10 HP Buatan Cina Terbaik dan Paling Bagus (Juli 2022)


Apa yang muncul di benak Anda ketika mendengar HP Cina? Xiaomi? Mungkin sebagian orang hanya mengenal HP Xiaomi sebagai smartphone terbaik usungan Tiongkok. Namun, nyatanya tidak hanya vendor Xiaomi yang mampu memegang predikat sebagai HP Cina terbaik, lho.

Beberapa vendor asal Cina lainnya juga memiliki perangkat yang masuk ke dalam jajaran HP Cina terbaik, mulai dari OPPO, Xiaomi, vivo, ZTE, Huawei, Meizu, hingga Lenovo. Penasaran apa saja deretan HP Cina yang terbaik dan berkualitas tersebut? Simak ulasan Carisinyal berikut ini.

1. OPPO Find X5 Pro 

Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera
50 MP
(wide)


13 MP
(telephoto)


50 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 14.999.000

OPPO Find X5 Pro sungguh layak dinobatkan sebagai salah satu HP flagship tercanggih di dunia. Dapur pacunya yang sudah dikemas dengan Snapdragon 8 Gen 1 membuat performanya melaju secepat kilat, bermain game seberat apapun kini bukan halangan.

Beserta layar LPTO2 AMOLED berukuran 6,78 inci pada resolusi WQHD+, membuatnya sangat handal dalam menampilkan isi layar dengan tingkat kecerahan tinggi dan akurasi warna membanggakan.

Kameranya pun alami peningkatan dibanding OPPO Find X3 Pro yang jadi pendahulunya, kini mengandalkan kolaborasi dengan Hasselblad untuk hadirkan standar kalibrasi warna yang diakui profesional fotografi di seluruh dunia.

Ponsel flagship OPPO yang tawarkan NFC serta protokol WiFi 6E ini juga turut dikemas dengan baterai Li-Po 5.000 mAh serta tampilkan kemampuan isi daya cepat 80 W. Sehingga, pengguna pun hanya perlu menunggu sekitar 12 menit untuk mencapai baterai 50%.

2. vivo X80 Pro

vivo X80 Pro
Layar – – inci
Chipset
RAM
Memori Internal
Kamera
Baterai – – mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Hadir sebagai generasi penerus dari vivo X70 series, Anda juga bisa merasakan pengalaman fotografi profesional dengan vivo X80 Pro. Dengan mengandalkan gimbal OIS yang terpasang di kamera telefotonya, pengguna bisa lakukan perekaman dengan stabil meskipun sambil berjalan atau di dalam kendaraan yang sedang melaju.

Setelah perekaman selesai, Anda juga dapat menyaksikan hasilnya pada layar berkualitas tinggi lantaran dilenglapi dengan panel AMOLED LTPO2 dengan resolusi QHD+. Berkat teknologi LTPO2 tersebut, layar pun bisa mengubah refresh rate secara otomatis antara 1 Hz hingga 120 Hz.

Chipset yang menopang HP ini terbagi jadi dua varian, yakni Snapdragon 8 Gen 1 dan juga MediaTek Dimensity 9000. Keduanya merupakan chipset paling mutakhir di 2022, dan dijamin akan berikan performa maksimal saat bermain gim terberat sekalipun.

Fitur-fitur lainnya juga tidak kalah menarik, seperti sertifikasi IP68 yang membuatnya sanggup bertahan di air pada kedalaman hingga 1,5 meter selama 30 menit, wireless charging 50 W, serta fast charging 80 W. Harga termurah vivo X80 Pro saat pertama hadir di pasar Cina adalah 5.499 yuan atau setara dengan Rp12 jutaan. Tertarik?

3. Xiaomi 12 Pro 

Xiaomi 12 Pro
Layar LTPO AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


50 MP
(ultrawide)


50 MP
(telephoto)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Harga Saat Rilis Rp 12.999.000

Bicara soal HP asal Tiongkok, tentu kita tidak dapat melupakan brand Xiaomi yang namanya sudah menggema dengan begitu luasnya. Tak lagi gunakan embel-embel “Mi” di namanya, kini pengguna bisa menyebut Xiaomi 12 Pro dengan lebih mudah.

Dengan tampilan bodi yang lebih disempurnakan, Xiaomi 12 Pro tampak begitu menyegarkan. Ia pun hadirkan panel layar LTPO AMOLED 6,73 inci beresolusikan WQHD+ yang lebih mampu mengendalikan variasi refresh rate untuk menyeimbangkan pengalaman pengguna dengan efisiensi daya baterai.

Dan bicara soal baterai, Anda tentu bersemangat saat tahu HP bertenagakan Snapdragon 8 Gen 1 ini telah dilengkapi dengan fast charging 120 W yang notabene merupakan salah satu pengisian daya tercepat di muka bumi. Cari tahu lebih banyak lagi pada kelebihan dan kekurangan XIaomi 12 Pro ini.

Baca juga  Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Tecno POVA 3!

4. OnePlus 10 Pro 

OnePlus10 Pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


50 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

OnePlus 10 Pro memiliki beberapa kesamaan dengan Xiaomi 12 Pro, di mana keduanya sama-sama gunakan panel layar LTPO2 AMOLED sehingga bisa hadirkan refresh rate serendah 1 Hz saat layar statis dan 120 Hz pada aktivitas yang membutuhkannya. Dimensi layarnya berada di 6,7 inci dengan resolusi WQHD+ (1440 x 3126 piksel).

Ponsel ini juga sudah menggunakan jenis chipset paling tinggi dan mutakhir dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1 pada fabrikasi 4 nm. Tingginya performa smartphone turut didukung dengan jenis RAM LPDDR5 dengan memori internal UFS 3.1.

Pada bagian kameranya, OnePlus 10 Pro juga berkolaborasi dengan HasselBlad Color Calibration untuk menyuguhkan standar tinggi dalam hal reproduksi warna natural. Mengandalkan kamera ultrawide beresolusikan 50 MP, pengguna mampu mengambil foto dengan bidang sudut 150 derajat yang begitu tinggi.

Adapun lensa telefoto 8 MP miliknya telah dikemas dengan OIS dan PDAF, dan menyuguhkan pengguna dengan kemampuan zoom optik hingga 3.3x. Bagi Anda yang seorang kreator konten di YouTube, OnePlus 10 Pro ini dijamin ampuh saat pengambilan video layak edit, mendukung hingga resolusi 8K (30 FPS).

Secara keseluruhan, OnePlus 10 Pro merupakan ponsel flagship dengan fitur all-around alias ungguk di semua sisi: layar terkemuka, performa chipset, terbaik, serta fotografi kelas dunia.

5. realme GT2 Pro 

realme gt2 pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


50 MP
(ultrawide)


3 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 9.999.000

realme GT2 Pro merupakan ponsel flagship yang sangat mementingkan sisi estetika tampilan bodi dan keramahan lingkungan. Bagaimana tidak? Panel belakang HP ini terbuat dari bahan berbasiskan kertas daur ulang! Tidak percaya? Coba saja coret-coret pakai pensil di belakangnya, pasti terasa seperti kertas biasa.

Walau begitu, jangan kira ia akan langsung letoy saat terkena air seperti kertas biasa. Nyatanya saat terkena tetesan air, Anda tetap bisa mengelapnya bersih tanpa membuatnya penyok.

Desain bodi yang unik bukanlah satu-satunya kelebihan yang dipunya. Berkat gunakan panel LTPO 2.0 AMOLED, layar ponsel bisa menyesuaikan refresh rate antara 1 Hz hingga 120 Hz untuk menghemat daya baterai tanpa mengurangi pengalaman pengguna.

Layar berukuran 6,7 ini juga telah mengusung resolusi QHD+ yang setingkat lebih tajam dibanding Full HD+. Untuk kualitas warna yang dihadirkan, ia mengusung warna 10 bit yang sanggup tampilkan sebanyak 1 miliar warna.

Selain itu, sertifikasi HDR10+ turut hadir sehingga Anda dapat menikmati konten HDR pada platform video seperti YouTube. Lebih lanjut lagi, kelebihan layar ini juga terletak pada tingkat responsivitas yang amat tinggi, memiliki touch sampling rate hingga 1.000 Hz.

Beralih ke fotografi, smartphone ini gunakan sensor Sony IMX766 sebagai kamera utamanya, berada pada resolusi 50 MP. Tak lupa, kamera utama tersebut hadir dengan OIS untuk menstabilkan hasil tangkapan foto walau tangan pemotret goyang-goyang.

Adapun untuk lensa keduanya merupakan sensor Samsung JN1 berkekuatan 50 MP sebagai fungsi ultrawide. Ia memiliki field of view seluas 150 derajat serta kamera 3 MP yang sanggup melakukan foto mikroskop hingga zoom 40x.

6. ZTE Axon 40 Ultra

zte axon 40 ultra
Layar AMOLED 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera


64 MP
(wide)


64 MP
(periscope telephoto)


64 MP
(ultrawide)

Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 15.150.000

Ini dia ZTE Axon 40 Ultra yang spesifikasinya dijamin bisa bikin siapapun berdecak kagum. Bagaimana tidak? Ia dimodali dengan chipset terbaik di dunia yaitu Snapdragon 8 Gen 1, dipasangkan dengan RAM 12 GB yang lebih dari cukup utnuk menunjang aktivitas multi-tasking ataupun memberikan tambahan performa pada gim dan aplikasi.

Karena punya performa yang enak untuk bermain gim, layarnya pun dibuat sedemikian rupa untuk mengkomplenen aktivitas hiburan tersebut. Soalnya, Anda bisa temukan panel layar AMOLED berukuran 6,8 inci yang sangaat besar, berada pada resolusi Full HD+.

Enggak cuman besar, tentunya berkualitas prima juga. Layar diketahui mendukung hingga 1,07 miliar warna pada kedalaman 10-bit. Hal ini membuat tampilan dalam layar menjadi berkali-kali lipat lebih memukau dari biasanya.

Supaya pengguna tidak terganggu oleh penamakkan bulatan kamera yang biasanya mejeng di layar, pihak perusahaan memutuskan untuk menyembunyikan sensor selfie di dalam layar. Sebuah teknologi kamera yang biasa disebut dengan UDC (Under Display Camera).

Di bagian punggungnya, tersemat tiga buah lensa kamera dengan resolusi 64 MP. Pada kamera utamanya, ponsel ini menggunakan sensor Sony IMX787 yang sudah dibekali dengan stabilisasi OIS.

Adapun untuk sensor kedua dan ketiganya, menggunakan sensor ultrawide bertipekan Sony IMX787 dan lensa periskop yang bisa melakukan pembesaran optikal hingga 5,7 kali.

Jika menilik dari harga jualnya di Amerika Serikat, ZTE Axon 40 Ultra ini terbilang murah jika menimbang semua spesifikasi unggulan yang ditawarkannya. Anda bisa bawa pulang HP ini di harga 799 dolar atau setara dengan Rp11,5 jutaan.

7. Honor Magic4 Pro

Honor Magic4 Pro
Layar LTPO OLED 6.81 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera
50 MP
(wide)


50 MP
(ultrawide)


64 MP
(periscope telephoto)


MP
(ToF)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Honor Magic4 pro adalah ponsel flagship yang unggulkan fasilitas layar unggulan serta kamera yang akan membuat mayoritas DSLR merasa kalah saing.

Lensa utamanya dikemas dengan lapisan 7P yang disinyalir dapat mengumpulkan lebih banyak cahaya sebanyak 18%, meningkatkan definisi image center sebanyak 8% dan edge definition sebanyak 25%.

Kameranya disusun dalam bentuk modul bundar yang menampung konfigurasi tiga lensa, yang terdiri atas kamera utama 50 MP, lensa ultrawide dengan FOV 122 derajat, dan juga lensa 64 MP telefoto yang tawarkan zoom lossless (optik) hingga 3,5x. Sedangkan unutk total zoom yang didukungnya, mencapai hingga 100x.

Ini merupakan ponsel premium dengan layar Flex OLED berdimensi 6,81 inci pada resolusi Full HD+. Tampulannya mendukung akurasi warna Delta E < 0.5, refresh rate 120 Hz, serta kemampuan MEMC untuk mengubah video ber-FPS rendah menjadi FPS tinggi.

Smartphone ini juga tawarkan touch sampling rate cukup tinggi yaitu 360 Hz, sehingga punya latensi rendah dalam menerjemahkan input menjadi perintah. Cocok untuk pengguna yang berniat pakai HP ini untuk bermain game.

Bicara soal game, dapur pacu HP Honor ini tentunya sudah andalkan Snapdragon 8 Gen 1 yang tak hanya gahar namun juga hemat daya berkat proses fabrikasi 4 nm. Adapun fitur Honor Turbo X yang akan membuat pengalaman gaming semakin lancar, berpadu dengan RAM 8 GB LPDDR5 dan memori internal 256 GB berstandar UFS 3.1 sebagai varian memori terendahnya.

Seolah tidak cukup mutakhir, Honor juga berikan fitur fast charging dan fast wireless charging yang sama-sama pakai daya 100 W. Disinyalir, ponsel akan terisi hingga 100% dalam waktu 30 menit saja. Tertarik?

8. Lenovo Legion Y90 

Lenovo Legion Y90
Layar AMOLED 6.92 inci
Chipset Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB, 16 GB, 18 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5600 mAh
Harga Saat Rilis Rp 16.500.000

Rata-rata HP gaming hanya mentok di standar memori internal UFS 3 saja. Inilah yang membuat Lenovo Legion Y90 begitu istimewa. Karena selain hadirkan memori UFS 3.1 bekapasitas 512 GB sebagai varian tertingginya, ia juga disematkan dengan SSD 128 GB!

Kendati hadirkan dua memori internal yang berbeda, Anda tetap dapat memperilakukan keduanya seolah hanya satu memori internal berkat penggunaan teknologi RAID 0.

Selain unggulkan kinerja memori internal, ponsel yang turut dikemas dengan chip Snapdragon 8 Gen 1 dan RAM LPDDR5 berkapasitas hingga 18 GB ini juga memiliki kualitas layar terbaik untuk menunjang gaming.

Smartphone ini memiliki layar E4 AMOLED berdimensi tinggi 6,92 inci dalam resolusi Full HD+ (2460 x 1080 piksel). Selangkah lebih maju dari HP asal Tiongkok terbaik lainnya, Anda bisa rasakan pergerakkan layar begitu mulus saat bermain game, berkat hadirnya refresh rate 144 Hz dan touch sampling rate 720 Hz.

Bagi yang suka bermain Genshin Impact, masalah CPU throttling akan teratasi karena Lenovo memberikan HP ini fitur pendinginan yang terdiri atas dua kipas internal serta vapor chamber pada dimensi 3520 mm persegi.

9. POCO F4 GT

poco f4 gt - night silver
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Harga Saat Rilis Rp 8.999.000

Malas membawa-bawa gamepad ke manapun Anda pergi? Jangan khawatir, ada POCO F4 GT yang niscaya dapat membuat pengalaman bermain gim semakin seru. Seperti HP gaming canggih pada umumnya, POCO F4 GT menghadirkan tombol trigger L dan R agar semakin menyerupai pengalaman konsol.

Desain bodinya yang terlihat gaming banget juga masih terlihat agar jinak ketimbang seri-seri ponsel khusus gim kebanyakan. Terbilang agak minimalis, tapi orang-orang pasti tetap langsung tahu kalau ini adalah HP gaming.

Apalagi mengingat di dalam modul kameranya terdapat lampu LED RGB yang akan menyala saat bermain gim, menerima notifikasi, ataupun mengecas.

POCO F4 GT juga tentunya sudah dimodali dengan chipset termutakhir di dunia yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dengan fabrikasi 4 nm. Sementara untuk RAM dan memori internalnya, juga telah gunakan versi terbaik yaitu LPDDR5 dan UFS 3.1.

Karena chipset ini cenderung hasilkan panas berlebih karena saking powerful-nya, POCO F4 GT juga dilengkapi dengan solusi pendinginan berlapis yang diberi tajuk LiquidCool Technology 3.0. Dengan teknologi tersebut, pengguna dapat ekspektasikan peak performance berkelanjutan saat berain gim berat.

Seolah semua spesifikasi tadi kurang menggiurkan, POCO F4 GT juga menghadirkan teknologi pengisian cepat (fast charging) terbaik yang pernah ada di industri smartphone, yakni gunakan daya 120 W. Konon, hanya dibutuhkan waktu 17 menit untuk isi baterai dari 0-100%.

10. nubia Z40 Pro 

ZTE nubia Z40 Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


50 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp –

Sebagian orang berpendapat kalau desain bodi belakang ZTE nubia Z40 Pro adalah salah satu yang terbaik di antara kebanyakan HP flagship lainnya.

Berbahan kaca pada panel belakang dan logam pada bingkai, Anda dapat temukan tampilan modul kamera yang apik, dengan bulatan kamera besar di tengah yang dikelilingi aksen warna merah. Secara keseluruhan, smartphone ini berhasil hadirkan desain yang tampak premium dan benar-benar membuatnya terlihat seperti barang mewah.

Ponsel ini tawarkan begitu beragam hal yang umumnya dimiliki sebuah smartphone flagship, yakni kekuatan chipset terbaik Snadragon 8 Gen 1 untuk menunjang gaming, konfigurasi Triple Camera yang apik, serta layar yang tampilkan kualitas terbaik.

Kameranya terdiri atas lensa 64 MP f/1.7 (dengan PDAF dan OIS), lensa 8 MP periscope (5x zoom optik), dan lensa ketiga berupa ultrawide 50 MP (FOV 116 derajat), serta layar AMOLED 6,67 inci dengan refresh rate 144 Hz.

Nah, itulah daftar HP Cina terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan saat ini. Berbagai HP canggih tersebut tentu membuktikan bahwa pandangan miring terhadap HP asal Tiongkok sudah tidak relevan lagi. Dari daftar tersebut, manakah HP favorit Anda?


https://actoncloud.com

Baca juga  10 Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Pro 13 (2022) M2 Ini!