20 HP vivo Terbaru yang Rilis di Indonesia (Agustus 2022)


Salah satu brand ponsel yang terkenal di Indonesia adalah vivo. Brand ini termasuk brand ponsel yang perkembangannya cukup pesat. Bukan hanya di Indonesia tetapi juga di Tiongkok dan Dunia.

Data dari Counterpart menunjukan pada quartal empat 2021, vivo berada di posisi 2 di Tiongkok dengan market share 19 persen. Mereka hanya kalah dari iPhone yang unggul dengan market share sebesar 23 persen.

HP Vivo yang dijual di Indonesia punya berbagai seri. Umumnya, terbagi ke dalam tiga seri. Seri Y untuk kelas harga mid-range sampai entry level. Seri V untuk kelas harga mid-range. Ada juga seri X sebagai HP kelas flagship dari vivo. Untuk mengetahui lebih jelas soal perbedaan tiap seri, berikut Carisinyal jelaskan perbedaannya.

Produk di seri Y merupakan produk HP vivo yang menawarkan fungsionalitas yang berbasi harga terjangkau. Pada seri ini, biasanya hanya satu atau beberapa aspek yang ditonjolkan saja. Karena itu, vivo seri Y umumnya dijual di rentang harga Rp1 sampai Rp3 jutaan.

HP vivo V series sering jadi andalan dari vivo Indonesia untuk menarik perhatian konsumen. Terlebih seri ini terkenal dengan kamera selfie yang inovatif dan sekaligus menawarkan desain yang premium di kelasnya. Seri ini memang fokus pada sektor kamera. Malah, dulunya, seri ini hanya fokus pada kamera selfie. Seri ini biasanya disebut seri HP vivo kelas mid-range.

Seri X merupakan seri flagship dari vivo.Di Indonesia, seri ini menarik perhatian setelah vivo Indonesia menghadirkan secara resmi vivo X50 dan X50 Pro. Seri ini fokus pada kualitas kamera yang diklaim punya standar lebih tinggi. Seri ini juga biasanya didukung dengan chipset kelas atas. Karena itu, vivo X series bisa juga disebut seri flagship dari vivo Indonesia.

Di pasar global dan pasar Tiongkok, vivo punya Z seris dan S series. Sayangnya series ini jarang dibawa masuk resmi oleh vivo Indonesia. vivo sempat membawa kedua seri lewat vivo Z1 Pro, vivo S1, dan vivo S1 Pro. Seri ini merupakan seri alternatif di kelas mid-range.

Setelah mengetahui perbedaan seri HP vivo, kali ini Carisinyal akan mengulas 20 HP vivo terbaru yang mungkin akan menarik perhatian Anda. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. vivo X80 Pro

Layar LTPO3 AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


12 MP
(telephoto)


48 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 15.999.000

vivo X80 Pro merupakan varian teratas di serinya, menghadirkan fitur dan spesifikasi lebih memadai ketimbang reguler. Ponsel ini dimodali dengan panel layar LTPO 3.0 AMOLED yang dapat menyesuaikan refresh rate antara 1 Hz hingga 120 Hz, guna menghemat baterai dengan cara mengurangi refresh rate di saat yang tidak perlu.

Ukuran layarnya yang sebesar 6,78 inci juga telah mengusung resolusi QHD+ yang selangkah lebih baik dibanding FHD+ dari sisi ketajaman. Layar juga mendukung tampilan 1 miliar warna serta menghadirkan dukungan HDR10+ dengan tingkat kecerahan puncak hingga 1500 nit.

Ponsel ini tersedia dalam dua varian chipset berbeda yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dan Dimensity 9000. Hanya saja versi resmi yang masuk resmi ke Indonesia adalah varian Snapdragon 8 Gen 1.

Yang paling menarik dari HP ini adalah konfigurasi kameranya, menjalin kolaborasi dengan perusahaan lensa legendaris Zeiss Optics. Di belakang bodinya, tersemat lensa utama 50 MP dengan OIS, kamera 8 MP periskop telefoto yang mendukung optik zoom 5x dan disertai dengan OIS.

Adapun dua kamera lainnya adalah sensor telefoto 12 MP dengan gimbal OIS dan dukungan zoom optik hingga 2x, serta sensor ultrawide 48 dengan FOV 114 derajat. Kamera belakang ini sanggup merekam hingga resolusi 8K.

Sementara, bagian depannya memiliki kamera selfie 32 MP yang dirancang dalam desain punch hole, menghadirkan dukungan perekaman video hingga resolusi 4K di kecepatan 30 FPS.

Berkat kerjasamanya dengan Zeiss, vivo X80 Pro juga dimodali dengan teknologi Zeiss T* Lens Coating yang dapat mengurangi refleksi mengganggu ketika background pemotretan mencakup sumber cahaya.

Melihat dari beragam teknologi yang dibawakannya, vivo X80 Pro jelas akan cocok untuk fotografer yang tidak puas dengan fitur kamera biasa. HP ini juga akan sangat membantu reporter berita untuk liputan di lapangan, karena memiliki kamera dengan gimbal OIS yang dapat membuat pemotretan dan perekaman video begitu mulus dan stabil.

2. vivo X80

vivo X80
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 11.999.000

vivo X80 reguler ini juga tidak kalah dengan varian Pro-nya. Meski alami penurunan spesifikasi di beberapa aspek, namun vivo X80 tetap dihadirkan dengan kamera mumpuni di kelasnya.

Ia tak lagi hadirkan LTPO 2.0 AMOLED sebagai layarnya, melainkan hanya panel AMOLED biasa. Kendati begitu, HP ini masih disuguhi dengan standar kualitas HDR dan tingkat kecerahan puncak emncapai 1500 nit.

Tak seperti Pro yang hadirkan dua varian chipset, vivo X80 reguler ini hanya tersedia dalam satu varian saja yaitu Dimensity 9000 berfabrikasikan 4 nm. Memang sudah tidak lagi hadirkan gimbal OIS di HP ini, tapi vivo 80 masih dilengkapi dengan Triple Camera yang memadai.

Sebagai sensor utamanya, tersedia kamera 50 MP dengan OIS, diiringi dengan dua kamera pendamping yaitu sensor 12 MP telefoto (mendukung zoom optik hingga 2x), serta kamera ultrawide 12 MP.

Sama seperti vivo X80 Pro, versi reguler ini masih mengandalkan lensa besutan Zeiss Optics beserta teknologi Zeiss T* Lens Coating. Perekaman videonya mendukung stabilisasi gyro-EIS sehingga Anda masih dapat merekam dengan baik tanpa terlihat seperti videografer amatiran.

vivo X80 reguler cocok digunakan untuk pecinta aktivitas fotografi yang ingin rasakan kehebatan kamera flagship, namun merasa keberadaan gimbal OIS sebagai sebuah overkill. Ini cocok bagi Anda yang ingin lebih menghemat budget tapi tidak ingin ketinggalan kualitas-kualitas yang membuat vivo X80 series layak dilirik.

3. vivo T1 Pro 5G

vivo T1 Pro 5G
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.499.000

Di Mei 2022, vivo mengeluarkan seri baru dalam katalog produk ponsel mereka. Adalah ponsel vivo T Series yang mereka keluarkan. Bukan cuma satu ponsel T Series yang mereka rilis, tetapi dua. Salah satunya adalah vivo T1 Pro 5G. HP ini dirilis dengan harga Rp4 jutaan.

Kehadiran HP ini seolah menjadi oase karena ponsel-ponsel kelas menengah yang meluncur pada 2022 terasa kurang menarik. Nah, vivo T1 Pro 5G ini menarik karena punya keunggulan yang merata di berbagai sisi. Mulai dari desain, layar, kamera, hingga daya tahan baterai.

Baca juga  Kupas Tuntas 10 Kelebihan dan Kekurangan realme C30

Bahkan, performa di atas kertas juga jempolan berkat sokongan SoC fenomenal Snapdragon 778G. Satu-satunya hal yang mengganjal adalah opsi memori yang tersedia hanya 8/128 GB, tanpa ada slot microSD. Jika memori 128 GB sudah cukup buat Anda, HP ini benar-benar direkomendasikan.

4. vivo T1 5G

vivo T1 5G
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Dimensity 810
RAM 4 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.999.000

vivo T1 5G juga sama menariknya dengan vivo T1 Pro 5G, meskipun hadir untuk segmen yang berbeda. HP ini ditujukan buat mereka yang ingin segera mencicipi konektivitas 5G, tetapi punya bujet terbatas. Keinginan itu bisa diwujudkan karena vivo T1 5G dirilis dengan harga mulai Rp2 jutaan saja.

Selain konektivitas, vivo T1 5G juga memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menarik. Sebut saja desain minimalis, performa tinggi berkat SoC MediaTek Dimensity 810, hingga adanya NFC multifungsi. Kemampuan kameranya pun mumpuni walau hanya ada satu kamera belakang dan satu kamera depan.

Nah, soal penyimpanan, vivo memberi slot microSD hybrid pada HP yang satu ini. Oleh sebab itu, jika 128 GB terasa kurang, Anda bisa memasang microSD guna memperbesar ruang simpan. Tertarik dengan HP ini?

5. vivo Y01

vivo Y01
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.499.000

Ponsel vivo Y series memang terkenal akan harganya yang murah meriah, tercermin pada HP vivo Y01 yang dirilis pada April 2022 dengan harga rilis Rp1 jutaan saja.

Meski murah, bukan berarti spesifikasinya bisa dianggap remeh. Ia menghadirkan bentuk desain bodi yang terkesan premium dan berestetika. Selain itu, bobotnya yang hanya 178 gram membuatnya tetap ideal digunakan dalam waktu lama sekalipun hanya gunakan satu tangan.

Resolusi kamera belakangnya yang sebesar 13 MP juga tidak akan membuat Anda kecewa, sanggup hasilkan jepretan foto memukau sesuai dengan kelas harganya.

Lalu, kendati ia hanya gunakan Helio P35 dengan opsi RAM 2 dan 3 GB, vivo Y01 disematkan dengan Android 11 Go Edition berbasiskan FunTouch 11.1 yang akan membuat antarmuka berjalan mulus. Berminat memilikinya?

6. vivo Y33T

vivo Y33T
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.399.000

Jika memiliki budget Rp3 jutaan, Anda bisa mendapatkan vivo Y33T yang memiliki desain bodi premium ini. Bodi belakang ini terbuat dari material plastik kaca dengan teknologi AG Dynamic Color dan Mirror Finishing, semakin membuat bagian belakangnya tampak berkilau.

vivo Y33T sendiri tersedia dalam tiga varian warna yang apik seperti Starry Gold, Midday Dream, dan Mirror Black. Di bagian dalamnya, mesin ponsel mengandalkan SoC Snapdragon 680 4G dengan fabrikasi 6 nm, dipasangkan dengan RAM 8 GB serta memori internal berkapasitas 128 GB.

Untuk semakin membuatnya mumpuni dalam membuka banyak aplikasi sekaligus, RAM 8 GB ini bisa ditambahkan dengan RAM virtual 4 GB sehingga totalnya menjadi 12 GB. Selain itu, ponsel yang hadirkan OS Android dengan antarmuka FunTouch 12 ini juga memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh yang dijamin awet pemakaian dan dapat dicas menggunakan teknologi fast charging 18 W.

7. vivo Y21A

vivo Y21a
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000

Di awal 2022, vivo Indonesia merilis ponsel terbarunya sebagai penerus dari vivo Y20A yaitu vivo Y21A. Meskipun begitu, vivo Y21A ini memiliki desain yang mirip dengan vivo Y21 dan vivo Y21T.

Kemiripan tersebut tampak dari adanya poni atau waterdrop notch di bagian depan sebagai tempat untuk kamera selfie beresolusi 8 MP. Sedangkan kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

vivo Y21A memiliki layar LCD berukuran 6,51 inci yang telah mendukung layar HD+ dengan aspek rasio 20:9. Selain itu, ponsel ini dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas besar yaitu 5000 mAh dan didukung dengan pengisian daya yang cepat atau fast charging 18 W.

Kinerja dari vivo Y21A ini ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P22 yang berfabrikasi 12nm. Chipset ini kemudian dipadukan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB yang masih bisa diperluas menggunakan fitur extended RAM sebesar 1 GB.

8. vivo Y75 5G

vivo Y75 5G
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera


50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)

Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.999.000

Ponsel vivo Y series seringkali terkenal akan desain bodinya yang unik dan memukau, dan vivo Y75 5G bukanlah pengecualian. Ia memiliki teknologi desain Crystalline Matte yang dikombinasikan dengan dua warna untuk hasilkan desain Dynamic Color yang memukau.

vivo Y75 5G juga merupakan perangkat vivo Y series pertama yang hadirkan konektivitas 5G, mengusung jaringan NR NSA (non-stand-alone) dan SA (stand alone) pada pita n1, n3, dan n40. Oleh karena itu, jaringan 5G ini juga bisa beroperasi di Indonesia.

Di dalam cangkang HP ini, tersemat MediaTek Dimensity 700 5G yang memberikan performa kelas flagship, mampu memainkan game PUBG Mobile dengan pengaturan Smooth – Ultra tanpa lag yang berarti.

9. vivo V23 5G

vivo v23 5G
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.999.000

vivo seperti mendefinisikan ulang smartphone seri V mereka saat merilis vivo V23 5G. Ponsel kelas menengah atas ini dirancang untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan fotografi, tapi juga untuk kepuasan mata. Ya, ini adalah salah satu ponsel vivo V Series dengan desain terbaik.

Lihat saja bezel dan rangkanya yang tipis, berikut bobot yang hanya 179 g. Yang paling unik, penutup belakang vivo V23 5G bisa berubah warna, khususnya varian Sunshine Gold. Varian ini bisa berubah warna dari emas ke biru jika terkena paparan sinar atau dilihat dari sudut berbeda.

Di luar desain yang keren, vivo V23 5G andal berkat SoC MediaTek Dimensity 920. Main gim sekelas Genshin Impact bisa dilakukan di HP ini. Selain itu, HP ini punya kamera depan ganda, salah satunya memakai elnsa ultrawide. Lensa ini memungkinkan Anda berfoto selfie bersama teman-teman.

10. vivo Y21T

vivo Y21T
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.099.000

vivo Y21T bisa dibilang merupakan penyempurna dari vivo Y21 dan vivo Y21s. Pasalnya, dapur pacu ponsel ini adalah yang paling ganas. HP ini memakai SoC Snapdragon 680 yang cukup kencang dan efisien.

SoC ini sebenarnya mirip dengan Snapdragon 662 atau 665. Akan tetapi, karena dibikin dengan fabrikasi 6 nm, konsumsi dayanya jadi turun. Temperaturnya saat beroperasi juga tidak tinggi. Duet Snapdragon 680 dengan baterai 5000 mAh membuat vivo Y21T bisa dipakai hingga satu hari lebih!

Adapun vivo Y21T punya desain yang oke dengan bobot tidak terlalu berat. Kemampuan fotografi HP ini juga lumayan. Satu fitur keren lagi yang dimiliki HP ini adalah extended RAM hingga 2 GB. Alhasil, RAM yang semula 6 GB bisa membesar jadi 8 GB. Menarik bukan?

11. vivo V23e

vivo V23e
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4050 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.399.000

vivo jadi salah satu jenama yang mendapat kesempatan pertama menjajal SoC MediaTek Helio G96. Melalui vivo V23e, SoC ini menjalani debutnya. Berbekal Helio G96, vivo V23e tentu sangat bisa diandalkan performanya. Memainkan gim-gim populer masa kini bisa dilakukan di HP ini.

Namun, vivo V23e sejatinya tetap dirancang vivo sebagai ponsel cantik nan kompak di kelas harga terjangkau. Hal ini dapat dilihat dari ketebalannya yang hanya 7,4 mm dengan bobot 172 gram. Hal menarik selanjutnya dari HP ini adalah konfigurasi tiga kamera belakang dan pengisian cepat 44W.

Oh iya, ponsel ini sejatinya merupakan penerus dari vivo V21e yang di Indonesia dinamai vivo V21 4G. Cukup banyak peningkatan yang dibenamkan vivo kepada si HP. Termasuk teknologi pengisian cepat dan kamera. Baca selengkapnya HP ini di artikel kelebihan dan kekurangan vivo V23e.

12. vivo Y15s

vivo Y15s
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
()
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.899.000

vivo pernah punya produk bernama Y15 yang diluncurkan pada 2019. Kini HP tersebut menemui penerusnya dengan nama vivo Y15s. HP ini telah dipajang di situs resmi vivo Indonesia. Banderol harga yang disematkan untuk HP ini adalah Rp1,8 jutaan. Berkaca pada harganya, vivo Y15s masuk dalam kategori kelas entri.

Oleh sebab itu, spesifikasi yang dibawanya memang tidak luar biasa. Namun, vivo mengambil langkah tepat, yakni memadukan hardware yang biasa-biasa saja dengan sistem operasi Android 11 Go yang ringan. Sistem operasi ini menghadirkan sebuah sistem Android yang memang doptimalkan untuk ponsel dengan spec rendah. Imbasnya, performa harian ponsel ini masih bisa diandalkan. Untuk bermain gim kasual pun masih bisa.

Yang menarik dari vivo Y15s ini adalah baterainya yang sebesar 5000 mAh. Baterai tersebut diklaim mampu menunjang aktivitas penggunanya hingga sehari penuh. Kemudian, ada pemindai sidik jari di posisi paling natural buat ibu jari, yakni samping (menyatu dengan tombol power). Respons pemindai sidik jari ini cepat, hanya 0,2 detik!

13. vivo Y33s

vivo Y33s
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.399.000

Punya anggaran Rp3 jutaan untuk beli HP dengan penampilan keren? Coba lihat vivo Y33s ini, barangkali Anda tertarik untuk membelinya. Ya, HP yang satu ini memang punya desain yang menarik untuk dinikmati mata. Sorotan kecantikan HP ini ada pada modul kamera belakangnya yang dipoles secara dual tone, dan rangka berbentuk datar.

Selain itu, HP ini juga diberikan polesan lapisan matte untuk menciptakan tekstur tertentu – yang membuat tangan nyaman – serta untuk menangkal silau ketika cahaya menerpa penutup belakang. HP berbobot 183 gram ini memiliki performa yang oke. Anda tidak bekal menemui masalah saat bermultitasking.

Hal ini karena vivo Y33s punya RAM sebesar 8 GB, serta 4 GB RAM tambahan yang dapat aktif ketika fitur Extended RAM digunakan. Beberapa fitur unggulan lain yang dimiliki HP ini antara lain layar IPS LCD dengan resolusi Full HD+, baterai 5000 mAh, dan kamera utama 50 MP yang dilengkapi mode malam.

14. vivo X70 Pro

vivo X70 Pro
Layar AMOLED 6.56 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200-vivo
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


12 MP
(ultrawide)


12 MP
(telephoto)
Baterai Li-Po 4450 mAh
Harga Saat Rilis Rp 10.999.000

Sejak menjalin kerja sama dengan Zeiss (perusahaan optik asal Jerman), vivo berfokus pada fitur kemampuan fotografi tinggi untuk jajaran ponsel flagship mereka. Buah kerja sama kedua perusahaan ditandai dengan meluncurkan vivo X60 Pro. Namun, kamera HP ini baru mendukung olah algoritma berdasarkan racikan Zeiss.

Baru pada vivo X70 Pro, coating Zeiss T Lens yang legendaris disematkan untuk seluruh lensa kamera. Coating atau lapisan ini konon dapat menangkal flare ketika kamera menghadap langsung ke objek dengan pencahayaan tinggi, seperti matahari atau lampu.

Di samping itu, kemampuan kamera X70 Pro juga keren berkat adanya kamera telefoto yang mampu melakukan zooming hingga 7 kali, serta adanya penstabil optik berbasis gimbal. Di luar kamera, HP ini juga punya desain, layar, performa, dan ketahanan baterai yang sip. Ulasannya dapat Anda baca pada artikel kelebihan dan kekurangan vivo X70 Pro.

15. vivo Y21

vivo Y21
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000

Butuh HP yang mumpuni untuk jualan online? Mungkin vivo Y21 bisa Anda pertimbangkan. Pasalnya, HP ini cukup murah dan performanya oke. Kemampaun vivo Y21 menghadirkan performa yang oke tentu tidak lepas dari RAM-nya yang berukuran 4 GB.

Ukuran RAM tersebut sudah cukup untuk standar masa kini. Anda tak perlu khawatir HP ini lemot ketika membuka banyak aplikasi toko online dan membalas pesan dari berbagai aplikasi media sosial. Bahkan vivo menyematkan fitur extended RAM yang membuat HP ini punya RAM tambahan sebesar 1 GB.

Adapun kamera utama 13 MP HP ini oke untuk menciptakan foto dalam katalog produk Anda. Nilai plus selanjutnya dari vivo Y21 adalah baterai besar, sensor lengkap, dan bentuknya ramping. Ketahui secara mendalam HP Rp2 jutaan ini dalam artikel kelebihan dan kekurangan vivo Y21.

16. vivo Y21s

vivo Y21s
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.799.000

Punya HP cantik yang andal dipakai main gim tidaklah meskipun uang yang Anda miliki kurang dari Rp3 juta. Pasalnya, vivo Y21s ini sangat bisa untuk dilirik. Desain HP ini cantik karena memakai rangka datar dengan pinggiran melengkung 2.5D. Ketebalannya pun hanya 8 mm.

Anda mungkin tidak menyangka bila ternyata HP ini membawa baterai dengan kapasitas yang lumayan besar, 5000 mAh. Kecantikan vivo Y21s makin kentara berkat dua opsi warna yang tersedia: Midnight Blue dan Pearl White. Yang ada di atas adalah Pearl White.

Nah, soal kenapa HP ini andal dipakai main gim, penyebabnya tak lain karena SoC yang dipakai memang chipset gaming, yaitu MediaTek Helio G80. SoC ini dipadu dengan RAM 4 GB (plus extended RAM 1 GB), rasanya sudah cukup lancar untuk menjalankan gim-gim populer masa kini. Tertarik? Baca dulu artikel kelebihan dan kekurangan vivo Y21s!

17. vivo Y53s 4G

vivo Y53s 4G
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.699.000

vivo meluncurkan dua versi HP kelas menengah vivo Y53s. Satunya sudah 5G, dan satu yang lainnya berkonektivitas 4G. Yang ada di atas ini adalah versi 4G dengan SoC MediaTek Helio G80. Versi yang 4G ini cukup menarik karena membawa komponen dan fitur-fitur keren. Untuk layarnya, panel memang masih IPS.

Namun, layar Full HD+ dengan bentang 6,58 inci tersebut punya ragam warna yang kaya karena tembus standar DCI-P3 layaknya bioskop modern. Beralih ke masalah memori, RAM 8 GB terbilang sudah besar. Akan tetapi, vivo menyematkan fitur extended RAM, memanfaatkan sebagian ruang kosong di memori internal 128 GB-nya.

Kapasitas RAM pun meningkat jadi 12 GB. Kemudian, sektor daya di vivo Y53s 4G ini cukup membanggakan. Baterainya sudah besar, 5000 mAh, masih didukung teknologi pengisian 33 W pula. Jadi, daya tahannya sip dan pengisiannya cepat. Khusus di Indonesia, HP yang dirilis dengan harga Rp3 jutaan ini dibekali NFC.

18. vivo V21

vivo V21 4G
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.399.000

Menetas pada Mei 2021, vivo V21 banyak dilirik oleh publik. Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, ponsel ini punya kualitas layar yang membahana yaitu dengan penggunaan panel AMOLED 6,4 inci. Layar dari perangkat ini juga membawa laju penyegeran 90Hz, sehingga aplikasi dan konten yang dijalankan dapat berjalan mulus.

Sementara itu, kerapatan piksel yang tersemat pada ponsel vivo ini mencapai 409 ppi. Ponsel dengan kamera belakang beresolusi 64 MP + 8 MP + 2 MP ini ditopang oleh chipset MediaTek MT6853 Dimensity 800U 5G (7 nm) dengan dorongan kartu grafis Mali-G57 MC3, sudah pasti performanya dapat diandalkan.

Memperoleh nilai AnTuTu v8 sebanyak 336.699, vivo V21 membangun ruang penyimpanan berkapasitas 8/128 GB dengan kekuatan UFS 2.2. Ponsel yang punya sidik jari di bawah layar ini disubsidi oleh baterai berdaya Li-Po 4.000 mAh.

Perangkat ini dibanderol pada kisaran Rp4,39 jutaan untuk tipe 8/128 GB. Yuk, baca juga artikel tentang kelebihan dan kekurangan vivo V21 sebagai referensi Anda sebelum membelinya.

19. vivo V21 5G

vivo V21 5G
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Dimensity 800U
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.799.000

Anda butuh HP 5G yang desainnya cantik dan punya kamera mumpuni, tapi tidak mahal-mahal amat? Segera lirik vivo V21 5G yang dirilis dengan harga ritel Rp5 jutaan ini. Desain vivo V21 5G ini cantik karena memakai frame datar, bezel layar tak tebal, serta tubuhnya langsing.

Ketebalannya yang hanya 7,29 mm (varian Dusk Blue) membuat vivo V21 5G menyandang status sebagai ponsel 5G paling tipis di dunia, hingga artikel ini ditulis. Kemudian, kenapa HP ini punya kamera mumpuni? Sebab, baik kamera belakang maupun depan dilengkapi dengan penstabil gambar berbasis optik alias OIS.

Tidak banyak HP yang memakai OIS buat kedua sisi kamera, sekalipun itu HP flagship. Karena punya OIS, kamera jadi terhindar dari guncangan. Imbasnya, foto jadi tambah tajam, tidak blur, dan lebih andal saat dipakai di kondisi kurang cahaya atau malam hari. Hal ini juga berlaku untuk perekaman video.

vivo V21 5G, yang dilengkapi dengan NFC multifungsi ini, siap mendukung konektivitas 5G berkat modem 5G yang terkandung di dalam chipset MediaTek Dimensity 800U 5G. Chipset ini mampu tersambung ke delapan frekuensi 5G, tiga di antaranya adalah n1 (2100 MHz), n3 (1800 MHz), dan n40 (2300 mHz).

20. vivo Y12s 2021

vivo Y12s 2021
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 439
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.799.000

Ponsel terbaru dari vivo selanjutnya adalah vivo Y12s 2021. Perangkat yang merancang dirinya berdimensikan 164.4 x 76.3 x 8.4 mm ini memiliki ukuran layar 6.51 inci dengan penggunaan panel berteknologi IPS LCD, menjanjikan sudut pandang yang baik dan lebih hemat daya.

Berbicara daya, baterai yang digunakan oleh vivo Y12s 2021 berkapasitas Li-Po 5.000 mAh. Tidak lupa menghadirkan sistem pengisian berkecepatan 10W dan teknologi pengisian balik 5W. Perangkat yang masih punya fitur FM radio ini menempelkan dua lensa pada kamera utamanya yakni 13 MP untuk lensa wide dan 2 MP untuk lensa kedalaman.

Ponsel ini mampu melaju mulus berkat jeroan yang terbuat dari Snapdragon 439 (12 nm) dan prosesor pengolahan grafis Adreno 505. Ponsel yang dapat dimiliki dengan bajet Rp1,49 jutaan ini memiliki ukuran penyimpanan 3/32GB. Untuk mengenal lebih jauh tentang ponsel ini Anda dapat membaca artikel kelebihan dan kekurangan vivo Y12s 2021.

Itulah deretan HP vivo terbaru di tahun ini beserta dengan spesifikasinya. Dari daftar di atas, adakah HP yang jadi favorit Anda?


https://actoncloud.com

Baca juga  15 Game Zombie Terbaik dan Paling Seru di Android