10 Rekomendasi HP yang Support Display Out Terbaru (Agustus 2022)


Ada satu alasan mengapa layar smartphone mengalami pelebaran ukuran sejak kali pertama muncul. Adalah hasrat orang untuk menikmati tampilan lega pada perangkat mungil yang jadi alasannya. Namun, pelebaran ukuran layar stagnan di kisaran 6 inci.

Lebih dari itu, smartphone tak lagi nyaman dipakai sebagai perangkat mobile. Para inventor pun akhirnya menggagas teknologi agar tampilan yang ada di layar smartphone bisa digandakan ke media lain. Dengan cara ini, orang bisa mendapatkan kepuasan tampilan. Teknologi ini disebut display out.

Display out lain dengan miracast. Teknologi yang satu ini menghubungkan smartphone ke tampilan eksternal secara secara langsung via kabel. Sementara itu, miracast merupakan metode mirroring jalur WiFi. Anda bisa baca artikel cara menghubungkan layar HP ke laptop, untuk mengetahui lebih lanjut soal Miracast.

Display Out dengan MHL

Konektor microUSB yang populer dipakai smartphone Android era terdahulu tidak mendukung display out. Dibutuhkan suatu antarmuka agar HP Android bisa menyalurkan data melalui kabel microUSB secara langsung tanpa perangkat tambahan. Data dalam hal ini berbentuk video dan audio.

Nah, antarmuka tersebut dinamai MHL atau yang memiliki kepanjangan dari Mobile High-Definition Link. MHL singkatnya adalah konverter untuk menjembatani port microUSB yang digunakan HP Android dengan port HDMI yang umum dipakai layar eksternal.

Teknologi yang digagas pada 2010 ini memungkinkan smartphone menyalurkan video hingga resolusi 1080p (pada 60 Hz) ke layar eksternal. Anda pun tak perlu khawatir ponsel bakal kehabisan baterai pada saat tengah asyik menonton di layar eksternal. Pasalnya, smartphone akan terisi dayanya secara otomatis ketika tersambung dalam protokol MHL.

Display Out dengan USB C

Banyak keuntungan yang didapat sejak smartphone mengadaptasi port USB C. Selain teknologi pengisian cepat, port USB C juga memungkinkan smartphone mentransfer video hingga resolusi 8K pada 60 Hz. Namun demikian, keberadaan port USB C tidak serta merta membuat HP Android bisa dicolokkan langsung ke monitor untuk melakukan display out.

Harus ada sebuah protokol bernama alternate mode yang disisipkan guna mengizinkan data berbentuk video (dan audio) ditransfer melalui USB C ke HDMI. Alternate mode adalah nama baru dari MHL untuk USB C.

Pada mulanya, alternate mode bisa diakses dengan adaptor khusus. Umumnya adaptor tersebut berbentuk dock. Namun, sejumlah HP flagship terbaru tak lagi membutuhkan adaptor khusus. Cukup lewat kabel USB C to HDMI, display out bisa dilakukan.

Display out memang efektif dalam meningkatkan pengalaman, seperti saat menonton film atau memainkan gim. Namun, melalui fitur ini, sejumlah produsen juga membubuhkan fitur produktivitas. Misalnya, Samsung, yang menciptakan fitur Samsung Dex.

Fitur ini membuat ponsel bisa difungsikan layaknya PC, hanya dengan menyambungkan HP ke monitor dengan kabel USB C ke HDMI. Pengguna tinggal memasang keyboard dan mouse wireless untuk agar HP makin mirip PC.

Nah, dalam artikel ini, Carisinyal akan membahas apa saja HP Android yang mendukung display out . Daftar dalam artikel ini khusus HP Android karena seluruh ponsel Apple sudah mendukung display out sejak iPhone 4

Penasaran apa saja 10 HP terbaru yang suport display out? Langsung simak daftar HP yang mendukung display out dan beredar resmi di Indonesia.

1. vivo X80 Pro

Layar LTPO3 AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


12 MP
(telephoto)


48 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 15.999.000

vivo X80 Pro merupakan ponsel premium yang mendukung display out melalui antarmuka USB-C ke HDMI. Memiliki kinerja yang memadai, ponsel ini dijamin dapat menunjang aktivitas multi-tasking dengan baik sehingga meningkatkan produktivitas penggunanya secara signifikan.

Di kala tidak sedang digunakan untuk produktivitas, ponsel ini bisa dicabut dari monitor eksternal dan digunakan sebagai sarana fotografi menakjubkan. Ini karena vivo melangsungkan kerja sama dengan Zeiss Optics demi meningkatkan kualitas hasil foto ke standar yang tinggi.

Baca juga  15 Game Horor Android Terbaik yang Sangat Seram

Selain itu, vivo X80 Pro juga dimodali dengan stabilisasi gimbal OIS yang diletakkan pada salah satu kamera telefotonya. Ini sangat membantu pengguna hasilkan gambar dan video stabil ketika menggeser ponsel (panning) atau berjalan dan berlari.

Alhasil, ponsel cocok digunakan untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan kreasi konten. Setelah hasilkan gambar dan video yang stabil dan berkualitas tajam, ponsel bisa dihubungkan ke layar eksternal untuk kemudian diedit dan diunggah ke platform video. Siap jadi kreator konten pakai vivo X80 Pro?

2. Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
108 MP
(wide)


10 MP
(periscope telephoto)


10 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 17.999.000

Sebagai varian tertinggi dari salah satu seri flagship terkemuka di dunia, jelas saja Galaxy S22 Ultra juga menghadirkan fitur display out. Di ponsel tersebut, fitur ini dinamakan Samsung DeX yang sesuai namanya, sanggup memberikan pengalaman seperti sedang menggunakan desktop.

Tidak hanya sanggup dihubungkan ke Smart TV atau monitor melalui port USB-C (kabel USB-C ke HDMI), melainkan melalui jaringan nirkabel (dinamakan Samsung Wireless DeX).

Dengan begini, Anda bisa memindahkan isi konten di layar smartphone ke monitor eksternal dengan hanya drag and drop, dan mengedit file di monitor selayaknya di PC. Antarmuka yang ditampilkan juga dirancang untuk berikan feel yang sama seperti laptop sehingga terasa lebih familiar.

Kelebihan utama dari Galaxy S22 Ultra adalah kehadiran S Pen dengan responsivitas yang ditingkatkan dari generasi pendahulunya, semakin berikan pengalaman paper and pen yang cepat dan seperti nyata.

Juga, HP flagship dengan harga rilis mulai dari Rp18 juta ini juga memiliki konektivitas UWB (Ultra Wideband) yang sanggup melacak lokasi benda dengan akurasi tinggi, dengan andalkan aksesoris tambahan bernama Galaxy Tag+.

3. Samsung Galaxy S22 Plus

Samsung Galaxy S22 Plus 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


10 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.999.000

Desain bodi Galaxy S22 Ultra mungkin mengingatkan Anda dengan Galaxy Note series. Sayangnya, hanya varian Ultra saja yang mengadopsi fitur dari Note series (punya S Pen, desain bodi dengan edge lancip, dsb), sedangkan Galaxy S22 Plus ini murni memiliki DNA dari seri flagship Galaxy S.

Menariknya, fitur Samsung DeX dan Samsung Wireless DeX juga turut bisa Anda rasakan pada varian Plus. Tidak hanya dapat menampilkan ekspansi layar saat menonton film, perangkat juga bisa meningkatkan produktivitas dua kali lipat dengan cara dihubungkan ke PC. Dengan begini, perpindahan antar file bisa terasa lebih seamless dan natural.

Uniknya lagi, fitur UWB tetap bisa Anda rasakan di HP ini sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman scavenger’s hunt untuk menemukan benda-benda yang hilang, cukup dengan mengikuti arahan waypoint yang ditampilkan di layar.

Supaya pengguna tidak terkendala performa, Galaxy S22 Plus juga menghadirkan chipset buas Snapdragon 8 Gen 1 dengan RAM LPDDR5 8 GB serta penyimpanan internal bestandar UFS 3.1 (128 GB atau 256 GB). Diketahui, Galaxy S22 Plus menghadirkan skor benchmark AnTuTu v8 sebesar 800 ribuan. Tertarik?

4. Samsung Galaxy S22

Samsung Galaxy S22
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


10 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 3700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 11.999.000

Varian termurah dari Galaxy S22 series ini menghadirkan beragam kelebihan khas flagship dalam kemasan yang compact. Ponsel ini memang memiliki penurunan dari sisi spek, contohnya seperti fast charging yang semula 45 W menjadi 25 W saja.

Baca juga  15 Rekomendasi HP dengan RAM 12 GB Terbaru (Juli 2022)

Kendati begitu, ponsel mungil dengan ukuran layar 6,1 inci ini tetap dibekali dengan wireless charging 15 W. Layar mendukung laju penyegaran adaptif yang dapat berubah-rubah pada rentang 10 Hz hingga 120 Hz, serta memberikan touch sampling rate 240 Hz untuk responsivitas tinggi saat bermain gim.

Punya ketahanan tingkat tinggi, Galaxy S22 dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass Victus+ yang dapat mencegah kerusakan pada layar sekalipun terjatuh dari ketinggian mencapai 2 meter ke permukaan keras. Juga, HP ini tersertifikasi IP68 sehingga kemungkinan rusak saat terjatuh ke kolam air (setinggi 1,5 meter selama 30 menit) menjadi minim.

Seperti kedua varian lainnya, Galaxy AS22 juga bisa dimanfaatkan sebagai “pengganti PC” dengan cara menghubungkannya pada monitor eksternal melalui antarmuka Samsung DeX, baik secara nirkabel maupun kabel.

Varian reguler ini cocok jika Anda mencari sebuah perangkat powerhouse namun masih pedulikan sisi portabilitas. Cocok pula bagi Anda yang sudah puas dengan WiFi 6 (alih-alih WiFi 6E) dan tidak membutuhkan fitur UWB.

5. Samsung Galaxy S21 FE

Samsung Galaxy S21 FE
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.4 inci
Chipset Exynos 2100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
12 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 8.999.000

Samsung Galaxy S21 FE 5G merupakan varian yang lebih “sederhana” ketimbang Galaxy S21 series lainnya, namun tetap mengikuti permintaan para fans-nya. Itu mengapa terdapat embel-embel FE (Fan Edition) di namanya.

Seperti varian lainnya, Galaxy S21 FE juga diotaki dengan Exynos 2100 dengan farbikasi 5 nm. Sektor dapur pacu perangkat ini turut didukung dengan RAM LPDDR5 serta memori internal berstandar UFS 3.1 pada konfigurasi 8 GB/128 atau 8/256 GB.

Samsung Galaxy S21 FE juga memiliki fitur Samsung DeX yang dapat menyulapnya menjadi PC dadakan, cukup dengan disambungkan dengan PC, Smart TV, ataupun layar eksternal. Bisa melalui wireless, atau menggunakan kabel HDMI. Perangkat juga niscaya akan nyaman digenggam dalam waktu lama lantaran bobotnya yang hanya 177 gram.

6. ASUS ROG Phone 5s dan 5s Pro

asus rog phone 5s pro_
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888+
RAM 18 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 18.999.000

ASUS ROG Phone 5s dan ASUS ROG Phone 5s Pro merupakan ponsel gaming idaman banyak gamers. Bagaimana tidak? Performa yang disuguhkan memang menjanjikan. Nyaris tidak ada kendala meskipun Anda memainkan gim dengan kualitas grafik tinggi.

Hal itu terjadi karena performa SoC Snapdragon 888+ di HP ini tidak dibatasi. Selain itu, sistem penyebaran panas di HP ini juga baik, mengingat ASUS menempatkan SoC di tengah-tengah bodi.

Pengalaman main gim di kedua HP makin asyik jika Anda menghubungkannya ke monitor. Selain itu, pakai juga headset stereo kabel. Baik ROG 5s dan 5s Pro punya jack audio 3,5 mm dan mendukung audio resolusi tinggi 24 bit.

7. Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Samsung Galaxy Z Fold3 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Kover: Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Harga Saat Rilis Rp 24.999.000

Episode lanjutan dari Galaxy Note memang belum jelas sejak Samsung Galaxy Note20 5G tak kunjung menemui pengganti. Daripada menunggu sesuatu yang tidak pasti, ada baiknya Anda melirik alternatif lainnya. Misalnya Samsung Galaxy Z Fold 3 5G yang tak kalah menarik.

HP ini menawarkan form factor layar lipat yang hingga kini belum terlalu mainstream. Layar lipat akan jadi penyegaran buat Anda yang sudah bosan dengan bentuk HP yang begitu-begitu saja. Galaxy Z Fold3 pun jadi opsi supaya Anda berhemat.

Anda tidak perlu beli ponsel dan tablet untuk kegiatan produktivitas yang menunjang bisnis. Cukup satu HP ini, Anda bisa mengerjakan semuanya. Galaxy Z Fold 3 pun mendukung display out lengkap dengan fitur Samsung Dex. Selain itu, Anda bisa menghubungkan HP ini dengan Samsung Smart TV di ruang keluarga agar rapat online terasa santai.

Baca juga  15 Game Smackdown di Android yang Terbaik dan Paling Seru

8. ASUS ROG Phone 5 Ultimate

ASUS ROG Phone 5 Ultimate
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 18 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 18.999.000

ASUS ROG Phone 5 Ultimate menjadi salah satu HP yang mampu “menjinakkan” SoC Snapdragon 888. Pasalnya, beberapa ponsel mengalami mengalami isu overheating akibat memasang SoC yang satu ini. ROG Phone 5 Ultimate bahkan mampu memaksimalkan potensi SoC Snapdragon 888.

Pengalaman main gim di HP ini asyik tidak hanya karena performanya kencang. Sebab layar, speaker, dan fitur-fitur ekstra lainnya benar-benar menunjang. Tak terkecuali display out agar Anda bisa tambah santai saat main gim. Display out bisa Anda lakukan dengan menghubungkan HP ini ke alat bernama ASUS ROG Professional Dock.

Alat tersebut bisa menampilkan permainan ke lebih dari satu monitor. Hanya saja, patut ketahui bahwa display out di semua ROG Phone 5 Series (termasuk ROG Phone 5 Ultimate) hanya bisa dilakukan via port USB C yang ada di samping. ROG Phone 5 Series punya dua port USB C, di bawah dan disamping.

9. ASUS ROG Phone 5

ASUS ROG Phone 5
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 9.999.000

Apakah Anda sudah mendedikasikan diri sebagai atlet e-sport profesional? Jika iya, sudah saatnya Anda memiliki smartphone gaming yang bisa mendukung jalur karier Anda itu. ASUS ROG Phone 5 ini pun jadi salah satu opsinya.

Kemampuan HP ini tak perlu lagi dipertanyakan. ROG Phone 5 tidak hanya andal menangani gim berat berkat SoC Snapdragon 888. HP ini punya layar AMOLED yang responsif dalam menerjemahkan setiap sentuhan. Responsivitas layarnya diklaim oleh angka touch sampling rate 300 Hz dan touch latency 24,3 milidetik.

Agar tidak terlalu tegang saat berkompetisi, Anda bisa menghubungkan ROG Phone 5 ke monitor. Syaratnya Anda mesti punya alat mungil bernama ROG Professional Dock. Sambungkan alat ini ke port USB C HP yang ada di samping, dan colokkan ke port HDMI monitor. Maka Anda bisa main gim lebih santai dengan menatap monitor yang luas.

10. Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Samsung Galaxy S20 FE
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
12 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 9.999.000

Sebagai ponsel Fan Edition, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon pastinya mengalami sejumlah pemangkasan fitur. Fitur-fitur yang tidak terlalu esensial dipangkas agar harga jual HP ini bisa menjangkau banyak kalangan.

Namun, fitur produktivitas seperti Samsung Dex ternyata tidak dihilangkan. Anda pun bisa merasakan pengalaman menggunakan PC via HP ini. Anda tinggal sambungkan S20 FE Snapdragon ke monitor melalui kabel USB C ke HDMI. Samsung Dex juga bisa digunakan via WiFi, tetapi menggunakan kabel adalah langkah terbaik agar tidak terjadi delay.

Galaxy S20 FE Snapdragon punya seluruh syarat sebagai ponsel flagship. Mulai dari layar AMOLED 120 Hz, SoC papan atas Snapdragon 865, konfigurasi tiga kamera belakang (termasuk kamera tele), hingga sertifikasi IP68. Baterai 4500 mAh dengan dukungan pengisian cepat 25W di HP ini juga cukup awet.

Nah, itu tadi adalah kumpulan HP yang support display out terbaru. Dengan adanya display out, Anda bisa merasakan beragam fasilitas HDMI pada HP Android. Nah, Anda mau HP yang mana?


https://actoncloud.com