10 HP Gaming Terbaik Seharga 3 Jutaan (September 2022)


Bermain gim di ponsel pintar semakin populer beberapa tahun belakang ini. Hal tersebut ditandai dengan kemunculan banyaknya ponsel pintar yang diwarisi oleh spesifikasi mumpuni untuk aktivitas bermain gim. Seperti punya layar yang membentang, performa bak kilat, hingga daya baterai sebesar badak.

Berbincang soal harga yang ditawarkan sebuah ponsel gaming tentunya sangat beragam dan tergantung kelasnya, mulai dari harga Rp1 jutaan hingga 10 kali lebih mahal pun ada.

Nah, setelah sebelumnya Carisinyal membahas jajaran HP gaming dengan harga Rp1 jutaan dan Rp2 jutaan, maka pada kesempatan ini Carisinyal akan memarkan 10 HP gaming dengan harga Rp3 jutaan yang spesifikasinya sudah tidak diragukan lagi. Yuk, langsung saja disimak!

1. Samsung Galaxy M23 5G

Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 750G
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 3.549.000

Samsung Galaxy M23 5G tidak hanya memiliki desain cantik saja, ternyata untuk bermain game pun HP ini juga lancar. Hal ini memang bukan tanpa sebab. Pasalnya, ponsel Samsung ini dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 750G dan sejumlah spesifikasi lain yang mendukung.

Sebut saja layarnya yang berukuran lebar berukuran 6,6 inci panel TFT LCD. Layar yang lebar membuat main game lebih seru. Keunggulan layar ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Alhasil, tampilan animasi lebih halus dan respon layar lebih cepat.

Kembali ke dapur pacu, Samsung memilih menggunakan chipset Snapdragon 750G didampingi RAM 6 GB. Pemilihan ini memang bukan tanpa alasan. Selain performanya yang kencang, chipset ini sudah mendukung koneksi 5G yang cepat. Ini membuat bermain game online lebih optimal.

Untuk penggunaan harian maupun gaming, Samsung membekali HP ini dengan baterai 5000 mAh. Baterai ini diklaim mampu bertahan hampir satu hari untuk penggunaan wajar. Tentu ini sangat membantu Anda yang sering bermain game dalam waktu lama, sehingga tidak perlu repot mengisi daya.

2. Infinix Zero 5G

Infinix Zero 5G
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


13 MP
(telephoto)


2 MP
(AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Infinix berusaha menggempur pasar indonesia dengan ponsel mid-range dengan spesifikasi yang unggul. Seperti yang coba ditawarkan dalam Infinix Zero 5G. Ponsel ini hadir dengan konsep smartphone kencang berdesain stylish

Untuk bermain game, HP ini mengandalkan chipset MediaTek generasi baru yakni Dimensity 900. Chipset ini menghasilkan performa yang kencang dengan dukungan RAM 8 GB. Dengan spesifikasi ini, game-game berat bisa dimainkan lancar tanpa ada penurunan frame rate berarti.

Selain chipset dan RAM, ponsel infinix ini dilengkapi tambahan RAM virtual sebesar 5 GB. Tentu ini akan mendorong performa Infinix Zero 5G lebih optimal. Tidak heran, bila Anda mengoperasikan HP ini terasa tanpa lag dan lancar.

Meski dipersiapkan untuk gaming, HP Infinix ini menghadirkan susunan kamera yang berbeda. Infinix memang memakai kamera utama 48 MP. Namun, ternyata Infinix mengganti kamera ultrawide dengan kamera telephoto 2x Zoom. untuk hasil fotonya sangat memuaskan untuk kelas HP 3 jutaan saat ini.

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop MSI Paling Murah di Tahun 2022

Infinix tidak lupa menghadirkan layar berukuran 6,7 inci dengan spesifikasi yang lengkap. Layar ini sudah mendukung resolusi Full HD+ bahkan touch sampling 240 Hz. Sedikit disayangkan, layarnya masih panel IPS dan desain kamera depan yang terlalu besar.

3. Redmi Note 11 Pro

Redmi note 11 pro 4g (indonesia)
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Redmi Note 11 Pro sebetulnya merupakan smartphone yang all-rounder. Ia cocok dipakai oleh berbagai kalangan. Mulai anak muda hingga profesional. Hal ini karena Redmi Note 11 Pro punya keunggulan yang merata di berbagai area.

Desainnya kece, kameranya mantap, layarnya mulus. Namun demikian, karena performanya juga gegas, Redmi Note 11 Pro juga bisa diandalkan oleh para gamers. Pemain Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Modern Warship bisa tampil kompetitif dengan HP ini.

Performa yang gegas dari HP ini dihasilkan oleh SoC MediaTek Helio G96 yang dipadukan dengan RAM 6 atau 8 GB. Layar AMOLED-nya pun mulus dan responsif berkat refresh rate 120 Hz. Yang menarik lagi, baterai besar 5000 mAh HP ini didukung pengisian cepat 67W.

4. realme 9 Pro

realme 9 pro 5G
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

realme 9 Pro memiliki desain dan kamera yang keren. HP ini pun merupakan salah satu ponsel dengan penampilan paling unik di level harga Rp3 jutaan. Akan tetapi, karena ditenagai SoC yang kencang, HP ini sanggup menjalankan berbagai game berat dengan lancar.

Adalah Snapdragon 695 SoC yang dipakai realme 9 Pro. SoC ini mengandung mikroarsitektur Cortex A78 sebagaimana flagship Snapdraogn 888. Dengan proses fabrikasi 6 nm, SoC ini bisa menjamin performa tinggi dengan suhu yang relatif tak panas.

Sektor lain yang membuat realme 9 Pro cocok dipakai main game adalah layar IPS dengan refresh rate 120 Hz dan baterai awet 5000 mAh. Adapun skor AnTuTu yang menembus sekitar 400 ribu menjadi penegas bahwa HP ini memang siap untuk aktivitas gaming.

5. POCO M4 Pro

poco m4 pro
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

POCO menyebut bahwa POCO M4 Pro adalah smartphone berspesifikasi ekstrem di kelas harganya yang bisa memaksimalkan kesenangan anak muda. Sebutan itu memang tidak berlebihan mengingat HP 4G ini memang lengkap.

Karena kelengkapannya itu pula, POCO M4 Pro 5G layak dijadikan perangkat yang cocok buat main game. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Jagat Review, HP ini memperoleh rating C+ saat menjalankan game berat Genshin Impact. Rating tersebut terbilang cukup bagus.

Kemampuan si ponsel dalam menjalankan game berat hadir berkat SoC MediaTek Helio G96 yang dipadukan dengan LiquidCool Technology 1.0. Teknologi berupa komponen peredam panas seluas 10.005 mm² ini memberi dampak frame rate yang stabil saat pengguna bermain.

Baca juga  15 HP Lipat (Flip) Terbaru yang Cantik dan Unik (Agustus 2022)

6. vivo V23e

vivo V23e
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4050 mAh
Kelebihan Baca di sini

vivo V23e sejatinya adalah smartphone yang ditujukan buat vlogger dan sosialita. Hal itu karena kamera depan dan belakang HP ini memang juara. Sementara itu, HP ini memiliki penampilan yang tipis, ringan, dan elegan. Mampu meningkatkan rasa percaya diri penggunanya.

Meski demikian, Anda yang doyan bermain gim juga perlu mempertimbangkan ponsel yang satu ini. Dari segi performa, vivo V23e jelas kencang karena memakai SoC gaming MediaTek Helio G96. Untuk mendongkrak performanya, vivo menyematkan fitur multi-turbo.

HP dengan layar AMOLED ini juga punya baterai yang awet meskipun kapasitasya hanya 4050 mAh. Tampaknya vivo mampu melakukan manajemen konsumsi daya yang baik. Baterai tersebut didukung teknologi pengisian cepat 44W yang kencang.

7. realme 8 Pro

realme 8 pro
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

Frame rate tinggi dalam sebuah gim memang penting. Namun, jika HP tak mampu mempertahankan frame rate tinggi secara konsisten, ketidaknyamanan dalam bermain gim akan muncul. Untungnya hal itu tidak terjadi pada realme 8 Pro. Sebab, HP ini memakai SoC Snapdragon 720G yang kondang dengan kestabilan performanya.

Dengan tuning software yang apik dari realme, SoC ini mampu menghadirkan performa gaming yang enak meskipun frame rate-nya tidak tinggi-tinggi amat. RAM besar dan memori internal berjenis UFS 2.1 turut berandil pada kemampuan gaming yang sip pada HP ini.

Menariknya lagi, daya tahan baterai realme 8 Pro mengesankan walau kapasitasnya biasa-biasa saja. Anda tak perlu khawatir kehabisan daya meski berlama-lama main gim. Adapun mengecas baterai ini juga cepat berkat teknologi pengisian cepat 50W. Ulasan lengkap si ponsel bisa dibaca di artikel kelebihan dan kekurangan realme 8 Pro.

8. POCO X3 Pro

POCO X3 Pro
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 860
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5160 mAh
Kelebihan Baca di sini

Punya bujet Rp3 jutaan tapi ingin main gim Genshin Impact lancar? Tak usah pusing memilih HP yang mana, pilih saja POCO X3 Pro! Alasannya, HP ini adalah smartphone kelas menengah premium dengan chipset paling sangar, yakni Snapdragon 860.

SoC delapan inti reinkarnasi dari Snapdragon 855+ ini memiliki arsitektur Cortex A76 dan proses fabrikasi 7 nm yang cukup modern. Proses fabrikasi yang ‘kecil’ memungkinkan sebuah SoC bekerja pada kecepatan tertingginya dalam waktu lama, karena panas yang dihasilkan dapat ditangani dengan baik.

Namun, faktor utama yang menyebabkan Snapdragon 860 punya performa gaming yang sip tentu karena GPU Adreno 640 yang punya shading unit besar, yakni 384. Dalam pengujian yang dilakukan oleh Jagat Review, Snapdragon 860 mampu membuat POCO X3 Pro menjalankan gim Genshin Impact pada setelan grafis Highest 60 fps.

Baca juga  10 Rekomendasi HP Harga 3 Jutaan Terbaik (Agustus 2022)

Frame rate yang didapat stabil pada kisaran 40-55 fps. Kadang-kadang bisa turun ke 30-40 fps ketika sedang terlibat duel. Performa yang seperti ini sesuai dengan kapasitas SoC premium. Selain SoC, memori penyimpanan UFS dan RAM yang lapang juga berpengaruh terhadap kelancaran bermain.

Varian terendah POCO X3 Pro dijual dengan harga Rp3,5 jutaan. Ketahui potensi lain yang dimiliki HP ini dengan membaca artikel kelebihan dan kekurangan POCO X3 Pro.

9. Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10 Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 732G
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5020 mAh
Kelebihan Baca di sini

Banyak yang bilang bahwa Redmi Note 10 Pro adlaah HP yang all-rounder. Pasalnya, HP ini punya kemampuan yang merata di berbagai sektor, termasuk kemampuan gaming. Dalam pengujian Jagat Review, gim-sim seperti PES 2021, Mobile Legend, dan PUBG Mobile dapat dijalankan pada setelan grafik tertinggi.

Untuk PES Mobile 2021, frame rate stabil di 60 fps. Keandalan Redmi Note 10 Pro dalam menjalankan berbagai gim ini tak lepas dari chipset Snapdragon 732G yang kencang, serta memori internal UFS 2.2 dan RAM besar. Tidak lupa pula layar AMOLED-nya punya refresh rate 120 Hz dengan touch sampling rate yang tinggi pula, yakni 240 Hz.

Touch sampling rate yang tinggi membuat HP dengan cepat merespons perintah jari Anda untuk segera mengeksekusi tindakan. Main gim di HP ini juga makin asyik karena speaker-nya stereo dan daya tahan baterainya mumpuni. Ketahui jati diri HP Rp3 jutaan ini dengan membaca artikel kelebihan dan kekurangan Redmi Note 10 Pro untuk tahu selengkapnya.

10. realme 7 Pro

 realme 7 Pro
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
()


2 MP
()
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

Di balik bentuknya yang proporsional dan enak digenggam, realme 7 Pro punya kekuatan terpendam. Kekuatan itu tidak lain adalah kemampuan gaming yang cukup menawan. Musababnya adalah HP ini memakai chipset kelas menengah atas bernama Snapdragon 720G.

Chipset 8 nm ini mengandung dua core performa Kryo 465 Gold (berbasis Cortex A76, 2,3 GHz) dan GPU Adreno 618 (750 MHz) yang menyumbang performa sip buat realme 7 pro. Menurut catatan nanoreview, dua gim menembak, Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile, dapat dimainkan pada setelan grafik tertinggi.

Masing-masing stabil pada frame rate 40 fps (Call of Duty) dan 43 fps (PUBG Mobile). Dukungan speaker stereo, sensor giroskop, dan baterai awet dapat menambah kenyamanan gamers. Ingin tahu kemampuan lain dari HP Rp3 jutaan ini? Baca artikel kelebihan dan kekurangan realme 7 Pro!

Sekian pemaparan tentang deretan HP gaming dengan harga Rp3 jutaan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantumu menemukan “jodoh” yang tepat. Jadi, ponsel gaming manakah yang akan kamu ajak pulang? Coba komen di kolom komentar, ya!


https://actoncloud.com