10 Rekomendasi HP dengan RAM 8 GB Termurah (September 2022)


Ponsel pintar saat ini tak hanya sekadar memperhitungkan chipset yang digunakan, tetapi juga kapasitas RAM-nya. Perbedaan jumlah RAM pada smartphone biasanya untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna dalam melakukan multitasking maupun menunjang performa bermain game.

Jumlah HP yang memakai RAM berkapasitas 4 GB bisa dibilang banyak. HP yang memakai RAM 6 GB juga sudah bukan hal yang asing lagi. Kini, karena kebutuhan yang semakin meningkat, HP yang memiliki RAM lebih tinggi, yaitu RAM 8 GB, juga terus bermunculan.

HP dengan RAM 8 GB umumnya dijual dengan harga yang lumayan mahal. Namun, Anda yang punya kantong pas-pasan tidak usah khawatir karena ada beberapa tipe HP yang harganya ternyata ramah di kantong. Penasaran? Berikut Carisinyal akan mengulas daftarnya.

1. Infinix Zero 8

Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Helio G90T
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
()


8 MP
()


2 MP
()


2 MP
()
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

Ponsel Infinix ini memang bukan dari golongan seri Note, tapi Infinix Zero 8 tetap dapat membuat penggunanya terpukau dengan ukuran layarnya yang mencapai 6,85 inci.

Ditambah lagi, Zero 8 ini juga merupakan perangkat yang cocok dimainkan untuk sesi game berat, menggunakan chipset Helio G90T yang powerful di kelasnya. Performa ini juga tentunya didukung pula oleh RAM 8 GB LPDDR4X pada frekuensi 1866 MHz yang memudahkan Anda dalam menjalankan aktivitas multitasking.

Bagi Anda yang ingin menyimpan banyak file video, Infinix Zero 8 ini juga telah menyuguhkan kapasitas penyimpanan internal 128 GB dan dukungan microSDXC slot secara terpisah. Berminat memiliki HP dengan Dual Punch Hole ini? Siapkan dana sekitar Rp3 jutaan.

2. realme 7i

realme 7i
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Bagi Anda yang merasa realme 7 masih tergolong mahal, mengapa tidak pilih realme 7i yang dibanderol dengan harga lebih murah? Toh, perangkat ini juga masih menawarkan RAM 8 GB LPDDR4X, dan memiliki kecepatan sebesar 2133 MHz untuk me-manage aplikasi yang berjalan di latar belakang agar lebih lancar.

Sementara di bagian memori internalnya, tersemat kapasitas 128 GB pada tipe UFS 2.1 yang masih bisa diperluas menggunakan microSDXC pada slot khusus. Walau tidak menawarkan NFC seperti kakaknya, realme 7i ini masih tetap disuguhkan laju penyegaran 90 Hz dan touch sampling rate 120 Hz.

Lumayan kan untuk HP seharga Rp3 jutaan? Namun, sebelum memutuskan membeli, baca dulu artikel kelebihan dan kekurangan realme 7i supaya Anda bisa menimbang-nimbang dulu.

3. vivo Y50

vivo Y50
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 665
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
13 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Dengan kocek sekitar Rp3 juta saja, Anda sudah bisa membawa pulang vivo Y50 yang menghadirkan kapasitas RAM dan memori internal yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan RAM 8 GB LPDDR4X dengan kecepatan 1866 MHz dan kapasitas penyimpanan 128 GB pada tipe UFS 2.1.

Sayangnya dari segi chipset, Snapdragon 665 yang diusungnya terbilang kurang berdaya saing karena chipset ini lebih banyak hadir pada HP Rp2 jutaan saja. Tapi untungnya, vivo Y50 unggul dari segi desain yang sudah menggunakan kamera punch-hole pada ukuran layar 6,53 inci Full HD Plus.

Baca juga  15 HP Samsung dengan Layar Lebar Terbaru (September 2022)

Perangkat ini juga dibekali dengan baterai Li-Polymer berkapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 15 W. Dari segi antarmukanya, vivo Y50 menggunakan skin FunTouch OS 10 berbasiskan Android 10 dan mengusung sensor sidik jari di bodi belakang. Kunjungi laman kelebihan dan kekurangan vivo Y50 untuk menyimak ulasan lengkapnya.

4. Infinix Note 10 Pro NFC  8/128

infinix note 10 pro nfc_
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(depth)


2 MP
(monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Apakah Anda mencari HP dengan fitur NFC? Kebetulan, Infinix juga telah meluncurkan varian selanjutnya dari Infinix Note 10 Pro, yakni Infinix Note 10 Pro NFC. Yap, sesuai yang bisa ditebak, perbedaan utama antara keduanya adalah ketersediaan NFC alias Near Field Communication yang dapat bantu pengguna mengisi saldo eMoney dengan praktis.

Perangkat ini hadirkan layar segede gaban yang akan membuat pengalaman menonton jadi lebih menghanyutkan. Dengan bentang layar 6,95 inci, resolusinya bahkan sudah hadirkan Full HD Plus, lho!

Infinix Note 10 Pro NFC termasuk perangkat yang cocok dipakai bermain game ataupun kegiatan multitasking, mengandalkan RAM 8 GB LPDDR4X Double Channel 1866 MHz. Juga, RAM yang besar dan cepat ini dipasangkan dengan memori internal 128 GB yang luas.

Harga yang dijatuhkan pada Infinix Note 10 Pro NFC sebesar Rp2 jutaan, dan termasuk pada jajaran HP termurah yang hadirkan layar dengan ukuran menyerupai tablet. Baca ulasan lengkapnya dalam artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Note 10 Pro NFC.

5. vivo Y20s 8/128

vivo Y20s
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 460
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Sebagai vivo seri Y, HP ini dijamin tidak akan membuat kantong kering. Ya, ini adalah vivo Y20s yang mengalami perubahan RAM menjadi 8 GB dan memori internal sebesar 128 GB.

Tipe RAM yang diusungnya adalah LPDDR4X Double Channel yang beroperasi pada frekuensi 1866 MHz. vivo Y20s sungguh bisa Anda andalkan dalam perihal pembukaan lebih dari 10 aplikasi di waktu bersamaan.

vivo Y20s juga cukup mumpuni untuk mendukung game-game yang masih tergolong ringan seperti MLBB, berkat kehadiran Snapdragon 460 miliknya. Tawarkan sensor sidik jari di samping, vivo Y20s jadi punya desain yang terkesan ramping dan ergonomis.

Sebagai ponsel yang dihargai Rp2.999.000,-, vivo Y20s punya keunggulan dan spesifikasi yang passable walaupun masih hadirkan banyak kekurangan, seperti Triple Camera beresolusikan rendah, chipset yang kurang prima, dan sebagainya. Yuk cari tahu lebih lanjut pada artikel kelebihan dan kekurangan vivo Y20s!

6. vivo Y51

vivo Y51

vivo Y51 adalah HP 3 jutaan yang cukup worth it dimiliki. HP ini hadir dengan paramater kelas menengah yang membuatnya dapat diandalkan dengan baik untuk keperluan sehari-hari, termasuk bermain game grafis rendah, streaming film, dan fotografi.

RAM 8 GB-nya juga andal untuk multitugas. Selain itu, kapasitas penyimpanannya juga tergolong besar dan masih bisa diperluas hingga 1 TB menggunakan kartu microSD. vivo Y51 sudah menjalankan sistem operasi Funtouch 11 berbasis Android 11 yang juga menjadi nilai plus lainnya.

pKapasitas baterainya yang besar memiliki daya tahan yang bagus. Ini didukung oleh pengisian cepat 18W yang mampu mengisi baterai dari kosong hingga 70% dalam waktu sekitar satu jam. Secara keseluruhan, vivo Y51 bisa dikatakan memiliki rasio performa ke harga yang menarik di kelasnya. Sebelum jatuhkan pilihan pada HP ini, baiknya Anda baca dulu kelebihan dan kekurangan vivo Y51.

7. Infinix Note 11 Pro

Infinix Note 11 Pro
Layar IPS LCD 6.95 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(telephoto)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Angka 11 tidak hanya dipakai Infinix untuk memperbarui lini smartphone Hot-nya. Angka ini mereka pakai buat seri Note yang jumlah modelnya ada empat. Salah satu model itu adalah Infinix Note 11 Pro. Sebagaimana Infinix Note lainnya, HP ini mengusung layar dengan bentang lebar.

Ya, layarnya yang berpanel IPS LCD tersebut punya bentang 6,95 inci dengan resolusi Full HD+. Namun, ia tidak lagi mendukung 90 Hz seperti Infinix Note 10 Pro, melainkan 120 Hz! Yang keren lagi HP ini punya kamera telefoto f/2.5 dengan autofokus.

Sisi jeroan HP ini juga tak kalah menarik. Sebab ia disokong SoC MediaTek Helio G96, RAM 8 GB, dan memori internal UFS 2.2. Ada juga pengisian cepat 33W. Bisa dibilang, Infinix Note 11 Pro memang dipersiapkan untuk segmen HP gaming kelas Rp2 jutaan. Ulasan lengkap si HP dapat dibaca di artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Note 11 Pro.

8. Infinix Zero X Neo

Infinix Zero X Neo
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G95
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Bukan Infinix namanya bila tidak mampu hadirkan kejutan. Melalui Infinix Zero X Neo, produsen ponsel asal Hong Kong ini menghadirkan kamera telefoto dengan perbesaran optik sampai 5x. Hingga Zero X Neo dirilis, tak ada ponsel lain di kelas harga 2-3 jutaan yang punya kamera tele.

Namun demikian, sisi keistimewaan Zero X Neo tidak cuma itu. Sektor seperti desain, jeroan, multimedia, dan daya HP ini pun mumpuni. Di sektor jeroan, Zero X Neo unggul karena dibekali SoC MediaTek Helio G95 yang oke untuk main game.

SoC tersebut lantas didukung RAM 8 GB dan memori internal 128 GB bertipe UFS 2.1. Oh iya, layar HP ini juga sudah cukup baik, yakni IPS LCD dengan resolusi Full HD+ yang mendukung refresh rate 90 Hz. Tertarik memboyong HP ini?

9. Redmi Note 10 5G 8/128

Redmi Note 10 5G

Xiaomi menyambut dibukanya layanan 5G di Indonesia dengan suka cita. Momentum itu mereka manfaatkan dengan meluncurkan Redmi Note 10 5G. HP ini pada dasarnya mirip dengan POCO M3 Pro. Mulai dari SoC, layar, baterai, hingga konfigurasi kamera.

Namun, soal desain dan konfigurasi memori, Redmi Note 10 5G adalah juaranya. Intuk desain, orang-orang yang tidak terlalu cocok dengan desain ala POCO yang mencolok bisa mengambil ponsel ini. Desainnya terbilang kalem dan mirip dengan seri Redmi Note 10 yang lain.

Kedua, masalah konfigurasi memori. Redmi Note 10 5G punya varian tertinggi. Yaitu RAM 8 giga dengan memori internal 128 GB. Memilih HP dengan konfigurasi memori tertinggi membuat Anda bisa berinvestasi jangka panjang. Nah kalau 8 GB, ini juga akan mengantisipasi kekompleks aplikasi yang dari tahun ke tahun kian berat.

Kemampuan menangkap sinyal 5G akhirnya merambah ponsel Redmi Note. Model yang kebagian jatah pertama kemampuan ini yaitu Redmi Note 10 5G. HP ini secara jeroan sama persis dengan POCO M3 Pro 5G. Hal yang membedakannya hanyalah desain dan konfigurasi memori. Baca penjelasan lengkapnya di artikel kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10 5G.

10. Infinix Note 12

infinix note 12
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(depth)


MP
(AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Infinix Note 12 hadir sebagai ponsel Android entry-level spesifikasi tinggi. Hal ini terlihat dari dapur pacu yang gahar. Masih melanjutkan slogan “Pawangnya MediaTek”, kali ini Infinix memasang chipset MediaTek Helio G96. Kinerja chipset ini kian optimal untuk gaming dengan dukungan teknologi HyperEngine terbaru.

Guna memberikan performa yang maksimal, terpasang RAM 8 GB dengan tambahan 5 GB virtual RAM, sehingga total RAM menjadi 13 GB. Dengan RAM besar, Anda bisa membuka banyak aplikasi dengan mudah. RAM besar ini juga membuat waktu loading menjadi lebih cepat, selain itu mampu mengurangi lag hingga 60%.

Spesifikasinya yang gahar membuat Anda tertarik menginstal banyak game di HP ini. Untungnya memori internal yang digunakan lumayan besar yakni 256 GB. Bila masih kurang, masih ada slot microSD yang bisa digunakan untuk tambahan.Untuk memanjakan mata kala bermain game, HP 2 jutaan ini dipasangi layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+.

Adapun fitur unggulan lain di ponsel ini adalah 4G LTE, Face Unlock, fast charging 33W hingga sistem XOS 10.6 basis Android 12. Sayangnya, kamera yang digunakan terbilang biasa saja, karena hanya mengandalkan kamera utama 50 MP.

Di antara daftar HP dengan RAM 8 GB termurah tersebut, mana yang paling menarik untuk dibeli? Atau setidaknya mana favorit Anda di antara 10 HP tersebut? Yang jelas, apapun pilihan Anda selalu ingat untuk membeli HP sesuai kebutuhan dana. Jika RAM 8 GB masih terasa kurang, silakan cek rekomendasi HP dengan RAM 12 GB dari kami.


https://actoncloud.com