20 HP Nokia Android Keluaran Terbaru (Juni 2022)


Nokia dikenal sebagai merk HP asal Finlandia yang cukup populer di tahun 2000an, namun meredup belakangan ini. Setelah sebelumnya lebih memilih menggunakan sistem operasi Symbian atau Windows Phone, kini Nokia kembali mencoba peruntungannya dengan merilis smartphone bersistem operasi Android.

Hal tersebut cukup beralasan mengingat OS Android saat ini digunakan oleh sebagian besar smartphone. Maka dari itu, Nokia sebisa mungkin menciptakan produk ponsel pintar terbaik yang cocok dan sesuai dengan selera konsumen saat ini.

Di artikel lain, kami membahas HP Nokia terbaru. Anda bisa membacanya pada artikel berikut.

20 HP Nokia Terbaru Beserta Harga & Speknya

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas daftar HP Nokia keluaran terbaru yang menggunakan sistem operasi Android. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Nokia C21 Plus

Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB, 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5050 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Tidak banyak ponsel Rp1 jutaan yang menawarkan ketahanan bodi kokoh. Inilah yang menjadikan Nokia C21 Plus terbilang worth it di harganya. Tidak cuman kokoh, build quality ponsel dirancang dengan sangat baik sehingga menawarkan proteksi terhadap baret di layar dan juga percikan air.

Ini merupakan salah satu anggota Nokia C series terbaik, menawarkan sejumlah kelebihan yang menyenangkan seperti slot memori terpisah, ukuran layar besar di angka 6,5 inci, serta sensor sidik jari di samping. Padahal, mayoritas ponsel entry-level masih meletakkan sensor sidik jari di belakang.

Ada pula kamera ganda berkekuatan 13 MP wide-angle serta sensor bokeh 2 MP di punggungnya. Dengan kamera ini, Anda dapat hasilkan rekaman video hingga resolusi 1080p pada kecepatan 30 FPS.

Untuk opsi baterainya, Anda bisa memilih antara 4.000 mAh atau 5.050 mAh. Keduanya pun menghadirkan bobot smartphone yang berbeda pula yakni 178 gram dan 191 gram. Meski bodi belakang terbuat dari bahan plastik polikarbonat, tapi frame-nya sudah terbuat dari aluminium, lho! Tidak heran bodinya punya ketahanan yang kokoh. Tertarik memilikinya?

2. Nokia C21

nokia c21_
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
8 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Kalau mau punya HP Nokia dengan sistem operasi Android yang ngebut, Nokia C21 bisa jadi daily driver yang solid di rentang harga entry-level. Dirilis dengan Android 11 Go Edition, Anda bisa merasakan aktivitas membuka aplikasi yang lebih cepat, terlepas dari RAM-nya yang cukup minim.

Diketahui, ponsel ini menghadirkan opsi RAM 2 GB dan 3 GB serta penyimpanan internal 32 GB dan 64 GB (eMMC 5.1). Sebagai penopang aktivitas berat, disematkan chipset Unisoc SC9863A dengan fabrikasi 28 nm yang beroperasi pada clock speed 1.6 GHz.

Tidak lagi tersedia perekaman 1080p seperti varian Plus-nya, Nokia C21 kini hanya suguhkan support terhadap 720p recording, baik pada kamera belakang maupun depan. Namun tenang saja, ponsel ini masih dilengkapi dengan fitur HDR dan LED Flash sehingga memudahkan Anda untuk hasilkan foto berkualitas.

3. Nokia C2 2nd Edition

Nokia C2 2nd Edition
Layar IPS LCD 5.7 inci
Chipset UNISOC
RAM 1 GB, 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
5 MP
()
Baterai Li-Ion 2400 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Bosan dengan ponsel pintar yang pakai desain kamera tompel dan ceruk kamera depan? Ada Nokia C2 2nd Edition yang suguhkan layar lebar 5,7 inci pada resolusi 480 x 960 piksel.

Desain yang digunakannya adalah FullView yang tampilkan bezel cukup tebal di dagu dan dahinya. Keuntungannya, kini keseluruhan layar dapat terlihat tanpa terganggu penampakkan kamera depan.

Ponsel pintar yang dihargai Rp1,2 jutaan saat rilis ini menggunakan Android 11 Go Edition. Fitur-fiturnya kurang lebih tetap sama dengan Android reguler, tapi Go Edition ini lebih dioptimasi untuk ponsel entry-level.

Dengan bobotnya yang hanya 180 gram, perangkat menawarkan kapasitas baterai Li-Ion sebesar 2.400 mAh. Keunikan dari HP ini terletak pada konektivitasnya. Bagaimana tidak? Nokia C2 2nd Edition sudah tawarkan Bluetooth 5.0 yang lebih hemat daya serta memiliki latensi lebih rendah saat terhubung ke earphone nirkabel.

Ada juga fitur FM Radio yang bisa digunakan secara wireless. Cocok untuk menemani keseharian Anda saat melakukan aktivitas lain. Di bagian belakangnya masih tersemat kamera 5 MP dengan fitur LED Flash dan panorama. Jadi, Anda tetap bisa berfoto ria di malam hari, serta mengambil foto grup dengan nyaman.

4. Nokia G11

Nokia G11
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC T606
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
()


2 MP
()
Baterai Li-Po 5050 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Siapapun berhak untuk sesekali unwind dengan cara bermian gim di ponsel. Nah, kebetulan, Nokia G11 ini punya spek gahar yang cocok untuk bermain gim, lho! Di balik cangkangnya, tersemat chipset Unisoc Tiger T606 yang terbilang gegas untuk ponsel seharga 2 jutaan.

Kapasitas memori internalnya tersedia dalam dua opsi yaitu 32 GB dan 64 GB pada standar eMMC 5.1. Sedangkan untuk RAM, pengguna disuguhkan opsi 3 GB dan 4 GB. Jadi, Anda bisa menampung cukup banyak aplikasi dan membukanya berbarengan tanpa terkena isu force close.

Ponsel yang menggunakan sistem operasi Android 11 ini mendukung setup Triple Camera yang mencakup sensor 13 MP (dengan PDAF), kamera 2 MP makro, dan kamera 2 MP sebagai sensor bokeh. Di sisi depan, ada pula kamera selfie 8 MP. Kamera depan dan belakang sama-sama hadirkan perekaman video hingga resolusi 1080p di kecepatan 30 FPS.

Perangkat juga disuguhkan dengan sensor sidik jari di samping beserta Face unlock yang dapat mengenali wajah pengguna sekalipun pakai masker. Fitur baterai HP ini juga patut diacungi jempol, dengan kapasitas jumbo 5.050 mAh yang bisa dicas menggunakan fast charging 18 W.

Nokia G11 merupakan pilihan smartphone murah bagi yang mencari ketahanan bodi kokoh, sekaligus menyuguhkan performa yang powerful untuk bermain gim.

5. Nokia G21

nokia g21_
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Unisoc T606
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5050 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Punya banderol harga 2 juta tidak mencegah Nokia G21 dalam menawarkan spesifikasi terbaik. Ia mengusung desain bodi yang enak dilihat dan juga kokoh, sebagaimana yang telah lama menjadi DNA Nokia. Selain itu, Anda pun dapat menikmati hasil karya foto menakjubkan berkat resolusi kamera utama yang mencapai 50 MP.

Baca juga  10 Tablet Harga di Bawah 2 Jutaan Terbaik (Agustus 2022)

Sekalipun ponsel ini tidak dirancang untuk memiliki performa yang prima, ia sudah jauh lebih dibanding pendahulunya (Nokia G10) yang gunakan Heilo G35. Kini, Nokia G21 menggunakan Unisoc Tiger T606 yang sudah mengantongi unit performa ARM Cortex A75. Tandanya, ponsel ini sudah cukup siap untuk digunakan sebagai sarana gaming, setidaknya secara kasual apabila bukan secara profesional.

Ponsel inipun kedapatan peningkatan fitur lainnya yaitu layar dengan laju penyegaran 90 Hz yang menawarkan tingkat kemulusan 50% lebih tinggi dibanding 60 Hz biasa. Pada kapasitas baterainya yang 5.050 mAh, Nokia mengklain ponsel ini bisa bertahan hingga tiga hari. Dan bagusnya lagi, Anda tidak perlu menunggu lama saat mengecasnya berkat fast charging 18 W.

6. Nokia X100

Nokia X100
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4470 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Nokia secara resmi mengumumkan peluncuran Nokia X100 pada November 2021. HP ini muncul sebagai alternatif bagi mereka yang menginginkan smartphone 5G dengan bujet terbatas. Ya, di Amerika Serikat, HP ini dijual 252 dolar AS, setara Rp3,5 juta.

Walau murah, bukan berarti Nokia X100 tampil seadanya. HMD Global, selaku produsen HP ini, membekali si ponsel dengan SoC Snapdragon 480 yang cukup kencang. SoC ini ditemani RAM 6 GB dan memori internal 128 GB yang memadai. Masih ada slot microSD untuk menambah ruang simpan.

Untuk sektor fotografi. Ada empat kamera belakang yang menggunakan sistem optik dari Zeiss. Salah satu dari kamera utama itu adalah kamera utama 48 MP. Adapun di sisi depan ada kamera selfie 16 MP. Sisi menarik selanjutnya dari HP ini ada di baterai 4470 mAh-nya yang konon awet sampai dua hari pemakaian.

7. Nokia G300

Nokia G300
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset Snapdragon 480
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
16 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4470 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Sejak lisensi HP Nokia dipegang oleh HMD Global, portofolio utama HP merek ini dijejali oleh smartphone Android. Namun, HMD Global tak pernah mengubah bahasa desain HP Nokia yang sejak dahulu terkenal elegan dan punya keandalan tinggi.

Contohnya seperti Nokia G300 ini. Sebagian orang melihat bahwa desain HP ini agak jadul dengan bentuk kamera depan seperti tetesan air. Modul kameranya lingkaran, sama seperti kebanyakan ponsel Nokia G Series lain.

Akan tetapi, HMD Global menjamin ponsel ini awet dipakai dalam jangka waktu lama, apalagi mendukung konektivitas 5G. Bahasa kerennya adalah built to last. Faktor ini adalah salah satu hal yang diangkat Nokia demi meningkatkan pengalaman terbaik pengguna.

Selain itu, HMD Global juga menjamin software Android yang dipakai Nokia G300 bersih, ringan, dan stabil karena memakai Android murni. Mereka menjanjikan peningkatan sistem operasi hingga dua kali, beserta update patch keamanan selama tiga tahun.

8. Nokia G50

Nokia G50
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Nokia G50 meluncur untuk melengkapi jajaran Nokia G Series angkatan 2021. HP ini diklaim Nokia sebagai smartphone yang future proof (bisa dipakai dalam jangka waktu panjang). Alasannya tak lain karena HP ini mendukung konektivitas 5G. Ya, dukungan 5G ada karena HP ini memakai chipset Snapdragon 480.

Namun, bukan cuma konektivitas 5G yang membuat HP ini dapat berumur panjang. Pasalnya, HP ini dijanjikan bakal mendapat peningkatan software sebanyak dua kali, serta pembaruan patch keamanan selama tiga tahun. Di samping itu, ada beberapa hal yang membuat HP ini menarik bagi konsumen.

Misalnya, baterai 5000 mAh yang dirancang bertahan selama dua hari. Baterai tersebut didukung dengan teknologi pengisian cepat 18W. Kemudian, Nokia G50 juga mendukung koneksi WiFi6 dan serta dibekali kamera belakang berjumlah tiga. Salah satunya adalah kamera ultrawide beresolusi 5 MP.

9. Nokia XR20

Nokia XR20
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Snapdragon 480
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4630 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Jika Anda memiliki budget Rp7 jutaan dan sedang mencari ponsel Nokia Android dengan fitur kece, Nokia XR20 akan jadi opsi yang cocok. Apalagi jika Anda merupakan seorang pencinta mobile photography. Pasalnya, HP ini sediakan lensa dari Zeiss Optics dengan kombinasi kamera utama 48 MP (wide) dan 13 MP (ultrawide).

Ponsel ini juga dihadirkan dengan dapur pacu yang cukup memadai, memiliki Snapdragon 480 yang telah mendukung konektivitas 5G. Chipset dengan proses fabrikasi 8 nm dan TDP sebesar 3 W ini akan memberikan efisiensi daya yang optimal pada sebuah smartphone, sekaligus kinerja yang dibutuhkan saat bermain game ataupun kegiatan produktivitas.

Itu mengapa, kendati baterainya masih berada di kisaran 4000-an mAh, (tepatnya, 4630 mAh), namun pengguna Nokia XR20 akan tetap rasakan penggunaan seharian penuh dalam sekali cas. Sebagai salah satu HP flagship killer yang utamakan kamera, ponsel juga rupanya menawarkan layar IPS berkualitas baik.

Bentang layarnya memiliki dimensi 6,67 inci pada resolusi Full HD Plus, dan juga telah dilindungi dengan lapisan proteksi Corning Gorilla Glass Victus yang diklaim mampu menjaga layar dari kerusakan meski saat dijatuhkan ke permukaan beton hingga ketinggian 1,5 meter.

10. Nokia C30 

Nokia C30 
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB, 3 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Ion 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Punya hasrat untuk memiliki HP Android Nokia dengan baterai jumbo? Bukan masalah, Nokia C30 menghadirkan ukuran baterai jumbo 6.000 mAh yang dijamin siap menemani Anda push rank semalaman. Walau begitu, kinerjanya memang tidak dapat dibandingkan dengan ponsel pesaingnya. Pasalnya, ia hanya dibekali dengan Unisoc SC9863A (28 nm) yang menurut kami hanya cocok untuk aktivitas harian ataupun game-game ringan.

Baca juga  Apple iPhone 11 di Tahun 2022, Masih Layak Dibeli?

Di harganya yang hanya Rp1,7 jutaan ini, Nokia C30 juga turut membawakan sejumlah fitur baik lainnya seperti dukungan slot microSD secara terpisah, serta layar berukuran super besar 6,82 inci yang sungguh mampu membuat kegiatan menonton jadi pengalaman yang menghanyutkan.

Mungkin karena harganya yang sangat murah, HMD Global pun hanya menyuguhkan besaran RAM yang apa adanya pada ponsel ini yakni 2 GB dan 3 GB. Jika di HP Android biasa, hal ini akan membuat Anda pusing tujuh keliling gara-gara aplikasi yang dibuka selalu tertutup tiba-tiba. Untung saja, Nokia C30 dibekali dengan versi Android yang ringan yakni Android 11 Go Edition.

Semua aplikasi-aplikasi bawaan yang tersedia merupakan versi Lite yang membutuhkan lebih sedikit tenaga. Alhasil, selain bisa lebih hemat baterai, Anda pun akan merasakan pengalaman pengguna sistem operasi yang terbilang lancar meski RAM-nya kecil.

11. Nokia C1 2nd Edition

Nokia C1 2nd Edition
Layar TFT 5.45 inci
Chipset UNISOC SC7731e
RAM 1 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera
5 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 2500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Meskipun HP ini merupakan smartphone Android, tapi harganya hanya dibanderol Rp900 ribuan saja. Jelas saja, pasalnya ia memang hanya menyuguhkan spesifikasi yang sederhana. Mulai dari konektivitas yang hanya mendukung 2G dan 3G, hingga ke kapasitas RAM 1 GB yang terbilang sangat kecil untuk ukuran smartphone Android zaman sekarang, Nokia C1 2nd Edition ini hanya memiliki harga murah sebagai daya tarik utamanya.

Layarnya pun tidak sebesar ponsel Android pada umumnya, hanya suguhkan desain Full View ketimbang waterdrop notch yang memberikan bezel tebal di seluruh empat sisinya. Kendati demikian, Full View sebenarnya menawarkan kelebihannya tersendiri. Field of vision Anda tidak akan terganggu oleh penampakkan poni ataupun tompel kamera depan.

Setidaknya HP ini telah menggunakan sistem operasi Android 11 Go Edition yang akan mendorong pengguna untuk menginstal aplikasi versi Lite, seperti Google Maps Go, YouTube Go, dan aplikasi Google lainnya yang berakhiran “Go”. Tentu saja Pokemon Go tidak termasuk, ya.

12. Nokia C01 Plus

Nokia C01 Plus
Layar IPS LCD 5.45 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 1 GB, 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera
5 MP
()
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Kalau lagi cari HP Nokia bersistem operasi Android keluaran terbaru maka Nokia C01 Plus bisa menjadi jawabannya. Apalagi ponsel ini sudah menggunakan Android 11 edisi Go yang berchipsetkan Unisoc SC9863A. Sementara itu, GPU dari perangkat ini diusung oleh Mali-G52 MC2 dan prosesor penyimpanannya berkapasitas 1/32 GB.

Ponsel dengan baterai berukuran 3.000 mAh ini telah dipasangkan oleh layar berpanelkan IPS LCD. Layarnya yang berukuran 5,45 inci memiliki ketajaman layar 295 ppi dan rasio bodi-ke-layar 72.1%. Perangkat ini membawa dua sensor yakni akselerometer dan proksimiti.

Pengguna dapat menikmati bidikan gambar dari kamera ponsel ini yang berkonfigurasi 5 MP, baik untuk kamera depan maupun kamera belakang yang disertai LED flash. Tersedia dalam dua warna yakni ungu dan biru, Nokia C01 Plus dipatok sekitar Rp1 jutaan untuk satu perangkatnya.

13. Nokia C20 Plus

Nokia C20 Plus
Layar IPS LCD 6.51 inci
Chipset Unisoc SC9863A
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
8 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Ion 4950 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Nokia C20 Plus bisa menjadi alternatif lain bagi Anda yang sedang mencari ponsel Nokia berbasis Android. Tidak hanya itu, Android yang dipakainya juga sudah edisi 11sehingga banyak fitur dan menu terbaru. Pada dapur pacu dari ponsel ini dikudai oleh Unisoc SC9863A dan kartu grafis Mali-G52 MC2.

Seperti halnya ponsel pintar masa kini, Nokia C20 Plus punya layar lebar yakni 6,5 inci dengan panel berteknologi IPS LCD. Kerapatan gambar dari ponsel ini juga terbilang besar yakni 270 ppi dengan rasio layar-ke-bodi 81,3%. Berbobot 204.7 gram, ponsel ini menyajikan sensor proksimiti dan akselerometer.

Ponsel berdaya 4.950 mAh dengan sistem pengisian 10W ini, menawarkan ruang penyimpanan dengan kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Nokia C20 Plus tampil anggun dalam balutan dua warna yaitu Ocean Blue dan Graphite Black. Ponsel ini siap digendong dengan harga sekitar Rp 1,5 jutaan per unitnya.

14. Nokia X20

Nokia X20
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


5 MP
()


2 MP
()


2 MP
()
Baterai Li-Po 4470 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Ini dia Nokia X20, HP Nokia yang berjalan pada Android 11 dengan segudang kebaikan yang dimilikinya. Pertama-tama, ponsel ini punya kemampuan kamera yang sungguh mumpuni, mampu menghasilkan jepretan yang jernih berkat kolaborasinya dengan Zeiss Optics.

Ponsel mid range ini juga punya harga di kisaran 5 jutaan, mengandung fitur NFC, dual SIM 5G, dan juga perlindungan bodi dari percikan air.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan konten video, Nokia X10 juga punya layar luas berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD. Layarnya ini juga punya tingkatan brightness 450 nits yang terbilang cukup terang.

15. Nokia X10

Nokia X10
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 480
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4470 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Nama Nokia di kancah persaingan smartphone Android memang tidak semenggema brand lain. Tapi dengan merilis Nokia X10, HMD Global membuktikan bahwa dirinya mampu bersaing dengan spek yang tinggi. Ini merupakan HP Nokia yang sudah menggunakan konektivitas 5G, sekalipun chipsetnya berasal dari Snapdragon 400 series.

Itu mengapa, Nokia X10 juga digadangkan sebagai salah satu ponsel Nokia 5G termurah yang bisa Anda dapatkan. Dengan banderol harga 5 jutaan saja, konsumen bisa membawanya pulang. Adapun beberapa kelebihannya meliputi tombol fisik Google Assistant, side-mounted fingerprint scanner, NFC, dan juga Bluetooth 5.0.

Ponsel juga mendukung konektivitas WiFi 5 untuk kecepatan download yang lebih baik. Sementara itu, Nokia X10 juga tidak luput dari kekurangan berupa kemampuan fast charging yang kalah saing.

Di mana HP 5 jutaan lain setidaknya sudah menawarkan daya 33 W, Nokia X10 hanya punya fast charging 18 W saja yang membuatnya serasa satu level dengan HP 2 jutaan.

16. Nokia G20

Nokia G20

Kalau dilihat dari chipsetnya belaka, mungkin Anda seketika menyamakan ponsel ini dengan Redmi 9C yang sama-sama menyuguhkan Helio G35 dari MediaTek.

Ya, kami perlu bilang kalau penggunaan chipset ini di Nokia G20 bukanlah kabar yang sedap didengar. Pasalnya, Nokia G20 berada di rentang harga 2 jutaan, beda dengan Redmi 9C yang harganya 1 jutaan.

Namun, bukan Nokia namanya kalau tidak berusaha memberikan kompensasi di bidang lain. Di sektor kameranya misalnya, sudah mengusung Quad Camera dengan lensa utama beresolusikan 48 MP. Ini besaran resolusi yang cukup tinggi, dan sungguh menawarkan kualitas foto layak walau tidak dibarengi dengan lensa Zeiss Optics.

Belum lagi, di ponsel harga 2 jutaan begini, Nokia G20 sungguh unggul berkat keberadaan fitur NFC (market-based) yang memudahkan penggunanya. Bertransaksi secara digital kini bisa lebih cepat dan menyenangkan.

17. Nokia G10

Nokia G10
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
48 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5050 mAh
Harga Saat Rilis Rp 2.499.000

Di antara seri X dan C, Nokia juga mengeluarkan seri G dengan harga dan spesifikasi yang bersaing. Seperti Nokia G10, hadir dengan chipset besutan MediaTek yakni Helio G25 yang digarap dengan baterai berkapasitas 5050 mAh.

Dengan kapasitas seluas ini, Nokia bahkan berkata ketahanannya mencapai tiga hari. Cocok untuk memenuhi gaya hidup yang super sibuk dan bermobilitas tinggi.

Layarnya yang luas juga dapat dianggap sebagai sarana hiburan mumpuni, terlebih kalau Anda suka menonton film unduhan kesayangan. Tidak perlu takut kehabisan memori juga saat terlalu banyak menyimpan film, pasalnya Nokia G10 mendukung slot microSD eksternal secara terpisah.

Hal yang cukup disayangkan adalah HP ini tidak dibekali dengan kemampuan fast charging yang mumpuni, masih menggunakan daya 10 W sekalipun sudah punya port pengecasan USB Type C.

Tidak lupa, sejak dulu kala, Nokia selalu dianggap sebagai vendor HP dengan build quality yang kokoh. Hal sama tercermin pada Nokia G10 yang sudah ditambahkan dengan fitur splash protection agar tidak rusak di kala hujan.

18. Nokia C20

Nokia C20
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Kamera
5 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 1.499.000

Melihat dari dapur pacunya yang menggunakan chipset dari Unisoc, mungkin sekilas mengingatkan kita akan HP lokal seperti Advan. Tapi hal ini patut dimaklumi, mengingat HP Android Nokia C20 ini masih dibanderol dengan harga di bawah 2 juta. Meski murah, ponsel ini bukan berarti tidak punya kelebihan yang unggul dibandingkan HP pesaing.

Desain bodinya yang stylish lah yang menjadi daya tarik utama ponsel, hadir dalam dua varian warna yang menarik seperti Sand yang bernuansakan kuning padang pasir dan juga Dark Blue dengan warna biru gelap yang menghanyutkan.

Belum lagi, karena ini HP Nokia, tentu pengguna bisa mengekspektasikan build quality yang kokoh sekalipun pada jajaran HP murah seperti seri C. Menyoal sisi teknis lain seperti RAM dan memori internal, ponsel ini memang cukup sederhana dengan kapasitas yang kecil. Untungnya pengguna masih bisa menyematkan kartu microSD pada slot eksternal terpisah.

Dan kalau Anda khawatir HP akan lemot karena RAM kecil, lebih baik jangan khawatir karena setidaknya ponsel sudah dibekali Android 11 Go Edition. Mengakses data SMS, call log, ataupun buka galeri dapat berjalan dengan mulus tanpa hambatan.

19. Nokia C10

Nokia C10
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset UNISOC SC7331E
RAM 1 GB, 2 GB
Memori Internal 16 GB, 32 GB
Kamera
5 MP
(wide)
Baterai Li-Ion 3000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Berada di harga murah tidak mencegah Nokia C10 untuk punya kualitas yang diinginkan oleh para fansnya. Desainnya yang begitu memesona bertemakan Nordic, sungguh menyamarkan kesan murah yang ada pada HP ini. Kendati hadir dengan RAM kecil, ponsel menggunakan Android 11 Go Edition yang lebih ringan dari rilisan Android reguler.

Tidak ada downside yang signifikan dari penggunaan Android 11 GO Edition, perbedaan hanya terletak pada hilangnya fitur PIP dan UI dari Google Play Store akan mencondongkan pengguna untuk instal varian “Go” dari aplikasi yang mendukung seperti Google Maps Go, YouTube Go, dan lain-lain. Tapi kalau Anda mau pakai aplikasi varian regulernya, tentu masih bisa.

Di kamera belakang dan depan sama-sama menawarkan resolusi 5 MP. Mengingat harganya yang murah, memang belum dibekali dengan lensa Zeiss Optics. Tapi untuk di kelas harganya, hasil kamera Nokia C10 tetap terjaga kualitasnya. Pengguna juga masih bisa dimanjakan dengan kehadiran LED Flash untuk mengambil foto pada malam hari.

Dan yang patut diapresiasikan, Nokia C10 dirilis dengan kemasan layar berukuran 6,52 inci yang terbilang luas. Setidaknya, Anda tidak perlu mengerinyitkan mata terlalu dalam untuk melihat tulisan yang kecil. Plus, menonton film Netflix dan drakor juga bisa lebih imersif di HP Nokia Android seharga 1 jutaan ini. Tertarik?

20. Nokia 1.4

Nokia 1.4
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 215
RAM 1 GB, 2 GB, 3 GB
Memori Internal 16 GB, 32 GB, 64 GB
Kamera
8 MP
(wide)


2 MP
()
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Sudahkah Anda berkenalan dengan Nokia Android terbaru? Kalau belum mari kita sambut Nokia 1.4 yang baru saja dirilis pada awal Februari 2021. Ponsel pintar ini memiliki sistem operasi Android 10 Go Edition yang diharapkan memberikan kinerja lebih cepat.

Melansir portal resminya, Nokia jenis ini akan mendapatkan pembaruan ke Android 11 sehingga akan membuat perangkat akan selalu “up to date”.Nokia 1.4 juga telah disuntikan dengan baterai Li-Po berkapasitas 4000 mAh, memungkinkan perangkat dapat bertahan hampir seharian.

Layar ponsel ini berukuran lebar yaitu 6,5 inci yang cocok digunakan untuk aktivitas belajar dan mengambil gambar dengan menggunakan Camera Go App. Untuk satu buah Nokia 1.4 dibanderol Rp1,6 juta. Wah, gimana terpikat untuk membeli ponsel pintar satu ini?

Itulah deretan HP Nokia Android terbaru yang bisa Anda pilih. Nokia saat ini telah kembali ke publik dengan smartphone berbasis Android. Manakah yang jadi pilihan Nokia Android favorit kalian di daftar tersebut?


https://actoncloud.com