10 HP Terbaik dan Paling Canggih di Dunia (Juli 2022)


Seiring perkembangan jaman, seluruh merk HP di dunia senantiasa meningkatkan teknologi yang disematkan pada produk mereka. Oleh karena itu, penggiat gadget pasti turut merasakan perkembangan ini dengan melihat spesifikasi-spesifikasi HP terbaru yang memiliki inovasi menggiurkan.

Entah itu dari segi kamera, konektivitas, baterai, kapasitas memori, hingga operating system, semua standar spesifikasi turut mengalami transformasi hingga menjadi yang Anda lihat sekarang – modern, nyaman, cepat, dan mutakhir.

Nah, jika Anda penasaran sudah sejauh apa teknologi HP terbaik masa kini, sudah saatnya Anda melihat sendiri kehebatan yang ditawarkan oleh beberapa HP tercanggih di dunia berikut ini.

1. Apple iPhone 13 Pro Max

Layar Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 4352 mAh
Harga Saat Rilis Rp 19.999.000

Merupakan varian tertinggi dari iPhone 13 series, tentu iPhone 13 Pro Max ini sudah memiliki segalanya. Ia mengantongi performa chipset Apple A15 Bionic yang mengusung teknologi neural engine 16 inci untuk kinerja maksimal. Layarnya pun mengusung panel Super Retina XDR Display dengan ukuran paling besar di seri iPhone 13.

Ia pun menawarkan sensor Ultra Wideband yang membuatnya mampu melacak keberadaan objek melalui aksesoris secara akurat dan presisi. Hadirnya UWB juga membuat ponsel ini mampu dijadikan kunci mobil ataupun kunci pintu.

Salah satu fiturnya yang paling inovatif terletak di bagian kamera belakang, di mana ia mengemas sensor LiDAR Scanner yang dapat meningkatkan kapabilitas pengaplikasian AR (Augmented Reality). Hadir dengan MagSafe, ponsel ini juga mendukung fitur pengisian nirkabel dengan lebih cepat, serta mendukung ekosistem aksesoris yang solid.

iPhone 13 Pro Max juga mengemas fitur kamera yang menjadikan penggunanya bak seorang pembuat film profesional, yakni dengan gunakan Cinematic Mode. Singkatnya, fitur ini akan mengeteksi wajah subjek dan mengunci fokus secara otomatis dan akan menyesuaikan efek bokeh secara dinamis.

iPhone 13 Pro Max juga termasuk salah satu seri di seri ini yang menghadirkan ProMotion 120 Hz adaptif. Sistem operasi akan menentukan kegiatan apa saja yang akan menggunakan refresh rate 120 Hz, contohnya pada saat bermain game, browsing, ataupun scrolling YouTube.

Sedangkan saat sedang menampilkan gambar statis, laju penyegaran akan di-set ke 10 Hz demi menghemat baterai. Dan benar saja, di antara semua iPhone yang pernah ada sebelumnya, iPhone 13 Pro Max ini memiliki ketahanan baterai yang paling awet.

Perangkat ini tawarkan durasi pemakaian hingga 28 jam pada pemutaran video dan 95 jam saat dipakai mendengarkan musik. Ketahui selengkapnya pada kelebihan dan kekurangan Apple iPhone 13 Pro Max.

2. Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
108 MP
(wide)


10 MP
(periscope telephoto)


10 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 17.999.000

Menginginkan ponsel merk Samsung dengan stylus? Sayangnya, Samsung memutuskan untuk tidak lagi memproduksi ponsel seri Galaxy Note. Pasalnya, seri smartphone tersebut adalah yang satu-satunya tawarkan S Pen dalam boks pembeliannya. Tapi untungnya, Samsung Galaxy S22 Ultra kini juga telah dikemas dengan stylus, bahkan dengan peningkatan latensi.

Dibandingkan Galaxy Note20 series yang hadirkan latensi 9 milidetik, kini Galaxy S22 Ultra memiliki latensi yang 70% lebih unggul yakni 2,8 milidetik saja. Pada penggunaannya, Anda pun akan bisa merasakan S Pen yang lebih responsif dan tidak ngelag sama sekali.

Selain itu, Galaxy S22 Ultra juga merupakan salah satu HP flagship pertama di tahun 2022 yang telah dikemas dengan chipset next-gen Snapdragon 8 Gen 1, membawakan arsitektur ARMv9-A yang lebih canggih dan tentunya kinerja yang semakin meningkat untuk bermain game.

HP premium ini juga dapat dijadikan sarana fotografi pengganti DSLR yang sangat layak, membawakan resolusi kamera utama 108 MP dengan dua lensa telefoto 10 MP (periskop) dan 10 MP (telefoto). Yuk, cari tahu lebih banyak pada kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra!

3. OPPO Find X5 Pro 

OPPO Find X5 Pro

OPPO Find X5 Pro yang merupakan generasi penerus dari OPPO Find X3 Pro yang hadir sebagai seri flagship terkemuka. Ia pun memiliki berbagai peningkatan dibanding predesornya, sebut saja kamera yang kini berkolaborasi dengan Hasselblad Color Calibration, hadirnya protokol WiFi 6E, serta penggunaan SoC (system on chip) Snapdragon 8 Gen 1 yang paling mutakhir di dunia.

Find X5 Pro dan Find X3 Pro meskipun sama-sama gunakan panel layar LTPO AMOLED 6,7 inci pada resolusi 1440 x 3216 piksel, namun mereka hadir dengan generasi kaca pelindung yang berbeda. Sementara Find X3 Pro masih gunakan Gorilla Glass 5, Find X5 Pro loncat dua generasi dengan hadirkan Gorilla Glass Victus.

HP premium ini juga sama-sama hadirkan desain bodi panel belakang dengan konsep uniframe seperti pendahulunya, kendati dengan tampilan yang lebih fresh dan memukau. Juga, Anda dapat merasakan speisfikasi baterai lebih unggul dengan kapasitas 5.000 mAh alih-alih 4.500 mAh, juga dengan fast charging 80 W yang disinyalir mampu isi baterai hingga penuh dalam waktu 47 menit.

4. vivo X80 Pro

vivo X80 Pro
Layar LTPO3 AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


12 MP
(telephoto)


48 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Sebagai varian yang lebih tinggi dari reguler, vivo X80 Pro memang dilengkapi dengan spesifikasi lebih unggul. Di sisi layar, ia menghadirkan panel LTPO AMOLED berukuran 6,78 inci pada resolusi QHD+.

Teknologi LTPO tersebut memungkinkan layara untuk mengatur refresh rate adaptif dari 1 Hz hingga 120 Hz, menyesuaikan berdasarkan aktivitas yang dilakukan agar baterai tidak terbuang di saat yang tidak dibutuhkan.

Karena ini HP flagship vivo, tentu keistimewaan utamanya terletak pada penggunaan gimbal OIS di salah satu kamera belakangnya. Berbeda degan pendahulu yang letakkan gimbal OIS pada kamera utama, kini vivo meletakkan gimbal OIS pada lensa telefotonya.

Dari sisi dapur pacunya, perangkat ini tersedia dalam dua versi yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dan Dimensity 9000. Kehadiran dua versi ini bukan yang pertama kali, sebelumnya vivo X70 Pro juga tersedia dalam varian Dimensity 1200 dan Exynos 1080.

Lebih lanjut lagi, vivo X80 Pro membawakan kamera berkualitas dari Zeiss Optics, turut hadir dengan teknologi Zeiss T*Lens Coating yang dapat mencegah efek ghosting pada foto. Perekaman videonya pun lebih ditingkatkan lagi dari generasi sebelumnya, kini dapat merekam hingga resolusi 8k pada kecepatan hingga 60 FPS.

Pengguna juga tak perlu lagi khawatir saat baterai habis, karena di dalamnya sudah tersemat baterai LiPo besar 4.700 mAh yang dilengkapi fast charging 80 W serta wireless charging 50 W.

Saat artikel ini ditulis, vivo X80 Pro belum tersedia di Indonesia secara resmi. Varian termurah dari HP ini adalah yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 dengan konfigurasi RAM 8/256 GB, hadir dengan banderol harga 5.499 Yuan di Cina atau setara dengan Rp12 jutaan.

5. Xiaomi 12 Pro  

Xiaomi 12 Pro
Layar LTPO AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


50 MP
(ultrawide)


50 MP
(telephoto)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Harga Saat Rilis Rp 12.999.000

Xiaomi Mi series kini telah berganti nama. Tidak lagi gunakan embel-embel “Mi” seperti pada Xiaomi Mi 11, inlah Xiaomi 12 Pro yang penamaannya lebih simpel dan tidak berbelit-belit.

Seperti HP flagship lain yang dirilis pada tahun 2022, ia juga telah ditenagai Snapdragon 8 gen 1 untuk menaklukkan segala jenis aktivitas terberat yang bisa dilakukan pada sebuah smartphone.

Dibandingkan XIaomi 11 Pro yang jadi pendahulunya, Anda sungguh dimanjakan dengan peningktan drastis di beberapa parameter. Contohnya saja pada fast charging yang kini menggunakan daya 120 W. Ini notabene merupakan daya pengisian cepat tertinggi pada industri smartphone, hanya butuh 18 menit untuk mengisi baterai dari nol hingga penuh.

Bukan itu saja, Xiaomi 12 Pro juga kini dikemas dengan konfigurasi Triple Camera yang ketiganya memiliki resolusi 50 MP. Ketiga lensa memiliki fungsi wide-angle, telefoto hingga 2x, serta ultrawide dengan FOV 115 derajat. Hasil fotonya tentu saja mengagumkan dengan detil yang jernih dan exposure merata sekalipun pada kondisi gelap.

Baca juga  Inilah Berbagai Perbedaan Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12S Pro

Untuk semakin memeriahkan hari-hari Anda, Xiaomi 12 Pro juga menawarkan sisi multimedia yang sungguh apik. Berkat layar panel LTPO AMOLED yang begitu cerah dan memanjakan mata, Anda bisa menikmati aktivitas binge-watching seperti sedang di bioskop!

Layarnya mendukung ruang warna 1 miliar, turut mendukung sertifikasi HDR10+ dan standar Dolby Vision. Sayangnya, dibandingkan dengan Xiaomi 11 Pro, dimensi layarnya menurun dari 6,81 inci menjadi 6,73 inci. Tapi tenang saja, Anda masih disuguhkan resolusi WQHD+ yang sama tajamnya. Ketahui lebih banyak lagi pada artikel kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro.

6. realme GT2 Pro 

realme gt2 pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


50 MP
(ultrawide)


3 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 9.999.000

Bila spek dewa tidak cukup untuk membuat Anda tertarik, tampaknya realme GT2 Pro akan jadi pilihan yang lebih menggiurkan. Pasalnya, tidak hanya hadir dengan beragam kelebihan premium, ia pun hdir dengan tampilan bodi memukau, merupakan hasil kolaborasi dengan desainer Jepang legendaris bernama Naoto Fukasawa.

Tidak hanya cantik, realme GT2 Pro juga menggunakan material bio-based polymer yang merupakan kertas daur ulang ramah lingkungan. Bagaimana tidak? realme menyinyalir kalau proses pembuatannya mengeluarkan emisi karbon yang 35,5% lebih rendah dari kebanyakan HP flagship lainnya.

Karena berbasis kertas, Anda bahkan bisa lho mencoret-coret di bodi belakangnya dengan pensil. Namun jangan khawatir, panel bodi belakang tersebut tetap tidak akan rusak oleh air!

Chipset Snapdragon 8 Gen 1 dengan proses fabrikasi 4 nm juga turut dimiliki HP yang diprediksi memiliki harga 11 jutaan tersebut, beserta kombinasi memori RAM 8/128 GB, 8/256 GB, 12/256 GB, serta 12/512 GB. Sungguh beragam, bukan?

Ponsel yang hadirkan layar LTPO2 AMOLED ini dijamin akan membuat kegiatan menonton semakin menyenangkan. Dengan dukungan HDR10+ pada resolusi WQHD+, dan kemampuan tampilkan sebanyak 1 miliar warna, siapapun akan langsung terpukau dengan keindahan layarnya. Bukan itu saja, layar yang dikemas dengan refresh rate 120 Hz ini juga diketahui hadirkan touch sampling rate hingga 1000 Hz!

7. Sony Xperia 1 IV

sony xperia 1 iv
Layar OLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)


0.3 MP
(ToF)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 21.500.000

Sony Xperia 1 IV layak dinobatkan sebagai salah satu smartphone termahal di dunia. Bagaimana tidak? Banderol harga untuk versi yang hadir di Amerika Serikat mencapai 1600 dolar alias setara dengan Rp23,2 jutaan.

Tapi, mahal dan murah tentu tergantung dari value yang didapatkan. Dan dalam hal ini, tingginya spesifikasi kamera yang dimiliki Sony Xperia 1 IV memang layak menjadi justifikasi atas harganya yang mahal tersebut.

Ya, Sony memodali HP ini dengan teknologi kamera yang tidak pernah dimiliki oleh smartphone lain manapun, yakni sensor telefoto 12 MP yang memiliki lensa variabel dari 85 mm hingga 125 mm.

Ini artinya, Anda dapat melakukan zoom optikal berkelanjutan dari 85 mm hingga 125 mm tanpa kehilangan kualitas yang biasa terjadi pada pembesaran digital. Fitur ini membuatnya mirip dengan kamera DSLR yang umum di pasaran.

Bukan cuman kameranya saja yang layak diacungi jempol, ponsel ini juga hadir dengan spesifikasi canggih lainnya seperti panel layar AMOLED 6,5 inci beresolusi 4K, dapur pacu Snapdragon 8 Gen 1, baterai besar 5.000 mAh, serta fast charging 30 W yang dapat mengisi daya dari 0-50% dalam waktu 30 menit.

Uniknya lagi, Sony masih memodali HP ini dengan port audio 3.5 mm jack. Port yang biasanya absen dari HP flagship manapun. Selain itu, tersedia pula sensor sidik jari di samping yang menyatu dengan tombol Power, koneksi jaringan WiFI 6E, serta Bluetooth 5.2.

8. ZTE Axon 40 Ultra

zte axon 40 ultra

Siapapun yang menyukai aktivitas fotografi wajib melirik ponsel pintar yang satu ini. Adalah ZTE Axon 40 Ultra, sebuah smartphone yang hadirkan tiga kamera beresolusi 64 MP di belakangnya.

Tidak hanya sekadar resolusi tinggi, lensa utama HP ini juga memiliki besaran focal length cukup unik yaitu 35 mm. Tentunya, lensa tersebut sudah membawakan juga fitur OIS agar pemotretan bisa berlangsung lebih stabil.

Pada sisi perekaman video, kamera belakang juga sanggup mendukung hingga resolusi 8K di kecepatan 30 FPS, mendukung HDR 10 dan juga video 10-bit.

Beberapa fitur menarik lainnya bisa Anda nikmati, seperti kinerja super kencang Snapdragon 8 Gen 1 yang dipadukan dengan penyimpanan internal UFS 3.1 + RAM LPDDR5 (mencapa kapasitas 1 GB dan 16 GB RAM), WiFI 6E, Bluetooth 5.2, konektivitas NFC, dan juga speaker stereo yang mendukung frekuensi 24-bit/192kHz audio.

Layar yang ZTE berikan utnuk HP ini juga teramat keren, dengan luas dimensi 6,8 inci AMOLED, mendukung HDR10+ dan 1 miliar warna, memastikan mata pengguna hanya dijajakan dengan tampilan terbaik. Ponsel ini memiliki harga rilis 799 dolar Amerika Serikat, setara dengan Rp12 jutaan. Mau?

9. Honor Magic4 Pro

Honor Magic4 Pro
Layar LTPO OLED 6.81 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
50 MP
(wide)


50 MP
(ultrawide)


64 MP
(periscope telephoto)


MP
(ToF)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Tak hanya gembor-gemborkan performa Snapragon 8 Gen 1, ponsel besutan Honor yang masih satu grup dengan Huawei tersebut juga memiliki salah satu ukuran layar terluas di industri smartphone flagship.

Dengan bentang layar 6,81 inci pada panel LTPO OLED, Anda disuguhkan tawaran menarik berkat dukungan warna 1 miliar dan resolusi 1312 x 2848 piksel yang begitu tajam.

Honor Magic4 Pro juga merupakan segelintir HP yang menawarkan fitur UWB (Ultra Wideband), yakni konektivitas yang dapat bantu pengguna mencari benda hilang dengan presisi terbaik.

Bagi Anda yang menyukai pengisian daya nirkabel, Anda juga akan dimanjakan dengan fast wireless charging 100 W yang diklaim dapat mengisi baterai hingga 50% dalam waktu 15 menit. Ini merupakan salah satu daya pengisian nirkabel paling tinggi di dunia hingga artikel ini ditulis. Tertarik?

10. OnePlus 10 Pro

OnePlus10 Pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


50 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Kendati pamor brand OnePlus kurang menggaung di pasar Tanah Air, bukan berarti mereka tidak sanggup hadirkan HP flagship paling canggih dan mutakhir. Lihat saja OnePlus 10 Pro, yang suguhkan desain bodi terunik yang pernah ada dengan modul kamera unggulan.

Sama seperti pendahulunya, OnePlus 10 Pro juga berkolaborasi dengan Hasselblad Color Calibration yang mengintegrasikan sistem reproduksi warna terakurat dan paling natural ke dalam kamera ponsel. Dengan standar kalibrasi warna termutakhir ini, diharapkan pengguna dapat memiliki hasil foto dengan warna yang sama persis seperti aslinya.

Kendati begitu, sayangnya Anda tidak akan merasakan peningkatan konfigurasi kamera belakang pada HP ini (dibandingkan dengan OnePlus 9 Pro). Ia tawarkan kamera utama 48 MP yang dikemas dengan juga lensa telefoto 8 MP dengan zoom optik up to 3x. Keduanya kerap disertai dengan OIS.

Untuk kamera ketiga, HP ini juga tidak berbeda dengan pendahulunya dalam hadirkan lensa 50 MP ultrawide yang miliki sudut bidang keluasan 150 derajat. Diketahui, HP ini dapat merekam video hingga resolusi 8K (30 FPS) pada kamera belakang.

Peningkatan baru akan akan ditemukan pada kamera depan. Tak seperti OnePlus 9 Pro yang gunakan sensor 16 MP, kini OnePlus 10 Pro tawarkan kamera depan 32 MP yang dua kali lipat lebih tinggi resolusinya. Sayangnya, kamera selfie tersebut hanya dukung hingga 1080p (30 FPS) dalam perekaman video.

Nah, bagi Anda yang tidak sabar mencicipi teknologi HP terkini, sudah saatnya memilih salah satu dari HP terbaik yang kami ulas di atas. HP tercanggih mana yang sekiranya menarik perhatian Anda? Selamat memilih!


https://actoncloud.com