10 Rekomendasi HP Termurah untuk Content Creator (Mei 2022)


Content creator merupakan salah satu jenis pekerjaan baru yang muncul akibat kemajuan teknologi. Orang pun tak perlu mengikuti audisi atau casting agar bisa jadi bintang yang ditonton pemirsa di seluruh dunia.

Cukup rekam gambar atau video dari ponsel sendiri, edit, lalu unggah di media sosial. Jika video atau gambar itu mendapat apresiasi dari banyak orang, Anda telah berhasil mengambil langkah pertama menjadi seorang content creator.

Selain keberanian dan keterampilan, content creator juga membutuhkan perangkat yang memadai agar bisa menciptakan karya yang berkualitas. Nah, dalam artikel ini, Carisinyal akan membahas HP apa saja yang cocok bagi Anda yang ingin mengawali karier sebagai content creator.

Beragam HP yang kami masukkan di daftar ini paling tidak punya kamera dan mikrofon yang bagus. Selain itu, kualitas chipset yang digunakan juga menentukan hasil akhir. Lantas apa saja HP untuk content creator yang kami rekomendasikan? Berikut daftarnya bisa disimak.

1. POCO X3 Pro

Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 860
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.449.000

POCO X3 Pro memang dirancang untuk kebutuhan gaming. Namun, SoC Snapdragon 860 yang dimilikinya mengizinkan kamera untuk merekam video hingga resolusi 4K 30 fps. Kemampuan untuk merekam video di resolusi 4K penting.

Pasalnya, Anda bisa melakukan zooming dengan meng-crop video tanpa membuat kualitas akhir video jadi turun drastis. POCO X3 Pro pun bisa merekam video pada resolusi 1080p pada frame rate tinggi 60 fps. Video dengan 60 fps cocok untuk keperluan Instastory.

Kualitas rekaman audio POCO X3 Pro juga bagus. Hal itu karena HP ini memiliki dua mikrofon yang ditempatkan di atas dan di bawah. Tanpa mikrofon eksternal, Anda bisa merekam video dengan suara yang jelas di HP ini.

Selebihnya, kamera utama dan kamera selfie POCO X3 Pro dapat menghasilkan video dengan stabil berkat adanya EIS. Dalam skenario outdoor, kamera HP ini bisa mengatasi backlight dengan baik. Merekam video di kondisi low light juga tak kalah baik. Menarik bukan?

2. Samsung Galaxy M23

Samsung Galaxy M23 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 750G
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.699.000

Samsung Galaxy M23 5G memang belum punya OIS untuk membantu penstabilan foto maupun video. Namun, kemampuan kameranya tergolong baik. Untuk foto, kemampuan low light HP ini masih cukup mumpuni dengan tingkat noise yang minim.

Anda bisa menciptakan foto-foto dramatis dengan warna natural di ruangan yang megah. Masalah videografi, kamera utamanya bisa merekam video hingga resolusi 4K. Namun, fitur super steady bisa Anda dapatkan pada resolusi Full HD 30 fps.

Yang menarik, baik kamera depan, kamera utama, dan kamera ultrawide bisa menghasilkan video dengan stabil. Suaranya pun jelas karena HP ini memiliki dua mikrofon. Hal menarik selanjutnya dari M23 5G adalah ketahanan baterainya yang luar biasa.

Anda bisa menghasilkan banyak konten saat berada di lingkungan outdoor selama sehari penuh. Lupakan powerbank saat Galaxy M23 5G jadi teman ngonten Anda!

3. Infinix Zero X Pro

Infinix Zero X Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


8 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.899.000

Infinix Zero X Pro adalah ponsel paling keren yang pernah dibuat oleh Infinix. Bagaimana tidak? Ponsel ini memiliki desain apik, serta konfigurasi kamera yang sip. Terdapat tiga kamera fungsional pada sektor kamera belakangnya.

Ada kamera utama 108 MP, kamera telefoto 8 MP, dan kamera ultrawide. Ketiganya autofokus, bahkan OIS hadir untuk kamera utama dan telefotonya! Mengenai perekaman video, Infinix ternyata bisa memaksimalkan kemampuan hardware kamera dan pemrosesan dari SoC MediaTek Helio G95.

Seluruh kamera belakang bisa merekam video secara stabil karena dilengkapi fitur ultra steady. Adapun resolusi video maksimal yang bisa diraih HP ini adalah 4K 30 fps. Resolusi itu bisa didapat oleh kamera belakang dan kamera depan.

Yang menarik lagi, jika Anda suka vlogging pada malam hari, kamera depan Zero X Pro masih memadai. Pasalnya, kamera depan si ponsel dilengkapi lampu khas HP Infinix.

4. realme GT Master

Realme-GT-Master__1
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.999.000

Secara performa, realme GT Master Edition adalah ponsel yang fenomenal. SoC Snapdragon 778G dan sistem pendinginan yang dimiliki mampu membuat ia menjalankan Genshin Impact dengan stabil. Performa tinggi ini pun bisa jadi modal penting jika Anda adalah seorang gamer sekaligus streamer.

Aksi-aksi Anda saat bermain game bisa menjadi konten menarik yang disaksikan para penggemar. Nah, untuk perekaman video, realme GT Master juga tak kalah keren. Sebab seluruh resolusi pada kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera depannya dilengkapi fitur stabilisasi EIS.

Itu artinya Anda bisa merekam video 4K 30 fps yang minim guncangan melalui kamera utama HP ini. Kualitas suara di videonya pun baik karena mikrofonnya ada dua. Fitur menarik lagi dari kamera HP ini adalah dual video.

Dengan dual video, Anda bisa merekam muka dengan kamera depan sekaligus situasi sekitar dengan kamera belakang si ponsel. Fitur ini juga penting untuk vlogging konten-konten plesir ke tempat wisata.

5. Xiaomi 11T

Xiaomi 11T
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(telephoto macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.999.000

Xiaomi 11T memang memakai SoC dengan level satu tingkat di bawah Xiaomi 11T Pro. HP ini memakai MediaTek Dimensity 1200, sedangkan Xiaomi 11T Pro menggunakan Snapdragon 888. Namun, alasan kami memasukkan HP ini ke dalam daftar adalah kestabilannya.

Kemampuan HP ini dalam menjaga temperatur lebih baik daripada suadaranya itu, termasuk saat digunakan merekam video dalam waktu lama. Selain itu, Dimensity 1200 yang dikandung Xiaomi 11T punya ISP yang mengizinkan kamera merekam video 4K dengan standar HDR.

Hal itu membuat video memiliki warna yang lebih hidup, pencahayaan seimbang, sehingga enak dilihat mata. Kemampuan perekaman 4K HDR dimiliki oleh kamera utama Xiaomi 11T. Nah, ada satu fitur menarik di kamera ini yang cukup membantu pembuatan konten.

Fitur itu adalah audio zoom. Dengan bantuan AI, tiga mikrofon ponsel ini bisa menangkap dengan jelas suara sebuah objek meskipun dari jarak yang jauh. Fitur ini membuat konten video jadi lebih dramatis karena Anda bisa fokus merekam bunyi benda yang ingin diperjelas.

6. realme 9 Pro+

realme 9 Pro Plus
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.999.000

realme 9 Pro+ hadir dengan inovasi penutup belakang yang bisa berganti warna. Itu menarik, tetapi yang lebih menarik lagi adalah HP ini memakai kamera utama dengan sensor flagship. Ya, HP ini memakai sensor utama Sony IMX766, sama seperti vivo X70 Pro dan Xiaomi 12.

Kamera utamanya itu juga dibekali OIS dan EIS. Dua komponen itu membuat kemampuan low light si ponsel cukup bagus, demikian juga dengan kestabilan rekaman videonya. Hanya, hingga artikel ini dibuat, fitur penstabilan belum ada pada resolusi 4K 30 fps.

Namun, untungnya video 1080p 60 fps untuk Instastory dan konten video pendek di TikTok sudah bisa distabilkan. Satu fitur keren yang dimiliki HP ini adalah Smart Long Exposures. Membuat foto light trail di tengah kota yang indah cukup mudah dengan fitur tersebut.

7. Samsung Galaxy A33

Samsung Galaxy A33 5G
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.699.000

Samsung Galaxy A33 5G naik kelas di segala hal jika dibandingkan dengan pendahulunya. Pasalnya, untuk sektor kameranya saja, HP ini sudah dilengkapi OIS. Bikin foto yang terang dengan noise minim dan bebas blur bukan hal yang mustahil buat Galaxy A33.

Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir HP ini mengalami kerusakan saat harus dipakai untuk merekam video dalam keadaan hujan lebat. Pasalnya, Galaxy A33 memiliki sertifikasi IP67. Artinya, HP ini tahan debu dan tahan air.

Tak perlu meragukan kualitas rekaman suara si ponsel, karena ponsel Samsung umumnya diberi dua mikrofon. Selain itu, ada dua fitur keren yang dimiliki HP ini, yakni kemampuan pindah kamera secara langsung dan single take.

Untuk fitur pertama, Anda bisa memindah kamera aktif selagi merekam tanpa harus menghentikan perekaman. Fitur ini langka karena umumnya hanya dimiliki HP flagship. Sementara itu, dengan single take, Anda bisa menghasilkan berbagai jenis konten dengan sekali pencet.

8. OPPO Reno7 5G

OPPO Reno7 5G (Indonesia)
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.499.000

Secara hardware, OPPO Reno7 5G memang tidak luar biasa. Konfigurasi kameranya terbilang standar baik untuk fotografi maupun videografi. Meski begitu, OPPO merupakan salah satu produsen dengan racikan software yang optimal buat kameranya.

Sebagai bukti, Anda bisa menciptakan konten video bokeh secara rapi melalui fitur Bokeh Flare Portrait Video. Merekam video pada malah hari juga bisa dilakukan dengan baik oleh Reno7 5G karena dukungan fitur AI Highlight Video dan Ultra Night Video.

Beberapa fitur lain yang tak kalah penting untuk pembuatan konten juga ada. Misalnya, ultra steady dan focus tracking. Fitur yang kedua membuat kamera bisa melakukan pemfokusan secara otomatis kepada suatu objek. Adapun kamera utama HP ini bisa merekam video 4K 30 fps ataupun 1080p 60 fps.

9. Apple iPhone 11

Apple iPhone 11
Layar Liquid Retina IPS LCD 6.1 inci
Chipset Apple A13 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 3110 mAh
Harga Saat Rilis Rp 12.999.000

iPhone 11 bisa jadi menjadi ponsel paling lawas dalam daftar ini. Kendati demikian, Anda tidak usah mempertanyakan kualitas kamera iPhone. Pasalnya, ponsel iPhone adalah ponsel terbaik untuk kebutuhan Instastory.

Aplikasi Instagram di ponsel iPhone memang mendapat optimasi yang lebih baik ketimbang Android. Terlepas dari itu, kamera iPhone 11 juga bagus. Videonya stabil di seluruh resolusi, suaranya jelas, detail, dan punya warna yang ciamik. Bahkan seluruh kamera bisa merekam video 4K 30 fps.

Seolah resolusi kamera utama, kamera ultrawide, dan kamera selfie yang hanya 12 MP tidak berpengaruh di HP dengan OIS ini. Adapun iPhone 11 dimasukkan ke dalam daftar ini karena unit barunya masih bisa ditemukan di toko-toko online. Harganya mulai dari 7 jutaan.

10. vivo X70 Pro

vivo X70 Pro
Layar AMOLED 6.56 inci
Chipset Mediatek Dimensity 1200
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


12 MP
(ultrawide)


12 MP
(telephoto)
Baterai Li-Po 4450 mAh
Harga Saat Rilis Rp 10.999.000

Anda punya bujet 10 juta dan ingin punya HP dengan kualitas kamera terbaik. vivo X70 Pro adalah jawabannya. Bukan tanpa alasan HP ini kami rekomendasikan. Pasalnya, kamera vivo X70 Pro memang bagus dan bisa diandalkan untuk content creation.

Kemampuan kameranya yang bagus di HP ini hadir berkat hadirnya sensor kamera mumpuni, lensa Zeiss, dan cip khusus bikinan vivo yang dikhususkan untuk menangani algoritma gambar. Selain itu, kamera utama HP ini juga memiliki penstabil optik berbasis gimbal.

Kombinasi EIS dan gimbal pada HP ini mampu menciptakan video yang stabil di segala resolusi, termasuk 4K 60 fps. Merekam video pada malam hari juga bukan masalah. Adanya Zeiss T* coating pada kamera HP ini efektif meminimalkan flare dari benda-benda bercahaya.

Berbagai fitur untuk mengoptimalkan fotografi dan videografi turut disematkan pada si ponsel. Beberapa di antaranya adalah mode pro dan kemampuan melakukan perpindahan kamera saat merekam video.

Nah, itulah rekomendasi smartphone yang layak dipakai oleh seorang content creator. Kemampuan kamera dalam menghasilkan konten berkualitas memang dibutuhkan. Selain itu, SoC dan software yang mumpuni juga memengaruhi kualitas akhir dari foto maupun video.


https://actoncloud.com

Baca juga  15 Game Android Buatan Indonesia Terbaik di Tahun 2022