10 HP Terbaik untuk Bermain Game Berat (Juli 2022)


Mobile gaming adalah industri gim masa depan. Fakta ini tidak terbantahkan. Banyak pengembang gim yang awalnya fokus di desktop kini merambah ke perangkat mobile. Faktor ini jugalah yang kemudian akhirnya membuat smartphone terus berkembang dengan spesifikasi yang tinggi. Tujuannya untuk bisa memuaskan hasrat para pemain mobile gaming.

Fenomena tersebut yang kemudian melahirkan beberapa tipe ponsel yang bisa dimaksimalkan untuk bermain gim. Beberapa vendor malah membuat konsep ponsel yang memang ditujukan untuk kebutuhan bermain gim. Hal ini memang perlu dilakukan mengingat tipe ponsel biasa, seperti misalnya HP Samsung termahal sekalipun kurang menjual jika hanya difokuskan untuk ceruk pasar para pemain mobile gaming.

Atas dasar hal tersebut, kami menyusun beberapa tipe smartphone yang cocok untuk bermain gim. Tujuannya jelas untuk mengakomodir kebutuhan Anda yang memang fokus bermain gim di ponsel. Lantas, apa sajakah smartphone untuk maing gim tersebut? Berikut pemaparannya.

1. Black Shark 5 Pro

Layar OLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
108 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(telephoto macro)
Baterai Li-Po 4650 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Hadir sebagai varian tertinggi di seri Black Shark 5, versi Pro ini membawakan spesifikasi mumpuni untuk menunjang permainan. Perangkat ini tentunya sudah dimodali dengan chipset powerful Snapdragon 8 Gen 1 yang dibuat dengan fabrikasi 4 nm.

Anda pun akan merasakan baterai yang tahan lama dengan kapasitas 4.650 mAh, serta pengisian secepat kilat berkat fast charging 120 W. Hal ini membuatnya sanggup diisi dari 0-100% dalam waktu 15 menit saja.

Panel layar AMOLED E4 miliknya memiliki ukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+, didukung dengan sertifikasi HDR+ dan gamut warna P3 100% untuk pengalaman menonton yang lebih mengagumkan.

Untuk menawarkan sensasi gaming seperti konsol, perangkat ini tentu telah dilengkapi tombol trigger magnetis yang dapat difungsikan sebagai tombol L dan R. Cocok untuk push rank pada permainan shooter seperti PUBG Mobile, Fortnite, ataupun COD Mobile.

Chipset Snapdragon 8 Gen 1 kerap kali disangkutkan dengan isu throttling. Oleh karena itu, Black Shark 5 Pro memiliki sistem pendingin vapor chamber yang ampuh menurunkan suhu saat bermain gim.

2. ZTE nubia Red Magic 7 Pro 

nubia red magic 7 pro
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB, 18 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Jika menilik pada varian reguler yang sudah hadirkan laju penyegaran 165 Hz, mungkin akan ada sebagian orang yang kecewa dengan Red Magic 7 Pro ini. Soalnya, ia hanya dukung refresh rate 120 Hz saja seperti HP flagship lain kebanyakan.

Walaupun begitu, sang varian tertinggi ini turut hadirkan performa yang begitu prima dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Tak perlu mengkhawatirkan soal responsivitas layar, karena layar HP ini kantongi touch sampling rate yang meraih hingga 960 Hz! Wow, Anda tampaknya akan jauh lebih mudah mencapai rank Mythical Glory di MLBB kalau pakai HP ini.

Anda akan mendapatkan beberapa fitur ekstra ketimbang reguler. Contohnya, varian Pro ini tawarkan kemampuan fast charging 135 W yang hanya makan waktu 15 menit untuk isi baterai dari nol hingga penuh.

Selain itu, kamera depannya tidak hanya alami peningkatan resolusi dari 8 MP menjadi 16 MP, namun ia juga kini tersembunyi di dalam layar (Under Display Camera) sehingga tidak mengganggu estetika tampilan bodi depan.

Tak perlu khawatir soal isu throttling dan semacamnya. Ponsel ini turut dikemas dengan sistem pendingin ICE 8.0 multidimensi. Ia menggabungkan teknologi air colling dan liquid cooling, serta menggunakan bahan material aerospace grade phase change.

Tersedia pula kipas pendingin super cepat yang memiliki satuan 20.000 RPM. Selain dirancang untuk mendinginkan ponsel, kipas tersebut juga dibuat sedemikian rupa agar tidak terlalu bising walau sedang memainkan game seberat apapun.

Baca juga  Inilah 7 Perbedaan realme Narzo 50A Prime dan Narzo 50i Prime

3. Redmi K50 Gaming

Redmi K50 Gaming
Layar OLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Bersiap-siap dibuat tercengang dengan salah satu HP gaming termurah yang sudah hadirkan Snapdragon 8 Gen 1, inilah Redmi K50 Gaming yang menjadi penerus dari Redmi K40 Gaming (di Indonesia, Redmi K40 Gaming hadir sebagai POCO F3 GT).

Redmi K50 Gaming dikabarkan memiliki banderol harga mulai dari 3.299 Yuan atau sekitar Rp7,4 jutaan untuk varian RAM 8 GB/128 GB. Desain bodinya dibuat dengan nuansa gaming yang kental, tampilkan aksen huruf X yang dirancang atas dasar konsep futuristik.

Untuk semakin mempertegas fungsinya untuk dipakai bermain game, Anda pun dapat menemukan tombol bahu yang berfungsi sebagai kontrol tambahan saat memainkan game secara lanskap. Adapun layar yang diberikan merupakan panel OLED 6,67 inci Full HD+ dengan refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 480 Hz.

Di kala sedang asyik-asyiknya bermain game, Anda tentu tidak mau pikiran Anda terganggu dengan kekhawatiran akan habis baterai. Tenang saja, ia hadirkan baterai berkapsitas 4.700 mAh yang ditenagai dengan pengisian cepat berdaya 120 W.

Untuk mencegah performa turun gara-gara suhu terlalu tinggi, Xiaomi telah mengantisipasikannya dengan bubuhkan ruang uap berukuran 4.860 mm persegi. HP ini juga mendukung konektivitas 5G, WIFi 6E agar dapat terhubung dengan pita ferkuensi 6 GHz, serta NFC. Berminat?

4. ZTE nubia Red Magic 7

ZTE-Nubia-Red-Magic 3
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB, 18 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Merupakan varian reguler dari ZTE nubia Red Magic 7 Pro, HP ini hadirkan refresh rate yang lebih tinggi yaitu mencapai 165 Hz. Walaupun secara penamaan ia berada di posisi yang lebih sederhana dibandingkan Pro, namun keberagaman spesifikasi dan parameternya sungguh tidak jauh berbeda.

Anda masih sama-sama disuguhkan dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang sama, hadirkan peningkatan cukup tinggi ketimbang Snapdragon 888 yang jadi chipset andalan flagship di tahun sebelumnya.

Juga, kendati refresh rate-nya berbeda, secara ukuran dan jenis panel ia masih sama dengan Pro yang tawarkan dimensi 6,8 inci AMOLED Full HD+ yang dilapisi pelindung Gorilla Glass 5.

Satu-satunya perbedaan utama yang mungkin akan membuat kecewa pengguna adalah baterainya yang berkurang menjadi 4.500 mAh dengan fast charging yang hanya gunakan daya 65 W untuk versi global.

5. iQOO 9 Pro

vivo iQOO 9 Pro
Layar LTPO AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
50 MP
(wide)


16 MP
(telephoto)


50 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

vivo iQOO 9 Pro merupakan salah satu ponsel flagship tercanggih di dunia, maka wajar saja jika Anda menemukan performa gaming yang begitu tinggi kendati ia sebenarnya lebih dirancang untuk memuaskan hasrat fotografer.

Seperti seri vivo X series, iQOO 9 Pro ini turut mengemas gimbal OIS sebagai stabilisasi yang mutakhir agar pengguna tetap mampu hasilkan foto blur-free sekalipun memotret sembari berjalan.

Sebagai dapur pacunya, tentu saja ia disematkan dengan Snapdragon 8 Gen 1 yang punya fabrikasi 4 nm yang mengemas arsitektur CPU delapan inti berupa Cortex X2 berkekuatan 3 GHz sebagai prime core. Sedangkan untuk big core dan little core-nya, chipset ini andalkan tiga unit Cortex A710 (2.5 GHz) serta empat unit Cortex A510 (1.8 GHz).

Baca juga  10 Laptop yang Bagus untuk Desainer Grafis di Tahun 2022

Untuk jenis RAM dan memori internal, ponsel flagship ini telah dibekali dengan standar LPDDR5 dan UFS 3.1. Ada juga kartu pengolah grafis Adreno 730 untuk membuat rendering pada game semakin lancar.

Lalu, kendati bukan salah satu HP keluaran XIaomi, ia rupanya suguhkan port infrared yang dapat difungsikan untuk mengganti volume dan kanal TV ataupun suhu AC. Konektivitas lainnya turut beragam seperti NFC Multifunctions, protokol WiFI 6, sensor sidik jari dalam layar ultrasonic yang cepat dan akurat, serta Bluetooth 5.2 dengan antarmuka aptX HD dan Adaptive.

Mengingat ia bisa difungsikan sebagai HP gaming yang menyenangkan, tentu layarnya juga dibuat sedemikian rupa untuk memanjakan mata para gamers, hadirkan panel layar LTPO2 AMOLED 6,78 inci WQHD+ dengan refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 360 Hz. Tertarik?

6. Black Shark 5 RS

black shark 5 rs_
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(telephoto macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Desain belakang Black Shark 5 reguler dan Pro memang lebih mirip seperti ponsel flagship lain kebanyakan, yakni dengan modul kamera disusun di pojok samping. Jika Anda menginginkan desain bodi seperti Black Shark 4 series, Xiaomi telah menyiapkan Black Shark 5 RS untuk Anda.

Di belakangnya, kamera disusun secara horizintal dan terletak di tengah. Warnanya pun kini semakin kece dengan opsi varian kuning. Kendati kapasitas baterainya mengalami pemangkasan (menjadi 4.500 mAh), namun Anda tetap dapat rasakan fast charging 120 W yang sama cepatnya seperti varian Pro.

Beberapa fitur gaming-nya pun tentu masih disediakan, seperti tombol bahu L dan R untuk berikan pengalaman bermain bak konsol gaming, empat buah mikrofon untuk perekaman suara yang lebih jernih, sistem pendingin dual vapor chamber, serta laju penyegaran 144 Hz.

Oh ya, Black Shark 5 RS adalah satu-satunya varian di serinya yang masih dimodali dengan 3.5 mm jack audio port. Anda pun bisa mendengarkan lagu tanpa andalkan TWS ataupun adapter.

Black Shark 5 RS juga merupakan varian yang menggunakan dua jenis chipset yang berbeda. Untuk varian 8 GB RAM + 256 GB, ponsel menggunakan Snapdragon 888 sedangkan varian 12 GB + 256 GB ditopang dengan Snapdragon 888+.

7. ASUS ROG Phone 5s Pro

10 HP Terbaik untuk Bermain Game Berat ([month_year]) 7
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888+
RAM 18 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 18.999.000

ASUS ROG Phone 5s Pro merupakan sebuah pengganti untuk ASUS ROG Phone 5 Pro. Perbedaan keduanya pun tidak begitu banyak. Versi 5s ini hanya menghadirkan chipset Snapdragon 888 Plus yang lebih baru serta peningkatan RAM yang semula 16 GB menjadi 18 GB.

Anda sungguh dapat merasakan gaming experience dengan performa terbaik yang pernah dimiliki smartphone Android, mau itu emulator ataupun game berat seperti Genshin Impact.

Tidak perlu khawatir soal isu overheating, karena Anda bisa kombinasikan kipas pendingin internal dengan aksesoris tambahan bernama AeroActive Cooler 5 untuk pembuangan panas yang lebih optimal.

Ponsel gaming ini juga membawakan tombol bahu bernama AirTrigger 5 yang bisa dikusomtasi sesuka hati. Tidak hanya dapat ditekan, kedua tombol ini juga bisa di-slide ke kiri dan kanan ataupun di-swipe ke atas dan bawah untuk memberikan jenis perintah yang lebih beragam.

Tentunya masih banyak lagi fitur-fitur gaming asyik lainnya, seperti konektivitas WiFi 6 dan 5G yang kencang, serta dua biji USB-C agar pengguna dapat mengecas saat memakai HP pada mode portrait maupun lanskap. Menarik, bukan?

8. ZTE nubia Red Magic 6s Pro

10 HP Terbaik untuk Bermain Game Berat ([month_year]) 9

Jika menginginkan HP gaming dengan salah satu layar terbaik di dunia, ZTE nubia Red Magic 6s Pro ini akan menjawab kebutuhan Anda. Dengan menawarkan refresh rate 165 Hz dan touch sampling rate 720 Hz, kinerja game akan terasa jauh lebih mulus lagi. Dengan responsivitas layar yang super cepat terhadap sentuhan, dijamin Anda akan melakukan serangan duluan dibandingkan musuh.

Sebagai tambahan kontrol untuk aktivitas gaming, Red Magic 6s Pro juga menyuguhkan sliding trigger agar permainan semakin menyenangkan. Jika dibandingkan dengan Red Magic 6 Pro, HP ini menyediakan beragam peningkatan yang membuatnya semakin worth it. Misalnya saja, kini ia mampu terhubung dengan jaringan 6 GHz melalui protokol WiFi 6E.

Juga, perangkat ini membawakan chipset Snapdragon 888+ dengan kemampuan clock speed yang lebih tinggi ketimbang Snapdragon 888 biasa. Peningkatan lain juga terasa pada sensor sidik jarinya, yang kini mencakup pendeteksi detak jantung.

9. vivo iQOO 8 Pro

10 HP Terbaik untuk Bermain Game Berat ([month_year]) 11
Layar LTPO AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888+ 5G
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
50 MP
(wide)


16 MP
(telephoto)


48 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4495 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

vivo iQOO 8 Pro sebenarnya lebih ditujukan sebagai ponsel fotografi, namun tidak ada salahnya menggunakannya untuk bermain game. Pasalnya, ia ditenagai dengan Snapdragon 888 Plus yang memang siap menjalankan beragam game berat tanpa kendala sama sekali.

Ponsel ini memang tidak dibekali dengan fitur-fitur gaming seperti aksesoris kipas pendingin ataupun tombol bahu, namun layarnya sungguh menunjang untuk kebutuhan multimedia. Dengan layar LTPO AMOLED yang mendukung Dolby Vision dan laju penyegaran 120 Hz, dijamin seluruh kejadian pada permainan akan tampak seperti nyata.

Dan di kala vivo iQOO 8 Pro kehabisan baterai karena keseringan dipakai main, Anda dapat mengisinya kembali sampai penuh dalam waktu 18 menit berkat fast charging 120W. Kualitas layar premium, dapur pacu buas, dan ketahanan baterai yang kuat. Tentu membuat vivo iQOO 8 Pro ini sebagai HP untuk gaming yang solid, bukan?

10. ASUS ROG Phone 5s

10 HP Terbaik untuk Bermain Game Berat ([month_year]) 13
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 Plus 5G
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB, 18 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 9.999.000

Apakah Anda ingin merasakan versi “murah” dari ASUS ROG Phone 5s Pro? Bisa memilih varian regulernya. Nyatanya, tidak begitu banyak perbedaan yang dirasakan varian reguler ini ketimbang kakaknya. ASUS ROG Phone 5s masih membawakan chipset Snapdragon 888 Plus.

Bedanya, ia kini menghadirkan ragam RAM dan memori internal yang lebih banyak, dan bodinya kini tidak lagi menampilkan ROG Vision yang dapat memberikan tampilan gambar dan teks bergerak. Sebagai gantinya, ASUS ROG Phone 5s menampilkan kilauan lampu RGB yang memukau di belakangnya, semakin membuatnya sungguh terasa HP gaming.

ROG Phone 5s juga turut menawarkan beragam kebaikan yang membuat gaming jadi begitu praktis dan menyenangkan, seperti hadirnya tombol bahu dengan fungsionalitas yang ditingkatkan, layar dengan refresh rate 144 Hz, konektivitas internet yang sungguh berkelas, dan masih banyak lagi.

Selain 10 smartphone untuk main gim tersebut, masih banyak ponsel lain yang sebenarnya cukup impresif untuk bermain gim. Hanya saja, 10 smartphone tersebut memiliki keunikan tersendiri dalam menawarkan pengalaman bermain gim yang asik lewat ponsel.


https://actoncloud.com