10 HP realme dengan Kamera Terbaik di Dunia (Juli 2022)


Kini kecanggihan kamera ponsel dapat dikatakan sudah mampu menyaingi kamera digital hingga DSLR. Terlebih kamera ponsel sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik mulai dari fitur AI Beauty Recognition, Steady Shot, hingga Bokeh yang sangat halus. Tentunya ini akan menciptakan hasil jepretan bak fotografer profesional.

Tidak heran, kalau di industri perponselan sekarang banyak vendor ponsel pintar yang mulai memberikan intensi lebih dalam aspek kamera. Salah satunya ialah realme, perusahaan asal Tiongkok ini rajin menelurkan produknya dengan menyuguhkan pengaturan kamera terbaik di setiap kelasnya.

Nah, kali ini Carisinyal akan mengurai 10 HP realme dengan kamera terbaik di dunia. Penasaran siapa saja para model dari realme tersebut? Berikut daftar selengkapnya untuk Anda.

1. realme GT2 Pro

Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


50 MP
(ultrawide)


3 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 9.999.000

HP realme dengan kamera terbaik kali ini hadirkan keunikan dari sisi desain dan bahan materialnya. Ya, realme GT2 Pro hadir dengan teknologi Paper Tech Master Design yang memanfaatkan material berbasiskan kertas daur ulang pada bagian panel belakang.

Desain tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan Sabic, menjadikan realme GT2 Pro sebagai smartphone pertama yang hadirkan bahan biopolimer bersertifikasi ISCC. Ponsel ini pun merupakan salah satu yang paling ramah lingkungan di dunia, mengurangi emisi jejak karbon sebesar 35,5% dibanding ponsel lain kebanyakan.

Sebagai ponsel premium, realme GT2 Pro juga memberikan tampilan layar memukau berkat teknologi LTPO 2.0 AMOLED dengan resolusi 2K alias QHD+. Layar inipun dapat menyesuaikan refresh rate antara 1 Hz hingga 120 Hz demi menyeimbangkan efisiensi daya dengan kenyamanan pengguna.

Layar tersebut hadir dengan ukuran 6,7 inci dengan kecerahan maksimal hingga 1400 nit, memiliki resolusi kualitas tinggi dengan kerapatan 525 ppi. Anda pun disuguhkan dengan tingkat akurasi warna terbaik dengan kualitas 10-bit (1.07 miliar warna) dengan rasio kontras 5.000.000:1.

Pada bagian kameranya, realme GT2 Pro disematkan dengan sensor kamera Sony IMX 766 50 MP yang dilengkapi dengan OIS. Tersedia pula kamera makro yang sanggup mengambil foto close up dengan ukuran hingga 40x lebih besar. Sementara untuk lensa ketiganya, mengambil kamera ultrawide dengan FOV 150 derajat yang cocok untuk foto grup dan pemandangan.

Kinerja kamera semakin ditingkatkan dengan fitur AI Noise Reduction Engine 3.0 yang dapat berikan kejernihan lebih pada foto, sekalipun pada kondisi minim pencahayaan.

Diketahui, DxOMark memberikan skor kemampuan kamera secara keseluruhan sebesar 120 poin dengan 126 poin untuk foto, 58 poin untuk zoom, dan 109 poin untuk video.

2. realme GT Neo 2 

realme GT Neo2
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.499.000

realme GT Neo2 memang dinilai sebagai salah satu HP fotografi terbaik. Tapi tidak berhenti di situ saja, Anda pun sungguh akan merasakan kinerja yang kencang dan sustainable berkat hadirnya Snapdragon 870, mencapai clock speed hingga 3.2 GHz.

Chipset Snapdragon 870 juga cenderung lebih aman dari isu overheating ketimbang Snapdragon 888, sehingga Anda dapat merasakan performa tinggi dengan waktu yang lebih lama. Sebagai salah satu ponsel yang cocok untuk gaming, ia juga dibekali dengan sistem pendingin Stainless Steel Vapour Cooling Plus dengan volume 4129mm persegi.

realme GT Neo2 juga hadirkan konfigurasi 64 MP AI Triple Camera dengan lensa 8 MP ultrawide (FOV 119 derajat) dan kamera 2 MP makro sebagai pendampingnya.

Sisi hardware tersebut diiringi dengan fitur Street Photography Mode yang hadirkan fitur-fitur peranakkan seperti DIS Snapshot, Instant Focus, serta Quick Zoom untuk memaksimalkan pengalaman memotret bagi Anda yang mengambil aliran fotografi jalanan.

Dengan Super Nightscape Mode, pengguna juga akan mendapatkan hasil foto malam hari yang jelas, detil, dan begitu jernih kendati pada kondisi yang minim cahaya.

Secara sisi video, ponsel mampu merekam dengan resolusi hingga 4K pada frame rate 30 fan 60 FPS. Anda pun disuguhkan dengan kemampuan kamera depan yang solid untuk ambil selfie, yakni kamera 16 MP yang disuguhkan dengan gyro-EIS.

Baca juga  Inilah 6 Perbedaan Xiaomi 12S, 12S Pro, dan 12S Ultra

Adapun untuk skor yang didapatkannya berdasarkan pengujian DxOMark, meraih sebesar 106 poin untuk penilaian kamera secara keseluruhan, dengan 107 poin untuk foto, 60 poin untuk zoom, dan 96 poin untuk video.

3. realme GT Neo

realme GT Neo
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200
RAM 6 GB, 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Terlepas dari spesifikasinya yang lebih ditujukan untuk aktivitas gaming, rupanya realme GT Neo punya kemampuan kamera yang sangat baik. Perangkat yang hadirkan chipset Dimensity 1200 ini membawakan sejumlah fitur keren, seperti panel Super AMOLED FHD+ dengan ukuran 6,43 inci dan laju penyegaran 120 Hz.

Anda akan menemukan konfigurasi tiga kamera di belakangnya, terdiri atas sensor utama 64 MP (f/1.8) dengan PDAF, kamera ultrawide 8 MP (f/2.3), serta lensa makro 2 MP (f/2.4).

HP ini tentu dilengkapi dengan LED Flash untuk membantu pengguna mendapatkan pencahayaan baik di kala pemotretan malam hari. Agar dapat mengabadikan momen dan mengeditnya secara leluasa, fitur perekamannya mendukung hingga resolusi 4K dengan kecepatan 30/60 FPS.

Dihimpun dari DxOMark, kemampuan kamera keseluruhan dari realme GT Neo ini mendapatkan skor 105 poin, dengan skor 116 poin untuk kemampuan fotografi, 59 poin untuk zoom dan 79 poin untuk video. Setidaknya ada lima keunggulan dari kamera HP ini.

Kamera mampu hadirkan white balance yang cukup netral pada kondisi luar ruangan, autofokus yang akurat, detil yang cukup baik pada subjek yang letaknya berdekatan dengan kamera, penanganan noise dan color shading pada video yang baik, serta eksposur wajah menakjubkan dengan rentang dinamis luas pada perekaman video.

4. realme 8 Pro

realme 8 pro
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.499.000

realme 8 Pro hadir sebagai seri lanjutan realme angka yang senantiasa dinanti fans setiap tahunnya. Ini adalah seri utama realme yang hadirkan semua kehebatan tanpa price tag yang membuat kantong jebol. Terutama untuk varian Pro, ponsel yang hadirkan kamera 108 MP ini pasti banyak jadi sorotan.

Soalnya, ini memang besaran resolusi yang tidak pernah ada di segmen harga 4 jutaan, disertai dengan tiga lensa lainnya yang mengusung fungsi lengkap, seperti lensa 8 MP ultralebar (119 derajat FOV), 2 MP makro, dan tidak lupa sensor kedalaman 2 MP.

Memang sih, kemampuan perekamannya mentok di 4K, tapi hal ini tidak lantas menjadikannya tidak layak. Sebab, perekaman di atas 4K umumnya hanya terdapati di seri flagship.

Beberapa fiturnya pun tak kalah menarik. Seperti Starry Night yang dapat digunakan untuk memotret keindahan bintang di langit malam, AI Color Potrait yang jadi ciri khas OPPO Reno series untuk hadirkan foto artistik, Dual View Video untuk rekam depan belakang, dan sebagainya.

HP besutan realme ini punya kemampuan kamera yang sangat baik, sampai-sampai meraih skor 103 poin untuk kemampuan kamera secara keseluruhan berdasarkan pengujian DxOMark. Untuk skor-skor pecahannya realme 8 Pro mendapatkan skor 112 poin untuk foto, 50 untuk zoom, dan 86 untuk video.

5. realme GT Neo 3T

realme gt neo3 neo 3_
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.299.000

Tidak hanya punya kinerja menakjubkan untuk bermain gim berat, realme GT Neo 3T juga hadir dengan kemampuan kamera luar biasa untuk pemenuhan kebutuhan konten Anda. Chipset Snapdragon 870 miliknya sudah lebih dari cukup untuk menangani mayoritas gim di Play Store dengan frame rate stabil pada pengaturan grafis tertinggi.

Ditemani oleh panel layar AMOLED yang berpenampilan menawan, Anda bisa rasakan pengalaman mengasyikkan meski bermain di luar ruangan pada siang hari. Ini lantaran layar memiliki tingkat kecerahan mencapai 1300 nit dan juga sertifikasi HDR10+.

Baca juga  10 Laptop Xiaomi Termurah dan Berkualitas (Juli 2022)

Perihal sisi fotografinya, Anda akan disuguhkan modul tiga kamera di punggungnya yang mencakup kamera 64 MP wide angle, sensor 8 MP ultrawide dengan FOV 119 derajat, serta sensor 2 MP makro. Ponsel yang telah dilengkapi dengan stabilisasi gyro-EIS ini juga akan menghasilkan video berkualitas yang layak diunggah ke TikTok.

Jika ingin lebih kreatif dan fleksibel lagi saat mengedit, Anda bisa merekam video dengan resolusi 4K 30/60 FPS. Dengan begini, jika video di-zoom atau di-crop, ketajamannya akan tetap terjaga karena berada pada resolusi lebih tinggi.

Dan tahukah Anda? Rupanya stabilisasi gyro-EIS tidak hanya dapat dinikmati pada kamera belakangnya saja, melainkan pada kamera depannya juga. Dengan begitu, Anda dapat menunjukkan sisi terbaik Anda sekaligus hasilkan standar konten berkualitas yang lebih disukai orang banyak.

6. realme GT Neo 3

realme GT Neo 3T
Layar Super AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 6.999.000

realme GT Neo 3T boleh jadi lebih baik dari sisi kameranya ketimbang realme GT Neo3 reguler. Tapi di antara keduanya, HP ini adalah opsi yang lebih baik secara keseluruhan lantaran berada pada segmen harga yang lebih di atasnya.

Tidak lagi suguhkan Snapdragon 870, kini Anda akan merasakan lonjakan performa berkat kehadiran Dimensity 8100 berfabrikasi 5 nm. Disandingkan dengan layar AMOLED yang sanggup tampilkan sebanyak 1 miliar warna, realme GT Neo3 adalah salah satu opsi terbaik yang tawarkan aktivitas multimedia menyenangkan.

Jika Anda berniat berfoto-foto ria menggunakan HP ini, realme GT Neo3 juga tidak akan mengecewakan. Di belakangnya, tersemat modul tiga kamera dengan sensor 50 MP (f/1.9) ber-focal length 24 mm dengan ukuran sensor 1/1.56 inci, hadir dengan PDAF dan OIS.

Kemudian, ada kamera 8 MP (f/2.3) dengan focal length 15 mm dan ukuran sensor 1/4.0 inci, turut hadirkan luas bidang 120 derajat yang sanggup memuat lebih banyak dalam satu frame. Barulah pada kamera ketiganya adalah sensor 2 MP makro (f/2.4) yang dapat memotret benda kecil agar terlihat besar dengan tekstur yang jelas.

Fitur-fitur kamera lain yang bisa dirasakan adalah Dual LED dual tone Flash, mode HDR, panorama, dan juga kemampuan perekaman video hingga 4K pada kecepatan 30/60 FPS. Sama seperti Neo 3T, HP ini juga dilengkapi dengan gyro-EIS pada kamera belakang dan juga depan.

7. realme GT Neo 2T

realme gt neo2t_
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

realme GT Neo2T ini berada pada segmen harga yang lebih murah dibandingkan dengan realme GT Neo2 biasa. Walaupun begitu, ia tetap handal untuk diguakan sebagai sarana fotografi.

Bagaimana tidak? Harga yang lebih murah tidak membuatnya hadirkan konfigruasi kamera lebih rendah, sama-sama tawarkan Triple Camera dengan sensor utama 64 MP, kamera 8 MP (FOV 120 derajat), serta lensa makro 2 MP. Bahkan kamera selfienya pun tidak berbeda, yakni sensor 16 MP (f/2.5) dalam bentuk punch hole.

Perbedaan utama yang dimiliki HP ini ketimbang realme GT Neo2 adalah jenis chipset yang digunakan. Alih-alih manfaatkan Snapdragon 870, ponsel ini mengusung SoC dari MediaTek yaitu Dimensity 1200 5G dengan kinerja yang setara.

realme GT Neo2T juga memiliki ukuran layar yang sedikit lebih kecil yaitu 6,43 inci. Meski punya kemungkinan hanya berikan sisi immersion berkurang saat menonton, namun hal ini berimbas positif pada bobotnya yang lebih ergonomis (186 gram).

8. realme GT2

realme gt2
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Memiliki harga lebih murah dari realme GT2 Pro, Anda kurang lebih akan merasakan kemampuan fotografi yang serupa pada realme GT2 namun dengan spesifikasi yang menurun di beberapa sisi. Salah satu parameter yang alami penurunan adalah sisi performa, kini hanya gunakan Snapdragon 888 alih-alih Snapdragon 8 Gen 1.

Baca juga  Cara Mudah Membeli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi

Pun pada sisi layar, versi reguler ini membawakan panel AMOLED dengan ukuran 6,62 inci pada resolusi Full HD+, dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5. Kamera utamanya masih mengusung resolusi 50 MP yang sama, namun kedua kamera pendampingnya berbeda.

Tersedia kamera ultrawide 8 MP dengan FOV 119 derajat dengan sensor 2 MP makro sebagai kedua lensa pendamping. Walau sama-sama hadirkan gyro-EIS sebagai penstabilisasi perekaman video, Anda hanya dapat merekam hingga resolusi 1080p saja di versi reguler ini. Adapun pada kamera depannya mengusung resolusi 16 MP alih-alih 32 MP seperti Pro.

So far, ini tetap merupakan ponsel yang terlampau unggul di harga rilisnya yang sekitar 6 jutaan. Ponsel juga turut menawarkan konektivitas NFC, luetooth 5.2, WiFi 6, dan port pengisian USB-C dengan fast charging 65 W. Berminat memilikinya?

9. realme GT Explorer 

realme GT Explorer Master
Layar Super AMOLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


16 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Hadir dengan salah satu kualitas kamera terbaik, realme GT Explorer Master juga memiliki keunggulan pada bagian tampilan desain yang dirancang oleh desainer Jepang terkenal, Naoto Fukasawa. Itu mengapa, tampilan belakangnya tampak seperti suitcase.

Ia juga mengusung dapur pacu yang begitu gahar dengan Snapdragon 870, dibalut dengan memro internal 128 GB dan 256 GB serta RAM LPDDR4X di kapasitas 8 GB dan 12 GB. Game seperti Genshin Impact ataupun Apex legends mobile pasti bisa dijalankan dengan lancar tanpa kenala, terlebih berkat kecenderungannya untuk tetap dingin walau dimainkan dalam waktu lama.

realme GT Explorer Master tersebut juga telah dilengkapi dengan kamera utama 50 MP Sony IMX 766 yang disertai dengan OIS. Kini, melakukan pemotretan sembari berjalan tetap akan menghasilkan foto yang anti-blur berkat stabilisasi yang unggul.

Selain itu, tersedia pula kamera pendamping berupa lensa makro 2 MP (f/2.4) yng dapat lakukan foto close up pada objek kecil hingga jarak 4 cm. Jika ingin melakukan foto grup pada acara besar, Anda bisa manfaatkan lensa Sony IMX 481 berkekuatan 16 MP ultrawide dengan field of view 123 derajat.

Pemotretan selfie juga niscaya akan berjalan dengan lancar dengan kamera depan Sony IMX 615 32 MP (f/2.45) untuk hasilkan potrait selfie dengan jernih dan minim noise meskipun pada kondisi minim pencahayaan sekalipun.

10. realme GT 5G

Realme GT 5G
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Mari kita sambut GT 5G, sebuah model terbaru dari realme yang hadir dengan kamera berkonfigurasi tinggi. Perangkat ini dibekali dengan tiga lensa pada kamera belakangnya yang terdiri dari 64 MP sebagai lensa utama, 8 MP untuk lensa ultrawide, dan 2 MP menjadi lensa makro. Sedangkan, untuk memenuhi hasrat swafoto penggunanya GT 5G punya kamera depan berukuran 16 MP.

Biasanya hasil jepretan yang berkualitas akan memakan banyak ruang, untuk mengatasi hal ini GT 5G menghadirkan ROM berukuran luas dalam dua pilihan yaitu 128 GB dan 256 GB. Ponsel pintar yang dirakit oleh prosesor Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm) dan kartu grafis Adreno 660 ini diperkuat performanya dengan RAM 8 GB dan 12 GB.

Dipasang oleh baterai 4.500 mAh dan dukungan pengisian cepat 65W, ponsel pintar ini menggendong beragam fitur canggih mulai dari WiFi 6, Bluetooth 5.0, sensor sidik jari, Dolby Atmos Dual Speaker, hingga NFC. Perangkat realme ini muncul ke pasaran dalam tiga pilihan balutan warna antara lain Gold, Blue, dan Silver.

Bagi Anda yang berminat untuk satu buah realme GT 5G dipatok kisaran Rp7,1 jutaan. Berminat membelinya?

Jadi, mana nih HP realme yang ingin Anda bawa pulang? Coba komen di kolom komentarnya!


https://actoncloud.com