15 Rekomendasi HP dengan RAM 16 GB Terbaru (Agustus 2022)


RAM (Random Access Memory) yang dimiliki smartphone selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, khususnya ponsel Android. Tren peningkatan kapasitas RAM ini bukan tanpa tujuan. Sebab, dengan RAM besar, pabrikan ponsel bisa menjamin produknya dapat mengakomodasi kinerja optimal buat pengguna.

Ada tiga alasan mengapa ponsel Android cenderung punya RAM lebih besar ketimbang smartphone Apple iPhone. Pertama, dalam menjalankan suatu aplikasi, ponsel Android memakai virtual machine berbasis Java.

Virtual machine ini akan menerjemahkan bahasa pemrograman – yang ditulis oleh pengembang dalam sebuah aplikasi – agar bisa dieksekusi oleh berbagai smartphone, tak peduli Android versi apa yang dipakai oleh si ponsel dan seperti apa hardware-nya. Proses ini jelas membutuhkan resource besar dari RAM.

Kedua, sebagian ruang di dalam RAM yang telah dipakai oleh aplikasi mesti didaur ulang agar bisa dipakai aplikasi lain. Proses ini dinamakan Garbage Collection. Hanya saja, daur ulang memori yang terlalu sering membuat kinerja HP menurun. Penurunan ini tidak akan terjadi andai RAM yang dipunyai smartphone cukup besar.

Ketiga, ponsel Android harus menjalankan aplikasi di belakang layar supaya notifikasi tiba secara real-time, terutama aplikasi perpesanan, menurut Android Infotech. Makin banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar, maka makin besar pula kapasitas RAM yang dibutuhkan.

Terlepas dari ketiga hal itu, perkembangan aplikasi smartphone kian hari kian kompleks. Hal ini mendorong produsen HP, baik itu Android atau Apple, melakukan penyesuaian dengan meningkatkan kapasitas RAM. Saat ini ada banyak HP dengan RAM 16 GB terbaru yang beredar di pasaran. Apa saja itu? Simak daftarnya seperti berikut ini:

1. ASUS ROG Phone 6

Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Mencari ponsel dengan RAM 16 GB (LPDDR5) terbaik untuk bermain gim berat? Carisinyal merekomendasikan ASUS ROG Phone 6 yang merupakan salah satu flagship gaming terbaik di dunia.

Yang membuat ponsel ini unik adalah sisi desainnya yang dapat menampilkan logo RGB menyala setiap menerima notifikasi, telepon, dan kondisi lainnya. Desainnya pun kini terkesan lebih simpel untuk seukuran HP gaming, meski masih mengandung aksen visual “nyentrik” yang memberikan kesan gaming.

Di antara HP gaming lain di kelas yang sama, ASUS ROG Phone 6 Pro adalah yang paling menyodorkan fleksibilitas kontrol saat bermain gim. Skema AirTrigger 6 miliknya merupakan implementasi kontrol tombol bahu terbaik, menggabungkan motion control, dan varian-varian penggunaan yang mudah dipetakan dan dipelajari.

Masing-masing dari kedua tombol bahu bisa dibagi menjadi partisi berbeda, sehingga total kontrol tambahannya jadi ada empat. Selain ditekan, kedua tombol juga bisa di-swipe ke kiri dan kanan untuk hadirkan perintah berbeda, misalnya untuk mengganti senjata.

Masih banyak penggunaan lain yang berguna memberikan advantage lebih saat bermain secara kompetitif, memaksimalkan kemungkinan menang pada setiap gimnya. Ponsel ini dipastikan cocok untuk para pelaku eSport profesional yang terjun di perlombaan berskala global.

2. ZTE Red Magic 7S

ZTE nubia Red Magic 7S
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

ZTE nubia Red Magic 7S juga merupakan ponsel dengan RAM 16 GB (LPDDR5) terbaik yang bisa didapatkan. Varian “S” pada ZTE nubia Red Magic 7S merupakan cara perusahaan untuk melakukan refresh dari seri yang sudah ada. Sama seperti ASUS ROG Phone 5 dan ROG Phone 5s yang dirilis setahun sebelumnya yang memiliki perbedaan chipset.

Kini, ZTE pun kembali meluncurkan 7S setelah sebelumnya menghadirkan Red Magic 7 di pasaran, lantaran tak ingin ketinggalan menggunakan chipset Snapdragon 8+ Gen 1 yang lebih aman dari throttling serta membawakan peningkatan performa dibanding versi biasanya.

Kelebihan dari Red Magic 7S terletak pada sisi desain layar FullView, alias tidak lagi hadirkan tompel (punch hole) sebagai rumah bagi kamera depan. Alih-alih berada di layar, kamera depan diletakkan pada bezel di atasnya sehingga membuatnya terlihat sedikit tebal.

Red Magic 7S juga dihadirkan dengan salah satu sistem pendingin terbaik (jika memang bukan yang terbaik) untuk mempertahankan suhu agar tidak panas berlebih saat menjalankan gim berat.

Bagi yang suka memainkan gim secara maraton, Red Magic 7S dijamin pas karena menawarkan durasi pengisian daya tercepat yaitu menggunakan daya 120 W. Ini adalah ponsel yang cocok untuk pemain yang seringkali kehilangan konsentrasi karena keberadaan kamera depan di layar.

3. ZTE Axon 40 Ultra

zte axon 40 ultra
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
64 MP
(wide)


64 MP
(periscope telephoto)


64 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 15.150.000

Untuk varian smartphone yang gunakan RAM 16 GB, tersedia dua opsi penyimpanan internal yaitu 512 GB dan 1 TB dengan standar UFS 3.1. ZTE Axon 40 Ultra disemati dengan chipset flagship terkemuka Snapdragon 8 Gen 1 yang punya peningkatan dari sisi GPU dan CPU dibandingkan Snapdragon 888.

Salah satu keunggulan HP ini terletak pada kameranya, mengemas tiga lensa 64 MP pada fungsi standar, periskop telefoto, serta ultrawide. Resolusi perekaman videonya mendukung hingga 8K pada kecepatan 30 FPS, memiliki stabilisasi gyro-EIS, dan mampu merekam pada kualitas HDR10 serta 10-bit.

Fitur-fitur tersebut menjadikan smartphone sebagai paket lengkap untuk hasilkan mahakarya profesional, menyerupai alat khusus pada industri perfilman. Yang mencengangkannya lagi, ponsel besutan ZTE ini juga dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya cepat (fast charging) sebesar 80 W.

Baca juga  10 Cara Membedakan OPPO Asli dan Palsu dengan Mudah

Fitur menarik lainnya turut hadir seperti layar berpanel AMOLED dengan ukuran 6,8 inci, port USB Type-C 3.1, dual stereo speaker, NFC, serta dirilis menggunakan Android 12 berantarmuka MyOS 12. Tertarik?

4. Black Shark 5 Pro

black shark 5 pro_
Layar OLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
108 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(telephoto macro)
Baterai Li-Po 4650 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Apakah Anda seorang pemain gim profesional? Jika iya, Black Shark 5 Pro ini sudah pasti cocok untuk Anda. Seperti para pendahulunya, ponsel ini menyuguhkan kontrol tambahan di bagian pundaknya selayaknya tombol L dan R pada gamepad.

Desain bodi belakangnya melalui perombakan dibandingkan dengan pendahulunya. Tidak seperti Black Shark 4 Pro yang tampilkan jajaran kamera secara horizontal, kini modul kamera dirancang dengan lebih familiar. Terletak di pojok kiri atas dengan bentuk persegi panjang, namun tetap dengan desain khas Black Shark.

Yang membuat HP ini menarik, adalah penggunaan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang dibalut dengan dua jenis memori internal berbeda yaitu UFS 3.1 dan NVMe SSD dengan total kapasitas 512 GB (serta RAM 16 GB LPDDR5). Menariknya, kedua tipe memori ini digabung jadi satu, tidak seperti PC yang membedakannya menjadi dua partisi berbeda.

Sebuah peningkatan cukup drastis hadir di sisi fotografi, di mana Black Shark 5 Pro dibekali dengan kamera utama 108 MP untuk hasilkan output gambar 12 MP melalui teknologi Nona Bayer. Selain itu, salah satu kamera pendamping yang semula hanya fungsi makro di Black Shark 4 Pro, kini menjadi telefoto makro di Black Shark 5 Pro.

5. ZTE nubia Z40 Pro

ZTE nubia Z40 Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


50 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Seri flagship dari ZTE memang kerap kali memberikan daya tarik di bagian fotografi, tak terkecuali ZTE nuba Z40 Pro yang dirilis pada kuartal pertama di tahun 2022 ini.

Menggunakan sensor Sony IMX787 pada resolusi 64 MP, memotret ataupun merekam video pada segala kondisi akan senantiasa tampil kece, dengan detil mendekati sempurna, exposure yang mantap pada kondisi minim cahaya, serta noise yang minim.

Sebagai kamera pendampingnya, tersemat sensor 8 MP periskop telefoto yang mendukung OIS dan zoom optik hingga 5x, serta kamera 50 MP ultrawide dengan kemampuan FOV (field of view) 116 derajat.

Ponsel yang juga hadirkan RAM 16 GB di tipe LPDDR5 ini pastinya dipadankan dengan memori internal UFS 3.1, pada opsi kapasitas 512 GB dan 1 TB. Sementara untuk dapur pacunya, turut didukung dengan Snapdragon 8 Gen 1 berfabrikasi 4 nm yang tawarkan performa tak tertandingi.

6. Black Shark 4s Pro

Black Shark 4s Pro
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888+
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Black Shark 4s Pro adalah smartphone gaming paling sip yang dirilis Black Shark pada 2021. Rasa-rasanya tak ada gim yang bisa membuat HP ini kepayahan. Benar saja, jeroan HP ini dijejali komponen-komponen terbaik. Mulai dari SoC Snapdragon 888+, memori internal uFS 3.1, hingga RAM berkapasitas 16 GB.

Visualisasi HP ini pun tidak kalah keren berkat layar Super AMOLED yang responsif dan mulus. Layar ini punya touch sampling rate dan refresh rate yang tinggi demi menjaga akurasi input kualitas kualitas tampilan. Adapun pengalaman bermain gim di HP ini makin asyik karena ada dua hal keren lagi.

Pertama, adalah speaker stereo yang dapat membawa suasana menyatu dengan dunia gim. Kedua, tombol fisik gaming triggers agar gamers bisa mengeluarkan aksi-aksi tertentu guna meraih kemenangan.

7. ZTE nubia Red Magic 6s

zte nubia red magic 6s
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5050 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

nubia meluncurkan beberapa HP gaming Red Magic 6 Series pada 2021. Salah satunya adalah Red Magic 6s ini yang merupakan peningkatan minor dari Red Magic 6. Peningkatan paling terlihat ada di sektor dapur pacunya. Red Magic 6s memakai SoC Snapdragon 888+, diimbangi dengan RAM 16 GB dan memori internal 256 GB pada varian tertingginya.

RAM sebesar itu tentu saja demi mendongkrak performa agar si HP bisa dipakai secara ekstrem dalam jangka panjang. Kemudian, peningkatan lain yang ada pada Red Magic 6s meliputi zona sensitif (450 Hz, rangka kanan), sliding trigger (penutup belakang), dan lampu RGB. Ketiganya juga menjadi pembeda antara Red Magic 6s dan Red Magic 6.

Kecerahan khas HP ini juga meningkat, dari yang semula 630 nit jadi 700 nit. Yang pasti, HP ini tetap unik karena punya kipas internal beserta dua lubang udara (isap dan buang). Meski demikian, teknologi pengisian daya yang dimiliki Red Magic 6s malah diturunkan ke 30W, padahal sebelumnya 66W.

8. ASUS ROG Phone 5s

asus-rog-phone-5s_
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888+
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB, 18 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 9.999.000

Sebagai salah satu jajaran dari seri ASUS ROG Phone 5, nampaknya hampir tak ada yang tak bisa dilakukan HP ini. Ia disebutkan sebagai varian lebih kuat dibanding ketiga varian lainnya, menghadirkan chipset Snapdragon 888 Plus 5G yang telah di-overclock agar kinerjanya lebih cepat.

Baca juga  Inilah 3 Cara Menghilangkan Iklan di HP Infinix dengan Mudah dan Aman

Ia pun dihadirkan dengan kemampuan RAM extended yang dapat meminjam kapasitas memori internal, gunanya tentu untuk membuat kapasitas RAM jadi lebih besar dan berujung pada performa game yang lebih lancar pula. Di dalamnya, tersedia RAM berkapasitas 8 GB dan 12 GB dengan tipe LPDDR5.

Sedangkan, bagian layarnya pun menyuguhkan opsi laju penyegaran yang lebih lengkap lagi. Tidak seperti varian lain yang hanya tawarkan 60 Hz, 120 Hz, dan 144 Hz, ROG Phone 5s ini kedapatan tambahan refresh rate 90 Hz.

Tentu saja inipun disandingkan dengan fitur adaptive refresh rate untuk mengubah mode secara otomatis berdasarkan kegiatan yang sedang dilakukan.

9. ASUS Smartphone for Snapdragon Insiders

ASUS Smartphone for Snapdragon Insiders
Layar Super AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

ASUS Smartphone for Snapdragon Insiders adalah bentuk perhatian Qualcomm terhadap para penggemarnya yang diklaim ada 1,6 juta orang di seluruh dunia. Singkatnya, ASUS membuat dan menjual ponsel flagship, dengan suntikan berbagai teknologi Qualcomm, untuk fan yang disebut Snapdragon Insiders.

Di dalam ponsel ini, sudah tentu ada SoC kelas wahid Snapdragon 888. Kemudian, beberapa teknologi penyerta meliputi Qualcomm AI (algoritma pemrosesan gambar), Qualcomm 3D Sonic Sensor (pemindai sidik jari), Snapdragon Sound, dan Qualcomm Quick Charge 5.0.

Beberapa fitur khas flagship juga tampak di HP ini. Misalnya, layar dengan refresh rate tinggi (144 Hz), kamera telefoto yang dilengkapi OIS (8 MP; 3x optical zoom), dan tidak ketinggalan RAM jumbo 16 GB yang biasanya ada di HP gaming.

Harga HP ini dipercaya tembus Rp20 jutaan dan hanya dijual di negara-negara tertentu. Di antaranya adalah Tiongkok, Inggris, Jerman, Amerika Serikat, dan Korea Selatan.

10. ASUS ROG Phone 5 Pro

ASUS ROG Phone 5 Pro
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 19.299.000

Ada banyak hal yang membuat ASUS ROG Phone 5 Pro terlihat bagus. Mulai dari layarnya, panel yang dipakai adalah AMOLED 6,78 inci. Layar ini bisa menampilkan satu miliar warna, mencapai puncak kecerahan 1200 nit, mendukung laju penyegaran 144 Hz, dan memperoleh sertifikasi HDR10+.

Layar itu diproteksi Gorilla Glass Victus yang konon punya ketahanan dua kali lebih bagus ketimbang Gorilla Glass 5. Beranjak ke sisi jeroan, ROG Phone 5 Pro ditenagai Snapdragon 888 dengan GPU Adreno 888, RAM 16 GB LPDDR5, dan memori internal UFS 3.1. Hal itu sangat lumrah buat HP flagship.

Pertanyaannya, apa yang membuat ponsel dengan baterai 6.000 mAh ini istimewa? Pertama, desain jeroan ponsel ini menempatkan chipset berada di tengah-tengah HP. Menurut ASUS, penataan ini membuat sistem pendinginan ROG Phone 5 Pro mampu menyebarkan panas secara cepat dan merata.

Kedua, masih soal desain jeroan, ASUS membagi baterai ponsel ini menjadi dua bagian: 3000 mAh di atas chipset, 3000 mAh lainnya di bawah chipset. Selain membuat distribusi berat HP jadi lebih seimbang, konstruksi ini menyebabkan panas yang ditimbulkan saat mengecas bisa ditekan, namun tetap kencang.

Berbekal fast charging 65 W, baterai ROG Phone 5 Pro bisa terisi hanya dalam waktu 52 menit. Satu hal terakhir yang membuat ponsel ber-NFC ini istimewa adalah adanya layar mungil PMOLED display bernama ROG Vision di bodi belakang. Benda ini berfungsi menampilkan beragam notifikasi. ROG Phone 5 bisa ditebus dengan harga Rp20,5 jutaan. Berminat?

11. ZTE nubia Z30 Pro

ZTE nubia Z30 Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


64 MP
()


8 MP
(periscope telephoto)


64 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

ZTE nubia Z30 Pro memang bukan HP flagship gaming. Hal itu terlihat dari penampilannya yang elegan – berbezel tipis dan mengotak di seluruh sudut. Sedangkan kaca lengkung 3D mengisi bagian depan ponsel. Karakter elegan makin terlihat di bagian belakang.

Soalnya, di situ ada modul kamera yang isinya empat lensa kamera superior. Terdiri atas tiga lensa 64 MP bersensor Sony IMX686. Masing-masing berperan sebagai lensa utama (plus OIS), lensa telefoto/makro 35 mm, dan lensa ultrawide. Satu lensa lagi beresolusi 8 MP bertugas mendukung fungsi telefoto periskop dengan 5 kali perbesaran optik.

Kerennya lagi, ada fitur kamera khusus yang disematkan oleh nubia, yakni kemampuan menjepret gerakan bintang di langit akibat rotasi bumi dengan eksposur panjang (star trail). Nubia bekerja sama dengan National Astronomical Observatories of the Chinese Academy of Sciences (NAOC) guna menghadirkan fitur ini.

Tentu saja kemampuan kamera yang sip tak akan bisa diraih tanpa chipset yang mumpuni. Ya, ZTE nubia Z30 Pro ditenagai oleh chipset terganas di dunia, Snapdragon 888, dengan GPU 660. Adapun ponsel dengan baterai 4200 mAh ini dibekali adaptor fast charging ganas 120 W. Adaptor ini diklaim bisa membuat ZTE nubia Z30 Pro terisi sampai penuh cuma dengan waktu 15 menit!

12. Lenovo Legion Duel 2

Lenovo Legion Duel 2
Layar AMOLED 6.92 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


16 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5500 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Lenovo memang tak seagresif dulu karena kalah saing dari produsen ponsel Tiongkok lainnya. Namun, bukan berarti Lenovo sudah habis asa. Daripada terus berkompetisi di pasar yang sudah jenuh, mereka akhirnya menjajaki segmen ponsel gaming.

Ponsel gaming Lenovo adalah kepanjangan tangan dari seri Legion, yang telah lebih dahulu terjun ke pasar laptop gaming pada 2017. Pada April 2021, Lenovo merilis HP Lenovo Legion Duel 2 yang kerennya bukan main. Sisi keren pertama tentu saja ada pada tonjolan kamera belakang yang menyatu dengan panel RGB, dan kamera depan dengan mekanisme pop-up.

Baca juga  10 HP untuk Aktivitas Outdoor Termurah (Desember 2022)

Nah, sisi keren kedua ada pada sistem pendinginan ponsel ini. Lenovo tidak cuma mengandalkan vapor chamber untuk mentransfer panas chipset Snapdragon 888 yang terkenal bersuhu tinggi. Namun, ada juga dua kipas internal yang mengambil udara segar dari lingkungan untuk mempercepat transfer panas menuju heatsink.

Keberadaan dua kipas internal ini menegaskan bahwa Lenovo Legion Duel 2 memang smartphone gaming sejati. Selain itu, ponsel dengan material bodi kaca dan frame aluminium ini punya 6 zona sensitif tekanan. Terdiri atas empat tombol ultrasonic di bagian frame, dan dua tombol slide di bagian punggung.

13. ASUS Zenfone 8

ASUS Zenfone 8
Layar Super AMOLED 5.9 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.999.000

ASUS mencoba melawan arus dengan mengeluarkan Zenfone 8, sebuah smartphone dengan sertifikasi IP68 yang kompak dan bertenaga. Smartphone ini hadir setelah riset pasar yang dilakukan ASUS menyatakan bahwa 2/3 penduduk bumi menginginkan HP dengan bentang layar tak sampai 6 inci.

Kedatangan HP ini pun jadi peluruh dahaga buat mereka yang rindu ponsel Android berspesifikasi tinggi dengan bentuk nyaman di genggaman. Kedahsyatan spesifikasi Zenfone 8 tidak terbatas pada penggunaan chipset Snapdragon 888, RAM LPDDR5, dan memori internal UFS 3.1.

Namun, Anda juga bisa menemukan speaker stereo yang disetel oleh Dirac dengan suaranya lantang. Di sektor fotografi, seluruh kameranya yang ditenagai oleh sensor Sony juga mumpuni dipakai di berbagai kondisi. Tidak ketinggalan antarmuka ZenUI 8 berbasis Android 11 yang sangat bersih, stabil, dan kaya fitur optimasi.

Zenfone 8, yang memakai layar berpanel E4 AMOLED, ini punya fitur DC Dimming. Fungsinya untuk mengurangi kedipan yang bikin mata lelah, ketika layar berada di level kecerahan rendah. Ulasan selengkapnya soal HP ini bisa Anda baca di artikel kelebihan dan kekurangan Zenfone 8.

14. Xiaomi Mi Mix Fold

Xiaomi Mi Mix Fold
Layar Foldable AMOLED 8.01 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
108 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


13 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5020 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Xiaomi memang bukan pionir dalam menciptakan smartphone dengan layar lipat. Namun, Xiaomi turut serta dalam persaingan HP layar lipat berbekal harga yang lebih terjangkau dengan beragam fitur unik. Adalah Xiaomi Mi Mix Fold, HP layar lipat Xiaomi yang dimaksud.

Sorotan utama HP ini bukanlah layarnya yang lebar (6,52 inci saat dilipat, 8,1 inci saat dibentang). Namun, pada pemakaian material penutup belakangnya, yakni keramik (ada juga varian kaca), yang membuatnya sangat premium. Kemudian, kamera MI Mix Fold juga keren bukan main.

Kamera belakangnya memakai konfigurasi tiga lensa, terdiri atas lensa utama 108 MP, lensa ultrawide 13 MP, dan lensa 8 MP telefoto/makro yang memakai teknologi liquid lens. Yang paling unik adalah lensa terakhirnya. Kenapa begitu? Soalnya, ia bisa melakukan perbesaran optik hingga 3x.

Kerennya lagi, lensa telefoto/makro itu bisa mengubah ukuran focal length serta fokus lensa via pergantian tegangan listrik. Hal inilah yang membuat hardware Mi Mix Fold sungguh berbeda dibanding ponsel lipat lain yang sudah lebih dahulu muncul di pasaran.

Soal isu bila ponsel layar lipat mudah rusak, konsumen tak perlu ragu akan hal itu. Pasalnya, Xiaomi menjamin bahwa Mi Mix Fold lulus buka-tutup layar sebanyak 400.000 kali selama 7 hari. Adapun chipset Snapdragon 888, RAM LPDDR5, dan memori internal UFS 3.1 melengkapi kedahsyatan ponsel ini.

15. ZTE Axon 30 Ultra 5G

ZTE Axon 30 Ultra 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB, 18 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 1 TB
Kamera
64 MP
(wide)


64 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


64 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Harga Saat Rilis Rp 15.000.000

Anggapan bahwa ukuran megapiksel bukan segalanya adalah benar. Sebab, megapiksel yang besar tidak selalu menjadikan hasil jepretan kamera bagus. Namun, tidak dengan ZTE Axon 30 Ultra 5G yang punya kamera belakang dengan resolusi total 200 megapiksel.

Angka 200 MP itu terbagi dalam lensa utama (64 MP, Sony IMX686), lensa ultrawide (64 MP, Samsung ISOCELL GW3), lensa telefoto/makro (64 MP, Samsung ISOCELL GW3), dan lensa telefoto periskop (8 MP, OmniVision OV08A10). Menurut GSM Arena, kualitas jepretan ponsel ini sangat baik dalam berbagai kondisi.

HP ini juga pantas diberi pujian karena desainnya yang bersih, minimalis, dan tampan. Sudutnya-sudutnya pada bodinya tegas, disertai layar dan penutup belakang melengkung. Modul kamera trendi berkelir hitam menambah ketampanan ponsel dengan material bodi kaca (kover belakang) dan aluminium (frame) ini.

ZTE Axon 30 Ultra 5G yang memakai chipset Snapdragon 888 ini juga andal dipakai untuk aktivitas me-time seperti menonton film. Alasannya karena layar AMOLED 144 Hz-nya bisa menampilkan 1 miliar warna, serta kelantangan suara speakernya juara (-24.6 LUFS menurut uji GSM Arena).

Ngomong-ngomong, ponsel mana yang menurut Anda paling menarik dari beberapa contoh yang telah disebutkan di atas? Tuliskan pendapat Anda mengenai ponsel tersebut di kolom komentar!


https://actoncloud.com