Inilah 10 HP yang Muncul Pertama Kali di Dunia


Sebagian dari Anda mungkin mengira bahwa perkembangan dunia mobile baru dimulai sekitar tahun 90-an. Hal ini wajar, mengingat pada era tersebut, gelombang popularitas ponsel di kalangan masyarakat umum hanya terdengar melalui iklan komersial, ketika era televisi dan berbagai media lainnya mudah diakses oleh publik.

Namun, ponsel pertama di dunia yang tersedia untuk umum sebenarnya dirilis sekitar tahun 1983. Ini membuktikan bahwa ponsel dikembangkan di tahun 80-an. Bahkan, mungkin saja studi produk dilakukan satu dekade sebelumnya.

Pada awal kemunculannya, HP hanya digunakan untuk kebutuhan telepon. Berbeda dengan saat ini, ponsel telah dilengkapi dengan teknologi yang lebih canggih untuk memenuhi kebutuhan manusia, seperti seri iPhone, Samsung Galaxy S dan ponsel canggih lainnya yang kaya fitur. Karena inilah yang disebut dengan era smartphone.

Tentu menarik untuk membahas generasi awal ponsel di tengah kemunculan smartphone. Mungkin Anda akan kagum dengan kualitas dan kemampuan ponsel tersebut. Jadi langsung saja simak 10 seri ponsel pertama di dunia berikut ini.

1. Motorola DynaTAC 8000X

Ini adalah kakek dari ponsel saat ini. Dikembangkan sejak 1973, Motorola baru menjual ponsel pertama ini pada September 1983. Gadget ini memiliki desain persegi yang besar dan berat 1.1kg, namun nyaman digenggam di tangan dan nyaman dikenakan di telinga. Ada antena untuk menerima sinyal. Tombol yang disajikan juga besar dan jelas, sehingga Anda dapat dengan mudah menghubungi nomor telepon.

Dari segi fitur, ponsel pertama ini memang dikemas dengan fitur-fitur yang sangat mendasar. Ponsel Motorola ini hanya dapat menyimpan 30 nomor telepon. Ponsel ini hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan selama 30 menit dengan lama waktu isi ulang baterai 10 jam. Meski sederhana, ponsel ini merupakan langkah awal pengembangan ponsel selanjutnya.

2. Motorola MicroTAK 9800X

Motorola terus mengembangkan ponsel dengan merilis ponsel keduanya, Motorola MicroTAC 9800X, pada tahun 1989. Gadget ini menjadi ponsel pertama dengan desain semi lipat dalam sepuluh ponsel teratas di dunia.

Baca juga  10 Laptop dengan Layar Full HD Paling Murah Tahun 2022

Desain ini mewakili solusi Motorola untuk bobot dan ukuran HP sebelumnya. Ponsel ini hanya berbobot 350 gram dengan baterai terbaru yang lebih tipis. Desain ponsel ini membuatnya mudah disimpan dan dibawa.

3. Orbit 901

Ketika Anda melihat ponsel lama ini, Anda mungkin mengira itu hanya telepon rumah. Padahal merupakan ponsel pertama di dunia dengan fitur GSM atau Global System For Mobile Communications. Sayangnya, mengingat bentuknya yang agak besar, ponsel GSM ini kurang laku di pasaran. Menariknya, ponsel yang dirilis tahun 1992 ini sudah bisa digunakan untuk menerima pesan teks. Ini adalah awal dari perkembangan SMS.

4. Motorola Internasional 3200

Motorola Internasional 3200

Pada tahun 1992, Motorola kembali memperkenalkan ponsel dengan teknologi digital terkini. Ponsel ini memiliki desain yang semakin minimalis sehingga semakin nyaman digenggam. Desain ponsel Motorola ini diharapkan dapat menggantikan desain dan teknologi analog pada ponsel lawas. D

Desain yang lebih ringkas ini dimungkinkan oleh penggunaan teknologi GSM baru Motorola. Ponsel juga dapat digunakan untuk panggilan yang lebih jernih dan tajam.

Belajar dari gadget sebelumnya, ponsel GSM ini memiliki fitur-fitur canggih. Produsen menambahkan layar besar untuk memudahkan pengguna melihat nomor telepon. Selain itu, ponsel pertama di dunia ini dapat digunakan untuk panggilan hingga satu jam dengan waktu pengisian baterai lima jam.

5. Nokia 1011

Nokia 1011

Melihat pasar ponsel yang terus berkembang dan diminati pasar, merek asal Finlandia itu juga memperkenalkan ponsel GSM pertama yang diproduksi dan diluncurkan di pasar. Ponsel Nokia ini memiliki desain yang minimalis dan ringan, sehingga dapat Anda simpan di saku baju. Desain kompak ini kemudian menjadi desain standar untuk ponsel GSM di tahun 1990-an.

Baca juga  10 Aplikasi Video Converter Terbaik di Smartphone Android

Ponsel pertama Nokia ini juga hadir dengan serangkaian fitur yang lebih lengkap. Salah satunya adalah fungsi pengiriman pesan teks. Fitur ini telah menjadikan nama Nokia sebagai salah satu produsen ponsel terlaris di pasar. Ponsel ini juga menjadi awal perkembangan Nokia dari kerajaan ponsel GSM dan persaingan dengan produsen ponsel lain yang masih mengembangkan teknologi analog.

6. IBM Simon

Pada tahun 1994, IBM bermitra dengan Mitsubishi Electric untuk memperkenalkan ponsel layar sentuh pertama. IBM menyebut desain ini sebagai PDA layar sentuh (personal digital assistant). Selain desain yang berbeda, ponsel layar sentuh ini juga hadir dengan berbagai fitur baru, termasuk kemampuan untuk mengirim dan menerima faks, email, dan pesan digital lainnya.

IBM juga menambahkan fitur kalender, kalkulator ke notepad elektronik. Karena fitur-fitur tersebut, ponsel yang masuk dalam daftar 10 ponsel teratas di dunia ini masuk dalam kategori smartphone. Sayangnya, penjualan ponsel ini sangat singkat, hanya 6 bulan dengan total penjualan 50.000 unit.

7. Hagenuk MT-2000

Hagenuk MT-2000 adalah ponsel pertama di dunia dengan antena internal. Sebagai informasi, sejak era ponsel pertama dimulai, desain ponsel cenderung dilengkapi dengan antena untuk menangkap sinyal dengan lebih jelas. Pabrikan Denmark Hagenuk berhasil mengimplementasikan desain antena yang lebih sederhana di ponsel ini.

Dilengkapi dengan teknologi GSM, gadget ini juga dilengkapi teknologi tombol baru dan dikatakan lebih lembut dan responsif. Tak hanya itu, pabrikan juga menawarkan tambahan game sederhana di ponsel ini. Sayangnya, ponsel ini kalah bersaing dengan ponsel GSM lainnya di pasar ponsel global.

8. Motorola StarTAK

Motorola StarTAC

Pada tahun 1996, Motorola memperkenalkan ponsel dengan desain yang semakin minimalis dan ikonik. Motorola memperkenalkan ponsel flip kecil yang mudah disimpan dan digunakan. Pabrikan juga menambahkan fungsi alarm, buku telepon untuk mengirim pesan, yang menjadi lebih mudah dan lebih menarik.

Baca juga  Inilah 7 Perbedaan Samsung Galaxy A03s dan Samsung Galaxy A04s

Popularitas ponsel GSM yang masuk dalam 10 besar ponsel di dunia semakin meningkat dengan pilihan warna bodi yang menarik seperti pilihan warna pelangi. Desainnya yang unik dan ringkas juga menjadikan ponsel ini sebagai aksesori perjalanan yang penting.

9. Nokia 8110

Nokia juga terus mengembangkan lini ponsel GSM dengan meluncurkan ponsel baru yang sekilas terlihat seperti pisang. Nokia percaya bahwa desain melengkung ini membuat ponsel nyaman untuk panggilan lama. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan penutup keypad, yang membuat tombol lebih aman dan tidak mudah ditekan saat dibawa bepergian.

Ponsel ini juga merupakan ponsel Nokia pertama yang menggunakan layar LCD generasi terbaru. Layar ini dikatakan mampu menampilkan pesan SMS dengan lebih jelas. Nokia juga telah menambahkan teknologi SMS pintar. Teknologi ini memungkinkan ponsel Nokia ini untuk mengirim dan menerima nada dering.

10. Komunikator Nokia 9000

Komunikator Nokia 9000Sumber: Wikimedia

Setelah sukses dengan sejumlah ponsel GSM-nya, Nokia kembali merilis ponsel terbarunya yang diklaim sebagai smartphone pertama yang hadir dengan fitur mobile office. Dengan ponsel ini, Anda dapat melakukan panggilan telepon, memeriksa email, menelusuri halaman, mengirim faks, dan bahkan mencetak beberapa dokumen. Meski memiliki banyak fitur, ponsel pertama di dunia ini tetap memiliki desain yang ringkas.

Sayangnya, karena kemampuan tersebut, ponsel Nokia ini memiliki bobot yang cukup berat yaitu 397 gram. Bobot ini karena ponsel ini memiliki prosesor Intel i386 dengan frekuensi 24 MHz dan memori 8 GB. Selain itu, terdapat layar LCD yang cukup lebar dan keyboard QWERTY.

Inilah 10 ponsel pertama di dunia yang saat ini menjadi awal dari perkembangan smartphone. Bagaimana? Bentuknya unik bukan?


https://actoncloud.com