Kupas Tuntas 10 Kelebihan dan Kekurangan ASUS Zenfone 9


ASUS memperkenalkan ASUS Zenfone 9 pada Juli 2022. HP ini dirancang sebagai ponsel flagship desain kompak andalan baru ASUS. Kehadiran si ponsel pun sekaligus menggantikan kedudukan pendahulunya, yakni ASUS Zenfone 8 yang merupakan ponsel flagship untuk tahun 2021.

Sektor yang paling ditonjolkan ASUS pada Zenfone 9 kali ini yaitu desain dan kamera. Dua sektor ini dianggap paling krusial dalam persaingan di pasar ponsel flagship tahun ini. 

Maka dari itu ASUS membenahi sektor kamera di seri Zenfone terbaru ini dengan cukup serius. Nah,  yang membuat sektor kamera HP ini menonjol tak lain karena adanya komponen berupa sistem stabilisasi optik berbasis gimbal.

Walau mengusung sektor kamera baru, ASUS Zenfone 9 tetap menghadirkan desain bodi yang kompak ditengah gempuran ponsel flagship bodi jumbo. Bahkan, sebagai salah satu HP terbaik ASUS, ponsel ini dirancang agar memiliki keunggulan yang menyeluruh di semua aspek.

Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dipunyai ASUS Zenfone 9? Apa juga sisi kurangnya? Simak tabel kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan Kekurangan
Bodi yang Kompak dan Nyaman
Layar Super AMOLED 120 Hz
Kualitas Speaker Stereo yang Oke
Dapur Pacu yang Sangat Mumpuni
Kamera dengan Kemampuan Video Stabil
Kemampuan Baterai yang Baik
Sistem Android yang Kayak Fitur
Desain Tidak Lagi Mewah
Tidak Ada Slot MicroSD
Tidak Ada Kamera Telephoto

Untuk lebih detail soal kelebihan dan kekurangan tersebut, Anda dapat temukan detailnya di bawah ini setelah info spesifikasi ASUS Zenfone 9.

Spesifikasi ASUS Zenfone 9

Layar AMOLED 5.9 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan Baca di sini

Kelebihan ASUS Zenfone 9

Ada tujuh poin kelebihan yang kami temukan pada ASUS Zenfone 9. tujuh poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel flagship ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya. 

1. Bodi yang Kompak dan Nyaman

asus zenfone 9 cover thumbnail

Penampilan bagian depan ASUS Zenfone 9 memang tak banyak berubah, masih mirip dengan ASUS Zenfone 8. Oleh sebab itu, jika hanya melihat sisi mukanya, kemungkinan Anda tidak akan bisa membedakan kedua ponsel. Maklum, posisi kamera depan mengikuti “kakaknya” yang berada di pojok kiri atas.

Barulah, saat melihat sisi belakang ponsel, tampaklah perbedaannya. Benar, ASUS Zenfone 9  mengalami perubahan desain di sisi belakang, khususnya bagian modul kamera.

ASUS tidak lagi menggunakan modul kamera. Di bagian belakang tersebut, terdapat dua buah kamera belakang berukuran besar. Setiap kamera dibekali ring metal yang cantik.

Selain modul kamera yang berbeda, ASUS Zenfone 9 juga mengalami penyusutan ukuran dan bobot. Bodi HP ini memiliki dimensi 146,5 x 68,1 x 9,1 mm dengan bobot 169 gram. Bobotnya lebih ringan karena ASUS menggunakan bodi baru.

ASUS menyebut bahwa bodi Zenfone 9 tidak lagi memakai bahan kaca. Namun, GSMArena mengatakan, bagian depan HP flagship ini masih memakai kaca Gorilla Glass Victus. Sedangkan bagian belakang menggunakan bodi polymer.

Ubahan bodi belakang ini memang menghilangkan kesan mewah Zenfone series. Namun, permukaan bodi HP ini kini lebih lembut dan nyaman di tangan. Hal ini disebabkan permukaan bodinya lebih bertekstur.

ASUS Zenfone 9 kini sudah dilengkapi sertifikasi IP68. Sertifikasi ini belum ada di Zenfone 8. Dengan IP68, HP ASUS terbaru ini dijamin tahan terhadap debu di seluruh bodinya. HP ini juga kedap hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit. 

ASUS Zenfone 9 desain bodinya sedikit berbeda. HP Android terbaru ini memang memiliki dimensi yang sama kompak. Namun, kalau diperhatikan lebih detail, desain bodi samping mengusung konsep flat design, yang sekilas mirip iPhone dan ponsel flagship lainnya.

Baca juga  7 Perbedaan Infinix Note 12 dan Infinix Note 12 VIP

2. Layar Super AMOLED 120 Hz 

asus zenfone 9 2_

Secara ukuran, layar ASUS Zenfone 9 masih sama dengan seri sebelumnya yakni 5,9 inc. Layarnya cukup kecil untuk kelas HP premium saat ini. Walaupun demikian, ASUS sudah menghadirkan sejumlah peningkatan agar layar HP terbaru ini dapat bersaing dengan HP layar lebar lainnya.

Resolusi layar yang digunakan sudah Full HD+ (1080 x 2400 piksel), sehingga kepadatan pikselnya tembus 445 ppi. Layar dengan panel Super AMOLED ini diklaim tetap nyaman digunakan untuk multi-tasking maupun gaming.

Oh iya, layar ASUS Zenfone 9 mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan pun mulus serta responsif.

ASUS menyebut layar HP ini mampu menampilkan warna 10 bit atau sebanyak 1,07 miliar. Layar Zenfone 9 juga diklaim memiliki tingkat kecerahan 1100 nit, punya rasio kontras 8 juta:1, dan keluaran warnanya akurat yang ditunjukkan oleh nilai Delta E 0,3.

Sebagai informasi tambahan, layar ASUS ini sudah mengantongi sertifikasi Widevine, sehingga Anda bisa memutar film di Netflix, HBO Go, dan sejenisnya, dengan resolusi tertinggi di HP ini. Layar HP ini juga mendukung pemutaran konten HDR10+.

3. Kualitas Speaker Stereo yang Oke

Zenfone 9 speaker_

Kualitas visual ASUS Zenfone 9 tak perlu diragukan lagi. Namun, suatu ponsel dapat dikatakan memiliki kemampuan multimedia yang lengkap jika bisa menghasilkan kualitas audio bagus. Perihal itu telah diusahakan ASUS melalui penyematan speaker stereo.

Speaker utama Zenfone 9 ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas – menyatu dengan earpiece.

Walau tidak ada embel-embel seperti JBL, Harman Kardon, atau Bang & Olufsen, speaker stereo HP ini nyatanya mampu menghasilkan suara yang prima.

4. Dapur Pacu yang Sangat Mumpuni 

Zenfone 9 Performa_

ASUS Zenfone 9 diperkuat oleh SoC Snapdragon 8 Plus Gen 1 dari Qualcomm. Chipset ini dipilih ASUS karena memiliki performa yang kencang dan lebih hemat daya dibanding chipset seri sebelumnya.

Sebelum membahas mengenai performa ASUS Zenfone 9, perkenankan kami membahas sedikit mengenai profil Snapdragon 8 plus Gen 1. SoC ini merupakan chipset pertama di dunia yang dibangun dengan fabrikasi 4 nm konfigurasi octa-core.

Klaster super diisi satu core Kryo Prime 3.2 GHz (berbasis Cortex-X2). Klaster performanya berupa tiga core Kryo Gold 2.75 GHz (berbasis Cortex-A710). Terakhir ada empat core Kryo Silver (berbasis Cortex-A510) 11,8 Ghz yang masuk dalam klaster efisiensi.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 juga sudah dibekali GPU Adreno 730 (818 MHz), DSP Hexagon dan ISP Spectra generasi terbaru, serta modem internal 5G X65. Tidak hanya itu, pada dapur pacu HP ini juga sudah didukung RAM 16 GB LPDDR5 dan memori internal 256 GB berjenis UFS 3.1.

Chipset ini juga sudah memiliki ISP 18-bit terbaru yang dapat menangani sensor kamera hingga 200 MP dan merekam video 8K 30 fps serta video 4K 120 fps.

Dengan sejumlah peningkatan dari seri Snapdragon 8 Gen 1, chipset ini memiliki kecepatan mumpuni, diimbangi baterai yang kian awet. Bahkan, chipset ini mengalami peningkatan efisiensi hingga 15%. Efeknya, HP Android ini bisa digunakan untuk streaming video lebih lama 1 jam 30 menit dibanding chipset generasi sebelumnya. 

Kini saatnya membahas performa si ponsel yang dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh GSMarena.

Pada AnTuTu 9, ASUS Zenfone 9 mencetak skor 1.083.092. Skor tersebut sudah tinggi, bahkan melebihi Galaxy S22 dan Xiaomi 12S Ultra. Pengetesan selanjutnya adalah mengenai kemampuan CPU pada GeekBench 5.

Hasilnya impresif. Skor single-core HP ini menyentuh 1313, sedangkan multi-core-nya tembus 4.338. Lanjut ke pengujian kemampuan grafis, Zenfone 9 mampu mencatat skor 10.469 pada 3DMark Wild Life. Skor tersebut juga tergolong bagus dan tinggi.

Baca juga  Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M33 5G

Penurunan performa memang lumrah terjadi pada ponsel flagship non gaming. Hal tersebut terjadi sebagai bagian dari protokol keamanan agar ponsel tidak mengalami panas berlebih, terutama ketika menangani beban kerja tinggi.   

Dalam pengujian di kondisi nyata, Jordan Palmer dari Tom’s Guide mengaku terkesan dengan performa ASUS Zenfone 9. Ponsel ini disebut Palmer mampu melahap seluruh tugas harian dengan mulus lancar. Multi-tasking, browsing, streaming, mengedit gambar, dan bermain game, semua terasa cepat.

Selama menguji ponsel ini, Palmer tidak mengeluh soal temperatur. Pasalnya, ASUS menghadirkan sistem pendingin baru yang lebih luas. Suhu yang tidak tinggi membuktikan komponen pendingin vapor chamber baru bekerja dengan baik.

5. Kamera dengan Kemampuan Video Stabil

asus zenfone 9 camera_

ASUS tidak mengganti konfigurasi kamera dalam ASUS Zenfone 9. HP ini tetap memiliki kamera utama, dan kamera ultra-wide, dan satu kamera selfie di depan. Desain kamera belakang pun dibuat lebih segar dan mewah.

Sorotan pada kamera HP ini justru terletak pada penstabil optik berbasis gimbalnya. Kali ini Asus memasang fitur gimbal pada kamera utama.

Fitur 6-AXIS gimbal ini memberikan stabilisasi yang lebih baik untuk video atau untuk foto yang butuh exposure panjang. Inilah yang membuat desain kamera belakang berbeda dan lebih besar

Selanjutnya, mari kita bahas secara rinci spesifikasi satu per satu kamera HP ini. Untuk kamera utama, ASUS memasang sensor Sony IMX766 50 MP dengan ukuran 1/1,56 inci. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.9, dilengkapi gimbal OIS, dan tentu saja autofocus PDAF.

Lalu kamera ultra-wide-nya memiliki resolusi 12 MP dan didukung sensor Sony. Kamera ini punya bukaan f/2.5, sudut pandang 113°, dan autofokus. Karena autofokus, kamera ini bisa berfungsi pula sebagai kamera makro.

Untuk perekaman video di kamera utama, lensa utama Zenfone 9 mampu merekam video dengan resolusi paling tinggi 8K UHD pada 24 fps dengan EIS. Untuk perekaman kamera depan bisa mencapai resolusi 4K pada 30 fps.

Dalam sampel yang diambil oleh Mariyan Slovov dari Phonearena.com, foto jepretan kamera utama dengan auto mode terlihat cukup bagus di semua kondisi pencahayaan. Itu termasuk foto low light. Meski begitu, detail sedikit berkurang di kondisi low light seperti malam hari.

hasil foto zenfone 9 siang hari.2_Sumber: phonearena.com

Lanjut ke hasil jepretan kamera ultra-wide, fotonya sangat detail dan jelas. Mariyan suka dengan tangkapan kamera ultra-wide kamera HP ini karena akurasi warna, eksposur, dan white balance-nya sangat kuat. Bahkan kamera ini bisa digunakan untuk foto makro dengan jarak 4 cm saja.  

Untuk kamera selfie, tangkapannya sama detail dan jelas mirip kamera ultra-wide. Kamera depan ini menghasilkan warna yang natural. Terutama foto pada warna kulit. Tekstur pada area muka juga tidak diperhalus alias apa adanya. 

Satu hal yang menjadi kekuatan kamera ini ialah perekaman video. Asus Zenfone 9 sukses menghasilkan video yang detail dan sangat stabil. Hadirnya fitur gimbal OIS cukup sukses membuat perekaman video di ponsel kompak ini sangat stabil.

6. Kemampuan Baterai yang Baik 

Zenfone 9 Baterai_

Asus Zenfone 9 dipasarkan dibekali dengan baterai dengan kapasitas 4300 mAh. Kapasitas tersebut memang biasa saja untuk standar ponsel masa kini. Namun, performa baterai ini cukup baik untuk penggunaan harian. 

Baterai tersebut memang lebih besar 300 mAh dari seri Zenfone sebelumnya. Walaupun meningkat sedikit, ternyata cukup untuk Zenfone 9 menyala hingga 48 jam kurang. Hal ini menandakan bahwa sistem manajemen daya HP ini cukup bagus, kendati resolusi layarnya 2K.

Dalam pengujian pemutaran video streaming yang dilakukan Mariyan Slovov, Asus Zenfone 9 dapat bertahan selama 12 jam 14 menit.

Adapun teknologi pengisian cepat yang digunakan ialah 30W. Teknologi pengisian cepat ini memang terasa kurang dibanding pesaing yang sudah 120W. 

Baca juga  Pengertian dan Perbedaan Kurva Permintaan dan Penawaran

Dengan charger bawaan, ASUS Zenfone terbaru ini bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 74 menit. Pengecasan dengan tempo singkat itu dilakukan untuk mengisi baterai kosong hingga penuh.

Pembahasan berlanjut ke poin konektivitas. Ponsel ASUS ini mendukung segudang jenis konektivitas. Mulai dari jaringan seluler 5G, WIFi 6, dan Bluetooth 5.2. Menariknya, HP ini juga punya stereo speaker dengan Dirac Tuning.

7. Sistem Android Kaya Fitur 

android 12

ASUS menyadari bahwa smartphone sangat penting bagi penggunanya. Maka dari itu dalam Zenfone 9, ASUS membenamkan sejumlah fitur yang akan membantu pengguna dalam mengoperasikan perangkat ASUS-nya.

Dalam HP Android 5G ini, ASUS masih menggunakan sistem Android 12 dengan balutan Zen UI. Menariknya, terdapat sejumlah fitur yang dikembangkan dari Google Tools. 

Salah satu fitur yang cukup berguna di ponsel ASUS ini ialah fitur smart key. Fitur smart key berfungsi agar pengguna bisa lebih cepat membuka aplikasi tertentu yang sudah diatur sebelumnya. Cara menggunakannya, Anda cukup menekan tombol power dua kali saja.

Kekurangan ASUS Zenfone 9

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap ASUS Zenfone 9. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Desain Tidak Lagi Mewah

asus zenfone 9_

Ponsel flagship saat ini rata-rata hadir dengan desain mewah nan elegan. Seperti seri Zenfone 8, meski berdesain kompak, Ponsel ini sudah menggunakan bodi berlapis kaca nan mewah. Nah, dalam seri Zenfone 9, ASUS justru menghilangkan lapisan kaca tersebut.

Dalam seri terbaru ini, ASUS hanya menggunakan bodi belakang bahan polymer. Selain itu, ASUS juga menyegarkan desain kamera dengan menghilangkan modul persegi yang khas. 

Ubahan ini memang membuat HP Android ini lebih ringan dan minimalis. Sayangnya, ubahan ini juga membuat HP tidak nampak mewah dan terkesan murahan. Memang nuansa mewah coba dihadirkan ASUS melalui desain kamera baru. Tapi, tampaknya masih belum berhasil.

2. Tidak Ada Slot MicroSD

ASUS Zenfone 9 hadir dengan desain bodi yang kompak. Pemilihan bodi yang ringkas ini membuat ASUS harus menghilangkan sejumlah fitur penting. Salah satu fitur yang hilang ialah tidak ada lagi slot untuk microSD.

Hal ini memang cukup mengecewakan bagi Anda yang gemar menyimpan file penting di smartphone. Memang, ASUS sudah membekali HP premium ini dengan memori internal 256 GB. Namun, tampaknya, slot microSD untuk memori penyimpanan tambahan masih sangat dibutuhkan.

Slot microSD dianggap masih penting karena file aplikasi, file foto maupun file video saat ini terus bertambah besar. Jadi jika Anda gemar menyimpan file di HP, maka akan cepat penuh. Untuk itulah slot microSD masih dibutuhkan untuk memori tambahan.

3. Tidak Ada Kamera Telephoto

Zenfone 9_

Tren smartphone kamera saat ini memang sudah dibekali lebih dari dua kamera belakang. Saat ini banyak produsen menghadirkan kamera utama dilengkapi kamera ultra-wide atau kamera makro. Namun, beberapa HP flagship mulai menggantikan kamera ultra-wide dengan kamera telephoto.

Nah, ini menjadi kekurangan yang sangat mengecewakan dalam ASUS Zenfone 9. Pasalnya, meski ASUS sudah menghadirkan sektor kamera yang lebih segar. ASUS tidak menghadirkan kamera telephoto.

Padahal kamera telephoto saat ini sangat berguna. Kamera ini dianggap mampu mengambil gambar atau video lebih sinematik. Tidak hanya itu, kamera ini berfungsi untuk menangkap objek yang berada jarak jauh dengan detail.

Simpulan

Tidak diragukan lagi, ASUS Zenfone 9 memang ponsel kelas atas dengan performa terbaik. Meski mengusung desain yang kompak, spesifikasi yang ditawarkan ternyata sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. 

Dibalik desainnya yang kecil, ASUS menghadirkan prosesor yang kencang, layar yang jernih, baterai yang awet hingga kamera yang stabil. Bila itu belum menarik, HP ini juga memiliki sistem operasi yang tanpa bloatware dan kaya fitur menarik.

Namun, kalau Anda memang lebih menyukai smartphone yang mewah berbodi besar dengan banyak kamera, Zenfone 9 tampaknya tidak cocok dipilih. HP ASUS terbaru ini memang kini tampak lebih murahan tanpa bodi lapis kaca. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?


https://actoncloud.com