Inilah Cara Mudah Melakukan Screenshot di vivo Y02


Mengikuti perkembangan zaman, pabrikan Vivo telah menambahkan fungsi screenshot ke setiap ponsel yang mereka miliki, termasuk ponsel Vivo Y02.

Dengan fitur ini, Anda dapat mengambil apa yang ada di layar dan menyimpannya sebagai gambar. Jadi kapan pun Anda memiliki waktu luang, Anda dapat melihat informasi penting ini di Galeri HP.

Nah disini tim Caris Signal akan membahas beberapa cara untuk mengambil screenshot di HP Vivo ini. Berikut cara screenshot di Vivo Y02 yang bisa Anda coba.

Cara umum screenshot di Vivo Y02

Seperti ponsel Vivo lainnya, Vivo Y02 dilengkapi dengan beberapa cara cepat untuk mengambil screenshot. Metode ini populer karena sederhana dan dapat digunakan oleh segala usia.

Berikut langkah-langkah mengambil screenshot biasa di ponsel Vivo.

1. Menggunakan tombol fisik

Cara yang pertama ini bisa dilakukan oleh semua pengguna ponsel android. Caranya adalah dengan mencari artikel atau barang yang ingin disimpan dan menampilkannya di layar HP. Untuk mengambil tangkapan layar, tekan tombol daya dan volume turun di samping ponsel Anda secara bersamaan.

Jika layar berkedip dan gambar pratinjau muncul di sudut bawah layar, tangkapan layar berhasil diambil. Sayangnya, cara ini diyakini mudah merusak tombol fisik pada ponsel.

2. Menggunakan icon di control center

Selain menggunakan cara umum di atas, kamu bisa melakukan screenshot di Vivo Y02 menggunakan screenshot atau icon S-capture yang sudah tersedia di control center.

Untuk menggunakan fitur ini, cari tampilan yang ingin diambil screenshot di layar HP Vivo.

Buka pusat kendali dengan menggesek layar dari atas ke bawah.

Kemudian cari icon screenshot yang ada. Ponsel Vivo biasanya menampilkan ikon dengan tangkapan layar atau S-capture.

Baca juga  10 Laptop Xiaomi Termurah dan Berkualitas (Juli 2022)

Nantinya ketika ikon tersebut disentuh, akan muncul beberapa pilihan, seperti full screen capture, partial screen capture untuk perekaman layar.

Pilih icon tersebut dan layar akan otomatis ter-capture dan layar HP akan berkedip. Biasanya jika screenshot berhasil diambil, akan muncul notifikasi sebelum preview gambar.

3. Tangkapan layar panjang

Bagi Anda yang ingin menyimpan artikel atau percakapan panjang, Anda dapat menggunakan metode screenshot panjang. Trik: Pastikan halaman yang ingin Anda dapatkan bisa di-scroll ke bawah.

Kemudian ambil tangkapan layar dengan cara apa pun. Setelah hasil screenshot muncul, biasanya muncul gambar preview di pojok layar, beserta toolbar di bagian bawah.

Jadi, pilih opsi tangkapan layar panjang dari bilah alat tangkapan layar. Anda dapat menggulir area tangkapan layar ke bagian paling bawah. Setelah selesai, tekan saja save.

Terakhir, semua tangkapan layar akan berakhir di galeri atau foto. Untuk ponsel Vivo, tangkapan layar akan ditempatkan di album tangkapan layar.

Metode screenshot khusus di Vivo Y02

Untuk memudahkan pengguna menyelesaikan aksinya, Vivo juga menawarkan sejumlah metode khusus untuk mengambil screenshot. Cara khusus ini bisa kamu gunakan jika HP Vivo Y02 memiliki bug tombol fisik dan kamu perlu melakukan screenshot dengan cepat.

Cara mengambil screenshot dengan tiga jari

Cara khusus pertama ini hadir di beberapa smartphone dengan sistem Android versi yang cukup baru. Cara ini dianggap lebih mudah karena tidak perlu menekan tombol fisik atau mengklik ikon apapun.

Tak heran jika sejumlah smartphone belakangan ini dilengkapi dengan fitur ini, karena lebih cepat. Namun, sebelum mengambil tangkapan layar, Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

1. Masukkan ‘Pengaturan‘lalu pilih’label dan aksesibilitas‘ dan pilih bagian S-tangkap...

2. Pilih bagian geser ke bawah dengan tiga jari‘…

Baca juga  Inilah 15 Youtuber Horor Paling Populer di Indonesia 2022
cara screenshot 3 jari di vivo Y02Sumber: Tech2rise

3. Sekarang, untuk mengambil tangkapan layar, cukup geser tiga jari di layar dari atas ke bawah.

4. Nantinya jika screenshot berhasil maka ponsel akan bergetar atau terdengar suara shutter kamera.

5. Screenshot bisa langsung disimpan di galeri di album screenshot.

Cara mengambil tangkapan layar menggunakan menu aksesibilitas

Fitur ini merupakan fitur screenshot yang jarang ada di ponsel Android lainnya. Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan jika Anda tidak mengaktifkan fitur screenshot lainnya, seperti fitur Easy Touch.

Penasaran dengan fitur-fitur yang dimaksud? Anda dapat mencoba metode di bawah ini.

1. Aktifkan menu aksesibilitas

Langkah pertama, Anda harus mengaktifkan menu aksesibilitas di pengaturan. Cara masuk ke pengaturan hp vivo. Pilih menu pintasan dan aksesibilitas > Aksesibilitas. Selanjutnya Anda tinggal mengaktifkan pilihan menu aksesibilitas yang ada.

Jika fungsi menu aksesibilitas aktif, ikon bola kecil akan muncul di layar. Fungsi ikon ini mirip dengan tombol Assistive Touch di iPhone.

Nah jika tombol ini ditekan maka akan muncul beberapa shortcut keyboard yang salah satunya berguna untuk mengambil screenshot dengan cepat.

cara mengambil screenshot di vivo y02Sumber: Tech2rise

2. Cara mengambil tangkapan layar

Tombol pintasan tangkapan layar di menu aksesibilitas biasanya berupa tangkapan layar. Namun, jika ternyata tidak ada ikon untuk tangkapan layar, Anda dapat dengan mudah menambah atau menghapus pintasan keyboard.

Untuk memulai tangkapan layar menggunakan fungsi ini, Anda harus memasukkan tampilan layar yang diinginkan. Setelah itu, Anda hanya perlu mengklik ikon bola. Tangkapan layar dapat diambil dengan cepat dan mudah.


https://actoncloud.com