Jenis-Jenis Chipset Mediatek yang Dipakai di HP Beserta Urutannya


Mediatek, perusahaan yang berbasis di Shanghai, merupakan salah satu produsen chipset smartphone. Tidak seperti Qualcomm, Mediatek berfokus pada pengembangan chipset yang lebih terjangkau, yaitu biaya produksi yang lebih rendah, dibandingkan dengan chipset dari pabrikan lain.

Faktor ini membuat harga ponsel dengan chipset Mediatek lebih terjangkau. Namun, ketahuilah bahwa Mediatek memilikinya gambar yang kurang bagus karena dulu sering ada chipset yang cepat panas dan fitur yang tidak terlalu cepat.

Belakangan, Mediatek meningkatkan dan merilis chipset yang lebih baik yang masih tersedia. Tak heran, banyak vendor ponsel yang masih menggunakan chipset Mediatek. Yang agak fatal dan membuat ponsel Mediatek kurang populer adalah sifatnya yang closed source.

Berbeda dengan chipset lainnya, Mediatek telah menutup source code-nya dan tidak berencana untuk membuka source code-nya ke publik. Karena itu, ponsel Mediatek jarang mendapatkan pembaruan Android terbaru.

Pasalnya, untuk menerima pembaruan, perangkat Android harus memiliki kode sumber. Jika pemasok ingin melakukan ini, mereka harus membayar Mediatek terlebih dahulu.

Selain itu, Mediatek terus bertahan dan rajin merilis chipset terbaru. Saat artikel ini ditulis, Mediatek sudah memperkenalkan chipset dengan teknologi proses 6nm. Tentu saja, ini sangat bagus.

Jenis Chipset Mediatek

Ada banyak sekali chipset Mediatek dan cukup sulit untuk diklasifikasikan. Nama chipset Mediatek juga tidak terlalu sukses dan sulit diingat. Beruntung, Mediatek kemudian menamai chipset Helio mereka. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kategori chipset Mediatek Helio, silahkan simak penjelasan berikut ini.

1. Dimensi Mediatek

Mediatek Dimensity merupakan chipset yang memadukan konsep dan performa cerdas dengan dukungan jaringan 5G. Dimensity bisa dikatakan sebagai investasi Mediatek di kompetisi 5G.

Mediatek Dimensity memadukan konektivitas, multimedia, kecerdasan buatan, dan inovasi untuk menghadirkan kualitas gambar yang baik. Perpaduan ini menjadikan chipset andalan Dimensity Mediatek yang merupakan chipset unggulan dan tentunya hadir dengan jaringan 5G.

Baca juga  10 Laptop dengan Layar Full HD Paling Murah Tahun 2022

Mediatek Dimensity hadir dengan beberapa seri. Ada Mediatek Dimensity 1000 series, Mediatek Dimensity 800 series, Mediatek Dimensity 700 series dan hingga MediaTek Dimensity 9200.

2. Mediatek Helio Seri G

MEDIATEK HELIO G

Seiring dengan perkembangan industri mobile gaming, Mediatek melihat ini sebagai celah untuk menghadirkan solusi: chipset khusus gaming. Itulah mengapa seri Mediatek Helio G lahir.

Chipset ini menawarkan fitur dan teknologi yang meningkatkan pengalaman mobile gaming serta visual yang hidup. Mediatek Helio G series juga menghadirkan performa multimedia dan performa AI yang lebih baik, setara dengan seri Mediatek Helio lainnya.

Kehadiran Mediatek Helio G sendiri membuat banyak produsen ponsel mengadopsi chipset Helio G. Beberapa produk Helio G antara lain Helio G99, Helio G96, Helio G95, Helio G90T, Helio G88, Helio G85, Helio G35 dan lainnya. .

2. Seri Mediatek Helio X

helio x20

Sebelum munculnya seri Dimensity dan G, seri Mediatek Helio X adalah jajaran chipset kelas atas dari Mediatek. Chipset seri Helio X berarti chipset performa tinggi untuk kelas Mediatek. Hanya saja chipsetnya kalah pamor dibanding Dimensity dan seri G.

Contoh chipset di kelas ini adalah Helio X20, Helio X25, Helio X27 dan Helio X30. Helio X30 adalah chipset pertama Mediatek yang dibuat dengan teknologi proses 10nm. Dalam artian, chipset produksi baru akan muncul pertama kali di seri Helio X, kemudian chipset Mediatek akan muncul di seri lainnya.

Dilihat dari teknologi pembuatannya, perkembangan teknologi chipset Mediatek sedikit tertinggal. Ini karena produsen chipset besar lainnya memproduksi teknologi proses 8nm dan 7nm, sedangkan Mediatek hanya memproduksi 10nm. Namun, tentu saja, tidak ada kata terlambat untuk memulai.

2. Mediatek Helio P Series

MediaTek Helio P70 vs Helio P60

Seri Mediatek P merupakan chipset Mediatek yang berada satu tingkat di bawah seri Mediatek X. Seri Mediatek P ini dirancang untuk digunakan di smartphone tipis. Fokus dari chipset Mediatek P-series adalah chipset yang memastikan konsumsi baterai yang efisien tanpa mengurangi performa secara keseluruhan.

Baca juga  15 HP Xiaomi Terbaru yang Mendukung NFC (Juli 2022)

Selain itu, fokus dari seri Mediatek P adalah dukungan dan konektivitas multimedia. Di satu sisi, seri Mediatek P bertujuan untuk mengembangkan chipset yang seimbang di semua sektor. Itu sebabnya seri Mediatek P banyak digunakan oleh produsen ponsel. Contoh chipset seri Mediatek P adalah Mediatek P60, Mediatek P70 dan Mediatek P90.

3. Mediatek Helio Seri A

helio a22

Mediatek memperkenalkan chipset kelas baru yaitu seri Helio A. Chipset di kelas ini adalah Helio A22. Chipset ini didesain untuk smartphone dengan harga terjangkau namun memiliki fitur yang bagus seperti kamera yang bagus, efisiensi daya yang baik, dan pengoptimalan tangkapan kamera.

Karena seri chipset baru, Helio A22 tidak digunakan di banyak ponsel. Apalagi karena hanya ada satu seri Helio A, tentu akan ada lagi seri Helio A. Contoh ponsel yang menggunakan Helio A22 adalah Xiaomi Redmi 6A.


https://actoncloud.com