Inilah 7 Perbedaan Samsung Galaxy A13 dan Galaxy M13


Sukses di pasar ponsel kelas premium, tidak membuat Samsung berpuas hati. Hal ini dibuktikan Samsung dengan merilis sejumlah ponsel entry-level baru dengan spesifikasi yang cukup menggoda. Tidak sekadar ponsel murah, Samsung mulai berani menghadirkan beberapa fitur unggulan di produk entry-levelnya.

Seperti yang tampak pada ponsel Android Samsung Galaxy A13 yang dirilis pada Maret 2022. Ponsel ini dirilis hanya berselang 14 bulan dari generasi sebelumnya, Samsung Galaxy A12. Tidak heran, Ponsel ini mengusung spesifikasi yang meningkat jauh.

Menariknya, di awal 2022,  Samsung menghadirkan varian ponsel Android murah baru bernama Samsung Galaxy M13. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi yang bisa dibilang mirip dengan seri A13. Bahkan dapur pacu yang digunakan keduanya sama yakni chipset Exynos 850.

Hal lebih menarik lagi, Samsung Galaxy A13 dan Galaxy M13 punya versi baru yang dirilis di India. Samsung Galaxy A13 yang rilis di India adalah Samsung Galaxy A13 (SM-A137) dan varian Galaxy M13 adalah Samsung Galaxy M13 dengan kode model SM-M135FU. 

Nah, pembahasan dalam artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa saja perbedaan Samsung Galaxy A13 dan Galaxy M13. Pembahasan fokus  Galaxy A13 yang resmi di Indonesia. Tentu juga akan sedikit dibahas soal varian yang rilis di India.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13

Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.599.000
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Spesifikasi Samsung Galaxy M13 

samsung galaxy m13
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 850
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –
Gunakan kode voucher CARISTR10 untuk mendapatkan diskon 10% di Carisinyal Store Shopee & Tokopedia. Klik di sini!

Perbedaan Samsung Galaxy A13 dan Samsung Galaxy M13 

Samsung mencoba masuk ke pasar entry-level dengan mengandalkan desain, dapur pacu dan kamera yang berkualitas pada seri A13 dan seri M13. Seluruh perbedaan kedua ponsel dapat Anda temukan pada poin-poin berikut ini.

1. Desain Kamera Berbeda

samsung galaxy m13

Samsung Galaxy A13 dan Galaxy M13  memiliki desain yang sama cantik dan minimalis. Yang membedakan kedua HP Android terbaru ini ialah jumlah kamera belakangnya. Samsung Galaxy A13 hadir dengan empat buah kamera, sedangkan Galaxy M13 hanya dibekali tiga buah kamera belakang saja. 

Kalau kamu perhatikan lebih detail, memang desain kamera Galaxy A13 dan Galaxy M13 versi India sangat mirip. Desain kamera ini terinspirasi dari desain kamera  Samsung Galaxy S22 Ultra. Tidak ada tonjolan modul kamera yang besar. Yang ada setiap sensor kamera dibuat terpisah. Seolah dibuat menyatu dengan bodi dan ini menimbulkan kesan mewah.

Baca juga  10 Rekomendasi HP Harga 3 Jutaan Terbaik (Agustus 2022)

Sedangkan desain kamera Samsung Galaxy M13 versi global mirip dengan Samsung Galaxy A23. Tiga buah kamera di belakang ditempatkan dalam modul berbentuk persegi panjang yang sisi-sisinya membulat. Untuk ukuran dan penempatan lensanya memang tidak banyak berubah, masih mirip Galaxy A13.

Bermain di kelas entry-level, Samsung menggunakan bahan plastik dengan finishing glossy. Ini membuat bodi mudah terkena bekas sidik jari dan licin. Walaupun demikian, berkat desain bodi samping yang sedikit melengkung, ponsel Samsung ini nyaman digenggam dengan erat.

Keunggulan HP terbaru ini juga ada di bagian sensor sidik jari. Samsung kini menempatkan sensor sidik jari menyatu bersama tombol power di sisi samping. Penempatan ini membuat Anda bisa membuka dan mengunci HP dengan cepat dan mudah.

Uniknya, Samsung menghadirkan warna hitam bezel perangkat ini hingga bagian sisi bodi. Warna hitam ini mencakup 20 persen dari bagian sisi, sehingga menimbulkan kesan layar yang lebih luas dalam kondisi layar mati. 

Kenyamanan HP ini untuk penggunaan harian juga didukung dimensi yang pas. Galaxy A13 hadir dengan dimensi 165,1 x 76,4 x 8,8 dan Galaxy M13 versi global hadir dengan dimensi 165,4 x 76,9 x 8,4 mm. Kedua ponsel Android ini juga memiliki berat yang tak jauh berbeda yakni 195 gram dan 192 gram. 

Sedangkan untuk Galaxy M13 versi India memiliki ukuran 165,4 x 76,9 x 9,3 mm dengan berat 207 gram.

Perbedaan dimensi ini karena Galaxy M13 versi india menggunakan kapasitas baterai yang lebih besar. Walaupun ketiga HP memiliki ukuran dan berat yang berbeda, ketiganya masih cukup ideal untuk penggunaan harian meski terasa berat. .  

2. Layar Full HD+ 60 Hz

Samsung galaxy a13 4g

Desain layar ketiga HP samsung ini memang masih sama yakni menggunakan kamera depan model waterdrop.

Baik Samsung Galaxy A13 maupun Galaxy M13 memakai resolusi layar yang lebih baik dibanding pesaingnya yakni resolusi Full HD+. Selain itu, layar berukuran 6,6 inci ini memiliki kepadatan piksel 400 ppi. Sayangnya, layar ini masih menggunakan refresh rate standar 60 Hz.

Untuk perlindungan layar, Galaxy A13 dan Galaxy  M13 versi India sudah dibekali pelindung anti gores, Gorilla Glass 5. Sedangkan M13 versi global hanya dibekali pelindung layar biasa.

Ketiga ponsel masih menggunakan panel PLS LCD yang setara panel IPS. Sudut pandang layar ini juga cukup lebar sehingga cocok untuk bermain game maupun menonton video.  Apalagi, layar HP Samsung ini juga sudah mendukung sertifikasi Widevine L1 sehingga Anda bisa menonton film streaming dengan kualitas HD yang tajam.

Ukuran layarnya yang besar memang menjadi kendala tersendiri untuk pengoperasian dengan satu tangan. Walaupun demikian, Samsung menghadirkan mode pengoperasian satu tangan dalam sistem.

3. Penggunaan Chipset Exynos 850

Exynos 850

Menyasar pasar Android murah, Samsung percaya diri menggunakan chipset buatan sendiri  yakni Exynos 850. Prosesor octa-core ini dirancang menggunakan fabrikasi 8nm. Untuk performanya, chipset ini punya clock speed hingga 2 Ghz dan disokong GPU Mali G52.

Baca juga  15 Game Memancing Ikan Terbaik di Android yang Sangat Seru

Samsung juga sudah menghadirkan fitur RAM Plus untuk menambah RAM virtual 4 GB ke RAM asli 4 GB. Sayangnya, penambahan RAM ini dianggap kurang maksimal. Karena masih ditemukan lag kala berpindah antar aplikasi. Ketika digunakan untuk multitasking pun masih terasa jeda. 

Performanya yang kurang optimal ini disebabkan chipset buatan tahun 2020 ini memang dirancang untuk hemat daya. 

Kini saatnya membahas performa ponsel, dimulai dari uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh gsmarena.com. Karena ketiga HP menggunakan chipset yang sama, maka kami memilih Galaxy A13 sebagai contoh karena dirilis lebih awal.. 

Pada AnTuTu 9, Samsung Galaxy A13 mencetak skor 136.286. Sedangkan untuk skor di GeekBench 5, Galaxy A13 mendapat 153 single core dan multicore 588. Skornya terbilang tidak terlalu tinggi untuk HP entry-level. 

Dengan data diatas, bisa disimpulkan bahwa Samsung Galaxy A13 maupun Galaxy M13 memiliki performa yang biasa saja. Untuk kegiatan dasar seperti browsing dan menonton video tentu masih nyaman. Tapi untuk bermain game bergrafis tinggi, kamu harus berpikir ulang. 

Jika ingin performa yang lebih baik, pilihan paling oke adalah Samsung Galaxy A13 (SM-A137). Ponsel ini punya spesifikasi serupa dengan  Samsung Galaxy A13 standar. Bedanya, Samsung Galaxy A13 (SM-A137) dibekali chipset Mediatek G80 yang cukup oke untuk kelas harganya. 

4. Beda Jumlah Kamera Belakang

samsung galaxy m13

Sektor kamera menjadi pembeda antara kedua ponsel Samsung ini. Memang konfigurasi kamera yang digunakan Samsung Galaxy A13 dan Galaxy M13  tidak berbeda jauh. Hanya saja, Samsung Galaxy M13 tidak memiliki kamera makro.

Untuk kamera utama, keduanya menggunakan kamera utama 50 MP dengan bukaan f/1.8 dengan PDAF. Untuk mendampingi kamera utama ada kamera ultrawide, dan kamera depth 2 MP f/2.4.

Kamera ultrawide  ini beresolusi 5 MP dengan bukaan f/2.2 dan sudut 123 derajat..kamera ini memiliki sudut yang cukup lebar dengan white balance yang seimbang. Yang berbeda ialah dalam Galaxy A13 ada kamera makro 2 MP dengan bukaan f/2.4.

Memang, dihilangkannya kamera makro pada Galaxy M13 tidak memberi efek besar. Pasalnya, kamera jenis ini mulai ditinggalkan pengguna. Saat ini pengguna lebih tertarik pada kamera ultrawide.

Kekurangan kamera HP ini ialah fitur yang kurang lengkap dalam aplikasi kameranya. Selain itu, untuk penggunaan malam hari, hasil fotonya kurang maksimal. Namun saat pencahayaan melimpah seperti siang hari, hasil fotonya cukup berkualitas dengan kontras yang pas. 

Berlanjut di sektor kamera depan. Samsung Galaxy A13 dan M13 sama-sama  menggunakan kamera 8 MP f/2.2. Hasil kameranya cukup memuaskan meski kedua kamera depan memiliki resolusi yang pas-pasan.

Untuk perekaman video, kedua HP Samsung ini hanya bisa merekam video maksimal Full HD.. Hasil video kamera utama tampak bagus dan detail. Warna yang dihadirkan juga natural dengan dynamic range yang luas.  

5. Baterai Berkapasitas Gede

samsung galaxy m13

Samsung menggunakan baterai dengan kapasitas yang standar pada umumnya yakni 5000 mAh untuk Galaxy A13 dan Galaxy M13 versi Global. Yang berbeda ialah dalam Samsung Galaxy M13 versi India, Samsung menggunakan baterai yang lebih besar yakni 6000 mAh. .

Baca juga  Berkenalan dengan 5 Perbedaan Infinix Note 11 dan Infinix Note 12

Walaupun berbeda performa, kedua ponsel Android Samsung ini sudah dibekali teknologi pengisian cepat 15W. Untuk baterai 5000 mAh, dapat terisi penuh 0-100% dalam waktu dua jam lebih. Tentu untuk baterai 6000 mAh membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Dengan dukungan chipset Exynos yang hemat daya, HP Android Samsung ini bisa digunakan cukup lama dalam berbagai aktivitas.

6. Konektivitas 

galaxy a13 konektivitas_

Jenis konektivitas yang didukung kedua ponsel mirip-mirip saja. WiFi 5 dual-band, Bluetooth 5.0, dan GPS. Namun, untuk fitur WiFi, Samsung Galaxy A13 dan Galaxy M13 versi India memiliki tambahan fitur WiFi Direct. Untuk jaringan selular Samsung Galaxy A13 dan M13 masih menggunakan jaringan 4G.

Yang membedakan dalam kedua perangkat ialah Samsung Galaxy M13 versi Global dibekali fitur radio FM. Sedangkan Galaxy A13 sudah tidak dibekali fitur radio FM. 

7. One UI vs One UI Core

One UI 4.1

Untuk sistem operasi, Galaxy A13 sudah menggunakan One UI versi 4.1 Sistem yang berbasis Android 12 ini memiliki sejumlah fitur untuk memudahkan pengguna dalam beraktivitas. Sementara itu Galaxy M13 versi Global menggunakan One UI Core 4.1. Untuk Galaxy M13 versi India masih menggunakan One UI 4.

One UI Core merupakan sistem operasi yang dirancang khusus oleh Samsung untuk digunakan di ponsel entry-level atau mid-range Samsung. Alhasil, akan ada beberapa fitur One UI yang tidak terdapat dalam One UI Core. Walaupun demikian, secara tampilan dan fungsi sebenarnya tidak terlalu berbeda.

Dalam One UI 4.1 ini kamu bisa menginstal dual aplikasi seperti whatsapp, bisa mengedit tampilan sesuai warna wallpaper hingga adanya fitur diagnosa hardware..

Simpulan

Samsung mulai serius untuk bermain di pasar ponsel entry-level. Hal ini terlihat dengan dirilisnya samsung Galaxy A13 dan Galaxy M13. Apalagi, varian M13 hadir dalam dua versi yakni versi global dan versi india. Tentu ini kian menambah warna baru dalam jajaran produk Samsung.

Menariknya, Samsung sudah menghadirkan layar Full HD, dapur pacu Exynos dan kamera utama 50 MP. Ketiga sektor ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari produk HP dengan performa yang handal serta kamera yang berkualitas.

Selain itu, Galaxy M13 versi india memiliki kapasitas baterai yang lebih besar di kelasnya yakni 6000 mAh. Tentu ini membuat bisa lebih lama digunakan.

Walaupun tampak mirip, ternyata Samsung Galaxy A13 memiliki sektor kamera yang lebih lengkap. Dalam ponsel ini terpasang 4 buah kamera utama, termasuk kamera makro yang tidak ada di Galaxy M13.

Bagaimanapun Samsung Galaxy A13 dan Galaxy M13  merupakan salah satu opsi menarik di kelas HP Android murah? Bagaimana menurut Anda, lebih suka dengan A13 atau M13?


https://actoncloud.com