10 Rekomendasi HP di Bawah 5 Jutaan Terbaik (September 2022)


Ada banyak pilihan HP yang dijual dengan harga menarik di pasaran. Ada HP kelas terjangkau di kisaran harga Rp1 juta dan Rp2 juta, ada juga HP yang dijual di kisaran Rp3 juta sampai Rp4 juta. Rentang harga ini biasanya sudah masuk kategori menengah.

Namun, ada juga HP yang masuk kategori menengah ke atas. Biasanya ponsel ini dibanderol kisaran Rp5 juta. Ponsel tipe ini umumnya punya fitur yang dibawa dari ponsel premium. Karena itu, jika memang Anda sedang mencari HP pada rentang harga di bawah Rp5 juta, berikut Carisinyal sajikan daftar lengkapnya.

1. Xiaomi 11T

Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1200
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(telephoto macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Tahun 2021, Xiaomi merilis banyak ponsel berkualitas, salah satunya Xiaomi 11T. Ini merupakan ponsel flagship yang sudah memiliki harga terjangkau, namun tetap mempunyai spesifikasi gahar. Bahkan beberapa fitur premium yang tersemat masih mampu untuk multitasking dan bermain game.

Ponsel ini mengusung desain mewah dengan lapisan kaca di bodi belakangnya. Guna mendukung tampilan yang mewah, Xiaomi memasang layar AMOLED. Layar ini memiliki tampilan yang terang dan kaya warna. Tidak lupa ada refresh rate 120 Hz dan HDR10+. Ini membuat pergerakan animasi di layar lebih mulus dan layar nyaman untuk video resolusi tinggi.

Untuk ponsel dengan harga di bawah 5 jutaan, Xiaomi 11T dilengkapi chipset MediaTek Dimensity 1200 Ultra. Ini merupakan chipset generasi terbaru MediaTek yang menawarkan performa kencang dan jaringan 5G yang stabil. Untuk game-game kekinian, HP ini bisa memainkannya dengan pengaturan “rata kanan”.

Selain menawarkan performa, ponsel ini dilengkapi kamera utama 108 MP dengan teknologi AI. Kameranya memiliki fitur yang lengkap di kelasnya. Hasil foto dan video pun cukup detail, kaya warna, dan dynamic range yang luas.

2. realme 9 Pro+

realme 9 Pro Plus
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

realme menegaskan diri sebagai merek smartphone anak muda. Implementasinya bisa dilihat desain ponsel-ponsel mereka yang berani dan berbeda. Contohnya adalah realme 9 Pro+, smartphone kelas menengah atas yang mereka rilis pada 2022.

HP ini punya desain Light Shift pada varian Sunrise Blue. Varian ini mampu mengalami perubahan warna dari biru ke merah tatkala terkena paparan sinar matahari. Namun begitu, desain yang berani bukan satu-satunya hal menarik dari realme 9 Pro+.

HP 5G ini juga punya kamera jempolan berkat sensor flagship Sony IMX766 dan penstabil gambar berbasis optik (OIS). Performa gaming HP ini juga tergolong oke berkat dukungan chipset MediaTek DImensity 920. Tertarik membeli ponsel yang satu ini?

3. POCO F3 6/128

POCO F3
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4520 mAh
Kelebihan Baca di sini

POCO F3 meneruskan titah POCO F2 Pro dan POCO F1 sebagai smartphone harga miring dengan SoC premium. Ya, ponsel dengan SoC Snapdragon 870 ini dirilis di Indonesia dengan HER (Harga Eceran Resmi) Rp4,9 jutaan untuk varian memori 6/128 GB.

Baca juga  10 HP vivo Harga di bawah 4 Jutaan Terbaik (September 2022)

Namun, tidak sekadar mengandalkan SoC Premium, POCO F3 juga memiliki desain yang cantik berkat ketipisan bezel layar dan diameter kamera depan yang mungil. Soal layar tidak kalah sip, panel AMOLED yang disematkan punya refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 360 Hz, dan gamut warna DCI-P3.

Hal itu membuat konten yang ditampilkan dari layar mulus dan punya warna akurat. Selain itu, layarnya bisa dengan cepat merespons sentuhan jari. Kamera dan daya tahan baterai ponsel ini pun bisa diadu. Untuk baterai, walaupun kapasitasnya biasa-biasa saja (4520 mAh), ternyata skor ketahanannya mencapai 114 jam berdasarkan uji GSM Arena.

Fitur pendukung seperti speaker stereo yang lantang, kemampuan menyetel audio resolusi tinggi, dan WiFi 6 ada pula di HP ini. Akan tetapi, Anda tidak akan menemukan slot microSD dan jack audio 3,5 mm. Ketahui secara mendalam smartphone 5G ini dengan membaca artikel kelebihan dan kekurangan POCO F3

4. realme GT Master EditionĀ  8/128

 realme GT Master EditionĀ 
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan Baca di sini

Apa iya di harga 4 jutaan sudah bisa mendapatkan ponsel dengan layar Super AMOLED beserta refresh rate 120 Hz? Kok terkesan muluk-muluk banget, ya? Tapi nyatanya memang bisa, kok. Lihat saja spesifikasi realme GT Master. Dengan layar Super AMOLED dengan penyegaran tinggi, pastinya pengguna akan lebih dimanjakan pada setiap perpindahan gerakan di layar.

Bodinya yang sungguh ramping juga membuat ponsel ini nyaman digunakan oleh siapa saja, meskipun hanya menggunakan satu tangan. Baterainya memang “hanya” berukuran 4.300 mAh, tapi sudah lebih dari cukup untuk menunjang HP berpanelkan OLED ini. Pasalnya, OLED memang jauh lebih hemat daya dibanding IPS LCD.

Plus, pengguna juga tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya. Dengan fast charging 65 W yang super ngebut, mampu mengisikan daya hingga 100% dalam waktu sekitar setengah jam (pengujian lokal). Sayangnya, tidak ada dual stereo speaker di HP ini dan layarnya yang 6,43 inci terbilang kecil. Tidak seperti ponsel 5 jutaan lain yang banyak hadirkan layar hingga 6,67 inci.

Varian termurah dari realme GT Master Edition menggunakan memori internal 128 GB dengan RAM 8 GB, dibanderol dengan harga rilis Rp4.999.000. Jika tertarik, kunjungi juga kelebihan dan kekurangan realme GT Master. Dan jika berkenan, Anda bisa simak perbedaan realme GT Master Edition dengan seri realme GT lainnya.

5. POCO X3 GT 8/256

POCO X3 GT
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Memangnya hanya realme saja yang boleh hadirkan GT series? Tentu tidak, dong. Nyatanya sudah ada realme X3 GT yang menawarkan kelebihan dibanding HP 4 jutaan lainnya.

Ya, hal itu adalah Corning Gorilla Glass Victus, yakni generasi kaca pelindung Gorilla Glass terkuat di dunia. Sebelumnya, lapisan kaca pelindung ini hanya tersedia pada HP flagship 10 jutaan seperti Galaxy S21 series. Dengan Victus, ponsel diharapkan dapat bertahan sekalipun terjatuh pada ketinggian hingga 2 meter.

Di antara ponsel POCO lainnya, varian ini punya desain bodi yang lebih “aman” dan lebih dapat diterima masyarakat luas. Tidak seperti POCO-POCO lainnya yang suka menawarkan desain bodi berani dan eksotis.

Baca juga  10 Rekomendasi HP Terbaik di Harga 2 Jutaan (Agustus 2022)

Ingin rasakan performa gaming kelas flagship? Ngapain mesti beli HP mahal? Toh, POCO X3 GT juga sudah tawarkan Dimensity 1100 5G dengan kinerja berkelas. Bahkan performanya mirip-mirip Snapdragon 870. Sayang, tidak ada slot microSD dan tidak ada port 3.5 mm jack audio port di HP ini.

POCO X3 GT sendiri hadir dengan dua varian yakni 128 GB + 8 GB, serta 256 GB + 8 GB. Bahkan pada varian tertingginya saja, POCO X3 GT sudah dibanderol dengan harga miring yakni Rp4.599.000,-. Tertarik beli? Tunggu sebentar, sebaiknya baca dulu kelebihan dan kekurangan POCO X3 GT.

6. OPPO Reno5 5G

OPPO Reno5 5G
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 765G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan Baca di sini

Saat pertama kali muncul, OPPO Reno5 5G dijual dengan harga menyentuh Rp7 juta. Namun, Anda kini dapat membelinya pada dengan harga di bawah Rp5 juta. Harga jual yang turun jelas membuat HP 5G pertama OPPO Reno Series ini kian menark untuk dipinang.

Salah satu fitur yang diunggulkan dari HP ini adalah videografi. Terlebih karena OPPO menyematkan fitur Bokeh Flare Portrait Video yang benar-benar keren. Fitur tersebut hadir tak lepas dari keandalan AI pada SoC Snapdragon 765G berikut memori 8/128 GB.

OPPO Reno5 5G tentu saja tidak cuma mengandalkan kemampuan kameranya. Sebab, HP ini juga punya layar, performa, dan baterai yang awet. Ia pun mendukung pengisian cepat 65W yang kencang, Jangan lupa pula bahwa software ColorOS racikan OPPO adalah salah satu antarmuka paling stabil.

7. vivo X50

vivo X50
Layar AMOLED 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 730
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


13 MP
(telephoto)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Kelebihan Baca di sini

Bersama dengan vivo X50 Pro, vivo X50 merupakan HP seri vivo X pertama yang masuk secara resmi ke Indonesia. Status HP ini adalah flagship meskipun chipset yang dipakai, Snapdragon 730, adalah SoC kelas menengah. Lantas apa yang bikin HP ini layak menyandang status tersebut?

Pertama adalah desainnya yang mewah karena memakai material kaca dan aluminium. Kedua, layarnya keren karena pakai panel AMOLED dan dukung refresh rate 90 Hz serta kemampuan memutar video HDR10+. Ketiga, hasil foto kamera HP ini bagus. Ada OIS-nya pula!

Keempat, HP ini punya sensor lengkap, termasuk sensor pemindai sidik jari di bawah permukaan layar. Terakhir, HP ini punya baterai awet dan didukung teknologi pengisian cepat 33W. Terlalu singkat penjelasan ini? Selengkapnya baca artikel kelebihan dan kekurangan vivo X50.

8. vivo V21 5G

vivo v21 5g
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Dimensity 800U
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Anda bisa “menang banyak” dengan mengeluarkan dana Rp5 juta atau kurang untuk membeli vivo V21 5G. Memangnya Anda bisa dapat apa saja dari HP ini? Yang pertama jelas konektivitas 5G untuk menatap masa depan. Konektivitas ini bisa bikin vivo V21 5G punya umur panjang.

Kemudian, layar HP dengan SoC Dimensity 800U ini juga bisa menampilkan konten dengan warna sip dan mulus. Hal itu berkat panel AMOLED dan refresh rate 90 Hz. Bahkan layar ponsel vivo ini bisa memutar video HDR10+. Selanjutnya yang paling keren dari HP ini adalah OIS pada kamera depan dan belakang.

Baca juga  15 Game Perang Pesawat Tempur Terbaik di HP Android

Keberadaan OIS ini bikin foto malam hari terang dan tidak goyang. OIS juga berandil dalam menstabilkan video bersama gyro-EIS. Nah, kamera depan HP ini juga dilengkapi autofokus dan lampu flash. Jadi tidak masalah kalau mau foto selfie di tempat gelap.

Sebetulnya kelebihan vivo V21 5G ini masih banyak. Namun, Anda bisa mengeceknya di artikel kelebihan dan kekurangan vivo V21 5G.

9. Samsung Galaxy M62

Samsung galaxy m62
Layar Super AMOLED Plus 6.7 inci
Chipset Exynos 9825
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)


5 MP
(depth)
Baterai Li-Po 7000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Mau tahu apa yang membuat Samsung Galaxy M62 ini begitu istimewa? Jika Anda suka memerhatikan ponsel Galaxy M series, pasti sudah tahu jawabannya. Ya, apalagi kalau bukan baterainya yang bongsor? Bayangkan saja, dengan baterai berukuran 7.000 mAh, Anda kini bisa rasakan nikmatnya browsing selama 24 jam nonstop.

Hanya saja, baterai yang bongsor juga bikin bodinya jadi bongsor juga. Dengan bobotnya yang sebesar 218 gram dan ketebalan bodi 9,5 mm, tampaknya anak-anak akan kesulitan menggenggam HP ini dengan nyaman.

Well, tapi bongsornya bodi ini dikompensasikan dengan baik pada kinerja Exynos 9825 yang lancar jaya dalam memainkan game modern terkini, tak terkecuali Genshin Impact yang konon sering jadi metode untuk “menyiksa” HP.

Cukup disayangkan, HP ini tidak dirilis dengan dukungan koneksi 5G sehingga membuatnya tidak future-proof. Belum lagi, kendati layarnya sangat besar di ukurna 6,7 inci dan hadirkan panel Super AMOLED, belum tersedia laju penyegaran tinggi. Padahal di masa kini, refresh rate 90 Hz dan 120 Hz sudah mulai bertebaran di ponsel-ponsel mid-range.

Anda bisa membeli Samsung Galaxy M62 pada kisaran harga Rp4,8 jutaan saja pada beragam marketplace di Tanah Air. Jangan lupa kunjungi juga artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M62 untuk info selengkapnya soal HP bertenaga ini.

10. Samsung Galaxy A52 8/128

Samsung Galaxy A52
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)


5 MP
(depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

Samsung tentunya kembali hadir dengan membawakan salah satu produk terbarunya, yakni Samsung Galaxy A52. Yang satu ini lain daripada yang lain, terlihat dari desain bodi belakangnya yang begitu menawan dan fresh, seolah ingin mematahkan image bahwa Samsung selalu mengusung desain bodi yang kaku.

Kehadiran ponsel ini di kuartal pertama 2021 menandakan kalau tahu tersebut adalah eranya Super AMOLED yang digabungkan dengan opsi refresh rate tinggi. Pada tahun-tahun sebelumnya, umumnya konsumen harus memilih salah satu di antara panel OLED dan refresh rate tinggi.

Kini Samsung Galaxy A52 hadir dengan keduanya, semakin memberikan pengalaman sinematis yang andal saat bermain game maupun menonton drama kesukaan. Apakah Anda berminat?

Demikianlah penjelasan mengenai 10 HP di bawah 5 jutaan terbaik rekomendasi dari Carisinyal. Nah, kira-kira apakah Anda memiliki ketertarikan untuk membeli salah satunya?


https://actoncloud.com