10 HP Samsung yang Paling Tipis di Dunia (Juli 2022)


Tidak sedikit orang yang membutuhkan HP dengan desain tipis karena itu, deretan HP tertipis di dunia. cukup banyak diminati meskipun HP dengan desain tipis tidak lagi ngetren. Tren sekarang adalah HP dengan desain lebih memanjang sehingga nyaman digenggam dan memiliki layar yang luas.

Namun, tentu saja masih ada juga orang yang butuh HP dengan desain tipis, terutama dari merek Samsung. Nah kali ini, Carinyal akan berbagi informasi mengenai ponsel tipis yang diproduksi oleh Samsung saja. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya.

1. Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Kover: Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Harga Saat Rilis Rp 24.999.000

Samsung Galaxy Fold3 5G adalah bukti keseriusan Samsung menghadirkan HP dengan konsel layar lipat alias foldable. Kemunculan konsep ini tentu saja menawarkan penyegaran desain dari HP layar sentuh. Melalui Galaxy Fold3 5G, Samsung pun ingin agar ponsel foldable makin populer dan dapat diterima oleh banyak orang.

Karena itu, harga HP ini hanya dipatok mulai Rp24 jutaan ketika dirilis. Harga tersebut lebih murah ketimbang Galaxy Fold2 yang mencapai Rp33 jutaan. Secara garis besar, Fold3 ditujukan buat orang yang butuh perangkat canggih guna mendukung produktivitas tinggi seperti tablet. Namun, mereka juga menginginkan keringkasan.

Nah, sisi ringkas ini jadi daya tarik si ponsel, baik saat layarnya dilipat atau dibuka. Ketika layarnya dilipat, Fold3 punya dimensi seperti ponsel pada umumnya. Hanya saja ketebalannya cukup tinggi, 14,4 mm untuk sisi tumpukan layarnya, dan 16 mm pada sisi engselnya.

Saat layarnya dibentang, HP ini cukup tipis dengan ketebalan cuma 6,4 mm. Ulasan lengkap HP dengan kamera depan under display ini dapat Anda baca di artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Fold3 5G.

2. Samsung Galaxy Z Flip3 5G

 Samsung Galaxy Z Flip3 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X | Cover: Super AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 3300 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.999.000

Samsung Galaxy Z Flip3 5G memang sama-sama mengusung konsep foldable seperti Galaxy Z Fold3. Akan tetapi, lipatan layar HP ini bukan horizontal seperti buku, melainkan vertikal layaknya HP clamsheel zaman dulu. Karena itu, HP ini buat pecinta fesyen, tak terkecuali mereka yang rindu dengan HP lipat tempo dulu.

Galaxy Z Flip3 sebetulnya tak ada bedanya dengan HP biasa ketika layarnya dibentang separuh atau penuh. Dengan layar 6,7 inci, dimensi HP ini cukup wajar untuk standar masa kini, malah ketebalannya cukup minim di 6,9 mm. Ketika layarnya dilipat, bentuknya jadi sangat kompak, dengan ketebalan 15,9 mm pada lipatan layar, dan 17,1 pada sisi engsel.

Banyak hal keren yang dimiliki ponsel dengan harga rilis Rp14 jutaan ini. Seperti layar sekunder yang berfungsi sebagai penampil notifikasi dan pratinjau saat foto selfie, SoC flagship Snapdragon 888 dari Qualcomm, dan kamera utama dengan OIS. Ulasan lengkap HP ini dapat Anda simak di artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

3. Samsung Galaxy Z Fold2

Samsung Galaxy Z Fold2 5G

Ini adalah HP lipat dari Samsung yang hadir dengan berbagai parameter canggih. Bahkan dari dapur pacunya saja sudah tersemat varian chipset paling gahar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 865+.

Tentu saja, memori internalnya pun sudah mendukung kapasitas sangat besar di angka 512 GB. Diketahui pula bahwa memori internal tersebut beroperasi pada teknologi UFS 3.1 yang lebih unggul dari kebanyakan HP lainnya.

Berbicara soal kerapatan bodi, HP ini sangat berbentuk tipis saat dalam keadaan tidak terlipat, yakni hanya sebesar 6,9 mm saja. Adapun tingkat ketebalan perangkat saat mode dilipat mencapai 16,8 mm.

Jika Anda menginginkan HP tipis dengan layar yang sangat lebar (7,6 inci), memiliki konektivitas 5G, dan hadir dengan jeroan sekelas flagship terbaru, Samsung Galaxy Z Fold2 memang layak dijadikan pilihan.

4. Samsung Galaxy Fold 5G

Samsung Galaxy Fold 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 7.3 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 855
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


16 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4235 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Samsung memang sudah mengembangkan layar AMOLED fleksibel sejak 2011. Dua tahun selanjutnya, HP dengan layar lengkung bernama Galaxy Round muncul. Samsung makin getol meneruskan pemakaian AMOLED fleksibel dengan meluncurkan Galaxy S6 edge, Galaxy S7 edge, dan Galaxy S8.

Namun, ketiga layar fleksibel ponsel tersebut hanya dapat sekali dibekuk, yaitu saat dibikin di pabrik. Pengembangan akhirnya berlanjut sampai muncul Samsung Galaxy Fold 5G, sebuah ponsel dengan layar yang bisa dilipat berkali-kali berkat adanya engsel. Bisa dibilang, HP ini punya peran yang 2-in-1, sebagai ponsel juga tablet.

Saat sebagai ponsel, dua layar internalnya terlipat. Hanya ada layar eksternal sebagai pusat navigasi. Nah, ketika layar internalnya terbuka, HP ini langsung berubah bak tablet 7,3 inci. Ketika berperan sebagai tablet, Galaxy Fold hanya memiliki ketebalan 6,9 inci, sehingga cukup nyaman untuk digunakan.

5. Samsung Galaxy Fold

Samsung Galaxy Fold
Layar Foldable Dynamic AMOLED 7.3 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 855
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


16 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4380 mAh
Harga Saat Rilis Rp 30.888.000

Meski memiliki ukuran layar yang sangat lebar, nyatanya ponsel lipat yang satu ini memiliki tingkat ketebalan yang cukup tipis, yakni 6,9 mm. Ini adalah generasi pertama dari seri Galaxy Fold yang hadir pada kuartal empat tahun 2019, dan langsung mendapat respon yang positif dari pecinta HP Samsung.

Pasalnya, sebagai HP lipat, pengguna akan diberikan kemudahan membawa HP seukuran tablet namun tetap bisa dimasukkan ke kantong. Layarnya pun bahkan sudah mengandalkan panel Dynamic AMOLED yang sudah menjadi andalan Samsung, juga menghadirkan chipset Snapdragon 855 untuk performa game yang lancar.

Sayangnya, fitur pengisian baterai terbilang sangat lamban jika kita bandingkan dengan ponsel lain di rentang harga yang sama. Bagaimana tidak, perangkat ini hanya dibekali dengan fast charging 15 W.

Meski begitu, kemampuan wireless charging pada ponsel ini lebih unggul ketimbang Galaxy Z Fold2 karena menyertakan daya 15 W alih-alih sekadar 11 W.

Selain itu, Anda pun akan merasakan imersif yang mendalam saat menonton video ataupun bermain game walau tanpa memakai headset, karena sudah terdapat stereo speaker yang diatur oleh AKG untuk hasil suara yang nendang dan berkualitas.

6. Samsung Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip

Tidak semua orang senang dengan HP besar berlayar lebar. Sebagian bahkan menginginkan HP ringkas dengan model clamsheel seperti tempo dulu. Menghadirkan smartphone clamsheel dengan keypad jelas membuatnya tampak jadul, dan membuat layarnya jadi tak memuaskan karena kecil.

Namun, bagaimana jika smartphone masa kini bisa ditekuk jadi dua layaknya HP clamsheel? Hal itu ternyata bisa diwujudkan Samsung melalui Samsung Galaxy Z Flip. Ya, HP ini bisa ditekuk jadi dua karena menggunakan layar fleksibel bernama Foldable Dynamic AMOLED. Material layar ini adalah plastik, jadi bisa ditekuk.

Menariknya, saat dipakai baik pada mode setengah tekukan atau dibuka sepenuhnya, HP ini tergolong nyaman. Hal itu karena ketebalan HP ini hanya 7,2 mm, selain akibat bentuk tepinya yang membulat. Ingin tahu HP ini secara menyeluruh? Baca artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Flip.

7. Samsung Galaxy M52 5G

Samsung Galaxy M52 5G
Layar Super AMOLED Plus 6.7 inci
Chipset Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.399.000

Biasanya seri HP Samsung Galaxy M punya baterai yang jumbo. Keberadaan baterai besar tentu membuat ketebalan ponsel jadi meningkat. Namun, Galaxy M52 5G lain. Baterai HP Rp5 jutaan ini memang masih terbilang cukup besar dengan kapasitas 5000 mAh. Akan tetapi, bodinya justru tipis: 7,4 mm.

Selain tipis, beratnya juga proporsional, yaitu 173 gram. Kombinasi bodi tipis dan berat proporsional membuat pengalaman memakai Galaxy M52 5G jadi menyenangkan. Di luar itu, performa HP ini juga sip berkat adanya SoC tangguh Snapdragon 778G. Beberapa pengulas memuji SoC kini karena kestabilan performanya saat dipakai main gim.

Beberapa fitur keren lain turut disematkan Samsung untuk si ponsel. Mulai dari WiFi 6, NFC, teknologi pengisian cepat 25W, dan layar Super AMOLED Plus dengan refresh rate 120 Hz.

8. Samsung Galaxy M53

Samsung Galaxy M53 5G
Layar – – inci
Chipset
RAM
Memori Internal
Kamera
Baterai – – mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Kendati punya kemampuan kamera mumpuni dengan resolusi 108 MP, nyatanya tidak menghalangi Samsung Galaxy M53 5G untuk tetap memiliki bodi ramping. Dimensi panjang dan lebar bodinya adalah sebesar 164,7 mm x 77 mm, serta memiliki ketebalan bodi setipis 7,4 mm saja.

Tidak sampai di situ, Anda juga kemungkinan besar tidak akan merasakan keberadaan HP ini di tangan lantaran hanya punya bobot 176 gram saja. Ini termasuk bobot paling ringan yang bisa Anda dapatkan di industri smartphone.

Seperti yang sempat disinggung tadi, HP ini dimodali dengan kamera utama beresolusi tinggi 108 MP dengan bukaan f/1.8 pada fungsi wide-angle. Adapun tiga sensor lainnya turut menemani untuk membuat hasil foto lebih variasi, yakni sensor ultrawide 8 MP (f/2.2), kamera depth 2 MP (f/2.4) dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Pada bagian depannya, Samsung juga menyematkan HP ini dengan sensor selfie 32 MP (f/2.2) dengan focal length 26 mm. Baik kamera depan maupun belakang sama-sama sanggup merekam video hingga resolusi 4K pada kecepatan 30 FPS.

Sedang mood bermain gim dengan grafis tinggi? Samsung Galaxy M53 ini juga dilengkapi dengan dapur pacu Dimensity 900 dengan fabrikasi 6 nm, dikombinasikan dengan RAM hingga 8 GB dan penyimpanan internal mencapai 256 GB.

Kalau ingin menginstal aplikasi dan gim dalam jumlah besar, Anda bisa memindahkan file seperti foto, musik, dan lagu ke slot memori eksternal shared.

Meskipun hadir dengan panel layar Super AMOLED Plus dengan refresh rate 120 Hz, nyatanya HP ini tidak menghadirkan sensor sidik jari yang tertanam di dalam layar melainkan pada sisi samping. Menyatu dengan tombol Power. Ini bisa jadi opsi yang preferrable bagi sebagian orang, terutama bagi yang berniat memasangkan tempered glass di layar.

Baca juga  10 Laptop HP (Hewlett-Packard) Paling Murah (Juni 2022)

Omong-omong soal tempered glass, layar juga telah dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 5 yang dapat mencegah kerusakan baret saat tergores kuku atau benda tajam.

9. Samsung Galaxy S22 5G

Samsung Galaxy S22 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


10 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 3700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 11.999.000

Sebagai varian paling murah dari seri Galaxy S22, varian reguler ini memiliki bobot paling ringan yakni hanya 167 gram saja. Oleh karena itu, tak heran banyak orang lebih condong ke HP ini karena lebih enak digenggam dalam waktu lama.

Selain ringan, HP flagship ini juga termasuk salah satu yang tertipis di dunia, hanya berada pada ketebalan sekitar 7.6 mm saja. Ringannya bobot dan tipisnya ketebalan tersebut tampaknya diakibatkan dari kapasitas baterai yang tidak begitu besar yakni hanya 3700 mAh.

Walau kapasitas ini terbilang kecil, namun keawetannya tetap terbilang bagus karena hanya mentenagai layar dengan ukuran yang kecil pula, sebesar 6,1 inci pada resolusi FHD+. Selain itu, panelnya gunakan Dynamic AMOLED 2X yang dapat menyesuaikan refresh rate 120 Hz hanya pada situasi yang membutuhkannya.

Konektivitas pada varian ini juga merupakan yang paling sederhana dibandingkan kedua varian lainnya, “hanya” hadirkan WiFi 6 alih-alih 6E, juga tidak terdapat konektivitas UWB di sini. Walau begitu, dapur pacu serta kameranya masih sama-sama unggul, hadirkan SoC Snapdragon 8 Gen 1 serta Triple Camera 50 MP yang mencakup sensor telefoto dan ultrawide sebagai kamera pendampingnya.

10. Samsung Galaxy A73 5G

samsung galaxy a73 5g_
Layar Super AMOLED+ 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)


5 MP
(depth)

Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.799.000

Jika mencari HP kelas upper mid-range yang bisa diandalkan, Samsung Galaxy A73 5G ini dijamin tidak mengecewakan. Soalnya, di dalamnya penuh dengan spesifikasi dan fitur menggiurkan yang tidak semua pesaingnya punya.

Dengan model desain yang chic dan elegan, menjadikan Galaxy A73 5G tidak hanya enak dilihat melainkan juga nyaman digenggam lantaran bodinya yang setipis 7,6 mm. Selain itu, perangkat juga memiliki dimensi bodi panjang dan lebar sebesar 163,7 mm dan 76,1 mm pada bobot 181 gram.

Samsung Galaxy A73 5G juga terbilang kokoh terhadap air, bahkan memungkinkan penggunaan di kolam renang asalkan tidak lebih dalam dari 1,5 meter dan tidak lebih dari 30 menit. Soalnya, perangkat sudah tersertifikasi IP67.

Galaxy A73 5G hadir untuk menemani Anda yang tidak sekadar butuh smartphone tipis, tapi juga punya ketahanan bodi yang kuat, performa gegas, dan kemampuan fotografi yang memadai lantaran sudah punya kamera utama 108 MP.

Jika saat ini Anda sedang mencari HP yang tipis, maka sepuluh HP Samsung paling tipis di atas bisa menjadi referensi. Silakan pilih ponsel yang spesifikasinya cocok dan harganya sesuai dengan kantong Anda!


https://actoncloud.com