15 HP Tahan Banting dan Tahan Air Terbaru (Juni 2022)


Bagi Anda yang sering melakukan kegiatan outdoor seperti hiking, diving, dan semacamnya, pasti membutuhkan ponsel yang tahan banting. Pasalnya, ponsel biasa pasti akan mudah rusak jika digunakan untuk berbagai aktivitas ekstrem tersebut.

Untungnya saat ini sudah banyak produsen yang merilis HP tahan banting yang sangat cocok untuk aktivitas outdoor. Berbagai ponsel tersebut juga sudah mendapatkan sertifikasi militer, yang biasanya ditandai dengan kode MIL-STD-810.

sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya. Sertifikat tersebut dihadirkan sebagai bukti kalau sebuah ponsel telah lolos berbagai uji ketahanan. Soal sertifikasi tahan banting dan tahan air ini dapat dibaca pada artikel “Jenis-Jenis Sertifikasi Anti Air dan Standar Militer di HP”.

Tapi Anda harus tahu, bahwa HP tahan banting terbaru di daftar ini adalah yang dirilis secara global. Penasaran apa saja HP outdoor tersebut? Berikut Carisinyal akan mengulasnya untuk Anda.

1. Blackview BL8800

Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


20 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 8380 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Jumlah smartphone berjaringan 5G dengan ketahanan bodi yang kuat bisa dihitung dengan jari. Nah, salah satu yang terbaik yang kami rekomendasikan adalah Blackview BL8800 5G.

Melihat dari desain bodinya yang rugged dan kokoh, Anda benar jika berasumsi smartphone tersebut dibekali dengan sertifikasi ketahanan militer. Dengan standar MIL-STD-810G, ponsel pintar ini dijamin tahan banting dalam kondisi ekstrim seperti apapun.

Bahkan, ia pun disinyalir tidak akan mudah rusak sekalipun terjatuh ke permukaan beton hingga ketinggian 1.5 meter, lho. Cocok nih untuk pendaki gunung atau penggemar aktivitas camping.

Kekurangan HP ini adalah absennya slot memori eksternal. Untung saja Anda masih disuguhkan kapasitas memori internal 128 GB yang terbilang besar. Toh, port USB-C miliknya mendukung OTG jadi Anda bisa fungsikan flashdisk sebagai memori eksternal jika perlu.

Pada sisi kamera, perangkat ini suguhkan sensor utama 50 MP dengan bukaan f/1.8 dan PDAF, kamera 8 MP ultrawide bersudut pandang 117 derajat, sensor 20 MP sebagai kamera infrared (mengandung dua buah emitter infrared), serta sensor bokeh 2 MP.

Sekadar informasi, kamera infrared di HP ini berfungsi sebagai night vision yang dapat membantu pengguna mencari orang yang hilang di malam hari. Baterai besarnya mengusung kapasitas 8.380 mAh yang didukung dengan fast charging 33 W, disinyalir sanggup mengecas sampai penuh dalam waktu 90 menit.

Saat HP ini pertama kali dirilis pada Mei 2022, harga yang dibanderolnya sebesar mulai dari 249.99 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp4 jutaan. Ini menjadikannya salah satu HP rugged dengan jaringan 5G termurah pertama di dunia.

2. Blackview BL8800 Pro

Blackview BL8800 Pro_
Layar IPS LCD 6.58 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


5 MP
(wide)


2 MP
(depth)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 8380 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Kalau mau mencari smartphone 5G dengan ketahanan terbaik, bisa mempertimbangkan Blackview BL8800 Pro yang spesifikasinya tidak berbeda jauh dengan varian reguler. Masih dengan sertifikasi IP68/69K yang membuatnya tahan air sedalam hingga 1,5 meter selama 30 menit, versi Pro hanya sediakan sedikit peningkatan pada sisi kamera.

Tidak lagi sekadar sediakan kamera infrared yang berfungsi sebagai sensor night vision, kini smartphone bisa digunakan untuk melacak keberadaan manusia atau hewan berdasarkan suhu panasnya, atau biasa disebut sebagai thermal imaging.

Sensor thermal imaging yang digunakan HP ini adalah FLIR Lepton, sebuah solusi kamera LWIR OEM yang mendukung perekaman radiometrik, memiliki ukuran yang lebih kecil dari sebuah koin.

Berkat keberadaan sensor thermal imaging, kini Anda tidak perlu khawatir jika sedang mencari orang hilang di malam tergelap sekalipun. Cocok juga sebagai cara curang memenangkan permainan petak umpet. Harga rilis HP ini ada di kisaran 429.99 dolar Amerika Serikat, setara dengan 6 jutaan. Mau?

3. Ulefone Power Armor 14 Pro

Ulefone Power Armor 14 Pro_
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
20 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 10000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Ingin punya HP dengan baterai raksasa yang bisa dicas secara nirkabel? Tidak perlu mencari HP selain Ulefone Power Armor 14 Pro. Spesifikasi HP ini dijamin tidak akan membuat Anda menyesal.

Perangkat membawakan dapur pacu Helio G85 yang mengusung arsitektur Cortex A75, serta kartu pengolah grafis yang beroperasi pada frekuensi 1 GHz. Memori internalnya pun sebesar 128 GB dengan RAM 6 GB, dan mendukung ekspansi penyimpanan melalui microSD hingga 1 TB.

Ponsel dengan layar 6,52 inci ini juga telah mendukung NFC dan GPay untuk kemudahan dalam bertransaksi. Selain itu, fitur FM Radio miliknya juga bisa digunakan tanpa harus mencolokkan earphone.

Ulefone Power Armor 14 Pro hadir dengan kapasitas baterai 10.000 mAh, yang notabene 2x lipat lebih besar daripada mayoritas HP mainstream di masa sekarang. Menariknya lagi, baterai bisa dicas menggunakan fast charging 18 W. Konon, mengecas selama 10 menit bisa berikan Anda durasi telepon selama 2 jam.

Baca juga  4 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2022, Lengkap!

Anda juga bisa menghindari wear-and-tear dengan cara pergunakan fitur wireless charging pada daya 15 W. Port pengisiannya tentu sudah bukan lagi microUSB melainkan sudah USB-C, dan mendukung pula antarmuka OTG (on the go) agar smartphone bisa dijadikan power bank (reverse charging).

Sebagai fitur ketahanan bodinya, smartphone dengan bodi rugged ini sudah mendukung sertifikasi antiair dan debu maksimal yakni IP68. Ponsel pintar ini diketahui juga telah lolos uji coba ketahanan militer sehingga memberikannya sertifikasi MIL-STD-810G.

Sayangnya, HP ini memang belum mendukung jaringan 5G, hanya mentok di 4G LTE saja. Tapi jika hal ini bukan jadi deal-breaker, Ulefone Power Armor 14 Pro sangat layak di harga rilisnya yang hanya 259.99 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp3,7 jutaan.

4. Ulefone Armor X10 Pro

Ulefone Armor X10 Pro__1
Layar IPS LCD 5.45 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
20 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5180 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Apa ada HP 2 jutaan yang sudah tersertifikasi ketahanan militer dan IP Rating? Rupanya, ada. Ulefone Armor X10 Pro ini menjadi salah satu buktinya. Punya harga rilis 139.99 dolar Amerika Serikat (setara dengan Rp1,9 juta), ponsel pintar ini suguhkan sertifikasi IP68/69K sehingga buatnya mampu bertahan di air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Tidak lupa, perangkat ini juga bawakan sertifikasi MIL-STD-810G yang dibalut dengan bodi yang kokoh untuk kenyamanan pengguna saat beraktivitas ekstrim. Ini adalah HP yang cocok bagi Anda yang sekadar butuh ketahanan bodi saja. Pasalnya, baterai HP ini terbilang standar di 5.180 mAh.

Serta, dapur pacu dan kameranya juga terhitung sederhana karena hanya bawakan chipset Helio P22 dan tidak menyediakan kamera ultrawide. Pun pada bagian memori internalnya, pengguna hanya disuguhkan kapasitas 64 GB pada standar eMMC 5.1 serta RAM 4 GB. Untungnya penyimpanan bisa diperluas pada slot terpisah.

Ponsel juga tidak menyediakan sensor pemindai sidik jari, dan hanya mengusung dimensi layar 5.45 inci pada resolusi HD+. Terlepas dari sejumlah kekurangannya, Ulefone Armor X10 Pro tetap layak dihargai sebagai salah satu ponsel termurah sedunia dengan IP Rating dan sertifikasi militer.

5. Ulefone Armor X10

Ulefone Armor X10
Layar IPS LCD 5.45 inci
Chipset Mediatek Helio A22
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5180 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Ulefone konsisten menghadirkan ponsel yang tahan banting dan mampu digunakan di kondisi ekstrem. Segmen ini memang tidak digarap secara serius oleh produsen smartphone mainstream. Namun, bagi Ulefone, pasar ini harus tetap diakomodasi.

HP yang tahan banting dengan sertifikasi ketahanan militer dan IP69K memang tidak harus berperforma kencang. Asalkan untuk pemakaian sehari-hari lancar, itu sudah cukup. Itulah mengapa perusahaan asal Tiongkok ini merilis Ulefone Armor X10.

Ponsel ini ditenagai SoC MediaTek Helio A22 yang CPU-nya masih quadcore. Akan tetapi, performa yang dihasilkan masih cukup lancar karena ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 11 murni. Ulefone membanderol HP ini tidak terlalu mahal, sekitar Rp2,1 jutaan saja (147,33 dolar AS).

6. Fairphone 4

Fairphone 4
Layar IPS LCD 6.3 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 750G
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


48 MP
(ultrawide)


0.3 MP
(ToF)
Baterai Li-Po 3905 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Fairphone enggan disebut sebagai perusahaan elektronik biasa. Mereka mendeklarasikan diri sebagai perusahaan sosial. Ya, perusahaan asal Belanda yang berdiri pada 2013 ini peduli terhadap masyarakat dan lingkungan. Mereka mengklaim, membantu tenaga kerja dengan upah yang layak.

Kemudian, mereka tidak menggunakan material sumber konflik seperti emas dan tembaga, serta menjamin garansi jangka panjang kepada konsumen. Garansi jangka panjang ini demi mengurangi sampah elektronik yang ada di dunia.

Ambisi mereka untuk menciptakan ponsel yang sustainable diperlihatkan melalui produknya yang satu ini, Fairphone 4. Sebuah ponsel yang memakai penutup belakang berbahan plastik daur ulang. Tidak hanya itu, HP ini juga mengantongi sertifikasi IP54 dan sertifikasi ketahanan militer MIL-STD-810G, tanda bahwa ia punya durabilitas tinggi.

Bagian depan Fairphone 4 pun diproteksi kaca Gorilla Glass 5 agar tahan goresan. Di sisi lain, bukan cuma fisik kuat yang diandalkan HP ini, tapi juga kemampuan mumpuni. SoC Snapdragon 750G, kamera utama dengan OIS dan gyro-EIS, USB C dengan display-port, serta baterai 3905 mAh dengan pengisian cepat 20W adalah buktinya.

7. Ulefone Power Armor 14

Ulefone Power Armor 14
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
20 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 10000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Ulefone, perusahaan ponsel kokoh asal Tiongkok, merilis produk baru bernama Ulefone Power Armor 14. Jualan utama HP ini tentu adalah daya tahan baterainya yang berkapasitas 10000 mAh. Baterai tersebut tentu saja bisa membuat si ponsel menyala lebih dari dua hari.

Apalagi SoC yang dipakai adalah MediaTek Helio G35 yang irit konsumsi daya. Meski demikian, Ulefone Power 14 sejatinya tetap ponsel tangguh yang dirancang untuk dipakai di medan ekstrem. Ya, HP ini tahan debu, tahan kemasukan air, dan tahan benturan.

Baca juga  Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 HD

Sertifikasi IP69K dan sertifikasi ketahanan militer MIL-STD-810G yang dikantongi si ponsel sudah jadi bukti. Hal menarik lain dari HP ini adalah konektivitasnya cukup lengkap. Selain jaringan seluler 4G, HP ini mendukung Radio FM tanpa headset, NFC, Bluetooth 5.0, dan WiFi AC. Ulefone Power Armor 14 dijual mulai dari harga 180 dolar AS atau sekitar Rp2,5 juta.

8. Ulefone Armor X9 Pro

Ulefone Armor X9 Pro
Layar IPS LCD 5.5 inci
Chipset MediaTek Helio A25
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.599.000

Ulefone Armor X9 Pro hadir sebagai solusi buat orang yang suka kegiatan outdoor dan mereka yang bekerja di industri manufaktur. HP ini menawarkan kenyamanan pakai berkat layarnya yang tidak terlalu besar, 5,5 inci, dan penggunaan yang simpel berkat sistem operasi Android 11 murni.

Cangkang keras yang menyelubungi HP ini memberi proteksi. Si ponsel jadi tahan debu, tahan air, dan tahan benturan. Sertifikasi IP69K yang dimiliki ponsel ini mempunyai arti bahwa si ponsel tidak dapat dimasuki debu. Kemudian, ponsel juga tahan terhadap uap panas atau air bertekanan tinggi.

Nah, soal sertifikasi ketahanan militer, HP ini lolos uji untuk pemakaian di kondisi ekstrem. Misalnya, linkungan dengan tingkat keasaman tinggi dengan pH 4,17 dan lingkungan dengan lembaban tinggi hingga 90%. Adapun Armor X9 Pro dijual sekitar 170 dolar AS (Rp2,4 juta).

9. Ulefone Armor X9

Ulefone Armor X9
Layar IPS LCD 5.5 inci
Chipset MediaTek Helio A25
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Sebetulnya Ulefone Armor X9 Pro dan Ulefone Armor X9 adalah ponsel yang sama. Satu-satunya hal yang membedakan kedua ponsel hanyalah konfigurasi memori. Jika X9 Pro memakai RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB, yang satu ini menggunakan RAM 3 GB dengan penyimpanan 32 GB.

Anda tak perlu khawatir bila memori Armor X9 penuh. Sebab ada slot microSD hybrid yang bisa menampung memori hingga 256 GB. Selebihnya, fitur-fitur yang dimiliki HP ini sama dengan Armor X9 Pro. Misalnya, ia bisa dipakai di lingkungan bersuhu ekstrem, -20 derajat sampai 60 derajat celsius.

Oh iya, HP ini juga memungkinkan dioperasikan meski tangan sedang memakai sarung tangan. Nah, buat yang suka menyelam, kamera HP ini cukup mumpuni untuk memfoto atau merekam video. Soal harganya, Ulefone Armor X9 dijual 117 dolar atau setara Rp1,6 jutaan.

10. Cat S22 Flip

Cat S22 Flip
Layar TFT 2.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 215
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera
5 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 2000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Cat S22 Flip mungkin adalah HP outdoor paling anti-mainstream dalam daftar ini. Pasalnya, desain yang dipakai adalah clamshell alias lipat seperti HP-HP zaman dulu. Meski begitu, HP ini ternyata tetap berstatus smartphone, lho!

Hal itu karena ia ditenagai SoC Snapdragon 215 serta dibekali sistem operasi Android 11 Go. Buat Anda yang kangen dengan sensasi mengetik di keypad tentu bisa bernostalgia sambil memakai HP ini. Spesifikasi lain di HP ini cukup standar, seperti kamera utama 5 MP dan kamera depan 2 MP.

Namun, Cat S22 Flip ini unik karena punya layar eksternal yang bisa menampilkan berbagai macam notifikasi. Adapun bukti bahwa HP ini tangguh adalah sertifikasi IP68, sertifikasi ketahanan militer, MIL-STD-810H, dan lolos uji benturan dari ketinggian hingga 1,8 m. Harga ponsel ini 200 euro, setara Rp3,2 juta.

11. Plum Gator 7

Plum Gator 7
Layar IPS LCD 5.7 inci
Chipset MediaTek Helio A22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Po 5580 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Sudah pernah dengar merek Plum? Jika belum, berikut penjelasan singkatnya. Plum Mobile adalah perusahaan pembuat gawai yang bermarkas di Floria, Amerika Serikat. Awalnya, mereka membikin HP dan tablet GSM dengan harga terjangkau untuk pasar Amerka Utara, Amerika Selatan, dan negara-negara di Kepulauan Karibia. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka beralih menjadi produsen gawai outdoor.

Salah satunya adalah Plum Gator 7 ini, sebuah ponsel yang bisa dipakai di kondisi ekstrem. Sang produsen bilang, pengguna tak perlu khawatir jika HP ini terjatuh atau terbanting. Pasalnya, cangkang keras yang menyelubungi seluruh bodi akan melindungi ponsel. Tak hran bila HP ini lolos sertifikasi ketahanan militer MIL-STD-810H.

Yang menarik, layar HP dengan sertifikasi IP69 ini dibekali kaca proteksi Dragontrail yang merupakan spesialis kaca tahan benturan. Di luar kemampuannya bertahan di kondisi ekstrem, HP ini punya jeroan yang oke untuk menjalankan tugas sehari-hari.

Mulai dari SoC MediaTek Helio A22, RAM 3 GB plus penyimpanan 32 GB, kamera belakang 8 MP dengan kamera belakang 5 MP, dan baterai 5580 mAh. HP ini pun mendukung konektivitas 5G, WiFi 5 GHz, Bluetooth 5.0, dan Radio FM.

12. Nokia XR20

Nokia XR20

HMD Global akhirnya punya HP outdoor lagi setelah meluncurkan Nokia 800 Tough pada 2019. Ya, inilah Nokia XR20, sebuah ponsel 5G yang tahan banting. Label ponsel outdoor dimilikinya karena dibalut kasing menarik dengan sertifikasi ketahanan militer MIL-STD-810H.

Kemudian bagian depan HP ini juga dibalut kaca Gorilla Glass Victus, jenis Gorilla Glass paling kuat saat ini. Masih ada lagi sertifikasi ketahanan debu dan air IP68. HMD Global memang merancang HP 5G ini bisa dipakai paling tidak empat tahun.

Hal itu pun didukung dengan peningkatan sistem operasi Android hingga tiga tahun, serta pembaruan patch keamanan bulanan selama empat tahun. Artinya, ponsel dengan SoC Snapdragon 480 ini up to date hingga 2025.

13. Ulefone Armor X8i

Ulefone Armor X8i
Layar IPS LCD 5.7 inci
Chipset MediaTek Helio A25
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5080 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Ulefone Armor X8i memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni 120 euro atau sekitar Rp1,9 juta saja. Namun, Ulefone tak mengurangi sedikit pun fitur ketahanan HP ini. Berkat cangkang keras dan lapisan karet yang menyelubungi seluruh lubang, Armor X8i lolos sertifikasi ketahanan debu dan air IP68/IP69K.

Sertifikasi itu berarti bahwa HP ini bisa menyelam hingga 1,5 m hingga 30 menit. Tak hanya itu, HP ini juga tahan terhadap berbagai skenario pemakaian di kondisi ekstrem, lantaran lolos sertifikasi ketahanan militer MIL-STD-810G. Ulefone mengklaim, Armor X8i tahan dari benturan ketika dijatuhkan dari jarak hingga 1,2 m.

Beberapa fitur dasar sebuah smartphone juga dimiliki HP dengan SoC Helio A25 ini. Mulai dari layar IPS LCD 5,7 inci, slot dual SIM hybrid yang bisa digunakan sebagai slot microSD pula, dan memori internal 32 GB plus 3 GB RAM. HP ini juga punya sensor kompas yang wajib dimiliki oleh smartphone outdoor.

14. Ulefone Armor 12 5G

Ulefone Armor 12 5G
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5180 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.799.000

Ulefone Armor 12 5G adalah HP pertama dari Ulefone dengan konektivitas 5G. Kemampuan menangkap sinyal 5G pada HP ini didadapat dari chipset kelas menengah MediaTek Dimensity 700. Chipset ini tidak hanya menghadirkan konektivitas seluler terbaru, tetapi juga performa kencang.

Apalagi Ulefone Armor 12 5G juga dibekali RAM 8 GB yang terbilang besar. Di sisi lain, HP ini sejatinya tetap merupakan ponsel outdoor yang tahan banting. Ia kuat karena punya sertifikasi IP68 dan MIL-STD-810G. Selain itu, Ulefone juga membekali HP ini dengan material bodi yang antikuman.

Artinya, bakteri semacam Escherichia coli tidak bisa hinggap di ponsel ini. Beberapa hal menarik lain yang dipunyai Ulefone Armor 12 5G adalah speaker stereo, konfugurasi empat kamera belakang, FM Radio yang aktif tanpa headset, sistem operasi Android murni, NFC, dan baterai 5180 mAh yang awet untuk pemakaian sehari penuh.

15. Ulefone Power Armor 13

Ulefone Power Armor 13
Layar IPS LCD 6.81 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 13200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.649.000

Ulefone Power Armor 13 adalah ponsel tahan banting yang unggul di berbagai sisi, yakni performa, ukuran layar, serta kapasitas baterai. Bagaimana tidak? Ponsel ini sudah unggulkan Helio G95 sebagai dapur pacunya, membuatnya begitu menyenangkan saat memainkan game-game berat sekelas PUBG M atau bahkan Genshin Impact.

Kapasitas baterainya yang sebesar 13.200 mAh memastikan penggunaan outdoor yang maksimal dalam satu siklus pengisian daya, dijamin dapat bertahan hingga 2 sampai 3 hari dalam pemakaian normal. Selain itu, ia juga mendukung pengisian daya cepat 33 W, wireless charging 15 W, dan pengisian terbailik nirkabel 5 W.

Ketahanan bodinya jelas bisa diandalkan, mengusung teknologi sertifikasi militer MIL-STD-810G serta IP68 agar tidak mudah rusak sekalipun terjatuh ke permukaan beton hingga ketinggian 1,2 meter dan terendam di air selama 30 menit pada kedalaman 1,5 meter.

Dengan bodinya yang bongsor dan bulky, Anda pun harus rela memiliki HP dengan bobot mencapai 492 gram. Keuntungan memiliki HP ini, Anda hanya perlu keluarkan dana sebesar Rp4 jutaan untuk dapatkan HP bersertifikasi IP yang umumnya hanya dimiliki ponsel flagship.

Demikian ulasan mengenai daftar HP tahan banting. Sebenarnya daftar yang sudah dipaparkan di atas belum tentu cocok untuk semua orang. Tapi bagi Anda yang senang melakukan berbagai macam kegiatan ekstrem, jelas bahwa salah satu HP tahan banting terbaik di atas patut dilirik.

Sebab dengan menggunakan berbagai HP tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi jika HP Anda jatuh ke permukaan keras seperti batu atau tercebur ke dalam air.


https://actoncloud.com