11 HP POCO Terbaru Beserta Speknya (Juli 2022)


Ada yang sedang mengincar ponsel POCO? POCO bisa dibilang seperti Redmi yang merupakan sub-brand dari Xiaomi yang dirilis pada 2018. Bak kembang desa, semenjak peluncuran produk pertamanya bernama Pocophone F1, POCO sudah menjadi primadona bagi semua kalangan tanpa terkecuali masyarakat di Tanah Air.

Memiliki filosofi “Everything you need, nothing you don’t”, POCO memutuskan memisahkan diri dari Xiaomi dan menjadi merek independen.

Keputusan untuk memisahkan diri dari Xiaomi ini telah dilakukan POCO untuk wilayah pemasaran India (2020), disusul Indonesia (2021). POCO pun secara mandiri merancang produk, menciptakan strategi penjualan, dan membentuk tim pemasaran. Mereka juga punya sosial media dan situs resmi sendiri. Namun, untuk proses manufaktur dan layanan purnajual, POCO berbagi sumber daya dengan Xiaomi dan Redmi.

Fokus dari POCO sendiri adalah menyuguhkan performa optimal dengan penawaran harga yang terbaik. Tidak heran, produk mereka selalu menarik dan membuat calon konsumen penasaran. Terlebih POCO juga punya deretan HP POCO terbaik yang tidak kalah dari jenama ponsel lain.

Pihak POCO sangat terbuka lebar bagi siapa saja yang mendambakan produknya. Namun, secara spesifik POCO membidik para penggemar teknologi alias tech geek atau tech savvy yang merupakan pengguna aktif ponsel pintar sepanjang hari, sehingga memerlukan perangkat berkinerja tinggi.

Di Indonesia, POCO menghadirkan beberapa seri ponsel. Seri-seri tersebut dirancang sebagai yang terbaik untuk masing-masing segmen. Apa saja seri dalam ponsel POCO? Berikut penjelasan singkatnya.

POCO F adalah seri teratas dalam kasta ponsel POCO. Status tersebut membuat HP-HP dari seri ini punya spesifikasi layaknya ponsel premium. Misalnya, SoC yang dipasang adalah Qualcomm Snapdragon seri 8. Bisa juga sensor kamera yang dipakai merupakan sensor yang umumnya disematkan pada HP dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah.

Meski demikian, HP-HP POCO F Series tak pernah dijual dengan harga hingga dua digit. Maka dari itu, HP-HP POCO F Series kerap disebut sebagai ponsel flagship killer. Contoh HP seri ini adalah POCO F1, POCO F2 Pro, dan POCO F3.

POCO X Series menduduki kasta kedua dalam jajaran HP POCO. Secara spesifikasi, HP dalam seri ini memang tidak setinggi ponsel-ponsel POCO F Series. Namun, hal ini juga diiringi dengan harga produk yang lebih terjangkau. Jajaran HP POCO X Series adalah pilihan yang aman buat sebagian besar orang.

Pasalnya, HP ini punya keunggulan yang merata di seluruh aspek. Baik performa, desain, ketahanan baterai, kemampuan kamera, dan fitur pendukung. Ponsel yang sudah dirilis dari seri ini adalah POCO X3 Pro dan POCO X3 GT.

Lini ponsel POCO M Series memiliki banderol harga paling terjangkau dibanding POCO seri F dan X. Ponsel POCO seri M biasanya dihargai Rp1-2 jutaan. Seri ini menyasar mereka yang merupakan pengguna kasual dan membutuhkan HP tangguh untuk keperluan esensial sehari-hari.

Tak heran bila kualitas layar dan daya tahan baterai jadi hal yang diunggulkan POCO pada seri M. Contoh HP yang muncul melalui seri ini adalah POCO M3 dan POCO M3 Pro 5G.Semakin banyaknya peminat ponsel POCO, mendorong pihak perusahaan untuk meluncurkan produk-produk yang lebih canggih lagi. Oleh karena itu, pada kesempatan ini Carisinyal akan mengurutkan dan menjelaskan satu per satu produk dari POCO keluaran terbaru yang resmi di jual di Indonesia. Yuk! langsung saja baca pemaparannya berikut ini.

1. POCO F4 GT

Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 8.999.000

POCO F4 GT muncul secara resmi di Indonesia pada Juni 2022. Kemunculan HP ini pun membuat geger publik karena banderol harganya hanya 8 jutaan. Akibat itu, POCO F4 GT menyandang gelar sebagai ponsel termurah dengan SoC Snapdragon 8 Gen 1, pada saat perilisannya.

Snapdragon 8 Gen 1, RAM LPDDR5, penyimpanan UFS 3.1, dan sistem pendinginan LiquidCool 3.0 jadi jaminan kenyamanan main game di ponsel ini. Belum lagi layar AMOLED dengan sertifikasi A+ dari DisplayMate dan empat buah speaker.

Namun, keberadaan dua tombol trigger mekanik dan lampu RGB “Faktor-X” membuat pengalaman bermain game di HP ini naik ke level selanjutnya. POCO juga memperhatikan detail kecil seperti kabel charger berbentuk “L” agar ponsel enak dipakai main game saat baterainya dicas.

2. POCO F4

POCO F4 - Nebula Green
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.199.000

Performa Snapdragon 870 memang fenomenal berkat kestabilannya. SoC kelas menengah atas seperti Snapdragon 778G pun belum bisa menandingi. Hal tersebut jadi alasan SoC ini kembali digunakan untuk memperkuat POCO F4.

Baca juga  10 HP realme Terbaik dan Paling Canggih Di Dunia (Juli 2022)

Meski begitu, POCO memberikan pembenahan di sektor pendinginan pada POCO F4 agar SoC tersebut kian optimal saat menghadapi beban kerja tinggi. Di sisi lain, POCO F4 tidak melulu soal ponsel 5 jutaan yang enak dipakai main gim berat.

Sebab ponsel ini juga punya kamera yang andal, desain yang apik, serta baterai awet dengan teknologi pengisian kencang. Untuk kamera, kemampuan fotografi dan videografinya mengesankan, sama seperti POCO F3. Hanya, ia kini memiliki OIS untuk meminimalkan blur, khususnya pada saat memfoto objek di kondisi kurang cahaya.

3. POCO M4 Pro

POCO M4 Pro
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.999.000

Pada Maret 2022, telah lahir pesaing baru untuk ponsel kelas menengah di Indonesia yaitu POCO M4 Pro. Ponsel ini dibekali dengan layar AMOLED berukuran 6,43 inci yang telah mendukung resolusi Full HD+. Refresh rate yang dimilikinya mencapai 90Hz dan tingkat kecerahan maksimal berada di 1000 nits.

POCO M4 Pro memiliki layar depan dengan desain punch hole di bagian atas yang menyimpan kamera depan 16 MP. Sementara itu, terdapat tiga kamera belakang yang dimiliki ponsel ini, yaitu kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Persaingan di ponsel kelas menengah semakin terasa ketika POCO M4 Pro ditenagai oleh mesih khas kelas menengah. MediaTek Helio G96 menjadi chipset yang dipilih ponsel ini dan dipadukan dengan RAM 6 GB dan 8 GB, serta penyimpanan internal 128 GB dan 256 GB.

Untuk mendukung kinerja dari ponsel, baterai yang digunakan juga cukup besar, kapasitas baterai mencapai 5000 mAh dan didukung dengan pengisian daya cepat 33 W. Dengan begitu, baterai akan lebih awet dan selama pengisian tidak akan memakan waktu terlalu lama. Menariknya lagi, ponsel ini telah menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 dengan antarmuka MIUI 13.

4. POCO X3 GT

POCO X3 GT
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1100 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.399.000

Di bulan Agustus 2021, telah lahir ponsel POCO pertama yang menggunakan lapisan kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus. Tidak hanya ketahanannya saja yang membuatnya tampak setara dengan HP flagship, melainkan kinerja chipsetnya juga. Bagaimana tidak? Ia sudah membawakan SoC Dimensity 1100 5G yang merupakan salah satu tergahar di Dimensity series.

Layarnya yang mendukung laju penyegaran 120 Hz serta teknologi HDR10 dan gamur warna DCI-P3, sangat layak menampilkan konten-konten visual secara tajam dan berkualitas. Anda pun mungkin akan lupa kalau panel yang digunakannya hanyalah IPS dan bukan OLED.

Teknologi pengisian dayanya yang menggunakan 67 W sungguh membuatnya berada di kelas atas, menjamin durasi pengecasan yang memakan waktu sekitar 42 menit saja. Sebuah durasi yang sangat cepat untuk baterai seukuran 5.000 mAh.

Menghadirkan pemakaian ponsel yang awet, POCO X3 GT juga sangat cocok untuk menjalankan aktivitas gaming. Ia menawarkan haptic feedback atau sensasi getaran yang nyaman, begitupun dengan kualitas speaker stereo yang mantap untuk menghasilkan immersion mendalam saat Anda berada di medan tempur.

Meski HP ini dibekali memori internal yang besar, tapi Anda tidak dapat menyelipkan kartu microSD karena POCO X3 GT memang tidak menawarkan slot memori eksternal.

Selain itu, Anda pun harus mengandalkan adapter jika ingin gunakan earphone. Pasalnya, POCO X3 GT juga tidak menyediakan 3.5 mm jack audio port. Simak lebih lanjut pada kelebihan dan kekurangan POCO X3 GT.

5. POCO M3 Pro 5G

POCO M3 Pro 5G
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700 5G
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.715.000

Dari produk-produk POCO, M3 Pro 5G merupakan perangkat terbaru yang lahir pada Mei 2021. Badan dari ponsel ini terbilang bongsor dengan bobot 190 gram dan dimensi 161.8 x 75.3 x 8.9 mm. Area depannya juga telah berlapiskan Gorilla Glass yang menjadi tameng bagi layar saat bersentuhan atau tergores dari benda tajam atau keras.

Baca juga  Gampang! Ini Cara Pakai Twitter Spaces di Android

Beralih ke dapur pacu, ponsel ini berkinerja sempurna dengan penggunaan chipset MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G ber-fabrikasi 7 nanometer. Prosesor pengolah grafisnya memakai Mali-G57 MC2 yang diklaim dapat menyajikan tampilan visual secara optimal. Dalam proses penyimpanan datanya menawarkan dua pilihan kapasitas yakni 4/64 GB dan 6/128 GB berteknologi UFS 2.1

Pengguna yang mengambil produk berteknologi 5G ini akan dibuat betah, pasalnya baterai yang ditanamnya sangat besar yakni 5.000 mAh. Apalagi sistem baterainya dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 18W, membuat proses pengisian daya semakin ngebut.

Seperangkat ponsel pintar ini dapat kamu dapatkan pada kisaran Rp 3,1 jutaan untuk model 4/64 GB. Kenali lebih jauh tentang perangkat ini di artikel bertajuk kelebihan dan kekurangan POCO M3 Pro 5G.

6. POCO F3

POCO F3
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4520 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.999.000

Dibanderol Rp 4.9 jutaan memang setimpal dengan kecanggihan yang disuguhkan oleh POCO F3. Diawali dengan kualitas layarnya yang luar biasa berukuran 6.67 inci berpanelkan AMOLED. Menyuguhkan laju penyegaran secepat kilat yakni 120Hz dengan jutaan warna dari HDR10+ yang tingkat kecerahannya baik untuk mata pengguna 1300 nits.

Berlandaskan Android 11 dengan sistem antarmuka MIUI 12.5, ponsel berteknologi 5G ini dikendarai oleh chipset yang dapat diandalkan yakni Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm) dan kartu grafisnya Adreno 650. Kendati tidak memiliki slot untuk microSD, tetapi kapasitas ruang penyimpanan bawaanya sangat luas meliputi 6/128 GB dan 8/256 GB.

Selain itu, POCO F3 menghadirkan sejumlah sensor mulai dari sidik jari samping, accelerometer, gyro, proximity, kompas, hingga color spectrum yang tentunya sangat berguna dalam menjalankan berbagai aktivitas mobile penggunaannya.

Pengguna juga akan dipermudah dalam urusan transaksi secara digital berkat kemunculan teknologi NFC pada perangkat ini. Korek lebih dalam seluk beluk ponsel ini di artikel berjudul kelebihan dan kekurangan POCO F3.

7. POCO X3 Pro

POCO X3 Pro
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 860
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.449.000

Mengudara pada Maret 2021 di jagat perponselan, POCO X3 Pro ternyata masih menyematkan fitur FM Radio disertai recording. Adapun, fitur Infrared yang ternyata juga eksis di perangkat ini. Ponsel berteknologi NFC ini membawa sejumlah sensor antara lain sidik jari samping, accelerometer, gyro, proximity, dan kompas.

Walaupun belum berjaringan 5G, tetapi soal jeroan perangkat ini mampu beroperasi dengan maksimal dan menghasilkan nilai AnTuTu v8 sebesar 453.223. Hal tersebut pastinya tidak lepas dari sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 860 bermanufaktur 7 nanometer dan kartu grafis Adreno 640.

Pengguna akan dibuat asyik dengan dentuman yang keluar dari stereo speakernya. Dalam aspek kamera dibekali oleh empat sensor pada kamera belakangnya dengan spesifikasi yang mumpuni.

Berdaya 5.160 mAh, ponsel ini mampu terisi penuh hanya dalam 59 menit berkat teknologi fast charging 33W. POCO X3 Pro dipatok seharga Rp 3,49 jutaan untuk tipe 6/128 GB. Baca juga kelebihan dan kekurangan POCO X3 Pro di sini!

8. POCO M3

POCO M3
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.799.000

Terjangkau dan berkualitas, inilah POCO M3 yang dapat kamu bungkus pada harga Rp 2,1 jutaan untuk versi 6/128 GB. Bodi depannya tangguh dengan pemakaian Gorilla Glass 3, sementara area belakangnya terbuat dari bahan plastik yang dilapiskan dalam beberapa pilihan warna mulai dari Cool Blue, Poco Yellow, dan Power Black.

Ditenagai oleh Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm) sebagai chipset dan Adreno 610 untuk kartu grafis, ponsel ini menyajikan beberapa kombinasi ruang penyimpanan mulai dari 4/64GB, 6/64, 4/128, dan 6/128 GB dengan teknologi UFS 2.1 dan UFS 2.2 yang membuat proses penyimpanan data dan pemasangan aplikasi lancar tanpa kendala.

POCO M3 mengusung layar berdesain Water Drop dengan luas 6.53 inci yang berpanelkan IPS LCD dan kerapatan piksel menyentuh 395 ppi. Hebatnya dari ponsel kelas pemula ini telah diberkati oleh baterai Li-Po berukuran jumbo yaitu 6.000 mAh.

Selain itu, sistem baterainya sudah mendapatkan dukungan dari teknologi pengisian cepat 18 W dan teknologi pengisian balik. Untuk mengetahui seluk beluk dari ponsel ini kamu bisa membaca artikel tentang kelebihan dan kekurangan POCO M3.

Baca juga  10 Kelebihan dan Kekurangan HP ASUS Zenfone dan ROG Phone

9. POCO X3 NFC

POCO X3 NFC
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 732G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.099.000

Selain menonjolkan teknologi NFC, POCO X3 NFC juga menyorot perihal ketangguhan bodinya dengan dibuktikan oleh kepemilikan IP53 yang diklaim mampu terhindar dari cipratan air dan semburan debu. Berbobot 215 gram, ponsel ini melampirkan lapisan pelindung Gorilla Glass 5 pada layar 6.67 inci yang berpanelkan IPS LCD-nya.

Bagi pengguna yang suka fotografi, ponsel ini membawa empat lensa pada kamera belakangnya yang beresolusi 64 MP + 13 MP + 2 MP + 2 MP dan untuk kamera selfie-nya mempunyai takaran 20 MP. Pengguna juga tidak perlu khawatir soal daya baterainya karena POCO X3 NFC mendapatkan subsidi sebanyak 5.160 mAh disertai teknologi pengisian cepat bertenaga 33W.

Di dapur pacu, perangkat ini memutuskan untuk berkolaborasi dengan perusahaan prosesor dari Qualcomm yang memakai chipset Snapdragon 732G (8 nm). Guna mempersembahkan tampilan animasi yang cetar, POCO X3 NFC menunjuk kartu grafis Adreno 618. Untuk mendapatkan POCO X3 NFC bertipe 8/128 GB, kamu harus mengeluarkan dana Rp 3,29 jutaan.

10. POCO F2 Pro

Xiaomi Poco F2 Pro
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


5 MP
(macro)


13 MP
(ultrawide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.000.000

Inilah POCO F2 Pro yang terlahir dengan layar berpanelkan Super AMOLED 6,67 inci didampingi oleh kerapatan piksel 395 ppi. Tidak hanya itu, bodi depan dan belakang perangkat ini semakin gagah sebab mendapatkan lapisan pelindung dari Corning Gorilla 5, membuat POCO F2 Pro tidak mudah terkena goresan dari benda tajam atau permukaan keras.

Uniknya dari ponsel berteknologi NFC ini adalah kamera depannya yang mengimplementasikan metode Pop-up bermotor 20 MP. Sedangkan, kamera belakangnya mengusung Quad-camera 64 MP + 5 MP + 13 MP + 2 MP disertai fitur pendukung meliputi Dual-LED dual-tone flash, HDR, dan panorama. Sistem videografinya juga luar biasa, sangat cocok menemanimu untuk ngevlog.

Berlandaskan Android 10 dan dapat ditingkatkan ke Android 11, perangkat ini menghadirkan teknologi UFS 3.1 untuk membantu proses penyimpanan data lebih cepat pada kapasitas ruangan penyimpanan dalam kombinasi 6/128 GB dan 8/268 GB.

Melayang pada harga Rp 7,4 jutaan untuk tipe 8/256 GB, POCO F2 Pro ditenagai oleh chipset dari Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G (7 nm+) dan GPU Adreno 650. Telisik lebih jauh tentang ponsel ini di artikel bertemakan kelebihan dan kekurangan POCO F2 Pro.

11. Pocophone F1 (POCO F1)

Xiaomi Pocophone F1
Layar IPS LCD 6.18 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 845
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
12 MP
(wide)


5 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.499.000

Sebagai penutup ada Pocophone F1 yang bisa dibilang sebagai perintis sebelum kehadiran ponsel POCO lain. Saat diluncurkan, perangkat ini sudah mencuri perhatian banyak mata karena chipset yang digunakan terbilang tinggi dan mampu bekerja dengan optimal yakni Qualcomm SDM845 Snapdragon 845 (10 nm) yang didukung oleh pengolahan grafis Adreno 630.

Mempunyai nama lain POCO F1, ponsel ini terlahir dengan panel IPS LCD berukuran 6.18 inci. Berasio layar banding bodi 82,2%, POCO F1 mempunyai kerapatan piksel yang tinggi 403 ppi yang berlapiskan Corning Gorilla Glass. Kamera utamanya terdiri dari 12 MP untuk lensa premier dan 5 MP untuk lensa kedalaman, sedangkan kamera depannya membawa resolusi 20 MP.

Keunggulan yang dapat dibanggakan dari ponsel ini adalah sistem baterainya yang besar berukuran 4.000 mAh dengan pendampingan teknologi pengisian cepat 18 W dan Quick Charge 3.0. Hadir dalam beberapa varian warna mulai dari Graphite Black, Steel Blue, Rosso Red, dan Armored Edition dengan Kevlar, ponsel ini dihargai Rp 4,9 jutaan untuk model 6/128 GB.

Tertarik untuk membeli POCO F1? Sebelum membelinya, lebih baik membacanya dulu artikel Kelebihan dan Kekurangan POCO F1 ini sebagai bahan pertimbangan.

Itulah tadi deretan dari HP POCO terbaru. Semoga dapat memberikanmu referensi sebelum membeli HP POCO. Nah, jadi POCO jenis mana yang akan kamu beli? Terus ikuti Carisinyal supaya kamu tetap update seputar perkembangan teknologi dan ponsel pintar, yah!


https://actoncloud.com