASUS? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak kelebihan dan kekurangan seri ASUS Zenfone dan ROG Phone selanjutnya.

Keunggulan HP ASUS

Apa manfaat yang ditawarkan HP ASUS? Perhatikan 5 poin keunggulan berikut ini.

1. Bangun kualitas karena menargetkan ponsel kelas atas

ASUS awalnya memiliki banyak varian ponsel dengan beberapa seri yang berbeda. Namun, mereka kurang kompetitif dibandingkan penyedia ponsel lainnya. Untuk itulah, mulai tahun 2019, ASUS memutuskan untuk mengubah strateginya. ASUS tidak lagi menjual ponsel murah. Mereka fokus bermain di kelas atas. Salah satu alasan mengapa hal ini dilakukan adalah karena persaingan di kelas menengah dan terjangkau yang cukup tinggi. Ada sangat sedikit pro, untuk sedikitnya.

Oleh karena itu, ASUS fokus untuk memperkenalkan ponsel kelas atas di seri Zenfone, seperti Zenfone 8, Zenfone 8 Flip dan Zenfone 9. ASUS juga fokus pada ponsel. permainan melalui seri ROG Phone menggunakan ROG Phone 6 sebagai contoh.

Seri ini merupakan rangkaian ponsel kelas atas dengan fitur dan keunggulan yang menarik. Contoh penggunaan chipset seri tercepat, daya fokus di sektor kamera dan masih banyak lagi.

Berfokus pada kelas atas, ASUS dapat menghadirkan ponsel yang menarik dan berbeda. Contohnya adalah teknologi tilt camera pada Zenfone 6, Zenfone 7 dan Zenfone 8 Flip. Fokus membangun kualitas desain Zenfone 9 yang stylish dan, tentu saja, pengalaman gaming imersif yang dimiliki ROG Phone 5.

2. ZenUI

zenui

Daya tarik utama dari HP ASUS adalah ASUS ZenUI. ZenUI adalah antarmuka seluler yang dikembangkan oleh ASUS yang bertujuan untuk membuat navigasi lebih mudah dan efisien. ZenUI juga merupakan antarmuka yang memiliki tampilan dan nuansa menarik berkat ikon aplikasi yang datar dan modern dengan sentuhan warna-warna cerah.

ZenUI juga memiliki beberapa manfaat menarik seperti mengelola tugas yang perlu dilakukan, mengelola awan (Google Drive, Dropbox, dan lainnya), yang lebih mudah, serta fitur keren lainnya. ZenUI selalu hadir di setiap ponsel ASUS dari seri Zenfone generasi pertama.

Baca juga  Cara Update MIUI dari Versi Lama ke Versi Baru yang Mudah dan Aman

Selama pengembangan, ZenUI memiliki tampilan dan nuansa yang mirip dengan Android murni, tetapi dengan berbagai fitur tambahan. Selain ZenUI, ASUS juga memiliki UI ROG khusus untuk seri ponsel. permainan Seri ROG Phone juga masih menarik.

3. Perbarui OS Android

OS ZenUI

Daya tarik lain dari HP ASUS adalah dukungannya untuk memperbarui sistem operasi Android. Bisa dibilang ASUS adalah salah satu supplier yang rajin menyediakan pembaruan sistem operasi bahkan untuk ponsel yang dirilis dua tahun sebelumnya.

Misalnya, ASUS Zenfone 6 yang diperkenalkan pada tahun 2019. Ponsel ini menjalankan Android 9 dengan tampilan ZenUI. Rupanya, ponsel menerima dukungan untuk pembaruan ke Android 8 Oreo. Dukungan untuk pembaruan ini telah ada sejak lama. Mereka melakukan ini ketika mereka memperkenalkan serangkaian ponsel kelas menengah.

Faktor inilah yang membuat HP ASUS ini tergolong memiliki demi masa depan bagus. Jika tidak, ZenUI adalah antarmuka yang bersih tanpa iklan, setidaknya virus, dan stabil. Tentunya hal ini dapat meningkatkan kenyamanan pengguna HP ASUS.

4. Kamera dan master piksel

asus zenfon 6

Daya tarik HP ASUS di bidang kamera. Kamera pada ASUS HP untuk HP kelas menengah cenderung mengambil gambar dengan kualitas yang baik. Tidak semua orang seperti itu, namun secara umum kamera di HP ASUS tidak buruk.

Beberapa tipe ponsel ASUS lawas memiliki kamera yang bagus, seperti ASUS Zenfone 3 ZE552KL, ASUS Zenfone Zoom S, ASUS Zenfone 5 ZE620KL dan beberapa ASUS Zenfone lainnya yang fokus pada kamera depan (seri selfie).

Keunggulan kamera tidak lepas dari adanya Pixel Master yang merupakan bagian dari ZenUI. Pixel Master ini berperan penting di beberapa ponsel ASUS dengan kamera yang bagus. Saya juga memuji fitur ini karena cukup bagus, seperti yang saya tulis di artikel Review ASUS Zenfone 5z.

Teknologi kamera ini tetap dipertahankan di seri selanjutnya. Apalagi di Zenfone 6 ASUS menghadirkan kualitas kamera yang lumayan. Faktanya, kualitas kamera pada ASUS ROG Phone cukup bagus, meskipun ponsel ini ditujukan untuk gaming.

5. Harga HP ASUS masih kompetitif

Harga ASUS ROG Phone 5

Ketika ASUS memasuki pasar smartphone dengan seri ASUS Zenfone generasi pertama, saat itulah saya sangat tertarik dan tertarik untuk membeli ASUS Zenfone generasi pertama. Sayangnya, saya hanya berhasil mencoba seri ASUS pada seri Zenfone 2 (generasi ke-2).

Yang membuat saya tertarik dengan ASUS Zenfone generasi pertama adalah harganya yang saat itu murah dibandingkan HP dari pabrikan lain dengan spesifikasi yang sama. Kebiasaan menghadirkan ponsel dengan harga terjangkau dengan fitur-fitur menarik dilanjutkan oleh ASUS dengan seri ASUS Zenfone 2 dan ASUS Zenfone 3.

Baca juga  Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Samsung

Sayangnya, ASUS “gagal” saat meluncurkan seri ASUS Zenfone 4 di Indonesia. Betapa tidak, ASUS telah merilis beberapa model seri ASUS Zenfone 4 dengan harga yang tidak kompetitif dan cenderung mahal dibandingkan ponsel lainnya.

Untungnya, ASUS telah belajar dari kesalahan tersebut berkat ASUS Zenfone Max Pro M1 dan MAX Pro M2 yang cukup sukses di pasaran. Ponsel ini hadir dengan fitur mumpuni dengan harga terjangkau.

Selama perkembangannya, ASUS telah menggeser fokus pasarnya, hanya berfokus pada high-end dan high-end permainan. Konsentrasi perhatian ini tidak membuat harga ASUS atau ROG Phone terlalu mahal. Seri Zenfone dan ROG saat ini menawarkan spesifikasi yang menarik dengan harga yang wajar.

Misalnya, ROG Phone 3 dan ROG Phone 5 dijual oleh ASUS seharga Rs 9 juta untuk opsi termurah. Padahal spesifikasi yang ditawarkan ponsel tersebut cukup tinggi.

Begitu pula dengan ASUS Zenfone 6 yang dijual seharga Rp 6 juta. ASUS juga akan menerapkan strategi yang sama saat ASUS Zenfone 8 dirilis di Indonesia. Terlebih lagi, ASUS Zenfone 8 menawarkan fitur ponsel. andalan nyata.

Kekurangan ASUS HP

Setelah mengetahui kelebihan HP ASUS, kini muncul pertanyaan, apa saja kekurangan HP ASUS? Harap perhatikan kelemahan berikut.

1. Komunitas yang tidak terlindungi

percakapan zental

Salah satu hal yang membuat HP ASUS cukup populer adalah adanya beberapa dukungan fan yang cukup kuat yaitu ZenFans. Memang tidak sekuat Mi Fans, tapi sangat membantu membesarkan nama Zenfone.

Di Indonesia, ZenFans belum terlalu berkembang saat ini. Apalagi forum khusus ZenTalk Indonesia yang dulu aktif sudah tidak aktif lagi. Memang ZenTalk masih bisa diakses, namun hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan konten forum tidak seramai dulu. .

2. Zenfone terasa kurang kompetitif

zenfon 7

Bisa dibilang seri ROG Phone merupakan salah satu ponsel terbaik untuk gaming. Citra ROG yang kuat memang menjadi daya tarik ROG Phone. Sayangnya, seri Zenfone belum terlalu kuat. Memang ASUS fokus pada kelas atas dengan seri Zenfone yang bagus seperti Zenfone 6, 7 dan 8. Sayangnya, ponsel ini kurang kompetitif dibandingkan dengan merek lain.

Bukan berarti tidak menarik, hanya saja kalah gengsinya dengan ponsel mahal dari merek lain. Bahkan, sangat mungkin bahwa orang akan lebih baik memilih ponsel merek lain di kelas harga yang sama dari ASUS, terutama bagi mereka yang tidak paham teknologi.

3. Tautan ke MyASUS dan kurangnya dukungan penuh

Tautan ke MyASUS

Padahal, saat ini ponsel merek lain belum tentu memiliki kompatibilitas yang baik antara laptop HP dan Windows. Namun mengingat ASUS merupakan produsen laptop terbesar, alangkah baiknya jika ASUS memperkenalkan fitur yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan laptop Windows dari ASUS dan laptop HP dari ASUS secara bersamaan. mulus.

ASUS sendiri memiliki sesuatu yang disebut Link to MyASUS untuk menghubungkan ponsel ke perangkat Windows 10. Bahkan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk ponsel lain. Hanya saja fungsinya sama dengan aplikasi pihak ketiga untuk komunikasi dan kencan.

Baca juga  7 Perbedaan realme 10 Pro¬†dan realme 10 Pro+ yang Perlu Anda Tahu

ASUS bisa belajar dari Huawei yang memiliki Huawei Share OneHop. Fitur ini memungkinkan laptop Huawei mengakses ponsel Huawei dengan mudah, cepat dan instan.

4. Gambar HP panas yang belum hilang

ponsel asus

Saya sering dimintai pendapat ketika teman ingin membeli ponsel. Saat saya merekomendasikan merek ASUS, beberapa dari mereka sering mengatakan tidak mau karena mengatakan HP ASUS panas. Ini juga lelucon di internet bahwa ASUS HP masih dianggap “hardware” karena panas.

Faktanya, ponsel ASUS memang mengalami masalah hot case pada ponsel ASUS Zenfone yang chipset Intel (generasi pertama ASUS Zenfone dan beberapa generasi kedua). Karena masalah ini, Intel tidak lagi memproduksi chipset ARM untuk perangkat seluler. ASUS juga tidak menggunakan chipset Intel lagi dan lebih suka chipset Snapdragon (ada yang menggunakan Mediatek).

Sayangnya, karena kejadian ini, ASUS masih terjebak gambar jika HP mereka mudah panas. Alasan lainnya adalah lelucon di Internet, yang sering mengatakan bahwa ASUS HP keren. Nyatanya, HP ASUS sudah tidak panas lagi. Ini adalah isu lama yang terkadang dilontarkan oleh beberapa kalangan yang sangat tidak menyukai ponsel ASUS.

5. Nama kompleks dari serangkaian ponsel.

asus zenfone max seri

Salah satu kritik saya terhadap HP ASUS adalah nama lini produk Zenfone yang rumit. Inilah yang terkadang membuat bingung antara satu lini produk ASUS Zenfone dengan lini produk ASUS Zenfone lainnya. Sebagai contoh seri ASUS Zenfone Max memiliki beberapa pilihan yang terkadang cukup membingungkan, seperti pada gambar di atas.

Untungnya, sekarang tidak begitu banyak ponsel ASUS, menyebutkan seri ponsel mereka tidak lagi sulit. Lebih mudah dan lebih mudah untuk membedakannya.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan HP ASUS menurut pengamatan saya pribadi. Apakah Anda pikir Anda setuju dengan apa yang saya katakan di atas? Jika Anda tidak setuju atau ada poin tambahan dan ada hal yang kurang tepat dari tulisan saya, Anda bisa menuliskannya di komentar.


https://actoncloud.com