15 HP Xiaomi Terbaru yang Mendukung NFC (Juli 2022)


Fitur NFC sekarang semakin menjamur dan sering digunakan oleh para pengguna smartphone di Indonesia. NFC atau Near Field Communication sendiri berfungsi untuk mengoneksikan satu perangkat dengan perangkat lainnya secara mudah.

Fungsi lain dari fitur NFC mulai dari kemampuan melakukan transfer data, membuka aplikasi secara otomatis, mengakses informasi Smart Card, menandai lokasi suatu tempat, memberi tahu posisi tempat tertentu, hingga melakukan pembayaran tanpa uang tunai dengan menggunakan smartphone. Fungsi NFC dan cara memakainya ini bisa disimak lebih lengkap pada artikel soal cara memakai NFC yang sudah Carisinyal ulas.

NFC sendiri umumnya ada di ponsel kelas atas dari Apple dan Samsung. Namun, bukan cuma brand smartphone seperti Apple atau Samsung saja yang sudah menyematkan teknologi ini kepada flagship andalan mereka.

Bbrand smartphone asal Tiongkok, yang sempat dijuluki Apple dari Tiongkok, Xiaomi juga memiliki rentetan smartphone yang sudah memiliki fitur canggih ini. Berikut daftar beberapa HP Xiaomi yang telah didukung dengan fitur NFC dan sudah resmi rilis di Indonesia.

1. POCO F4 GT

Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 8.999.000

POCO F4 GT adalah ponsel hebat dengan harga bersahabat. Ada banyak hal hebat yang dapat ditinjau dari ponsel 8 jutaan ini, salah satunya adalah konektivitasnya. HP ini jelas mendukung konektivitas 5G karena SoC Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakannya punya modem internal 5G.

HP ini juga sudah punya dukungan terhadap WiFi 6e, Bluetooth 5.2, Infrared, dan NFC. Teknologi NFC membuat POCO F4 GT bisa digunakan sebagai perangkat untuk mengecek dan mengisi saldo e-money. POCO juga melakukan suatu optimasi agar koneksi internet HP ini stabil.

Optimasi itu adalah antena gaming, yang membuat penangkapan sinyal tetap optimal kendati ponsel dipakai dalam orientasi landscape. Koneksi pun jadi lancar karena latensinya rendah.

2. POCO F4

POCO F4 - Nebula Green
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.199.000

Penyematan SoC Snapdragon 870 memberi banyak manfaat pada POCO F4. Selain performa kencang dan pemrosesan gambar yang baik, SoC tersebut juga menghadirkan jenis konektivitas terbaru. Hal itu ditandai dengan dukungan jaringan seluler 5G pada si ponsel.

Dukungan 5G membuat usia pemakaian ponsel relatif panjang. Tidak hanya 5G, POCO F4 juga mendukung WiFi 6 yang tingkat kecepatannya lebih sip dibanding WiFi 5, serta punya latensi lebih rendah. HP ini pun memiliki dukungan terhadap Bluetooth 5.2, Infrared, dan NFC.

Cip NFC yang tersemat bisa bikin POCO F4 jadi alat pembayaran non-tunai. Ia juga bisa mengecek dan mengisi saldo kartu e-money yang umumnya digunakan untuk transaksi di jalan tol. Melihat jenis konektivitas yang didukung, POCO F4 bisa dibilang sebagai ponsel yang lengkap.

3. Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro
Layar LTPO AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


50 MP
(ultrawide)


50 MP
(telephoto)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 12.999.000

Sebagai salah satu HP flagship tercanggih di dunia, Xiaomi 12 Pro juga termasuk dalam ponsel premium yang sudah menawarkan fitur NFC. Bahkan, Xiaomi 12 Pro juga telah didukung protokol WIFi 6E sehingga pengguna dapat terhubung dengan pita jaringan 6 GHz dan merasakan lonjakan kecepatan internet WiFi super tinggi.

Bukan hanya unggul di bagian konektivitas, sajian utama Xiaomi 12 Pro terletak di layar, kamera, dan juga dapur pacunya. Bagaimana tidak? Smartphone ini hadirkan panel layar LTPO AMOLED berukuran 6,73 inci dengan resolusi 1440p, memiliki ketajaman yang tiada duanya untuk memanjakan mata pengguna ketika menonton ataupun bermain gim.

Terlebih, ponsel varian Pro ini turut menyuguhkan stereo speaker sebanyak 4 buah agar semakin meningkatkan imersi dalam setiap aktivitas hiburan yang Anda lakukan. Sebagai dapur pacunya, Xiaomi 12 Pro turut dibekali RAM LPDDR5 dengan memori internal berstandar UFS 3.1 beserta chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Kini, memainkan game khusus Android ataupun emulator gim konsol akan terasa sama cepatnya berkat spesifikasi buat yang mendongkrak performa hingga ke tingkat tertinggi.

Pun di sisi fotografinya, Xiaomi 12 Pro hadirkan tiga kamera dengan masing-masing resolusi 50 MP yang terdiri atas sensor wide-angle, ultrawide, dan juga telefoto. Ini juga satu dari segelintir HP flagship yang izinkan Anda merekam video hingga resolusi 8K di 30 FPS.

4. Xiaomi 12

Xiaomi 12

Xiaomi 12 tidak hanya menawarkan sisi bodi yang kompak, melainkan juga keunggulan di sisi konektivitasnya. Yakni, menawarkan pengguna dengan fitur NFC serbaguna agar dapat bertransaksi secara digital dan juga mengisikan saldo eMoney dengan begitu mudahnya.

Xiaomi 12 sendiri muerpakan ponsel seri flagship yang hadir di bukan April 2022, memiliki spesifikasi RAM 8 GB berjenis LPDDR5 dengan memori internal 256 GB pada standar UFS 3.1. Agar pengguna dapat melakukan aktivitas gaming dengan nyaman, perangkat juga didukung Snapdragon 8 Gen 1 yang punya fabrikasi 4 nm dan clock speed hingga 3.0 GHz.

Dengan ukuran layar hanya 6,28 inci, Xiaomi 12 hanya memiliki bobot sebesar 179 gram, membawakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+ yang dibalut dengan standar kualitas Dolby Vision agar kualitas tampilan yang dihasilkan bisa setara dengan layar bioskop sekalipun.

Sebagai sarana flagship yang juga punya kamera canggih, Xiaomi 12 ini membawakan sensor Sony IMX766 berkekuatan 50 MP yang dipadankan dengan sensor ultrawide 13 MP berluas bidang 123 derajat, serta kamera telemakro 5 MP.

Jelas saja, kamera utama di HP ini sudah didukung fitur OIS dan gyro-EIS dan sanggup melakukan perekaman video hingga 8K. Tertarik dengan HP ini?

5. POCO M4 Pro

poco m4 pro
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.999.000

Beberapa HP yang dirilis di era modern seakan telah sadar dengan kepentingan dan kegunaan dari fitur NFC di Indonesia. Maka dari itu, keberadaan fitur NFC menjadi hal yang wajib dimiliki oleh ponsel kelas menengah misalnya POCO M4 Pro.

Fitur NFC yang ada pada HP POCO M4 Pro ini bisa digunakan seperti pada umumnya, misalnya mengirim data, sinkronisasi dengan perangkat lain, bertransaksi non-tunai, dan sebagainya. Fitur-fitur NFC ini semakin banyak diminati karena penggunaannya yang praktis dan mudah dilakukan.

Selain NFC, POCO M4 Pro juga memiliki jenis konektivitas lainnya yang masih bisa digunakan. Misalnya Bluetooth 5.0, WiFi, GPS: L1, dan kabel USB bertipe C. Hal itu tentu saja sangat berguna dan memudahkan pengguna dalam berbagi data atau yang lainnya selain menggunakan NFC.

6. Redmi Note 11 Pro 5G

Redmi Note 11 Pro 5G
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.199.000

Seri Redmi Note 11 merilis tiga model di Indonesia yaitu Redmi Note 11 reguler, Redmi Note 11 Pro, dan Redmi Note 11 Pro 5G. Redmi Note 11 Pro 5G menduduki tempat tertinggi sebagai model dari Redmi Note 11 sehingga tidak heran jika terdapat perbedaan signifikan pada spesifikasi yang dimilikinya.

Selain pada chipset yang dibawakan dan dukungan dari jaringan 5G, Sebagai model tertinggi tentu saja Redmi Note 11 Pro 5G telah dibekali fitur NFC. Dengan kata lain, HP ini tentu akan menjadi pilihan terbaik untuk pengguna yang membutuhkan fitur NFC dengan spesifikasi HP yang tinggi.

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan adanya fitur NFC, misalnya berbagi data dengan sesama pengguna NFC menjadi lebih cepat dan mudah, isi ulang saldo elektronik, melakukan pembayaran, dan sebagainya.

7. Redmi Note 11 Pro

Redmi note 11 pro 4g (indonesia)
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.499.000

Redmi Note 11 Pro memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan model diatasnya yaitu Redmi Note 11 Pro 5G. Hanya saja masih terdapat perbedaan di dalamnya, misalnya tidak adanya dukungan jaringan 5G dan chipset yang digunakan. Meskipun begitu, bagi pengguna yang membutuhkan NFC tidak perlu khawatir, karena HP ini masih dilengkapi dengan fitur NFC tersebut.

Dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan apa yang dimiliki model di atasnya, Redmi Note 11 Pro menjadi pilihan untuk pengguna yang mencari NFC dengan spesifikasi HP bisa diandalkan. Selain itu harga yang ditawarkan pada model ini tentu saja lebih terjangkau dari model di atasnya.

NFC atau Near Field Communication menjadi salah satu fitur yang akan banyak digunakan oleh berbagai kalangan karena memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengisi ulang saldo elektronik dan melakukan pembayaran dengan sangat mudah dan praktis.

8. Redmi Note 11

redmi note 11
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.499.000

Redmi Note 11 adalah varian paling sederhan jika dibandingkan varian lainnya. Meskipun begitu, fitur-fitur yang dimilikinya bisa dibilang cukup lengkap dan sangat berguna bagi penggunanya. Dibekali dengan layar AMOLED 6,43 inci yang telah mendukung resolusi Full HD+ dan memiliki refresh rate hingga 90 Hz membuat HP ini nyaman untuk digunakan.

Baca juga  15 Game Perang Pesawat Tempur Terbaik di HP Android

Chipset Snapdragon 680 menjadi sumber tenaga yang dipadukan dengan RAM 4 GB atau 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Kapasitas baterai yang dimiliki juga cukup besar yaitu 5000 mAh dan memiliki fitur fast charging 33 W yang diklaim mampu mengisi daya HP dari 0-100% hanya dalam waktu 61 menit.

Selain fitur-fitur tersebut, Redmi Note 11 juga memiliki fitur wajib HP masa kini yaitu NFC. NFC telah menjadi fitur yang sering dicari dalam sebuah HP karena memiliki berbagai kegunaan yang membuat aktivitas menjadi semakin mudah dan praktis. Sehingga HP ini patut untuk diperhatikan bagi pencari fitur NFC dalam HP dengan harga yang terjangkau.

9. Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(telephoto macro)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.999.000

Status Xiaomi 11T Pro memang flagship murah. Hal itu tidak bisa dielak karena harga jualnya kurang dari Rp7 juta (untuk varian 8/256 GB), tetapi menggunakan SoC Snapdragon 888. Namun demikian, Xiaomi 11T Pro bukan sebuah perangkat yang utuh jika hanya mementingkan sektor performa.

Sektor konektivitas turut diperhatikan Xiaomi pada HP ini. Salah satunya dengan menyematkan chip NFC untuk berbagai keperluan. Maka dari itu, Xiaomi 11T Pro bisa dipakai untuk solusi transaksi nontunai, seperti ketika membayar belanjaan di mall, atau mengecek dan mengisi saldo e-money untuk akses jalan tol.

Di luar NFC, ada banyak jenis konektivitas yang didukung smartphone ini. Mulai dari jaringan 5G (NSA dan SA), WiFI 6, dan Bluetooth 5.2. Infrared yang jadi ciri khas Xiaomi sejak lama ada pula di HP ini. Kunjungi artikel kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T Pro untuk tahu lebih lanjut soal si ponsel.

10. Xiaomi 11T

Xiaomi 11T
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(telephoto macro)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.999.000

Beberapa produsen smartphone kini sudah makin sadar bahwa NFC adalah fitur yang penting di Indonesia. Maka dari itu, fitur NFC jadi hal yang wajib ada buat HP kelas menengah, apalagi kelas atas seperti Xiaomi 11T ini. Anda pun bisa mengandalkan NFC di Xiaomi 11T untuk urusan transfer data, sinkronisasi dengan perangkat lain, dan tentu saja transaksi nontunai.

Bayar-bayar kini tak perlu uang cash. Tempelkan saja Xiaomi 11T ke perangkat penerima pembayaran di kasir, maka semuanya beres. Namun, jangan lupa hubungkan dulu Xiaomi 11T ke dompet digital atau akun rekening bank. Adapun selain NFC, Xiaomi 11T punya banyak jenis konektivitas.

Ada 5G (NSA dan SA), WiFi 6, Bluetooth 5.2, GPS, USB C yang mendukung USB OTG, dan infrared. Yang tidak ada yakni jack audio 3,5 mm dan Radio FM. Pembahasan lengkap mengenai HP ini bisa dibaca di artikel kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T.

11. POCO X3 GT

POCO X3 GT
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1100 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.399.000

POCO X3 GT sudah tersedia secara resmi di Indonesia, dan juga menghadirkan fitur NFC untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi ataupun bertukar data. Ponsel yang memiliki dapur pacu Dimensity 1100 5G ini merupakan ponsel mid-range pertama yang sudah menyuguhkan Corning Gorilla Glass Victus di layarnya.

Mendukung gamut warna DCI-P3 dan sertifikasi HDR10, POCO X3 GT hadir sebagai opsi terbaik dalam menampilkan konten visual dan menunjang aktivitas hiburan. Menggunakan stereo speaker, kini Anda pun dapat menikmati lagu atapun streaming YouTube dengan suara yang lebih menggelegar.

Ponsel ini juga tawarkan RAM 8 GB LPDDR4x dengan memori internal 128 GB yang luas untuk varian termurahnya (sekitar Rp4,4 jutaan).

Akan tetapi, tidak tersedia slot memori eksternal sama sekali dan bagi Anda yang ingin menggunakan earphone harus andalkan adapter. Pasalnya, 3.5mm jack audio memang tidak disediakan di HP ini. Jika tertarik, Anda bisa ketahui lebih lanjut pada kelebihan dan kekurangan POCO X3 GT.

12. Black Shark 4

Black Shark 4
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.499.000

Black Shark 4 sebagai HP gaming kelas atas pastinya membawa konektivitas lengkap. Salah satunya tentu adalah NFC, fitur yang cukup penting keberadaannya di Indonesia. Karena fitur ini, Black Shark 4 pun tidak hanya enak dipakai di rumah untuk main gim, tapi juga nyaman dipakai saat bepergian.

Baca juga  20 HP Nokia Terbaru Beserta Harga & Speknya (Juni 2022)

Sebab, sesaat sebelum memasuki jalan tol, Anda bisa mengecek saldo e-money dengan HP ini, mengisinya pun bisa. Selain NFC, Black Shark 4 keren karena mendukung Bluetooth 5.2 yang sip karena bisa menyambungkan headset nirkabel tanpa terjadi delay suara. Hal ini karena codex audio aptX HD sudah diusung.

Untuk WiFi, HP ini sangat future proof karena mampu terkoneksi dengan WiFi 6. Yang keren, Xiaomi menyematkan jack audio 3,5 mm buat Black Shark 4. Jack audio adalah barang langka buat sebagian besar HP flasghip karena fitur ini dianggap bikin tebal ponsel.

Satu hal yang tak boleh ketinggalan disebut, Black Shark 4 mendukung konektivitas 5G. Ada delapan frekuensi 5G yang didukung HP ini. Dua di antaranya adalah n1 (2100 mHz) dan n3 (1800 MHz).

13. Redmi Note 10 5G

Redmi Note 10 5G
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Ini Rp 2.499.000

Dukungan 5G bukan satu-satunya daya tarik dari Redmi Note 10 5G. Jangan salah, meskipun banderol HP ini murah, mulai Rp2 jutaan (untuk harga ritel), konektivitas NFC sudah didukung HP ini. Hal itu membuat Redmi Note 10 5G bisa dipakai untuk membantu transaksi non-tunai yang melibatkan e-money.

Redmi Note 10 5G pun dilengkapi fitur-fitur lain berhubungan dengan koneksi yang tak kalah menarik. Seperti Bluetooth 5.1, WiFI AC (5 GHz), infrared, dan radio FM. Anda yang demen mendengarkan musik secara mendalam juga bisa memanfaatkan headset kabel karena HP ini punya jack audio 3,5 mm.

Adapun Redmi Note 10 5G memakai port USB C yang mendukung teknologi pengisian cepat 18 W. Ulasan lengkap HP ini bisa dicek di artikel kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10 5G.

14. POCO M3 Pro 5G

POCO M3 Pro 5G
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700 5G
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.599.000

Mainboard POCO M3 Pro 5G mengandung cip NFC. Oleh sebab itu, HP ini bisa memerankan berbagai fungsi NFC. Mulai dari mengirim gambar, kontak, hingga mengecek dan mengisi saldo emoney. POCO M3 Pro 5G pun jadi salah satu pilihan HP NFC di harga Rp2 jutaan.

Kemampuan lain HP ini dalam hal konektivitas tidak sebatas NFC. Tapi juga sambungan 5G, Bluetooth 5.1 dengan A2DP dan LE, WiFi 5 GHz, dan radio FM. Jangan lupa pula bahwa POCO M3 Pro 5G juga masih punya infrared khas Xiaomi.

Adapun POCO M3 Pro 5G masih memiliki jack audio 3,5 mm untuk sarana pemasangan headset berkabel. Port pengisian daya HP ini adalah USB C dengan dukungan teknologi pengisian cepat 18 W. Baca artikel kelebihan dan kekurangan POCO M3 Pro 5G untuk mengetahui potensi HP ini secara menyeluruh.

15. Xiaomi Mi 11 Ultra

Xiaomi Mi 11 Ultra
Layar AMOLED 6.81 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


48 MP
(periscope telephoto)


48 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po – mAh
Harga Saat Rilis Rp 16.999.000

Mengikuti tren kini banyak ponsel pintar sudah menyematkan fitur NFC dan salah satunya adalah Xiaomi Mi 11 Ultra. Adapun fitur konektivitas lain yang dihadirkan oleh ponsel ini antara lain landasan Infrared, teknologi Bluetooth 5.2, sistem navigasi (A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS, NavIC, BDS), Wi-Fi, dan USB (USB Type-C 2.0, USB On-The-Go).

Perangkat Ultra ini mempunyai sensor kompas, gyro, akselerometer, proksimiti, spektrum warna, dan pemindai sidik jari yang di bawah layar maupun optik. Kehebatan lain dari ponsel 5G ini adalah layar AMOLED 6,81 inci yang membawa tingkat kecerahan 900 nits (HBM) dilengkapi oleh laju penyegaran 120Hz, Dolby Vision dan HDR10+.

Ponsel yang berchipsetkan Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm) ini dipasok oleh baterai Li-Po 5.000 mAh. Sistem baterainya juga didukung oleh pengisian cepat dan nirkabel 67W, pengisian balik 10W, Quick Charge 4+, dan Power Delivery 3.0. Ponsel yang dipatok Rp17 jutaan ini dapat kamu ulik lebih jauh di artikel kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 11 Ultra.

Itulah daftar smartphone Xiaomi terbaru yang sudah didukung dengan teknologi NFC. Nah, Anda tinggal memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satu smartphone di atas? Atau ingin HP Samsung dengan fitur NFC? Kalau begitu cek rekomendasinya di sini, ya.

Jika Anda ingin tahu cara mengaktifkan NFC di smartphone Android, silakan simak artikel Cara Mengaktifkan NFC di Android dari Carisinyal ini.


https://actoncloud.com