10 Rekomendasi HP di Bawah 2 Jutaan Terbaik (September 2022)


Smartphone dengan kisaran harga 1 jutaan hingga 2 jutaan rupiah bisa dibilang masuk kategori smartphone yang laku di pasaran. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat smartphone di bawah 2 juta sudah menyuguhkan kualitas yang mumpuni, performa yang baik, serta kamera yang cukup tajam dengan harga yang masih terjangkau.

Menilik hal tersebut, berbagai vendor ponsel kemudian berlomba-lomba menelurkan perangkat terbaik mereka di rentang harga ini. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membelinya, berikut Carisinyal memberikan rekomendasi HP harga di bawah 2 jutaan dengan spesifikasi bagus.

1. Redmi 10C

Layar Super AMOLED 6.39 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 710
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4030 mAh
Kelebihan Baca di sini

Redmi mengejutkan publik dengan peluncuran Redmi 10C. Bagaimana tidak? HP yang dijual dengan harga mulai Rp1 jutaan ini sudah didukung Snapdragon 680. Padahal SoC ini banyak digunakan berbagai HP dengan harga Rp2 sampai Rp5 jutaan.

Keberadaan Snapdragon 680 jelas mendongkrak ponsel ini dari segi performa. Selain itu, Redmi 10C pun jadi hemat daya karena SoC tersebut dibikin dengan fabrikasi 6 nm. Di sisi lain, hal yang diunggulkan Redmi 10C bukan cuma SoC.

Layar besar (6,71 inci), kamera utama 50 MP, port USB C, dan baterai 5000 mAh jadi poin plus selanjutnya. Oh iya, HP ini pun masih memiliki slot microSD khusus, jack audio 3,5 mm, dan radio FM.

2. Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03
Layar PLS TFT 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Siapa bilang Samsung tak bisa membikin ponsel yang kompetitif dengan harga di bawah Rp2 juta. Buktinya Galaxy A03 ini cukup menggiurkan. Ada tiga poin yang membuat HP ini menarik untuk dibeli. Pertama adalah performanya.

Dengan dukungan SoC UNISOC Tiger T606, HP ini bisa melayani penggunanya dengan prima. Mau browsing, multitasking, hingga main game, semua bisa dilibas. Hal kedua yang bikin Samsung Galaxy A03 menarik adalah kamera utamanya.

Resolusi 48 MP dengan bukaan f/1.8 membuat hasil foto jadi punya detail tinggi dan cerah. Faktor menarik ketiga alias terakhir, adalah soal baterai 5000 mAh-nya yang bisa membuat ponsel menyala hingga dua hari. Oh iya, antarmuka OneUI di HP ini juga jadi hal menarik karena stabil dan bebas iklan.

3. realme C31

realme C31
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 1.649.000

realme C31 hadir dengan pilihan warna yang menarik. Ada Dark Green dan Light Silver seperti yang ada pada ilustrasi di atas. Pilihan warna yang menarik tentunya mampu meningkatkan sisi estetika dari ponsel ini. Namun, realme C31 bukan smartphone yang hanya indah dilihat.

Performa gaming HP ini mengesankan. Soalnya realme C31 ditenagai oleh SoC UNISOC Tiger T612. Kami merekomendasikan Anda untuk mengambil varian 4 GB storage 64 GB buat Anda yang doyan main game dan akan memakai HP ini untuk jangka panjang.

Baca juga  15 Aplikasi untuk Menggabungkan Foto Terbaik di Android

Pemakaian jangka panjang pun memungkinkan mengingat HP 1 jutaan ini mengantongi sertifikasi keandalan tinggi TUV Rheinland. Adapun realme C31 dibekali dengan triple slot kartu SIM plus kartu microSD. Anda bisa memasang kartu microSD bersamaan dengan dua kartu SIM.

4. Tecno POVA Neo

Tecno POVA Neo
Layar IPS LCD 6.8 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


MP
(AI)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Saudara kandung Infinix, Tecno, terlihat serius dalam menggarap pasar smartphone Indonesia. Khususnya untuk level harga 1-2 jutaan. Pada kuartal pertama 2022, mereka meluncurkan Tecno POVA Neo. Ponsel 1 jutaan ini mengunggulkan layar besar 6,8 inci.

Baterainya pun jumbo dengan kapasitas 6000 mAh. Karena baterai yang besar itu, bobot si ponsel tembus 200 gram. Berbekal baterai yang besar itu, Tecno POVA Neo bisa menjadi teman bagi Anda yang suka menonton serial atau film seharian. Cocok buat Anda yang sedang ingin rebahan di rumah.

Hal menarik selanjutnya dari Tecno POVA Neo adalah adanya lampu flash ganda pada kamera depannya. Anda pun tidak perlu khawatir saat ingin melakukan selfie pada kondisi low light bahkan malam hari. Siapkan uang tak kurang dari Rp1,6 juta untuk mendapatkan HP dengan SoC MediaTek Helio G25 ini.

5. realme C25Y

realme C25y
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset UNISOC Tiger T610
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

realme C25Y bisa dibilang merupakan alternatif dari realme narzo 50A Prime. Pasalnya, dapur pacu yang digunakan realme C25Y adalah UNISOC Tiger T610, mirip seperti Tiger T612 milik narzo 50A Prime. Pembedanya cuma GPU-nya yang sedikit lebih kencang di Tiger T612.

Praktis, realme C25Y hadir buat mereka yang lebih suka desain konvensional alias lebih kalem. Secara performa, kemampuan kamera, dan ketahanan baterai realme C25Y sudah asyik. HP ini tergolong bisa Anda andalkan dalam berbagai aktivitas. Hanya saja, ada beberapa catatan yang perlu Anda perhatikan dari HP ini.

Catatan itu yakni layarnya masih beresolusi HD+, colokan yang masih microUSB, serta speaker yang menghadap ke bawah rawan mengalami peredaman. Kendati demikian, paket penjualan realme C25Y masih lengkap. Anda tetap akan memperoleh charger dalam paket penjualannya.

6. OPPO A16e

OPPO A16e
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera
13 MP
(wide)
Baterai Li-Po 4230 mAh
Kelebihan Baca di sini

OPPO A16e rilis sebagai model baru di OPPO A series dan memiliki harga yang lebih terjangkau daripada model OPPO A16e. Karena HP yang dimiliki HP ini lebih terjangkau, maka tentu akan ada penyesuaian pada bagian spesifikasi agar setara dengan harganya. Namun, OPPO A16e juga melakukan peningkatan pada bagian lain agar seimbang dan tetap menarik perhatian.

OPPO A16e resmi rilis dengan dibekali kapasitas RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Jika pengguna masih kurang, pengguna bisa memanfaatkan slot tambahan untuk microSD yang akan memperluas kapasitas memori hingga 1 TB. Selain itu, OPPO A16e telah ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P22 sebagai perpaduan dari kapasitas memori yang dimilikinya.

Baca juga  10 HP vivo Harga di Bawah 3 Jutaan Terbaik (September 2022)

Sedangkan bagian yang memiliki peningkatan pada HP OPPO A16e adalah bagian kamera. Dibekali dengan satu kamera belakang yang memiliki resolusi 13 MP dengan dukungan AI yang lebih baik. Kemudian pada bagian depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 5 MP.

Untuk baterai, OPPO A16e dibekali baterai kapasitas standar 4230 mAh. Meski standar, baterai ini cukup awet digunakan harian mengingat ColorOS memiliki sistem efisiensi daya yang baik. Dengan semua spesifikasi tersebut, HP di bawah Rp2 jutaan ini sudah cukup untuk harian

7. Advan GX 

Advan GX
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T618
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


0.3 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5200 mAh
Kelebihan Baca di sini

Advan GX adalah bentuk pembuktian vendor smartphone lokal bahwa HP besutan anak bangsa bisa bersaing dengan ponsel luar negeri. Memang, HP Advan masih setia hadirkan chipset dari UNISOC, tapi ada yang beda dengan chipset UNISOC kali ini.

Ya, ia mengandalkan UNISOC Tiger T618 yang telah gunakan ARM Cortex A75 berkekuatan 2 GHz sebagai inti high performance. Dengan begitu, Advan GX pun disinyalir dapat menghadirkan performa cukup tinggi saat bermain game. Tapi, batasi ekspektasi Anda pada HP Rp1 jutaan ya. Jangan bandingkan dengan HP gaming 2 jutaan atau di atasnya.

Meski tampak bahwa Advan GX hanya difokuskan untuk gaming saja, nyatanya ia juga handal dalam sisi fotografinya. Terlihat dari suguhan kamera utama 48 MP beresolusi besar serta kamera depan berkekuatan 25 MP. Hanya saja, kami menyayangkan posisi pemindai sidik jarinya terletak di belakang alih-alih di samping bodi.

Sudah tampilan desain bodi punggung yang modern dibanding seri Advan sebelumnya, harusnya sensor diletakkan di kiri agar semakin mempercantik tampilan secara keseluruhan. Oh ya, walau disebutkan kamera Advan GX punya resolusi besar, rupanya hal ini tidak semerta diterjemahkan sebagai kemampuan kamera yang baik.

Pada artikel kelebihan dan kekurangan Advan GX, disebutkan kalau hasil fotonya sungguh tidak konsisten. Terkadang ia hadirkan hasil foto bagus namun pada kesempatan lain tidak jarang pula hasil fotonya agak mengecewakan. Namun menurut pantauan kami, Advan GX seharga Rp1,9 jutaan ini sungguh layak dijadikan pertimbangan.

8. Infinix Hot 12 Play NFC

infinix hot 12 play
Layar IPS LCD 6.82 inci
Chipset UNISOC Tiger T610
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Infinix Hot 12 Play diperkenalkan sebagai ponsel yang cocok untuk penyuka gaming dan yang membutuhkan HP awet digunakan berlama-lama. Maka tidak heran, spesifikasi yang ditawarkan memang fokus pada layar, chipset dan baterai. 

Walaupun demikian, ada sejumlah spesifikasi yang tetap dipertahankan agar HP ini nyaman digunakan oleh semua pengguna. Infinix menghadirkan layar besar berukuran 6,82 inci IPS dengan resolusi HD+.

Keunggulan layar HP Infinix ini ialah hadirnya refresh rate 90 Hz dan touch sampling 180 Hz. Untuk HP harga di bawah Rp2 jutaan, layar ini cukup baik menampilkan animasi yang halus dan lebih responsif untuk bermain game.

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop 4 Jutaan Terbaik di Tahun 2022

Beralih ke bagian dapur pacu, Infinix menambahkan fitur penambah virtual RAM sebesar 3 GB untuk mendukung RAM asli 4 GB dan chipset UNISOC Tiger T610. Dapur pacu ini kian nyaman digunakan dengan adanya baterai 6000 mAh dan dukungan sistem XOS 10.0 berbasis Android 11.

Kekurangan HP ini tampak di bagian kamera. Pasalnya Infinix hanya memasang kamera utama 13 MP dengan kamera depth 2 MP.

9. Tecno Spark 8C

Tecno Spark 8C
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T606
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera
13 MP
(wide)


0.3 MP
(AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Sebagai pendatang baru, produsen Tecno tidak main-main menghadirkan ponsel miliknya. Seperti dalam Tecno Spark 8c. Ponsel entry-level ini hadir dengan desain cantik yang nyaman di tangan. HP ini bahkan menghadirkan modul kamera yang elegan dengan desain kamera yang tidak terlalu menonjol. 

Menengok bagian layar, HP di bawah Rp2 jutaan ini menggunakan layar berukuran 6,6 inci HD+ dengan desain kamera depan waterdrop. Dengan dukungan bezel yang tidak terlalu tebal membuat layar terasa luas. Tidak lupa ada fitur refresh rate 90 Hz yang memungkinkan pergerakan konten di layar lebih mulus.

Daya tarik HP ini berlanjut ke bagian mesin, dimana HP Tecno ini memakai chipset T606 yang didukung fitur memory fusion. Fitur ini memungkinkan kamu dapat menambah RAM dasar 4 GB menjadi 7 GB. Hal ini sangat menarik karena di kelas yang sama, beberapa produsen hanya menghadirkan virtual RAM 1 GB saja.

Satu hal yang kurang di HP ini ialah tidak adanya fitur pengisian daya cepat. Padahal HP Android ini memiliki kapasitas baterai 5000 mAh sehingga akan lama untuk terisi penuh.

10. realme narzo 50A Prime

realme narzo 50A Prime
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


2 MP
(macro)


0.3 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

realme narzo 50A Prime bisa dibilang sebagai pengganti dari realme narzo 50. Dibanding pendahulunya, narzo 50A Prime jauh lebih ringan plus layar lebih lebar. Sementara itu, desainnya juga lebih segar dengan rangka flat dan pemindai sidik jari yang digeser ke tombol power.

Mengenai performa, narzo 50A Prime juga oke punya. Anda dipastikan bisa memainkan gim seperti Call of Duty dan Modern Warships dengan lancar melalui HP ini. Hal itu tak mengherankan mengingat dapur pacu HP ini ditenagai SoC UNISOC Tiger T612, memori internal berjenis UFS 2.2, dan RAM 4 GB.

Sisi menarik lagi dari HP Rp1 jutaan ini adalah kamera utamanya yang beresolusi 50 MP. Anda pun bisa menciptakan foto dengan detail tajam berkat kamera tersebut. Sayang, atas nama peduli terhadap lingkungan, charger dihilangkan dalam paket penjualan HP ini.

Sebenarnya cukup sulit memilih HP di bawah 2 juta terbaik yang ada saat ini mengingat banyaknya HP berkualitas di kisaran harga tersebut. Namun daftar di atas diharapkan dapat memberikan sedikit masukan bagi Anda yang sedang kebingungan mencari HP yang murah namun berkualitas.


https://actoncloud.com