15 HP dengan Kamera Selfie Terbaik di Dunia (Juli 2022)


Smartphone saat ini sudah memiliki kelebihan tersendiri di sektor kamera. Bahkan, di masa depan, kamera pada smartphone bakalan lebih canggih dari perangkat kamera itu sendiri (DSLR, dsb). Wajar jika kemudian banyak vendor berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan kamera terbaik dan berkualitas.

Sektor kamera terbaik tidak hanya di kamera utama atau kamera belakang, kehadiran kamera depan alias kamera selfie juga jadi perhatian para vendor. Hal ini mengingat banyak orang juga mencari ponsel dengan kualitas kamera depan yang baik. Tujuannya tentu agar bisa menghasilkan foto selfie yang bagus.

Nah, jika kebetulan Anda salah satu yang mencari HP selfie terbaik, maka Anda datang pada artikel yang tepat. Kenapa? Karena pada kesempatan kali ini, akan dipaparkan daftar HP dengan kamera selfie terbaik yang didasarkan pada tes DxOMark. Apa sajakah daftar tersebut? Berikut detailnya.

1. Huawei P50 Pro

Layar OLED 6.6 inci
Chipset Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


64 MP
(periscope telephoto)


13 MP
(ultrawide)


40 MP
(monochrome)
Baterai Li-Po 4360 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.999.000

DxOMark tidak hanya memuji kemampuan kamera belakang Huawei P50 Pro yang punya nilai 144. Namun, mereka juga mengapresiasi kualitas kamera depan si ponsel. Skor keseluruhan yang diberikan pun tinggi, yakni 106. Spesifikasi kamera depan ponsel ini sebetulnya biasa saja.

Sensornya menggunakan Sony IMX688 12 MP dengan lensa ber-apperture f/2.4 dan focal length 18 mm. Sensor ini sama seperti Huawei P40 Pro. Hanya saja, Huawei memasang sistem PDAF (phase detection autofocus). HP ini pun jadi ponsel Huawei pertama dengan kamera depan yang ada PDAF-nya.

Secara garis besar, DxOMark menilai bahwa kamera depan HP ini dapat menghasilkan foto dengan eksposur yang bagus, khususnya ketika membidik wajah sebagai objeknya. Rentang dinamis, white balance, fokus pada sudut pandang yang luas juga sip. Detail yang dihasilkan pun mantap, dengan tingkat noise yang minim.

Sementara itu, hasil perekaman video juga menciptakan eksposur yang bagus saat membidik wajah. Penguncian fokus dengan beberapa objek bidikan dinilai bagus baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan ketika siang hari. Sistem penstabilan kamera depan HP ini berfungsi efektif untuk mengurangi dampak getaran.

2. Huawei Mate 40 Pro

Huawei Mate 40 Pro
Layar OLED 6.76 inci
Chipset Kirin 9000 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


12 MP
(periscope telephoto)


20 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Harga Saat Rilis Rp 15.999.000

Spesifikasi HP ini sudah dapat dilihat di situs resmi Huawei Indonesia. Ini artinya Anda bisa membeli Huawei Mate 40 Pro secara resmi untuk satu varian memori dan warna saja, yaitu RAM 8 GB dan ROM 256 GB dengan warna Mystic Silver. Harganya sendiri kemungkinan ada di angka Rp 20 jutaan atau kurang.

HP ini dibekali dengan pengaturan tiga kamera belakang, salah satunya berupa lensa periskop telefoto dengan zoom optik 5x. Sejauh ini, kemampuan kamera belakang Huawei Mate 40 Pro adalah yang terhebat dalam daftar uji DxOMark. Skor yang diraihnya adalah 136, tiga poin lebih tinggi dari Mi 10 Ultra.

Untuk swafoto, Huawei menawarkan lensa ganda di bagian depan berupa lensa sudut ultra lebar kamera TOF. Hasil uji DxOMark menunjukkan skor yang tinggi mecapai 104 poin, menjadikannya sebagai salah satu ponsel dengan kamera selfie terbaik.

Salah satu kelebihan kamera depannya seperti disebutkan DxOMark adalah memberikan eksposur wajah yang baik hingga tingkat cahaya rendah dan juga menawarkan rentang dinamis yang luas.

3. Huawei P40 Pro

Huawei P40 Pro
Layar OLED 6.58 inci
Chipset Kirin 990 5G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


12 MP
(periscope telephoto)


40 MP
(ultrawide)


MP
(ToF)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.499.000

Sejauh ini, DxOMark menobatkan Huawei P40 Pro sebagai ponsel dengan kamera terbaik di dunia untuk selfie dengan skor 103. Hasil yang mengesankan juga dibukukan oleh kamera belakangnya, yaitu 128 poin (140 untuk foto dan 105 untuk video).

Huawei membekali produknya ini dengan dua kamera depan. Satu di antaranya adalah sensor sudut lebar 32 MP dengan bukaan f/2.2. Satunya lagi adalah sensor 3D IR untuk estimasi kedalaman dan fokus otomatis. Dengan pengaturan yang canggih, kamera depan HP ini mampu merekam video Full HD dan 4K!

Menurut penuturan DxOMark, hasil swafotonya memiliki detail yang bagus di dalam maupun luar ruangan dan keseimbangan putih yang umumnya akurat serta render warna kulit yang menyenangkan untuk dilihat. Sejumlah ulasan positif juga datang dari kualitas videonya. Jadi, selain keren untuk selfie, kamera depannya juga bisa diandalkan bagi yang suka ngevlog.

4. Google Pixel 6 Pro 

google pixel 6 pro_
Layar LTPO AMOLED 6.71 inci
Chipset Google Tensor
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
50 MP
(wide)


48 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5003 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Google memiliki seri ponsel flagship yang tak hanya tawarkan kemampuan kamera belakang yang terbaik, melainkan juga sangat layak untuk dijadikan sarana selfie menggunakan kamera depan. Google Pixel 6 Pro merupakan satu dari segelintir HP flagship yang ditopang dengan chipset besutan Google sendiri yaitu Tensor yang berada pada fabrikasi 5 nm.

Chipset tersebut menggunakan arsitektur yang terdiri atas dua inti prima Cortex X1 dengan clock speed 2.8 GHz dan dua inti high performance Cortex A76 berkekuatan 2.25 GHz. Hal ini lantas menjadikannya sarana powerful untuk menunjang aktivitas gaming berat. Untuk sekadar menunjang aktivitas biasa, menggunakan empat inti hemat daya Cortex A55 dengan frekuensi 1.8 GHz.

Ponsel ini juga hadirkan sisi konektivitas yang sangat unggul, didukung dengan WiFi 6 dan Bluetooth 5.2, dan memiliki port pengisian USB Type-C 3.1. Itu mengapa, bertukar data menggunakan Bluetooth ataupun transfer data antara PC dan ponsel kini bisa dilakukan dengan kilat. Anda pun akan merasakan peningkatan kecepatan unduhan ang berlipat-lipat dibandingkan WiFi 5 biasa.

Penasaran dengan kamera belakang apa saja yang dimiliki ponsel ini? Google Pixel 6 Pro dibekali dengan sensor Samsung ISOCELL GN1 berukuran 1/1.31 inci pada resolusi 50 MP, turut disertai dengan Dual Pixel PDAF dan juga OIS. Kamera ini gunakan teknologi pixel binning yang hasilkan output gambar dengan resolusi 12.5 MP.

Baca juga  10 Aplikasi Pendingin Android Terbaik agar Tidak Panas

Pada kamera keduanya, andalkan sensor telefoto 48 MP dengan ukuran sensor 1/2 inci yang berikan ponsel opsi untuk zoom optik hingga 5x. Dan pastinya, sudah didukung dengan OIS pula agar pemotretan tetap stabil meskipun di-zoom.

Sebagai kamera ketiga, Google Pixel 6 Pro menggunakan sensor ultrawide 12 MP dengan diafragma f/2.2 yang memiliki bidang keluasan 114 derajat. Sensor inilah yang cocok dipakai saat Anda hendak memotret foto grup ataupun pemandangan.

Fitur perekaman pada kamera belakang mendukung resolusi hingga 4K pada frame rate 30 dan 60 FPS, dan dibekali kemampuan stabilisasi gyro-EIS + OIS.

Barulah saat Anda melihat ke bagian depan, Google Pixel 6 Pro mengandalkan satu buah lensa selfie berkekuatan 11.1 MP (f/2.2) dengan kemampuan perekaman video hingga resolusi 4K. Berkat dukungan resolusi yang tinggi, hasil rekaman video selfie bisa lebih fleksibel lagi untuk dimasukkan ke aplikasi edit video.

Kemampuan kamera selfie Google Pixel 6 Pro dinilai sangat baik. terlebih pada bagian reproduksi warna yang natural, stabilisasi, dan juga artefak. DxOMark mengatakan kamera depan tersebut mendapatkan skor pengujian 102 poin yang terbagi lagi menjadi skor 107 untuk foto dan 95 untuk video.

Saat dibandingkan dengan iPhone 13 Pro Max ataupun Huawei P50 Pro pada pemotretan menggunakan background dengan kontras warna rendah. Google Pixel 6 Pro lebih baik dari keduanya dari segi white balance. Artinya, Anda dapat mengekspektasikan akurasi warna tinggi dan menghindari isu washed-out alias belel pada foto.

Situs tersebut juga memuji kinerja kamera selfie Google Pixel 6 Pro dalam hal stabilisasi video selfie yang mantap serta hadirkan rentang dinamis yang luas. Exposure yang dihasilkan pada hasil fotonya juga terbilang bangat bagus, sehingga mengurangi kemungkinan adanya sisi-sisi yang terlihat gelap saat mengambil foto.

5. ASUS Zenfone 7 Pro

Asus Zenfone 7 ZS670KS
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 5G+
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 12.999.000

HP flagship ASUS ini menawarkan keunikan dari sisi kamera, di mana modul kamera utamanya dapat berfungsi sebagai kamera depan. Dengan mekanisme flip-up bermotor seperti ini, pengguna Zenfone 7 Pro dapat merasakan swafoto maupun video swafoto dengan kualitas yang hebat.

Meski kemampuan kamera HP ini tidak masuk daftar 10 terbaik versi DxOMark, namun karena modul uniknya tersebut ASUS Zenfone 7 Pro berhasil menjadi salah satu ponsel dengan kamera selfie terbaik. Skor DxOMark untuk kamera selfie HP ini mencapai 101 poin.

DxOMark menuturkan kalau Zenfone 7 Pro mendapatkan semua dasar yang tepat untuk gambar diam, dengan eksposur yang baik di semua kondisi cahaya, rentang dinamis yang luas, dan warna yang akurat dengan warna kulit yang bagus. Sensor gambar besar kamera membantu menangkap detail dan tekstur yang sangat baik untuk kamera depan.

6. Samsung Galaxy S22 Ultra (Exynos)

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
108 MP
(wide)


10 MP
(periscope telephoto)


10 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 17.999.000

Samsung Galaxy S22 Ultra merupakan varian tertinggi di seri S22 yang hadir dengan dua varian chipset, yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200. Nah, varian yang memiliki kamera terbaik kali ini adalah yang gunakan chipset Exynos 2200 yang diluncurkan di pasar Eropa.

Secara spesifikasi hardware kamera, perangkat ini menghadirkan konfigurasi Quad Camera yang terdirikan atas sensor utama 108 MP wide-angle (f/1.8) yang mencakup Laser AF dan OIS dan sensor 10 MP periskop telefoto (f/4.9) dengan OIS dan kemampuan zoom optik hingga 10x.

Dua sensor pendamping lainnya adalah kamera telefoto 10 MP (f/2.4) yang meliputi dual pixel PDAF, OIS, dan kemampuan zoom optik hingga 3x, serta kamera 12 MP ultrawide (f/2.2) dengan fitur dual pixel PDAF dan Super Steady Video.

Samsung Galaxy S22 Ultra dengan chipset Exynos tersebut juga punya kemampuan selfie yang begitu membanggakan, yakni dengan sensor 40 MP (f/2.2) pada ukuran 1/2.82 inci dan focal length 26 mm.

Kamera selfie ini begitu layak digunakan untuk urusan kreasi konten lantaran punya fitur Dual VIdeo Call yang dapat merekam menggunakan kamera depan dan belakang di saat bersamaan. Fitur perekamannya mencakup dukungan terhadap resolusi 4K pada kecepatan 30 FPS dan 60 FPS.

Menurut pengujian DxOMark Selfie, kamera depan HP ini mendapatkan skor keseluruhan 101 poin dengan 104 poin untuk foto, dan 95 poin untuk video. Aspek yang paling dikuasai oleh kamera depan HP ini adalah sisi bokehnya, memiliki estimasi kedalaman yang akurat serta skin tone yang terlihat bagus pada perekaman video.

7. Huawei nova 6 5G

Huawei nova 6 5G
Layar IPS LCD 6.57 inci
Chipset Kirin 990
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
40 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


8 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

DxOMark menempatkan Huawei nova 6 5G sebagai HP dengan kamera selfie terbaik dalam daftar ujinya. HP ini membukukan skor keseluruhan yang sangat bagus, yaitu 100 (105 untuk foto dan 93 untuk video).

Simpulan ulasannya menunjukkan kalau hasil tangkapan kamera selfie nova 6 5G memiliki eksposur target yang akurat, render warna kulit yang bagus, detail yang bagus di sebagian besar kondisi, tingkat noise gambar yang rendah. Foto yang ditangkap dengan lampu kilat aktif juga memiliki kualitas yang hampir serupa.

Dengan skor 93, hasil video kamera depan HP ini mungkin bukan yang terbaik. Namun kualitasnya jelas termasuk salah satu yang terbaik di daftar ini, dengan pencahayaan yang baik dalam kondisi cahaya terang dan di dalam ruangan hingga stabilisasi yang efektif.

8. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Pada awal tahun 2021, Samsung selaku brand ponsel raksasa kembali meluncurkan seri terbaru pada lini Galaxy S. Tidak tanggung-tanggung, ini adalah Samsung Galaxy S21 Ultra yang menghadirkan teknologi teranyar dan tergahar yang pernah ada dalam sejarah ponsel Samsung.

Dari segi kamera belakangnya, Galaxy S21 Ultra dibenamkan dengan lensa utama 108 MP wide-angle, Dual-Tele 10 MP untuk melakukan zoom optik sebanyak 3x dan 10x, serta kamera ultrawide 12 MP.

Desainnya yang begitu berani hadir sebagai gebrakan di awal tahun, membuatnya berbeda dengan ponsel-ponsel flagship lain yang sempat hadir di tahun 2020.

Berbekal dapur pacu Exynos 2100, pengguna sungguh dapat merasakan kinerja andal dalam berbagai kebutuhan, termasuk di antaranya bermain game berat, melakukan pengeditan video, ataupun kegiatan sehari-hari lainnya.

Ini juga merupakan varian Galaxy AS21 series dengan ukuran layar paling besar, yakni 6,8 inci. Bahkan, resolusi layarnya pun sudah mengusung 2K alias 1440p, tidak lagi Full HD seperti varian regulernya.

Bagi Anda yang pencinta kegiatan selfie, Samsung Galaxy S21 Ultra juga turut memiliki kamera depan yang berkualitas, meraih skor DxOMark Selfie sebesar 100 poin dengan cakupan skor kemampuan foto sebesar 105 poin dan kemampuan video sebesar 93 poin.

Kamera beresolusikan 40 MP miliknya mengusung diafragma f/2.2, ukuran sensor 1/2.8 inci, serta focal length sebesar 26mm. Kamera depan ini mendukung resolusi perekaman video hingga 4K pada frame rate 60 FPS.

Menurut penuturan dari DxOMark, kamera selfie Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki beberapa kelebihan, yakni mampu menghadirkan warna-warna yang indah dan natural pada kulit, memiliki white balance yang optimal pada fotografi luar ruangan, serta sebagian besar detil tetap terjaga pada pemotretan dengan cukup cahaya.

9. Samsung Galaxy Note20

Samsung Galaxy Note20
Layar Super AMOLED Plus 6.7 inci
Chipset Exynos 990
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


64 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 4300 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.499.000

Kamera depan Samsung Galaxy Note20 sama persis dengan kakaknya, Galaxy S20 Ultra. Maka tak heran bila DxOMark memberi skor sama, yakni 100. Pada dasarnya, hasil tangkapan kamera depan ponsel ini sangat memuaskan.

Namun, dalam kondisi pencahayaan yang kurang, ada noise yang muncul, ketajamannya juga berkurang. Cahaya dari ponsel yang bisa difungsikan sebagai flash, bisa menolong untuk menjaga eksposur. Perpotongan antara backgrond dan objek utama saat mengambil foto bokeh dengan kamera depan di ponsel ini terlihat alami.

Sementara itu, ponsel ini melakukan tugasnya dengan baik saat digunakan untuk merekam video beresolusi 4K di 30 fps. Eksposur sangat akurat, warna yang dihasilkan mendekati realitas. Penguncian fokus tepat, dan kestabilannya te8jaga di kondisi terang.

Kelemahan terbesarnya saat merekam video adalah noise yang tidak absen di semua kondisi. Jumlahnya bahkan bisa bertambah dalam kondisi pencahayaan kurang.

10. Samsung Galaxy Note20 Ultra

Samsung Galaxy Note20 Ultra
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.9 inci
Chipset Exynos 990
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
108 MP
(wide)


12 MP
(periscope telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 4500 mAh
Harga Saat Rilis Rp 17.999.000

Samsung Galaxy Note20 Ultra masuk dalam jajaran ponsel dengan kamera selfie terbaik. Kamera depan ponsel ini terdiri atas satu lensa dengan resolusi 10 MP, f/2,2, dengan focal length 26 mm, dan teknologi fokus otomatis dual-piksel.

DxOMark memberi skor total 100 buat kamera depan Galaxy Note20 Ultra. Menurut mereka, hasil tangkapan kamera depan ponsel ini di atas rata-rata. Sangat baik dalam mengatur eksposur di berbagai kesempatan. Dynamic range mungkin bukan yang terbaik.

Meski begitu, ponsel ini sudah bisa menghindari highlight ketika subyek berada di depan latar belakang dengan cahaya pekat. Reproduksi warna, white balance, dan kemampuan menampilkan warna kulit sesuai aslinya juga oke. Kemampuan autofocus yang cepat dan akurat menjadi faktor yang kuat pada Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Saat dipakai untuk membikin foto bokeh pun kameranya mampu memisahkan background dan objek secara cerdas dan natural. Di sisi lain, hasil foto bisa kehilangan detail dan muncul noise saat di kondisi kurang cahaya.

Sementara itu, untuk urusan perekaman video, ponsel ini adalah salah satu yang terbaik pada saat ini. Eksposur target cenderung tepat dalam kondisi cahaya cukup, white balance pas, autofocus dan kestabilan video mantap.

11. Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.9 inci
Chipset Exynos 990 (7 nm+)
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
108 MP
(wide)


48 MP
(periscope telephoto)


12 MP
(ultrawide)


0.3 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 18.499.000

Dengan menghadirkan kamera selfie beresolusikan 40 MP, Samsung Galaxy S20 Ultra memang tidak salah jika dinobatkan sebagai salah satu HP yang memiliki kemampuan selfie terbaik.

DXOMARK menyatakan bahwa HP ini meraih skor keseluruhan sebesar 100 poin dengan beberapa kebolehan utamanya di bagian exposure dan tampilan warna.

Pada pemotretan di luar ruangan dan siang hari, kamera mampu mengerahkan fitur autofokus yang akurat pada jarak manapun. Sementara itu, lensa selfie ini juga bisa memberikan pembeda yang bagus antara subjek foto dengan latar, memberikan efek bokeh yang terlihat menakjubkan.

12. Apple iPhone 13 Pro

Apple iPhone 13 Pro
Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 3095 mAh
Harga Saat Rilis Rp 18.499.000

Apple memang tak mengubah spesifikasi kamera depan iPhone 13 Pro. Artinya, kamera depan HP ini sama dengan iPhone 12 Pro. Akan tetapi, dengan SoC dan kombinasi algoritma pemrosesan yang baru, Apple menjanjikan peningkatan hasil.

Skor 99 dari DxOMark menegaskan bahwa kamera depan HP ini memang bagus. Skor tersebut merupakan sumbangan dari kemampuan fotografi (102 poin) dan kemampuan videografi (95 poin). DxO Mark memandang, eksposur dan detail yang dihasilkan kamera depan ini baik saat membidik wajah.

Baca juga  10 HP OPPO dengan RAM 12 GB Terbaru (Oktober 2022)

Saat menjepret foto bokeh, jarak antara objek terdekat dengan objek terjauh juga sangat jelas ditampakkan. Sementara itu, video yang direkam kamera depan HP ini akurat dalam hal target eksposur dan white balance. Rentang dinamisnya luas, dan bisa mengunci fokus secara akurat saat membidik banyak objek seperti sekelompok orang.

Anda dapat membaca artikel kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Pro untuk melihat contoh foto yang dijepret si ponsel.

13. Apple iPhone 13 Pro Max

iPhone-13-Pro-Max_
Layar Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 4352 mAh
Harga Saat Rilis Rp 19.999.000

Varian tertinggi pada seri iPhone 13 tentu saja masuk ke dalam daftar sebagai ponsel dengan kamera selfie terbaik sedunia. Bagaimana tidak? Ponsel yang sangat digandrungi oleh orang-orang yang peduli akan prestige ini tentunya tidak akan begitu mendulang sukses jika tidak tawarkan kemampuan selfie yang baik, bukan?

Kendati secara desain bodinya tidak begitu banyak berubah dari generasi-generasi sebelumnya, namun Anda dapat mengekspektasikan ukuran notch alias poni yang lebih kecil. Meski begitu, kehadiran poni panjang tersebut tetap saja menghalangi pandangan layar, tak seperti puluhan HP flagship lain yang sudah suguhkan kamera depan punch hole.

Untuk dapat memberikan kemampuan selfie yang menakjubkan, iPhone 13 Pro Max ini dilengkapi dengan dua kamera selfie yang terdiri dari sensor 12 MP (f/1.5) dengan focal length 23 mm dan ukuran sensor 1/3.6 inci, serta kamera SL 3D sebagai sensor biometrik pengenali wajah. Karena menggunakan gyro-EIS, Anda pun tak perlu khawatir hasil rekaman videonya menjadi shaky, sekalipun sambil berjalan.

Kamera depan ini mendukung hingga resolusi 4K pada kecepatan hingga 60 FPS. Namun jika Anda ingin gunakan fitur Cinematic Mode untuk hasilkan konten bak film profesional, resolusi yang didukung adalah 1080p pada 30 FPS.

Ponsel ini mendapatkan skor penilaian DxOMark sebesar 99 poin pada kinerja kamera selfienya, dengan skor 102 pada penilaian foto dan 95 poin pada video.

Adapun beberapa keunggulan yang berhasil diraih kamera depan iPhone 13 Pro Max antara lain tingkat exposure yang akurat pada subjek foto, rendering warna dan skin tone yang eye-pleasing pada kulit, detil menakjubkan pada pengambilan gambar foto di dalam maupun luar ruangan, serta mampu hadirkan tingkat kedalaman akurat saat hendak memberikan efek bokeh pada foto.

14. Apple iPhone 13 mini

Apple iPhone 13 mini
Layar Super Retina XDR OLED 5.4 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 2438 mAh
Harga Saat Rilis Rp 12.999.000

iPhone 13 mini punya kamera depan 12 MP yang sama seperti iPhone 13 Pro. Namun, beberapa orang mungkin akan menduga bahwa kualitasnya akan sedikit berbeda. Alasannya tak lain karena GPU iPhone 13 mini tak sekuat iPhone 13 Pro. Namun, dugaan tersebut tidaklah benar karena DxOMark memberi nilai keseluruhan yang sama, yaitu 99.

Nilai tersebut adalah gabungan dari skor kemampuan fotografi (101) dan videografi (95). Bagi DxOMark, kamera depan iPhone 13 mini dapat menghasilkan eksposur target yang akurat saat membidik wajah. Warna kulit pun bisa diidentifikasi dengan baik, sehingga tampak natural.

Kamera depan HP ini juga punya detail yang keren, serta dapat memetakan jarak objek terdekat dan terjauh secara apik pada foto bokeh. Sementara itu, video yang dihasilkan punya rentang dinamis luas, eksposur akurat, white balance mantap, dan penguncian fokus lebar yang oke.

Contoh foto kamera depan HP ini bisa Anda tengok di artikel kelebihan dan kekurangan iPhone 13 mini.

15. Apple iPhone 13

iPhone 13
Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
12 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Ion 3240 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.999.000

Jika Anda ingin merasakan indahnya hasil foto selfie dengan harga yang tidak terlalu mahal, Anda bisa gunakan versi reguler dari iPhone 13 series ini. Ia hadir dengan ukuran 6,1 inci berpanelkan Super Retina XDR serta ditopang dengan chipset Apple A15 Bionic.

Pada konfigurasi kamera depannya, Apple iPhone 13 reguler dikemas dengan dua kamera yang terdiri atas sensor 12 MP berukuran 1/3.6 inci, serta kamera 3D sensor sebagai penunjang fitur pengenalan wajah yang cepat, aman, juga akurat.

Seperti varian lainnya, iPhone 13 juga mampu menghasilkan video rekaman selfie ala-ala film bioskop dengan menggunakan Cinematic Mode. Di mode ini, kamera akan otomatis mengisolasi subjek dan membuat latar belakangnya menjadi blur. Sementara untuk kemampuan video selfienya, ia sanggup merekam pada resolusi hingga 4K pada kecepatan 60 FPS, disertai dengan kualitas HDR dan Dolby Vision.

Ia dilengkapi dengan kemampuan selfie andal menurut pengujian dari DXoMark, yakni mendapatkan skor 99 poin, sama seperti varian iPhone 13 lainnya. Skor tersebut terbagi menjadi dua penilaian yang terpisah yakni skor 102 untuk pengujian foto dan 95 untuk perekaman video.

Aspek tertinggi yang dikuasai oleh iPhone 13 pada pemotretan selfie terletak pada bokehnya. Akurasinya sungguh tinggi dalam mengestimasi kedalaman bokeh pada portrait, sehingga sanggup menghasilkan foto profesional bagaikan foto pernikahan.

Sementara untuk kualitas perekaman videonya, pengguna disuguhkan dengan target eksposur yang begitu akurat disertai dengan rentang dinamis luas, sehingga setiap sisi pada video tidak akan terlihat begitu gelap.

Di antara deretan HP dengan kamera selfie terbaik tersebut, manakah yang layak Anda pilih? Apapun yang dipilih, perlu diingat, kesepuluh ponsel tersebut umumnya adalah ponsel kelas atas dan bukan ponsel kelas menengah. Karena itu, selain mengincar kualitas foto selfie, pastikan juga dana Anda mencukupi untuk membeli salah satu HP dengan kamera selfie terbaik tersebut.


https://actoncloud.com