10 HP Gaming Terbaik Seharga 1 Jutaan (September 2022)


Konsep “Gaming” pada ponsel pintar atau HP mungkin tampak ganjil bagi sebagian orang, tapi faktanya kini banyak ponsel pintar telah menggeser utilitas dari konsol gim genggam sebagai perangkat yang mampu menjalankan berbagai aplikasi gim.

Sayangnya, terkadang ada masalah lain muncul di kalangan masyarakat yang mengasumsikan kalau sebuah ponsel gaming itu rerata menawarkan harga fantastis. Sehingga tidak jarang banyak calon pembeli akhirnya mengurungkan niatnya untuk membeli ponsel gaming, terkecuali anak sultan yah!

Namun, bagi kamu yang tetap ingin merasakan pengalaman bermain gim di ponsel pintar tetapi punya dana pas-pas, tenang saja sekarang ponsel pintar gaming dengan harga terjangkau sudah mulai menjamur di pasaran.

Bahkan kamu bisa mendapatkan ponsel pintar gaming pada harga Rp1 jutaan, lho! Karena Carisinyal baik, pada artikel ini kamu akan diajak menyusuri jajaran ponsel pintar gaming dengan harga 1 jutaan. Yuk, dibaca sampai tuntas!

1. realme C31

Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 1.649.000

Satu-satunya alasan mengapa realme C31 masih bisa dipakai main game adalah SoC-nya. Benar saja, SoC UNISOC Tiger T612 yang digunakan HP ini cukup kencang. Hal ini karena Tiger T612 mengandung dua core performa dengan mikroarsitektur Cortex A75.

Keberadaan Cortex A75 jelas akan mempercepat eksekusi saat membuka game. Selain itu, Tiger T612 juga dibekali GPU Mali-G57 bikinan ARM. GPU dengan frekuensi 950 MHz ini bisa melakukan rendering grafis yang lumayan. Apalagi resolusi layar realme C31 hanya HD+, sehingga beban kerja GPU jadi tidak berat.

Namun, main game akan lebih nyaman jika Anda memilih realme C31 yang punya varian memori 4/64 GB. Dengan RAM yang lebih besar, proses memuat file dan rendering saat game dimainkan juga akan lebih cepat.

2. Infinix Hot 12 Play NFC

infinix Hot 12 play nfc
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T610
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Bicara HP gaming memang tidak bisa lepas dari nama Infinix. Pasalnya, produsen ini terbilang cukup konsisten menghadirkan HP gaming murah dengan spesifikasi lengkap, seperti tampak pada Infinix Hot 12 Play NFC. 

HP Android ini hadir dengan desain yang elegan dengan modul kamera yang nampak mewah. Sekilas, desain HP ini tidak nampak layaknya HP gaming pada umumnya. Namun, kala melihat spesifikasi lain HP ini, barulah tampak nuansa gaming yang ditawarkan.

Layar yang digunakan berukuran cukup lebar yakni 6.82 inci. Layar ini sudah dibekali refresh rate 90 Hz dan touch sampling 180 Hz. Tentu ini menjadikan navigasi layar lebih halus dan responsif kala bermain game.

Beranjak ke bagian performa, HP ini diotaki oleh SoC UNISOC Tiger T610. SoC in sendiri merupakan SoC kelas menengah ke bawah. Meski begitu, Tiger T610 dapat menghasilkan kinerja yang kencang sekaligus memaksimalkan keawetan baterai. Ia tidak menyebabkan panas yang berlebih sehingga pengalaman gaming bisa lebih lama dan dinamis.

Untuk menyimpan berbagai game kesukaan, sudah ada memori penyimpanan 64 GB. Keunggulan lain HP ini ialah adanya virtual RAM sehingga RAM bisa menjadi 7 GB. Sayangnya, sektor kamera Infinix Hot 12 Play NFC ini memiliki sensor yang biasa saja.

Baca juga  10 HP realme Terbaik di Bawah 3 Jutaan (September 2022)

3. realme C25Y

realme C25y
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T610
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

realme C25Y sebetulnya bukanlah smartphone yang dijual dengan label gaming. Namun, HP ini punya bekal yang cukup untuk bisa memainkan gim-gim populer masa kini dengan lancar. Bekal itu adalah SoC UNISOC Tiger T610. SoC ini cukup kencang karena mengandung core CPU Cortex A75.

SoC tersebut didukung pula dengan RAM 4 GB. Kanal YouTube TeknoLoGue menyebut bahwa realme C25Y mampu menjalankan gim Mobile Legends dengan setelan mode high frame rate dengan grafis ultra. Setelan grafis tinggi juga didapati saat memainkan gim Free Fire.

Adapun sumber yang sama juga memperoleh pengalaman yang sip ketika memainkan game PUBG Mobile. Setelan yang optimal dipakai adalah smooth-ultra dan HD-high. Selengkapnya mengenai HP ini dapat disimak di artikel kelebihan dan kekurangan realme C25Y.

4. Infinix Hot 11s NFC

Infinix Hot 11s NFC
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(depth)


MP
(AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.004.000

Memang benar bahwa HP seri Infinix Hot belakangan selalu diberi tagline berbau gaming. Tak terkecuali Infinix Hot 11s NFC ini. Namun, Infinix tentu tidak asal comot istilah gaming pada setiap produknya.

Sebab mereka menyematkan software bernama Dar-Link Ultimate Game Booster. Saftware ini berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja hardware si ponsel yang memang mumpuni. SoC MediaTek Helio G88, layar dengan refresh rate 90 Hz dan touch sampling 180 Hz, serta speaker stereo, jadi bukti bahwa dapur pacu HP ini mantap.

Apalagi baterai 5000 mAh-nya juga cukup awet. Sayangnya, HP ini masih belum mengusung sensor giroskop fisik. Masih ingin tahu kemampuan si ponsel selain enak dipakai main game? Baca artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Hote 11s NFC.

5. Redmi 10C

redmi 10c
Layar IPS LCD 6.71 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 2.049.000

Xiaomi juga memiliki HP Android murah yang nyaman untuk bermain game, yakni Redmi 10c. HP ini jadi jagoan Xiaomi dipasar Android murah karena menjanjikan kinerja yang kencang berkat dukungan chipset Qualcomm. Selain itu, HP ini juga memiliki layar dan baterai yang siap menemani kamu bermain game.

Bicara layar, HP ini menggunakan layar berukuran 6,7 inci. Layar HD+ ini terbilang besar sehingga akan membuat kamu bisa bermain game dengan lebih leluasa. Apalagi, panel yang digunakan masih IPS sehingga lebih tajam warnanya dan lebih hemat daya. Untuk perlindungan, layar ini sudah dilapisi anti gores Gorilla Glass 3.

Bagian dapur pacu menjadi hal penting dalam ponsel gaming. Maka dari itu, Redmi 10c dibekali chipset Snapdragon 680. Chipset ini diklaim kencang dan lebih hemat daya. Menariknya, Xiaomi menghadirkan RAM virtual tambahan sebesar 2 GB. Sehingga total RAM menjadi 6 GB. Tentu RAM besar ini membuat performa HP untuk gaming sangat lancar dan detail grafis bisa lebih tajam.

Sayangnya, sebagai HP gaming Rp1 jutaan, Redmi 10c masih menggunakan sistem MIUI. Seperti yang sudah-sudah, MIUI diklaim kurang nyaman untuk bermain game. Apalagi sistem ini memiliki banyak iklan mengganggu dan bloatware.

6. Redmi 9

Xiaomi Redmi 9

Punya layar yang lebar yakni 6,53 inci dengan rasio 83.2 persen layar-ke-bodi, Redmi 9 cocok sekali dimiliki bagi kamu yang hobi bermain gim. Tidak hanya itu, layar IPS LCD-nya juga dibekali dengan tingkat kecerahan bernilai 400 nits yang berarti layar tetap enak dipandang walau kena pantulan sinar mentari.

Kalau ponsel gaming biasanya punya performa ngebut, lalu bagaimana dengan Redmi 9? Sudah pasti, apalagi berkat kehadiran prosesor Mediatek Helio G80 dengan teknologi fabrikasi 12 nanometer. Perangkat ini juga disodorkan Mali-G52 MC2 yang membuat tampilan grafisnya semakin ciamik.

Dengan jeroan tersebut nilai AnTuTu v8 yang didapatkan Xiaomi Redmi 9 adalah 203.078. Diperkuat dengan kombinasi ruang penyimpanan yang terdiri dari dua tipe, yakni 3/32 GB dan 4/64 GB memungkinkan kamu dapat memasang aplikasi gim dan berkas yang lumayan banyak.

Meski tergolong sebagai ponsel gaming, tapi Redmi 9 juga punya sistem kamera yang bisa diandalkan dengan resolusi 13 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP untuk kamera utamanya dan 8 MP pada kamera selfie-nya.

Tertarik dengan Redmi 9? Siapkan dana sekitar Rp1,7 – 1,9 jutaan per unitnya. Kamu juga bisa mendalami lebih lanjut perangkat ini di artikel 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi 9.

7. Tecno Spark 7 Pro

Tecno Spark 7 Pro
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
48 MP
(wide)


2 MP
(wide)


MP
()
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Tecno tak ingin kalah dari saudara kandungnya, Infinix, untuk bisa menghadirkan produk murah meriah yang mampu menarik atensi masyarakat di Indonesia. Itulah yang mendasari mereka merilis HP Tecno Spark 7 Pro pada Mei 2021. Smartphone ini membidik pasar HP terjangkau dengan kemampuan gaming fantastis

Layar dengan laju penyegaran 90 Hz dan chipset bertenaga MediaTek Helio G80 adalah sajian utamanya. Kombinasi dua komponen itu ditambah baterai 5000 mAh membuat HP ini berpotensi menimbulkan kenyamanan buat gamers. Namun, jangan salah bila kemampuan fotografi HP ini juga bisa diandalkan.

Foto dengan warna natural, detail bagus, dan dynamic range oke bisa dijepret melalui kamera Tecn Spark 7 Pro. Ulasan mendalam mengenai HP seharga Rp1,8 jutaan ini dapat dibaca di artikel kelebihan dan kekurangan Tecno Spark 7 Pro

8. realme narzo 50A Prime

realme narzo 50A Prime
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


0.3 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

realme narzo 50A Prime menjadi satu dari sekian HP 1 jutaan realme yang desainnya “boleh juga”. Sekitar 3/4 bagian penutup belakang HP ini memakai tekstur ala kevlar. Sementara itu, 1/3 bagian sisanya terdapat modul kamera besar.

Selain desainnya apik, narzo 50A Prime juga punya spesifikasi yang menarik. Hal itu lantaran sektor dapur pacu si ponsel disokong oleh chipset UNISOC Tiger T612 yang cukup kencang. Karena chipset tersebut, HP ini punya kemampuan menjalankan berbagai gim dengan cukup lancar.

Baca juga  7 Perbedaan Infinix Note 12 dan Infinix Note 12 VIP

Termasuk gim Mobile Legends yang banyak dimainkan oleh anak muda Indonesia. realme mengeklaim, HP ini bisa bertahan hingga 8,1 jam untuk main gim. Raihan itu tentu saja bisa diwujudkan mengingat baterai yang digendong narzo 50A Prime terbilang besar, yakni 5000 mAh.

9. realme C21Y 

 realme C21Y
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T610
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

realme C21Y adalah salah satu bukti nyata bahwa HP 1 jutaan tetap bisa digunakan bermain game dengan nyaman. Ini tidak luput dari penggunaan Unisoc T610 bermanufaktur 12 nm yang, terlepas dari sikap skeptis orang-orang terhadap brand SoC ini, menghadirkan performa game cukup gahar.

Nyatanya, SoC tersebut memang sudah menawarkan ARM Cortex A75 sebagai inti berperforma tinggi, sebuah pertanda paling kentara kalau Unisoc T610 memang diperuntukkan untuk bermain game.

Hadirkan skor AnTuTu v9 sebesar 160 ribuan (menurut Infofull), realme C21Y dapat menjalankan game COD M setelan grafik medium dengan frame rate tinggi. Bahkan pengaturan Ultra pada MLBB juga bisa dilibasnya dengan lancar.

Takut kehabisan baterai saat sedang asyik-asyiknya bermain? Jangan khawatir, realme C21Y ini sudah dilengkapi pula dengan baterai berkekuatan 5.000 mAh yang siap menemani hari-hari Anda siang dan malam tanpa lelah. Varian termurahnya tersedia pada harga Rp1,6 jutaan (3/32 GB). Simak selengkapnya pada artikel kelebihan dan kekurangan realme C21Y.

10. Advan GX

Advan GX
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


0.3 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini

Para pencinta produk lokal pasti berbangga hati melihat Advan GX masuk ke daftar HP gaming 1 jutaan terbaik. Setelah hadirnya Advan G9 dan G9 Pro, masyarakat menanti gebrakan selanjutnya yang akan dihadirkan vendor Tanah Air ini. Rupanya, Advan GX hadir dengan kelebihan performa yang sungguh tidak mengecewakan.

Ini sungguh tercermin pada Unisoc Tiger T618 yang membawakan kombinasi ARM Cortex A75 berkecepatan 2 GHz sebanyak 4 inti dan ARM Cortex A55 1,8 GHz sebanyak 4 inti. Performa dari chipset ini bisa membuatnya mampu mengangkat game berat seperti MLBB, PUBG M, dan COD M.

Mungkin Anda bertanya-tanya, pantas tidak ya mengharapkan Advan GX seharga Rp1,8 juta ini untuk memainkan Genshin Impact dengan lancar? Jawabannya sih mungkin tidak begitu pantas.

Tapi, surprise oh surprise, Advan GX berhasil mainkan game open-world penyiksa HP tersebut dengan frame rate lancar jaya! Lihat saja pada video pengujian yang dilakukan kanal AD REVIEW. Kurang nikmat apalagi?

Bisa main Genshin Impact, hadir dengan baterai 5.000 mAh yang tahan lama, RAM 6 GB yang buat kami tercengang, semuanya dikemas dengan menakjubkan. Kapan lagi punya HP 1 jutaan yang pakai RAM sebesar 6 GB? Masih banyak lagi kelebihannya, simak saja pada artikel kelebihan dan kekurangan Advan GX.

Demikianlah tadi pembahasan tentang jajaran HP gaming dengan harga Rp1 jutaan. Semoga artikel ini mampu memberikan pencerahan bagi kamu yang sedang berencana membeli ponsel gaming murah. Manakah ponsel gaming favoritmu pada daftar di atas? Coba komen di kolom komentar, yah!


https://actoncloud.com