20 HP OPPO Terbaru Beserta Harga & Speknya (Juli 2022)


OPPO menjadi salah satu merek HP yang cukup diminati di Indonesia belakangan ini. Branding OPPO yang cukup kuat beberapa tahun terakhir membuat vendor asal Tiongkok ini punya nama bagus secara merek di Indonesia.

Tidak heran jika OPPO selalu masuk TOP 5 vendor smartphone di Indonesia dari berbagai analis. Hal tersebut juga dipengaruhi karena marketing OPPO yang cukup agresif di Indonesia. Mereka sering menggaet brand ambbasador untuk mempromosikan produknya. 

Lini produk OPPO di Indonesia cukup kuat. Ada beberapa lini seri yang ditinggalkan namun ada juga yang baru. Berikut lini produk OPPO yang umumnya hadir resmi di Indonesia. 

OPPO A Series memiliki konsep Beautifull Practical, membawa desain fashionable dan menyuguhkan pengalaman penggunaan perangkat yang mudah dengan sistem operasi yang ringan. Menurut PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto, seri A secara keseluruhan dapat dikatakan menjadi pasar terbesar OPPO di Indonesia.

Hal tersebut dipengaruhi karena seri A selalu hadir konsisten di Indonesia. Seri ini juga selalu menghadirkan lini ponsel dari yang termurah sampai kelas menengah. Rata-rata dari Rp1 jutaan sampai Rp4 jutaan. 

OPPO Reno Series adalah seri andalan dari OPPO Indonesia untuk menggenjot pasar kelas menengah di Indonesia. Seri ini hadir sebagai ponsel yang menawarkan kelebihan di sektor desain yang lebih segar dan berwarna dan menarik konsumen khusus anak muda. 

Seri Reno sendiri hadir sebagai peleburan dari beberapa seri OPPO sebelumnya (seperti seri R dan seri F) untuk menghadirkan lini ponsel yang lebih segar. Tak ayal, OPPO Reno selalu menghadirkan keunikan dari berbagai hal, terutama untuk sektor desain dan kamera. 

Di Indonesia, rata-rata Reno yang hadir resmi adalah seri yang dijual di kelas harga mulai Rp4 jutaan sampai Rp10 jutaan. Tentu harga yang termahal biasanya tidak sekadar menawarkan desain dan kamera tetapi juga performa. Seperti yang ditunjukan pada seri OPPO Reno6 Pro 5G. 

OPPO Find Series mengusung Technology and Art atau The Art of Technology, menyuguhkan teknologi dan inovasi terbaru dengan pengalaman estetis pada desain ponsel pintar. Dapat dibilang seri ini merupakan spesial dan penting dalam perjalanan OPPO.

OPPO Find Series adalah titik balik OPPO dalam menghadirkan ponsel kelas atas. Ponsel inilah yang jadi front paling depan untuk bertarung dengan ponsel kelas atas lainnya dari Samsung maupun Apple. Karena itu, seri ini selalu hadir banyak keunggulan di berbagai lini.  

Selain ketiga seri tersebut, OPPO Indonesia pernah hadirkan tiga seri lainnya. Ada seri F yang terkenal sebagai seri yang fokus pada kemampuan kamera selfie. Ada juga seri R yang merupakan seri premium. Seri tersebut dihentikan untuk digantikan seri Reno dan Find.

Kemudian ada seri K yang fokus pada penjualan online. Di Indonesia, seri ini hadir lewat OPPO K3. Untuk melihat lebih detail soal seri OPPO, bisa simak artikel tentang perbedaan berbagai seri HP OPPO berikut ini. 

Di pasar luar, seri K dan seri F masih berlanjut. Biasanya khusus untuk pasar di negara tertentu. Namun, sebenarnya seri tersebut sering di-branding ulang dengan seri Reno atau seri A untuk pasar Indonesia dan beberapa negara lainnya. 

Lantas, apa sajakah seri HP OPPO terbaru yang dijual di Indonesia? Langsung saja cek daftar lengkapnya berikut ini.

1. OPPO Find X5 Pro

Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
50 MP
(wide)


13 MP
(telephoto)


50 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.999.000

OPPO Find X5 Pro merupakan ponsel premium paripurna. HP ini diciptakan untuk memenuhi seluruh ekspektasi pengguna di level elite. Mengenai penampilan, Find X5 Pro adalah salah satu yang tercantik. Material satu lembar keramik dengan lekukan mulus pada penutup belakang membuat ponsel ini unik.

Lalu, kemampuan kameranya juga naik kelas. OPPO kali ini membenamkan cip bikinan sendiri bernama MariSilicon X. Cip ini membantu pemrosesan gambar, termasuk untuk menciptakan video yang terang dan stabil pada kondisi kurang cahaya.

OPPO pun berkolaborasi dengan produsen kamera kenamaan asal Swedia, yakni Hasselblad, dalam melakukan kalibrasi warna foto dan video serta merancang antarmuka aplikasi kamera. Masih soal kamera, Find X5 Pro telah menggunakan teknologi penstabilan 5 sumbu.

Dua sumbu di antaranya merupakan OIS yang secara khusus menstabilkan lensa kamera dari guncangan. Sementara itu, tiga sumbu sisanya merupakan sensor shift alias teknologi peredaman yang dipasang pada sensor kamera. Karena itu, kamera jadi hal yang diunggulkan pada HP dengan SoC Snapdragon 8 Gen 1 ini.

2. OPPO A16k

OPPO A16K
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Po 4230 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.199.000

Melihat dari tampilan bodinya, Anda mungkin tak menyangka OPPO A16k hanya dibanderol seharga 2 jutaan. Desain modul kameranya terlihat elegan dengan tampilan bodi belakang yang simpel dan bersih, menyerupai desain flagship.

Tidak sekadar tampil keren, perangkat ini juga bodi dengan ketahanan yang baik terhadap air berkat sertifikasi IPX4. Ini membuatnya tidak akan mudah rusak sekalipun menerima percikan air dari segala arah. Bahkan, ponsel ini sudah lolos pengujian ketahanan tombol fisik dan juga port pengecasan sebanyak ratusan kali.

OPPO A16k juga memberikan kenyamanan lebih ketika digenggam dalam waktu lama. Sebab, bobotnya yang hanya 175 gram dengan ketebalan cuman 7,85 inci dijamin tidak mudah membuat tangan pegal.

Untuk menunjang aktivitas multi-tasking, perangkat dibenahi dengan RAM 4 GB LPDDR4x dengan kapasitas internal 64 GB (eMMC 5.1). Ini merupakan kapasitas penyimpanan dua kali lipat lebih luas ketimbang OPPO A16e yang hadir beberapa saat sebelum HP ini.

Kendati layar ponsel masih berada di resolusi 720p, namun kemampuannya meraih kecerahan tipikal hingga 480 nit serta lapisan Gorilla Glass 3 menjadikannya cukup layak di harganya. Kini, layar tidak lagi mudah baret sekaligus mampu tampilkan konten secara maksimal di bawah teriknya matahari. Tertarik?

3. OPPO A96

OPPO A96
Layar IPS LCD 6.59 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.299.000

Tertarik dengan HP OPPO kelas menengah di harga 4 jutaan? Siapa tahu OPPO A96 ini bisa jadi pertimbangan Anda. Pasalnya, ia dibekali dengan dapur pacu yang cukup gahar yakni Snapdragon 680 4G. Mengingat OPPO A95 sebelumnya hanya gunakan Snapdragon 662, jelas ada peningkatan dari sisi performa.

Selain itu, kameranya yang membawakan resolusi 50 MP pun turut ditemani dengan satu lensa pendamping berupa sensor depth berkekuatan 2 MP. Ya, memang absennya ultrawide menjadi kekurangan tersendiri bagi HP ini dibandingkan HP lain di kelas yang sama.

Walau begitu, OPPO A96 turut memiliki sejumlah kelebihan lainnya, seperti keberadaan memori internal berstandar UFS 2.2, kemampuan fast charging 33 W, serta reverse charging melalui antarmuka OTG (on the go).

Ponsel ini juga diberikan sertifikasi ketahanan air berupa IP54 sehingga membuatnya tetap aman sekalipun terkena debu maupun percikan air. Karena itu, ponsel ini cocok digunakan untuk pengguna yangbutuh ponsel dengan desain menarik dan punya kemampuan tahan air.

Baca juga  14 HP Realme yang Support NFC Terbaru (Juli 2022)

4. OPPO Reno7

OPPO Reno7
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


2 MP
(microscope)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.199.000

OPPO Reno7 resmi dirilis sebagai ponsel kelas menengah di Indonesia dan sebagai pelengkap dari seri Reno7 yang rilis lebih dulu. Meskipun berada di kelas menengah, tetapi OPPO Reno7 ini memiliki keunggulan dan daya tarik tersendiri. Salah satunya yaitu dari aspek kamera yang juga menjadi nilai jual dari ponsel ini.

OPPO Reno7 memiliki kamera selfie 32 MP yang berada di sebuah punch hole. Kamera tersebut dilengkapi dengan dukungan AI untuk menggunakan fitur Bokeh Flare Portrait. Untuk bagian belakang, terdapat tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera mikro 2 MP, dan kamera makro 2 MP.

Menariknya, dua dari ketiga kamera tersebut dilengkapi dengan Dual Orbit Light yang memancarkan warna biru untuk notifikasi atau ketika daya ponsel diisi. Selain itu, OPPO Reno7 bahkan memiliki fitur flagship yaitu Microlens. Microlens pada ponsel ini dapat menangkap foto dan video untuk objek berukuran kecil dengan perbesaran mencapai 15x atau 30x.

Dari aspek lainnya, OPPO Reno7 dibekali layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate mencapai 90 Hz. Disamping itu, ponsel ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 680 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB yang masih bisa ditambah dengan microSD hingga 1 TB.

5. OPPO A16e

oppo a16e
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Po 4230 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.799.000

Sebagai anggota baru dalam lini OPPO A series, OPPO A16e rilis dengan harga yang lebih terjangkau daripada OPPO A16. Oleh karena itu, terdapat beberapa penyesuaian pada spesifikasi ponsel agar setara dengan harga yang ditawarkan. Meskipun begitu, OPPO A16e melakukan pengimbangan dengan peningkatan pada bagian lain.

Salah satu yang mengalami peningkatan pada ponsel ini adalah kamera. OPPO A16e memiliki satu kamera belakang dengan resolusi 13 MP didukung oleh tingkat AI yang lebih baik. Bagian depan OPPO A16e memiliki poni dengan model waterdrop untuk menyimpan kamera selfie 5 MP. Meskipun begitu, layar pada ponsel ini telah memiliki resolusi HD+ berukuran 6,52 inci.

OPPO A16e ditenagai  chipset MediaTek Helio P22 yang dipadukan dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Selain itu, ponsel ini juga memiliki slot memori tambahan untuk microSD sehingga penyimpanan masih bisa ditambah hingga 1 TB.

6. OPPO Reno7 5G

OPPO Reno7 5G (Indonesia)
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.499.000

OPPO Reno7 5G adalah ponsel bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman ponsel flagship OPPO, tapi dengan harga lebih miring. Pasalnya, HP ini punya fitur unggulan bokeh flare video yang masih sulit dijumpai di HP kelas menengah lain.

Hasil foto kamera HP ini pun bagus, sama seperti pendahulunya, yaitu OPPO Reno6 5G. Selain fotografi, OPPO Reno7 5G mengandalkan desain bodinya yang ringan dan tipis, performa stabil dan kencang berkat SoC MediaTek Dimensity 900, serta baterai 4500 mAh dengan manajemen daya yang sip.

Baterai tersebut didukung teknologi pengisian cepat 65W. Oh iya, OPPO Reno7 5G juga masih memiliki jack audio 3,5 mm. Bisa dibilang, HP ini adalah pilihan paling aman untuk semua orang. Adapun OPPO Reno7 5G dirilis dengan harga ritel Rp7,5 juta.

7. OPPO Reno7 Z 5G

OPPO Reno7 Z 5G
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.999.000

Status OPPO Reno7 Z 5G memang varian terendah dalam OPPO Reno7 Series. Kendati demikian, HP ini sudah mendukung konektivitas 5G. Hal ini tak seperti varian terendah pada Reno6 Series dan Reno5 Series. Dukungan konektiviitas 5G tak lepas dari SoC Snapdragon 695 5G.

SoC ini bukanlah SoC sembarangan karena mengandung inti CPU Kryo 660 Gold (berbasis Cortex A78). Karena itu, performa Reno7 Z 5G cukup kencang dan mampu menangani gim-gim populer masa kini. Yang paling menarik dari HP ini ada di dua lingkaran kamera belakangnya.

Bagian itu mampu mengeluarkan cahaya melingkar saat ada notifikasi masuk. OPPO menyebutnya dengan dual orbit lights. Hal menarik lagi dari Reno7 Z 5G adalah bodi ringan dan tipis serta baterai 4500 mAh yang awet dengan pengisian cepat 33W.

8. OPPO A55

OPPO A55
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.699.000

Ingin menghadiahkan ponsel untuk anak atau orang tua? OPPO A55 adalah opsi yang bisa Anda lirik. Ada beberapa alasan kenapa HP ini cocok untuk anak-anak dan orang tua yang baru mengenal smartphone. Pertama, OPPO A55 punya performa yang cukup untuk menunjang tugas ringan sehari-hari.

Mulai dari browsing, sosial media, hingga menonton video. Kedua, HP ini telah melalui uji quality control ketat ala OPPO, sehingga mampu dipakai untuk jangka waktu lama. Apalagi HP ini juga punya sertifikasi IPX4 alias tahan percikan air dari segala sisi.

Ketiga, OPPO A55 memiliki baterai 5000 mAh yang awet untuk pemakaian sehari penuh. Keempat, harga HP ini cukup terjangkau, hanya Rp2 jutaan. Bagaimana, menarik bukan?

9. OPPO A76

OPPO A76
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.399.000

Siapa bilang HP OPPO yang punya penampilan cantik tak cocok untuk dipakai main gim Mobile Legends secara kompetitif. Pandangan itu perlu ditarik jika Anda mengetahui OPPO A76 ini. Pasalnya, ponsel ini dibekali SoC yang cukup oke untuk menjalankan gim-gim populer masa kini.

Adalah Snapdragon 680 SoC yang dipakai OPPO A76. SoC ini sebetulnya mirip dengan Snapdragon 662. Namun, ia dibikin dengan fabrikasi 6 nm, sehingga lebih bertenaga sekaligus hemat daya. SoC ini dipadu dengan RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB yang terbilang lapang.

Pengalaman main gim makin seri karena layar OPPO A76 mendukung refresh rate 90 Hz. Satu hal lagi yang keren dari HP ini adalah baterai 5000 mAh-nya yang tahan lama. Bahkan baterai tersebut didukung pengisian cepat 33W yang membuat proses mengecas jadi singkat.

10. OPPO A95

OPPO A95

OPPO A95 adalah smartphone 4G terjangkau dengan yang merata di banyak sektor. Baik layar, performa, kamera, daya tahan baterai, semuanya oke. Bahkan desainnya pun keren. Untuk masalah performa, tugas-tugas esensial sehari-hari dapat ditangani dengan gegas oleh SoC Snapdragon 662. Kemampuan multitasking HP ini juga sip berkat RAM sebesar 8GB.

Kalau pengguna merasa kurang, ada fitur ekspansi RAM untuk hingga 5 GB, sehingga HP ini punya RAM total 13 GB. Kalau soal desain, OPPO A95 terbilang kompak dan ringan. Penuutp belakangnya dibikin dengan teknologi OPPO Glow yang memberikan kesan premium sekaligus mampu meminimalkan berkas sidik jari.

Yang keren lagi, OPPO A95 sudah memperoleh sertifikasi IPX4. Artinya, HP ini tahan cipratan air dari segala arah. Adapun menurut klaim OPPO, teknologi pengisian cepat 33W mampu membuat baterai HP ini terisi 54% dalam tempo 30 menit saja.

11. OPPO A53 4/128 GB

OPPO A53
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 460
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(ultrawide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.300.000

OPPO Indonesia merilis ulang OPPO A53. Jika rilisan 2020 punya konfigurasi memori 4/64 GB, model yang baru ini punya RAM 4 GB plus memori internal 128 GB. Penyuntikan memori internal lebih besar bukan cuma membuat ruang simpannya makin lapang. Namun, model ini juga kebagian fitur RAM+.

Fitur tersebut diklaim mampu mengurangi waktu jeda saat Anda membuka gim atau aplikasi. Spesifikasi lain dari HP Rp2 jutaan ini juga cukup menjanjikan. Mulai dari layar IPS LCD yang mendukung refresh rate 90 Hz, SoC Snapdragon 460, memori internal UFS 2.1, sampai speaker stereo dengan preset Dirac.

Khusus Snapdragon 460, SoC ini bukan seri Snapdragon 400 biasa. Ia sudah menggunakan CPU dengan inti performa Cortex A73, maka jangan remehkan performanya saat menjalankan tugas sehari-hari. Ulasan lengkap mengenai HP ini bisa disimak dalam artikel kelebihan dan kekurangan OPPO A53.

12. OPPO A16 4/64

OPPO A16
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.499.000

OPPO Indonesia melihat bahwa peminat OPPO A16 begitu besar sejak diluncurkan pada Juli 2021. Kenaikan penjualannya mencapai 3,3 persen tiap bulannya menurut klaim mereka. Atas dasar itu, OPPO meluncurkan OPPO A16 baru dengan memori lebih besar, yakni 4 GB RAM dengan penyimpanan internal 64 GB (sebelumnya 3/32 GB).

OPPO A16 4/64 GB hadir dalam dua varian warna, yakni Space Silver dan Pearl Blue. Di luar varian konfigurasi memori yang kian lapang, fitur-fitur menarik yang ada di model sebelumnya tetap ada. Misalnya, baterai 5000 mAh yang mampu memutar video YouTube sampai 21 jam.

Kemudian, ada juga fitur Super Nighttime Standby yang memungkinkan HP hanya menyedot daya 1,21% selama jam tidur. OPPO A16 4/64 GB juga punya sertifikasi tahan cipratan air IPX4, serta lulus berbagai uji quality control (termasuk uji jatuh). Adapun HP ini dirilis dengan harga ritel Rp2,49 juta.

13. OPPO Reno6 Pro 5G

OPPO Reno6 Pro 5G
Layar AMOLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


13 MP
(telephoto)


16 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 10.999.000

Aktivitas fotografi akan terasa lebih menyenangkan jika menggunakan perangkat yang ideal. OPPO Reno6 Pro 5G tentunya akan jadi opsi yang menggiurkan, mengingat tersedianya fitur kamera unik seperti Bokeh Flare Portrait dan AI Color Portrait yang bisa menyulap tangkapan kamera menjadi konten yang engaging.

Meski merupakan varian Pro, nyatanya desain bodi ini tetap terasa begitu compact dengan ketebalan 7,99 mm dan bobot 188 gram saja. Dari segi kinerjanya pun, Snapdragon 870 miliknya dijamin bikin pengalaman main game jadi lebih khidmat.

Agar bisa melakukan seluruh aktivitas di ponsel dengan menyenangkan, OPPO Reno6 Pro 5G juga dilengkapi layar OLED berbentang 6.5 inci beresolusikan Full HD+ yang tawarkan refresh rate 90 Hz.

Dua mode warna pada layar pun dapat dipilih, yakni mode vivid dengan gamut 97% NTSC dan 100% DCI-P3, serta mode gentle pada gamut 71% NTSC dan 100% sRGB.

Sebagai HP yang gunakan layar OLED, OPPO Reno6 Pro 5G juga punya ketahanan baterai yang sangat baik untuk menunjang beragam aktivitas di masa kini. Kapasitasnya yang sebesar 4500 mAh mengandalkan juga fast charging 65W SuperVOOC 2.0. Tertarik membeli HP OPPO seharga Rp11 juta (harga rilis) ini?

14. OPPO Reno6 5G

OPPO Reno6 5G
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.999.000

Lebih murah dari varian Pro. ponsel seri Reno6 ini juga sama-sama menyuguhkan konektivitas 5G berkat penggunaan chipset Dimensity 900 sebagai dapur pacunya. Di harganya yang Rp8 jutaan saat rilis, OPPO Reno6 5G sungguh mampu memberikan kinerja game dan kelancaran bermedsos yang optimal untuk segmen flagship killer.

Kini di belakangnya tesemat konfigurasi Triple Camera saja ketimbang Quad Camera, mengusung lensa utama 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide FOV 119 derajat), dan juga 2 MP (makro). Kemampuan kamera ini bisa dipakai untuk merekam video hingga resolusi 4K pada frame rate 30 FPS.

Keunggulan lainnya dari ponsel ini adalah lensa depan yang punya resolusi tinggi, 32 MP. Hadir dengan bukaan f/2.4 dan ukuran sensor 1/2.8 inci, OPPO Reno6 5G siap mengambil sisi terbaik dari ekspresi Anda. Sayangnya, belum tersedia OIS pada kamera belakang maupun depannya.

Desain bodinya mendapatkan peningkatan dibanding generasi pendahulu, mengusung teknologi OPPO Reno Glow yang membuatnya mampu memancarkan lebih banyak warna.

Beragam fitur video menarik pun bisa Anda nikmati, seperti AI Highlight yang dapat mengaktifkan HDR secara otomatis pada siang hari ataupun menampilkan exposure lebih banyak saat malam hari.

Fitur lainnya adalah AI Color Portrait yang dapat membuat subjek utama tetap berwarna sementara latar belakang dibuat monokrom, dan Bokeh Flare Portrait untuk berikan efek bokeh yang indah secara otomatis pada video.

15. OPPO A16

OPPO A16
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.499.000

OPPO A16 adalah opsi yang ideal buat Anda yang mencari HP berdesain elegan. Tidak ada corak neko-neko di ponsel ini. Begitu juga dengan jeroannya yang cocok buat Anda yang memanfaatkan HP untuk aktivitas kasual. Kalangan pelajar juga cocok menggunakan HP ini karena layar dan baterainya tergolong besar.

Beberapa fitur menarik disematkan OPPO buat produknya yang dijual mulai harga Rp1 jutaan ini. Fitur-fitur itu misalnya WiFi AC (5 GHz), USB OTG, FM Radio, dan sensor-sensor yang lengkap. Termasuk sensor sidik jari yang ada di samping dan sensor magnetik (kompas).

Baca juga  10 Chromebook Murah dan Berkualitas Bagus (Juli 2022)

Tiga biji kamera belakang dengan lensa utama 13 MP rasanya sudah cukup sebagai alat pengabadi gambar kala kondisi pencahayaan oke. Begitu pula dengan kamera depannya yang beresolusi 8 MP.

16. OPPO Reno6 4G

OPPO Reno6 4G
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4310 mAh
Harga Saat Rilis Rp 5.199.000

Anda jangan sedih melihat kenyataan bahwa Snapdragon 720G dipakai untuk tiga generasi OPPO Reno. Ya, sebelum digunakan OPPO Reno6 4G, SoC ini telah lebih dahulu mengotaki Reno4 Pro dan Reno5. Chipset boleh sama, tapi OPPO melakukan optimasi agar performa yang keluar makin sip di Reno6 4G.

Hal ini terlihat dari kemampuan si ponsel mempertahankan frame rate tertinggi ketika menjalankan gim-gim berat. Kemudian, beberapa penguji juga mengakui kualitas jepretan Reno6 4G sangat konsisten dalam berbagai kondisi. Optimasi selanjutnya yang terlihat adalah konsumsi daya yang kian irit.

Dalam pengujian yang dilakukan Jagat Review HP ini mampu tembus pemakaian 21 jam 15 menit saat memutar video 1080p. Hal yang mustahil dilakukan ponsel lain dengan kapasitas baterai 4310 mAh. Yang tak kalah penting dari OPPO Reno6 tentu adalah desainnya yang cantik nan kompak.

Smartphone yang dirilis dengan harga Rp5 jutaan ini pun layak menyandang predikat sebagai HP all-rounder karena punya kemampuan yang merata di berbagai sektor.

17. OPPO A74 5G

OPPO A74 5G
Layar LTPS IPS LCD 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.799.000

Bagi Anda yang sedang memburu ponsel OPPO terbaru berteknologi 5G dengan harga murah, wajib hukumnya menyapa OPPO A74 5G yang hanya dipatok seharga Rp3,49 juta untuk tipe 6/128 GB. Ririlis pada April 2021, perangkat ini diotaki oleh Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G bermanufaktur 8 nm.

Ponsel ini dipastikan akan membuat penggunanya betah berlama-lama melakukan beragam aktivitas mobile karena sudah disuntik oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh. Pengguna juga akan dimanjakan oleh kamera selfie yang besar yaitu 16 MP, sedangkan kamera utamanya juga tidak kalah menyuguhkan konfigurasi tinggi antara lain 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP.

Berbicara layar, OPPO A74 5G berpanelkan IPS LCD 6.5 inci yang diklaim siap memberikan sudut pandang yang baik, lebih hemat daya, dan layarnya akan tetap jelas meski dilihat dari samping. Untuk menyuguhkan tampilan visual yang menawan, perangkat ini telah dibekali oleh Adreno 619. Baca lebih jelasnya di artikel kelebihan dan kekurangan OPPO A74 5G.

18. OPPO A74

OPPO A74
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.499.000

Selain merilis versi 5G, OPPO A74 juga hadir dalam kemasan standar. Berlayar pada April 2021 di industri perponselan, OPPO A74 hadir dalam dua pilihan warna Prism Black dan Midnight Blue, membuatnya tampak lebih futuristik. OPPO A74 diberkati dengan layar AMOLED 6.43 inci yang memiliki tingkat kecerahan 430 nits dan kerapatan piksel 409 ppi.

Pada dapur pacu, OPPO A74 meracik Snapdragon 11 nm sebagai chipsetnya yang dibumbui oleh Adreno 610 untuk kartu grafisnya. Performanya semakin sedap berkat ruang memori yang luas dalam kombinasi 6/128 GB. Pengguna pun masih dapat menambahkan memori microSDXC bila daya tampung perangkat telah habis atau kurang.

Berbeda dengan edisi 5G, ponsel A74 reguler hanya membawa triple sensor pada kamera utamanya yang berukuran 48 MP + 2 MP + 2 MP. Sedangkan untuk menghasilkan gambar potrait dapat menggunakan kamera selfie 16 MP. Ponsel yang dipasok daya 5000 mAh, bisa dibungkus pada rentang harga Rp3,6 jutaan per unitnya. Gimana berminat?

19. OPPO A54

OPPO A54
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset MediaTek Helio P35
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.399.000

Siapa bilang HP bagus harus mahal? Dengan kocek 2 jutaan, OPPO A54 yang dirilis di Indonesia secara perdana ini sudah bisa Anda bawa pulang. Desain bodinya yang begitu menawan serta teknologi layar yang membuat nyaman penggunanya turut menjadi daya tarik tersendiri pada HP ini.

Dan walaupun murah, OPPO juga menghadirkan sertifikasi IPX4 yang membuatnya tahan terhadap percikan air. Ini sungguh sebuah fitur menarik yang jarang dihadirkan pada HP lain di kelas harga yang sama.

Yang jadi masalahnya, penikmat film mungkin akan merasa kurang puas dengan layarnya yang masih beresolusikan HD Plus (720p) alih-alih Full HD Plus (1080p). Tingkat ketajaman layar mungkin tidak akan sebagus HP lainnya. Tapi secara keseluruhan tetap masih oke di kelas harganya.

20. OPPO Find X3 Pro

OPPO Find X3 Pro
Layar LTPO AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


13 MP
(telephoto)


50 MP
(ultrawide)


3 MP
(microscope)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 15.999.000

Sudah pada tahu belum kalau OPPO baru saja merilis ponsel flagship yang diberi nama Find X3 Pro. Menjadi perangkat andalan, Find X3 Pro ditunjang oleh Snapdragon 888 berchip 5 nanometer dari prosesor Qualcomm. Ponsel dengan GPU Adreno 660 ini semakin ngebut berkat ruang penyimpanan yang luas yakni 8/256 GB dan 12/256 GB berteknologi UFS 3.1.

Layar dari perangkat ini terbilang luas, 6.7 inci dengan panel teknologi LTPO AMOLED yang mampu melaju 120Hz dan kecerahan hingga 500 nits. Ponsel pintar ini cocok dipakai aktivitas gaming karena memiliki rasio layar-ke-bodi 89,6 persen dan kerapatan piksel hingga 525 ppi.

Apalagi dengan sokongan daya yang lumayan mumpuni yakni 4.500, dilengkapi dengan pengisian cepat 65W, pengisian nirkabel 30W, hingga pengisian balik 10W.

Pengaturan kamera ponsel pintar ini sungguh luar biasa dengan menghadirkan konfigurasi 50 MP + 13 MP + 50 MP + 3 MP pada kamera belakang dan 32 MP untuk kamera depannya. Model OPPO yang hadir dalam tiga warna yaitu Blue, White, dan Gloss Black ini menjajakan beragam sensor seperti sidik jari, kompas, dan warna spektrum.

Bagi kamu yang ingin berkenalan lebih lanjut dengan ponsel ini, bisa baca artikel bertajuk kelebihan dan kekurangan OPPO Find X3 Pro.

Nah, itulah daftar HP OPPO terbaru di tahun ini yang mungkin bisa jadi referensi untuk Anda pilih, Selain kamera selfie yang mumpuni, berbagai HP di atas juga memiliki kualitas yang tidak kalah baik dengan brand lain seperti Samsung dan Xiaomi. Dari daftar tersebut, manakah HP OPPO yang jadi favorit Anda?


https://actoncloud.com