20 HP Nokia Terbaru Beserta Harga & Speknya (Juni 2022)


Nokia pernah menjadi handphone terlaris dan dielu-elukan karena kecanggihannya di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, Nokia sempat melempem karena banyaknya vendor smartphone bermunculan ke permukaan.

Namun kini Nokia sudah kembali dan berusaha mencapai puncak kejayaannya kembali dengan memperkenalkan berbagai produk terbarunya. Sayangnya, tidak semua produk Nokia terbaru rilis di Indonesia. Berbeda dengan vendor lain seperti Samsung rajin mengeluarkan HP terbaru untuk pasar Indonesia.

Carisinyal akan membahas dan mengulas HP Nokia keluaran terbaru, yang rilis secara global. Penasaran dengan daftar HP terbaru dari produsen yang sangat melegenda ini? Berikut ulasannya.

1. Nokia C21 Plus

Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB, 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5050 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Di 2022, HMD Global, pemilik lisensi untuk memproduksi ponsel Nokia, merilis kembali lanjutan dari seri Nokia C yang dihargai pada kelas entry-level, yakni Nokia C21 Plus. Ini adalah smartphone yang ditujukan untuk penggunaan ringan sehari-hari seperti SMS, messenger, media sosial, YouTube, dan sebagainya.

Perangkat ini membawakan ukuran layar 6,5 inci yang cukup luas dengan resolusi HD+ di aspek rasio 20:9. Sementara untuk dapur pacunya, ponsel didukung dengan chipset Unisoc SC9863A. Ini ditemani dengan kapasitas internal 32 GB atau 64 GB serta tiga varian RAM berbeda, yakni 2 GB, 3 GB, dan 4 GB.

Karena kapasitas memorinya terbilang cukup terbatas, Nokia mengakalinya dengan membubuhkan Android 11 Go Edition sehingga penggunaan tetap berjalan cepat dan lancar tanpa kendala. Memori internal juga bisa diperluas dengan memasukkan kartu eksternal ke slot yang tersedia.

Nokia C21 Plus juga memiliki ketahanan bodi yang cukup kokoh. Bahkan, smartphone 1 jutaan ini dirancang agar tahan terhadap percikan air, lho. Layarnya pun sudah dilapisi dengan pelindung antibaret. Tertarik?

2. Nokia C21

nokia c21_
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Selain dari versi Plus-nya, terdapat juga Nokia C21 yang dirilis dengan harga Rp1 jutaan saja. Spesifikasinya memang standar, tapi setidaknya Anda masih bisa menikmati aktivitas menonton dengan nyaman berkat layarnya yang besar.

Ketimbang varian Plus, bodi belakangnya terlihat berbeda dengan modul kamera berbentuk bundar yang diletakkan di tengah, tepatnya di atas indentation yang menjelma sebagai sensor pemindai sidik jari.

Tidak ada proteksi terhadap percikan air di HP ini, namun Anda tetap bisa mengekspektasikan ketahanan bodi yang solid khas Nokia. Masih sama dengan Plus, dapur pacu HP didukung dengan Unisoc SC9863A berfabrikasi 28 nm yang dipadankan dengan GPU IMG8322.

Tidak menyuguhkan Dual Camera, versi reguler tersebut dilengkapi dengan kamera belakang unggal berkekuatan 8 MP, disertai pula dengan LED flash dan kemampuan pemotretan HDR agar hasil fotonya semakin kece.

Pada bagian depan, tersemat sensor 5 MP dengan LED Flash dan kemampuan perekaman video resolusi 720p. Di HP ini, Anda bisa mengekspektasikan pengalaman pengguna yang terbilang lancar dengan Android 11 Go Edition, disinyalir dapat membuka aplikasi lebih banyak dan lebih cepat ketimbang Android biasa.

3. Nokia C2 2nd Edition

Nokia C2 2nd Edition
Layar IPS LCD 5.7 inci
Chipset UNISOC
RAM 1 GB, 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
5 MP
()
Baterai Li-Ion 2400 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Dengan hanya mengeluarkan kocek sebesar 79 euro (setara dengan Rp1,2 jutaan), Nokia C2 2nd Edition ini sudah bisa Anda dapatkan. Spesifikasinya memang cenderung sederhana, namun perangkat masih dilengkapi dengan fitur mumpuni. Contohnya, seperti layar IPS 5,7 inci yang mengusung desain Full View.

Perangkat juga dihadirkan dengan desain bodi kokoh yang membuatnya tahan dari benturan, berkat build quality-nya yang solid. Ponsel pintar yang memiliki bobot sebesar 180 gram ini turut sediakan WiFi 2,4 GHz serta Bluetooth 5.0. Menariknya lagi, tersedia fitur FM Radio yang bisa beroperasi secara nirkabel.

Smartphone tersedia dalam dua varian warna yang kece yakni Dark Blue dan Warm Grey. Untuk berikan experience yang mulus, Nokia C2 2nd Edition dirilis menggunakan sistem operasi Android 11 Go Edition.

Meski hanya memiliki baterai berkapasitas 2.400 mAh, Nokia mengklaim ponsel ini tetap dapat bertahan hingga seharian penuh. Ini bisa jadi diakibatkan dari resolusi layar yang cukup rendah di 480 x 960 piksel, sehingga tidak begitu boros baterai.

Jadi kalau Anda butuh HP dengan bodi yang solid, bisa memutar radio tanpa harus pakai earphone, dan hemat baterai, Nokia C2 2nd Edition adalah salah satu yang terbaik di kelas harganya.

4. Nokia G11

Nokia G11
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC T606
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
()


2 MP
()
Baterai Li-Po 5050 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Jika menilik pada mayoritas ponsel Nokia, jarang menemukan produk yang mengutamakan sisi performa. Terlebih pada seri Nokia C. Nah, kalau Anda mencari HP untuk bermain gim dengan lancar, kami rekomendasikan Nokia G11 yang memang khusus untuk gaming.

Dengan kinerja gahar, smartphone ini sanggup memainkan Mobile Legends tanpa kendala berkat sokongan chipset Unisoc Tiger T606. Ini juga berkat perpaduan memori internal 32 GB dengan RAM 3 GB yang terbilang cukup layak. Terlebih, pengguna disuguhkan slot memori eksternal terpisah yang mendukung microSD hingga kapasitas 512 GB.

Kerennya lagi, smartphone ini sudah meninggalkan port microUSB dan kini menggunakan USB Type-C pada fast charging 18 W. Dengan baterainya yang jumbo, niscaya Nokia G11 akan menjadi teman bermain gim yang bisa diandalkan dalam waktu lama.

Pada sensor keamanannya, ponsel mengusung sensor sidik jari di samping (side-mounted fingerprint) yang menyatu dengan tombol Power. Sementara itu, Face Unlock-nya juga sekaligus menjelma sebagai Mask Unlock agar Anda tetap dapat membuka kunci layar meskipun menggunakan masker.

5. Nokia G21

Nokia G21
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Unisoc T606
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)

Baterai Li-Po 5050 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Salah satu ponsel 2 jutaan terbaik yang bisa didapatkan kini datang dari Nokia G21, dengan baterai berkapasitas 5.050 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga tiga hari lamanya.

Dibandingkan dengan Nokia G20 yang jadi pendahulunya, HP Nokia G series ini menawarkan tingkatan performa yang tiada dua, menggunakan Unisoc Tiger T606 alih-alih Helio G35. Unisoc Tiger T606 ini mendapatkan cakupan inti performa ARM Cortex A75 yang menandakan bahwa ia siap dipakai gaming.

Sensor kamera utamanya mengusung resolusi 50 MP dengan dukungan dua lensa pendamping yaitu satu kamera makro 2 MP dan sensor kedalaman 2 MP. Sayangnya, tidak ditemukan sensor ultrawide kali ini, sebuah penurunan dari Nokia G20.

Baca juga  10 HP vivo Harga di Bawah 3 Jutaan Terbaik (September 2022)

Keunggulan HP ini juga terletak pada layarnya, karena dapat membantu pengguna dalam bersenang-senang saat menonton film ataupun video kesukaan. Ini karena ia mengusung panel layar IPS LCD berukuran cukup lega yaitu 6,5 inci, dengan balutan refresh rate 90 Hz yang memanjakan mata saat browsing ataupun sekadar scrolling Instagram.

6. Nokia X100

Nokia X100
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4470 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Amerika Serikat jadi negara pertama yang didatangi Nokia X100. Ya, HP ini dirilis secara resmi di AS pada November 2021. Nokia X100 jadi salah satu opsi bagi yang ingin merasakan smartphone 5G dengan harga terjangkau. Konektivitas memang menjadi andalan dari HP dengan SoC Snapdragon 480 ini.

Pasalnya, selain konektivitas 5G, Nokia X100 mendukung WiFi 5 GHz, Bluetooth 5.1, NFC, hingga Radio FM. Yang keran lagi, HP ini memakai sistem optik racikan Zeiss. Maka kemungkinan besar kualitas jepretannya bagus.

HMD Global, selaku pemegang hak merek Nokia, membekali HP ini dengan komponen-komponen yang mumpuni. Seperti kaca proteksi Gorilla Glass 3, baterai 4470 mAh dengan pengisian cepat 18W, dan memori 6/128 GB. Adapun HP ini dihargai 252 dolar AS, sekitar Rp3,5 juta.

7. Nokia G300

Nokia G300
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset Snapdragon 480
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
16 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4470 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

HMD Global punya solusi buat mereka yang ingin merasakan ponsel 5G, tetapi bujetnya terbatas. Solusi itu adalah Nokia G300. Ya, HP ini mendukung konektivitas 5G berkat keberadaan chipset Snapdragon 480 dari Qualcomm. Internetan pun bisa ngebut di ponsel ini.

Tidak hanya itu, Nokia G300 ternyata punya sederet fitur konektivitas yang oke. Misalnya, WiFi 5 GHz, Bluetooth 5.0, dan NFC. Di luar konektivitas, ponsel ini cukup kuat di berbagai sektor.

Ia punya konfigurasi tiga kamera belakang lengkap dengan lensa ultrawide. Kemudian, ada pula memori internal 64 GB serta slot microSD khusus. Selain itu, baterai yang disematkan juga mumpuni, yakni 4470 mAh dengan teknologi pengisian cepat 18W.

8. Nokia G50

Nokia G50
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

HMD Global, selaku pemegang merek HP Nokia, tidak hanya mengeluarkan Nokia G20 dan Nokia G10 untuk memperbarui katalog G Series pada 2021. Mereka pun meluncurkan Nokia G50 pada September 2021. Ketimbang G10 dan G20, HP ini lebih unggul karena punya spesifikasi lebih mumpuni.

Walau begitu, ketiganya sama-sama masuk kategori kelas entri. Satu hal yang membuatnya unggul adalah dukungan konektivitas 5G. Kemampuan ini didapat dari modem X51 5G yang terkandung di dalam SoC Snapdragon 480. Keistimewaan Snapdragon 480 milik Nokia G50 ini bukan cuma itu.

Pasalnya, SoC ini beda dari Snapdragon 400 series lainnya. Di dalamnya terdapat core performa berbasis Cortex A76. Sebelumnya, core performa dari Cortex A7x belum pernah ada di SoC Snapdragon 400 Series. Karena itu, secara teori Snapdragon 480 mampu membuat Nokia G50 punya performa mumpuni.

Adapun beberapa hal menarik lain yang dimiliki Nokia G50 adalah konfigurasi tiga kamera belakang lengkap dengan lensa ultrawide, dukungan WiFi 6, serta baterai 5000 mAh yang diperkuat teknologi pengisian cepat 18W.

9. Nokia XR20

Nokia XR20
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Snapdragon 480
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4630 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Di kelas harga flagship killer (7 jutaan) ada Nokia XR20 dengan spesifikasi yang cukup unggul di bidang kamera serta ketahanan bodinya. Pasalnya, ia sudah gunakan standar militer yang membuatnya lolos uji skenario ekstrim. Ini juga merupakan salah satu dari segelintir HP yang menggunakan Snapdragon 400 series namun sudah dibekali dengan konektivitas 5G.

Meski reputasi Snapdragon 400 series sangat kental dengan embel-embel “murah”, tapi jangan remehkan yang satu ini. Pasalnya, Snapdragon 480 5G yang hadirkan fabrikasi 8 nm serta TDP 3 W membuatnya salah satu chipset dengan efisiensi daya terbaik di dunia.

Performanya sungguh nyaris tidak kalah dibanding Snapdragon 720G, serta suguhkan pengolah grafis Adreno 619 dengan frekuensi 825 MHz. Hebatnya, ia punya besaran frekuensi GPU yang lebih besar dari Adreno 618 milik Snapdragon 720G (750 MHz). Sebuah chipset yang memang cukup layak disandingkan dengan ponsel kelas atas.

Pada bentang layar IPS LCD berukuran 6,67 inci, tersemat resolusi Full HD Plus yang cukup tajam serta proteksi lapisan Corning Gorilla Glass Victus. Layarnya memang masih pakai IPS, tapi tingkat kerapatan pikselnya cukup tinggi di angka 395 ppi.

Nokia juga adalah salah satu brand yang sering adakan kerja sama dengan perusahaan lensa profesional bernama Zeiss, menawarkan penyetelan kamera 48 MP (wide) dan 13 MP (ultrawide, FOV 123 derajat) dengan hasil foto berkualitas yang tiada duanya.

10. Nokia C30 

Nokia C30
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Ion 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

HMD Global tidak melupakan segmen entry-level dengan potensi pasar yang begitu luas, hadirkan Nokia C30 yang punya kisaran harga Rp1,7 jutaan saat rilis. Meski murah, beragam spesifikasinya akan membuat siapapun menganga. Pasalnya, ia sudah tawarkan kapasitas baterai berkapasitas 6.000 mAh dengan layar berukuran 6,82 inci yang begitu luas.

Usung desain waterdrop notch, layar juga menyisakan sedikit bezel pada bagian kiri dan kanan. Yang terlihat cukup tebal hanya dagunya saja, bahkan hingga muat ditorehkan nama Nokia di dalamnya.

Ponsel ini membawakan sejumlah keunggulan lain seperti penggunaan slot microSDXC terpisah, sensor sidik jari di belakang, serta desain dan rancang bangun khas Nokia yang terlihat berestetika dan tangguh. Ponsel ini, sebagaimana HP 1 jutaan lainnya, hanya suguhkan opsi RAM kecil seperti 2 GB dan 3 GB.

Baca juga  Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Hauwei Mate 50 Pro

Pun dengan dapur pacunya, ia masih bawakan Unisoc SC9863A pada fabrikasi 28 nm yang terbilang kurang berkinerja. Namun jangan khawatir, hadirnya Android 11 Go Edition yang ringan tetap hadirkan pengalaman pengguna yang cepat dan nyaman. Sedangkan pada memori internalnya, Anda hanya akan disuguhkan kapasitas 32 GB dan 64 GB.

11. Nokia 6310 (2021)

Nokia 6310 (2021)
  • Rilis: Agustus 2021
  • Layar: TFT 2,8 inci (240 x 320 piksel)
  • Chipset: Unisoc 6531F
  • GPU:
  • RAM: 8 MB
  • Memori Internal: 16 MB
  • Memori Eksternal: microSDHC
  • Kamera Belakang: VGA
  • Kamera Depan:
  • Baterai: Li-Ion 1150 mAh

Bagi Anda yang sudah berumur 30 tahun di 2021, pastinya mengenal baik Nokia 6310. saat masa kecil Anda. Ya, ini merupakan ponsel Nokia pertama yang menghadirkan dukungan terhadap Bluetooth. Dulu, ponsel ini memang menyuguhkan ukuran layar yang begitu kecil dan kualitas tampilan layar yang masih tergolong layak pada masanya.

Kini, HMD Global telah merilis ulang HP ini dengan desain bodi yang serupa tapi tak sama. Masih mengusung bentukan bodi yang sama, Nokia 6310 (2021) hadirkan layar yang lebih lebar di angka 2,8 inci pada resolusi 240 x 320 piksel. Feature Phone tersebut juga mengubah tombol direksional menjadi lebih compact. Itu mengapa, ia jadi menyisakan lebih banyak ruang untuk meningkatkan ukuran layar.

HP ini juga mengalami modernisasi seperti hadirnya dukungan untuk mengakses internet. Meski begitu, ia masih tetap hanya mendukung jaringan GPRS pada generasi 2G. Dan, tidak disediakan fitur WiFi di HP ini.

Lensa kamera belakang mengusung resolusi VGA dengan kemampuan LED Flash di kala ingin memotret saat gelap. Tidak tersedia sensor depan, namun ia cukup tawarkan konektivitas lengkap seperti 3.5mm jack audio port, Bluetooth 5.0, Wireless FM Radio, dan port pengisian daya microUSB.

Sudah pasti, tidak ada fast charging di HP ini. Baterainya yang berukuran 1150 mAh memang terbilang kecil bagi kita yang terbiasa gunakan Android. Namun, pada Nokia 6310, baterai diklaim dapat bertahan hingga satu minggu saat berada di dalam mode stand-by. Harganya sekitar 40 euro atau sekitar Rp680 ribuan. Berminat?

12. Nokia C1 2nd Edition

Nokia C1 2nd Edition
Layar TFT 5.45 inci
Chipset UNISOC SC7731e
RAM 1 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera
5 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 2500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Nokia memang jadi salah satu brand HP yang selalu tawarkan ponsel jadul selain smartphone Android. Tapi kalau yang satu ini, Anda mungkin akan menggeleng-geleng kepala bukan main. Pasalnya, Nokia C1 2nd Edition ini adalah ponsel pintar yang hanya menghadirkan jaringan 2G dan 3G saja.

Tidak adanya dukungan terhadap 4G, membuat kita merasa sedang berada di tahun 2013 ke bawah saat jaringan 4G belum tersedia di Indonesia. Spesifikasinya pun dibuat begitu sederhana. Kami cukup paham alasan hadirnya ponsel 3G ini, tentu agar pengguna yang terpentok dana bisa tetap menikmati ponsel Android bermerk Nokia.

Harganya pun dibanderol dengan harga tidak wajar bagi sebuah smartphone, hanya Rp900 ribuan saja. Alhasil Anda akan menemukan hal-hal yang tampaknya akan sulit memberikan pengguna kenyamanan, seperti RAM yang hanya 1 GB, pemakaian dapur pacu Unisoc dengan kinerja seadanya, baterai yang hanya 2500 mAh, dan sebagainya.

Bahkan desain layarnya pun masih gunakan Full View alih-alih poni tetesan air. Nokia C1 2nd Edition sungguh terlihat seperti ponsel yang dikirimkan dari masa lalu lewat mesin waktu dan dijual di masa sekarang. Yang membuat ponsel ini cukup menarik adalah desain yang minimalis namun tetap kece, serta penggunaan Android 11 Go Edition.

13. Nokia 110 4G

Nokia 110 4G
  • Rilis: Juni, 2021
  • Layar: TFT, 1,8 inci
  • Chipset:
  • GPU:
  • RAM: 128 MB
  • Memori Internal: 48 MB
  • Memori Eksternal: microSDHC hingga 32 GB
  • Kamera Belakang: 1 (Resolusi TBU)
  • Kamera Depan:
  • Baterai: Li-Ion1020 mAh

Bagi Anda yang tengah mencari ponsel Nokia terbaru di bawah Rp 1 jutaan, Nokia 110 4G bisa menjadi pilihannya. Ponsel dengan bobot 84,5 gram ini mempunyai dimensi bodi 121 x 50 x 14,5 mm. Perangkat Nokia ini membangun slot untuk SIM bertipe Nano-SIM atau Dual SIM. Tidak ketinggalan, adanya flashlight yang berguna sebagai penerangan.

Nokia 110 4G memasangkan layar berukuran 1.8 inci dengan memanfaatkan panel TFT. Panel dari ponsel ini mampu memancarkan warna hingga 65 ribu warna dengan rasio layar banding bodi sebesar 16,6%. Beresolusi 120 x 160 piksel, kerapatan gambar untuk sebuah ponsel non-touch screen teerbilang tinggi yaitu 111 ppi.

Terdapat beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh ponsel yang punya kamera utama ini antara lain kamus bahasa Inggris dari Oxford, MP3 Player, Permainan, Speaker 3-in-1, hingga Radio FM (mode ganda kabel dan nirkabel). Ponsel dengan memori internal 48/128 MB ini dipasok oleh baterai Li-Ion 1020 mAh yang bisa dilepas.

14. Nokia 105 4G

Nokia 105 4G
  • Rilis: Juni, 2021
  • Layar: TFT 65 ribu warna, 1.8 inci
  • Chipset:
  • GPU:
  • RAM: 128 MB
  • Memori Internal: 48 MB
  • Memori Eksternal:
  • Kamera Belakang:
  • Kamera Depan:
  • Baterai: Li-Ion 1020 mAh

Hampir mirip dengan Nokia 110 4G, perangkat bernama Nokia 105 4G hadir dengan layar berukuran 1.8 inci yang berpanelkan TFT dengan 65 juta warna. Berasio layar ke bodi 16.6%, kerapatan gambar dari ponsel ini mencapai 111 ppi dengan resolusi 120 x 160 piksel.

Jika ditelisik lebih jauh rupanya, Nokia ini punya bobot lebih berat dibandingkan versi 105 2019 yakni 80,2 gram dengan dimensi bodi 121 x 50 x 14,5 mm. Kerennya dari ponsel ini menghadirkan fitur radio nirkabel sehingga pengguna tidak perlu memasangkan earphone.

Adapun sensor MP3 Player dan Redout Assist pada ponsel ini. Nokia 105 4G mempunyai baterai Li-Ion lepas berdaya 1.020 mAh. Dengan kapasitas penyimpanan 48/128 MB, Nokia 105 4G hadir dalam pilihan warna meliputi Merah, Biru, dan Hitam. Nokia 105 4G siap Anda dapatkan pada kisaran Rp450 ribuan per perangkatnya.

15. Nokia C20 Plus

Nokia C20 Plus
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
8 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Ion 4950 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Masuk ke deretan HP Nokia terbaru, Nokia C20 Plus siap menemani Anda dengan suguhan layar IPS LCD berukuran 6,5 inci. Ponsel ini berasio layar banding bodi 81,3% dengan ketajaman layar yang mencapai 270 ppi. Ponsel Nokia ini membawa modul kamera belakang 8 MP untuk lensa dan 5 MP untuk lensa kedalaman. Sedangkan, kamera depan berukuran 5 MP.

Baca juga  11 Aplikasi TV Online Terbaik di Smartphone Android

Berlandaskan Android 11 (Go edition), ponsel ini memakai chipset dari Unisoc SC9863A dengan memanfaatkan Mali-G52 MC2 untuk kartu grafisnya. Untuk proses penyimpanan membawa kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Pngguna juga dapat melampirkan microSDXC hingga 256 GB jika ruang penyimpanan masih sempit.

Ponsel bersensor proksimiti dan akselerometer ini punya baterai badak dengan tipe Li-ion berdaya 4950 mAh yang disertai sistem pengisian 10W. Perangkat ini muncul dalam dua varian corak antara lain Ocean Blue dan Graphite Black. Bagi yang pensaran dengan ponsel ini, pihak Nokia memberikan penawaran pada harga Rp1,5 juta.

16. Nokia C01 Plus

Nokia C01 Plus
Layar IPS LCD 5.45 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 1 GB, 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera
5 MP
()
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Baru menetas pada Juni 2021, Nokia C01 Plus bergerak dengan memakai chipset Unisoc SC9863A. Pada prosesor pengolahan grafisnya menunjuk Mali-G52 MC2 yang diklaim dapat memberikan tampilan animasi memukau di kelasnya. Pengguna dapat menyimpan data dan memasang aplikasi pada ruang penyimpanannya yang berukuran 1/16 GB.

Tidak hanya itu, pengguna dapat memasangkan microSDXC hingga 128 GB pada slot khusus jika kapasitas penyimpanan internal masih tidak cukup menampung data. Baik kamera depan maupun belakang, ponsel ini memutuskan untuk memasangkan konfigurasi yang sama yakni 5 MP.

Ponsel dengan layar berukuran 5,45 inci ini mempunyai panel berteknologi IPS LCD yang memungkinkan lebih hemat daya. Menyoal daya baterai, Nokia C01 Plus menanamkan kapasitas sebesar 3.000 mAh bertipe Li-ion yang dapat dilepas. Nokia C01 Plus dibanderol pada kisaran Rp1 jutaan per unitnya dengan pilihan warna Blue dan Purple.

17. Nokia 2720 V Flip

Nokia 2720 V Flip
Layar TFT 2.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 205
RAM 1 GB
Memori Internal 8 GB
Kamera
2 MP
()
Baterai Li-Ion 1500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

HMD Global kembali menciptakan ponsel Nokia yang membuat orang terkenang akan dekade awal milenium. Ya, ponsel itu adalah Nokia 2720 V Flip, sebuah ponsel lipat dengan dua layar. HP flip atau lipat tentu merupakan barang yang langka Anda temui sejak smartphone layar sentuh menjadi arus utama era kini.

Anda yang kangen dengan sensasi mengetik di keypad dan rindu membuka layar ketika mengangkat telepon mungkin saja akan jatuh hati dengan Nokia 2720 Flip. Di sisi lain, kendati memakai desain ala zaman dulu, ponsel ini sejatinya adalah smartphone. Sebab, tersemat chipset dual-core Snapdragon 205 yang didampingi sistem operasi KaiOS.

Anda pun yang hendak memakai HP ini tidak akan ketinggalan-ketinggalan amat, karena KaiOS mendukung beragam aplikasi perpesanan masa kini, seperti WhatsApp. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan gambar ala kadarnya dengan kamera belakang 2 MP plus lampu flash. Sayang sekali HP ini tidak mendukung radio FM.

18. Nokia X20

Nokia X20
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


5 MP
()


2 MP
()


2 MP
()
Baterai Li-Po 4470 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Nokia telah merilis ponsel berkoneksikan 5G dengan harga yang cukup terjangkau. Inilah Nokia X20, salah satu ponsel pertama yang dihadirkan dengan chipset Snapdragon 480 5G.

Ya, meski masih berada dalam keluarga Snapdragon 400 series (yang cenderung dimaksudkan untuk HP entry-level), Nokia X20 dikabarkan dirilis di Eropa deharga 309 euro alias Rp5 jutaan.

Karena ini ponsel Nokia, maka sudah wajar jika Nokia X20 juga dikolaborasikan dengan Zeiss Optics untuk memaksimalkan kinerja kameranya. Dijamin, hasil foto akan tampil tajam dan berkualitas, baik itu pada kamera belakang maupun depan.

Ponsel ini juga dibekal;i dengan sistem operasi Android 11 tentunya. Namun meski berada di rentang harga mid range, kemampuan fast charging-nya masih menggunakan 18 W yang lebih umum ditemukan pada HP murah. Berminat?

19. Nokia X10

Nokia X10
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4470 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Selain dari Nokia X20, tentu hadir juga model lainnya yang lebih murah dan sederhana yakni Nokia X10. Tapi jangan khawatir, penurunan speknya sungguh tidak banyak. Alih-alih dihadirkan dengan kamera utama 64 MP, di sini Anda hanya dibekali dengan lensa 48 MP, tentunya masih dengan sensor ultrawide, makro, dan kedalaman.

Begitu juga dengan kamera depannya yang menurun menjadi 8 MP. Itu dari resolusinya saja. Soal kualitas, Nokia X10 pastinya masih boleh diadu berkat kolaborasinya dengan Zeiss Optics. Pasalnya, keunggulan kamera memang sudah jadi sorotan utama bagi mayoritas HP smartphone Nokia.

Dan pastinya, HP ini juga sangat cocok bagi pengguna yang hobi tampil stylish. Dengan desainnya yang premium dan simetris, dijamin Anda tidak akan mati gaya kalau pakai Nokia X10. Belum lagi, bodinya dibekali pertahanan splash protection yang baik.

20. Nokia G20

Nokia G20
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
48 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5050 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.499.000

Mau punya ponsel Nokia yang sedikit lebih murah dari seri X? Anda bisa pilih Nokia seri G yang harganya lebih ramah di kantong, ya seperti Nokia G20 ini contohnya. Tapi memang, karena Nokia bukan ponsel yang begitu fokus pada performa, Anda hanya bisa menikmati gaming ala kadarnya dengan chipset Helio G35.

Padahal di harganya yang 2 jutaan, sudah banyak ponsel-ponsel lain yang lebih bertenaga. Untungnya saja Anda masih bisa dimanjakan dengan konfigurasi kamera yang canggih dan berkualitas. Memang belum pakai Zeiss Optics, tapi lensa 48 MP di HP seharga segini saja sudah oke banget. Belum lagi, ponsel ini juga sudah dibekali dengan NFC.

Cukup sayang layarnya yang berpanelkan IPS ini masih mengusung resolusi HD Plus, tidak seperti ponsel lain kebanyakan ayng sudah 1080p.

Nah, itulah tadi kumpulan HP Nokia terbaru di tahun ini. Berbagai HP tersebut sangat cocok bagi Anda yang rindu dengan produk-produk Nokia yang sempat menguasai pasaran di waktu lalu. Mana yang lebih Anda sukai? HP jadul rasa baru atau ponsel canggih?


https://actoncloud.com