Inilah 5 Cara Screenshot di vivo Y21A yang Gampang Dilakukan


Vivo Y21A telah dihadirkan sebagai ponsel Android murah dengan performa mantap untuk berbagai aktivitas. Ponsel layar lebar dengan dudukan dapur yang kokoh ini sangat nyaman digunakan hanya untuk browsing atau mengakses media sosial.

Ponsel ini hadir dengan antarmuka FuntouchOS yang kaya akan fitur menarik yang memudahkan pengguna menggunakan ponsel dalam aktivitas apa pun, termasuk mengambil screenshot dari hal-hal penting.

Nah pada kesempatan kali ini tim Caris Signal akan membahas beberapa cara screenshot di HP Vivo ini. Cara ini juga bisa diterapkan pada kebanyakan ponsel seri Vivo Y, seperti Y21, Y33s, Y02 dan lainnya.

Berikut cara screenshot di Vivo Y21A yang bisa Anda coba.

1. Screenshot menggunakan tombol fisik

Cara mengambil screenshot di Vivo Y21ASumber: Berita Teknologi Pavan

Langkah pertama, buka ponsel Anda dan temukan apa yang ingin Anda simpan. Tampilan layar HP. Untuk mengambil tangkapan layar, yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol daya dan volume turun di samping ponsel secara bersamaan.

Tekan dan tahan kedua tombol fisik hingga layar berkedip, menandakan tangkapan layar telah diambil. Gambar pratinjau juga akan muncul dengan opsi untuk membagikan gambar.

2. Screenshot Menggunakan icon di Control Center

Cara mengambil screenshot di Vivo Y21ASumber: Berita Teknologi Pavan

Cara lain untuk mengambil screenshot di Vivo Y21A adalah dengan menggunakan icon screenshot yang sudah tersedia di control center.

Setelah Anda menemukan tampilan yang ingin Anda ambil di layar HP Vivo Anda, Anda ingin mengambil tangkapan layar. Buka pusat kendali dengan menggesek layar dari atas ke bawah. Kemudian cari icon screenshot yang ada. Ponsel Vivo biasanya menampilkan ikon dengan tulisan s-capture.

Nantinya, saat Anda mengetuk ikon tersebut, akan muncul beberapa pilihan screenshot. Menu ini memiliki tangkapan layar biasa, tangkapan layar sebagian, dan tangkapan layar panjang.

Baca juga  15 Game Kuis Terbaik dan Paling Seru di HP Android
Cara mengambil screenshot di Vivo Y21ASumber: Berita Teknologi Pavan

Ketuk ikon yang Anda inginkan, dan layar akan ditangkap secara otomatis dan layar HP akan berkedip. Biasanya, jika tangkapan layar berhasil diambil, gambar pratinjau muncul di sudut bawah layar.

Terakhir, Anda dapat memeriksa tangkapan layar dengan masuk ke Galeri. Untuk HP Vivo Y21A, hasil screenshot akan masuk ke dalam album screenshot.

3. Cara mengambil screenshot dengan tiga jari

Cara mengambil screenshot di Vivo Y21ASumber: Berita Teknologi Pavan

Metode khusus pertama ini hadir di beberapa smartphone dengan sistem Android versi terbaru. Cara ini dianggap lebih mudah karena tidak perlu menekan tombol fisik atau mengklik ikon apapun.

Tak heran jika sejumlah smartphone belakangan ini dilengkapi dengan fitur ini, karena lebih cepat. Namun, sebelum mengambil tangkapan layar, Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

1. Masukkan ‘Pengaturan‘ lalu pilih “pintasan dan aksesibilitas” dan pilih bagian S-tangkap.

2. Pilih bagian “gramgeser ke bawah dengan tiga jari“.

3. Sekarang, untuk mengambil tangkapan layar, cukup geser tiga jari di layar dari atas ke bawah.

4. Nantinya jika screenshot berhasil maka ponsel akan bergetar atau terdengar suara shutter kamera.

5. Screenshot bisa langsung disimpan di galeri di album screenshot.

4. Cara mengambil screenshot dengan Easy Touch

vivo y21a

Cara ini merupakan cara screenshot khusus di Vivo Y21A yang sederhana namun jarang diketahui oleh banyak pengguna Vivo.

Pada fitur ini, akan ada ikon bola yang mengambang di sisi layar. Nah, di ikon tersebut terdapat opsi untuk screenshot. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur ini.

  • Masukkan pengaturan. Kemudian pilih Pintasan & Aksesibilitas > Sentuhan Mudah. Aktifkan opsi di bagian ini.
  • Jika fungsinya aktif, akan muncul icon mengambang berbentuk icon bola kecil. Nah, jika icon ini ditekan, maka akan muncul beberapa shortcut keyboard.
  • Anda hanya perlu menyetel hotkey dengan menambahkan ikon tangkapan layar ke tangkapan layar dengan cepat.
  • Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan Easy Touch, Anda harus memasukkan tata letak layar yang diinginkan. Setelah itu, Anda cukup mengklik ikon bola dan memilih ikon tangkapan layar. Tangkapan layar sudah siap.
Baca juga  Inilah 5 Perbedaan Sharp Aquos V6, Aquos V6 Plus, dan Aquos V6 5G

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mengambil Screenshot

Meskipun sudah diberikan cara untuk mengambil screenshot, terkadang Anda masih belum puas. Untuk melakukan ini, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga di Play Store. Meskipun beberapa aplikasi gratis, mereka memiliki fitur lengkap termasuk fitur pengeditan.

Nah berikut rekomendasi aplikasi screenshot gratis yang bisa kamu gunakan di smartphone Vivo Y21A.

1. Tangkapan Layar Mudah

tangkapan layar mudah_

Seperti namanya, aplikasi Screenshot Easy adalah aplikasi tangkapan layar yang mudah digunakan yang telah menerima cukup banyak umpan balik positif dari pengguna Android. Aplikasi gratis ini berukuran kecil tetapi penuh fitur.

Keunggulan aplikasi ini adalah Anda hanya perlu mengklik ikon kamera untuk mengambil tangkapan layar. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fungsi menggoyangkan ponsel untuk mengambil screenshot. Antarmuka pengguna juga minimalis dan mudah dimengerti.

Aplikasi ini juga menyediakan beberapa alat pengeditan yang bagus. Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengambil tangkapan layar halaman web, film, dan game.

Saat tim Caris Signal kami mencoba aplikasi ini, cukup sederhana dan cepat saat menggunakan ikon kamera. Namun saat mencoba menggoyang ponsel, masih ada sedikit delay saat mengambil screenshot. Terkadang saya bahkan tidak bisa mengambil tangkapan layar. Namun, aplikasi ini cukup mudah digunakan dibandingkan dengan aplikasi lain.

2. Tangkapan layar cepat

Tangkapan Layar - Tangkap Cepat

Tangkapan Layar Cepat adalah aplikasi tangkapan layar Android dengan ukuran kecil dan antarmuka pengguna yang sederhana. Sama seperti aplikasi sebelumnya, untuk mengambil tangkapan layar dengan aplikasi ini, Anda dapat menggunakan tombol overlay, menggoyangkan perangkat, melalui ikon bilah notifikasi untuk menggunakan tombol fisik.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat kualitas tangkapan layar. Setidaknya ada 6 tingkat kualitas yang dapat dipilih tergantung pada kebutuhan Anda. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung format file PNG dan JPG. Tangkapan layar juga dipisahkan dan disimpan dalam album khusus.

Baca juga  5 Perbedaan Tecno POVA 2 dan Tecno POVA 3 yang Perlu Kamu Tahu


https://actoncloud.com