15 HP ASUS yang Dibekali dengan NFC Terbaru (September 2022)


Teknologi NFC atau Near Field Communication memang belum terlalu marak digunakan di Indonesia. Teknologi NFC sendiri berfungsi untuk mengoneksikan satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan lebih gampang.

NFC sendiri dapat digunakan untuk melakukan transaksi tanpa ribet mengeluarkan uang. Selain itu, dengan adanya teknologi ini, Anda dapat mempercepat proses masuk ke dalam room saat bermain game hingga mengakses informasi pada smart card yang dimiliki.

Setelah kemarin membahas HP Oppo dengan NFC, kali ini Carisinyal akan memberikan daftar 10 HP Asus yang sudah didukung teknologi canggih ini. Anda penasaran? Simak langsung saja pembahasannya di bawah, ya.

1. ASUS Zenfone 9

Layar AMOLED 5.9 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan Baca di sini

ASUS secara resmi merilis HP terbarunya secara global yaitu ASUS Zenfone 9. HP ini masih mempertahankan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh pendahulunya yaitu ASUS Zenfone 8 dengan ukurannya yang kecil tetapi memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni.

Dalam hal performa, HP ini ditenagai oleh chipset terbaru dan terbaik yang dimiliki Qualcomm yaitu Snapdragon 8+ Gen 1 dengan fabrikasi hanya 4 nm. Chipset ini memiliki delapan inti CPU lalu dipadukan dengan kapasitas RAM besar yaitu 8 GB dan 16 GB membuat performa HP mungil ini semakin kencang.

Selain performa, HP ini juga menawarkan fitur NFC yang turut dibawanya. Dengan adanya NFC ini, Anda tidak perlu repot dalam melakukan transaksi online, mengecek saldo kartu eToll dan eMoney, dan sebagainya. Dengan adanya fitur ini, ASUS Zenfone 9 tidak hanya memberikan performa tinggi saja, tetapi memberikan kenyamanan serta kemudahan para penggunanya dalam beraktivitas

2. ASUS ROG Phone 6

ASUS ROG Phone 6
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

ASUS ROG Phone 6 ini rilis sebagai penerus dari ASUS ROG Phone 5 sebagai HP gaming kelas tinggi berikutnya. Sama seperti pendahulunya, ASUS ROG Phone 6 dibuat tidak hanya memikirkan performa bermain game yang tinggi dan kencang saja, tetapi memikirkan komponen lainnya untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

Salah satu komponen lain di luar gaming adalah ketersediaan NFC yang turut disematkan dalam HP ini. Teknologi NFC ini juga sempat disematkan ke HP pendahulunya, dengan kata lain ASUS juga menginginkan penggunanya merasa lebih mudah dalam melakukan transaksi digital, mengecek saldo kartu eToll dan eMoney, dan berbagai kemudahan lainnya yang bisa dilakukan oleh NFC.

HP yang ditenagai oleh Snapdragon 8+ Gen 1 ini memiliki refresh rate yang sangat tinggi yaitu mencapai 165 Hz. Selain itu, HP ini juga memiliki keamanan yang sangat baik misalnya bodi depan yang dilapisi oleh Gorilla Glass Victus dan Gorilla Glass 3 di bagian belakang. HP ini telah bersertifikasi IPX4 yang membuatnya tahan terhadap cipratan air.

ASUS ROG Phone 6 ini seperti siap memanjakan penggunanya dari berbagai sisi, baik itu performa bermain game yang tinggi, kenyamanan penggunaan sehari-hari, bahkan kemudahan dengan berbagai komponen yang juga turut dibawanya terutama teknologi NFC.

3. ASUS ROG Phone 5s Pro

asus rog phone 5s pro_
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888+
RAM 18 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Agar dapat memenuhi kebutuhan warga kota metropolitan, ASUS ROG Phone 5s ini juga turut menyediakan fitur NFC. Dengan begini, Anda pun tak hanya akan merasakan pengalaman bermain game yang menyenangkan melain juga mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi digital ataupun membuka akses pintu kantor.

Hal paling utama yang worth it untuk dilihat adalah desain bodinya yang gaming banget, menawarkan ROG Vision yang berupa layar kecil untuk menampilkan teks dan gambar bergerak secara monokrom. ROG Vision dapat muncul apabila ponsel menerima notifikasi, adanya panggilan masuk, atau saat mengaktifkan X Mode.

Layarnya mengunggulkan panel AMOLED dengan tingkat kecerahan tinggi, juga mendukung laju penyegaran 144 Hz dengan touch sampling rate 360 Hz demi kenyamanan gaming yang lebih optimal.

Suara yang dihasilkan dari speaker stereonya mengandalkan penyetelan Dirac pada resolusi 24 bit (192 kHz). Kualitas suaranya sudah pasti nendang dan jernih karena mengandalkan juga dua amplifier terdedikasi.

Perangkat juga menawarkan baterai besar 6.000 mAh yang mampu bertahan hingga lebih dari satu hari berdasarkan pemakaian normal, dan bisa diisi kembali hingga 100% dalam waktu kurang lebih dari 1 jam berkat pengisian cepat 65 W. Tidak lupa, tersedia juga fitur pengisian balik 10 W.

4. ASUS ROG Phone 5s

asus-rog-phone-5s_

Sama seperti varian Pro-nya, ASUS ROG Phone 5s ini menghadirkan fitur NFC untuk kemudahan pengguna dalam mengecek saldo kartu eToll dan eMoney. Bisa dibilang ini adalah ASUS ROG Phone 5 Pro dengan chipset yang telah di-overclock, sehingga hadirkan Snapdragon 888 Plus ketimbang Snapdragon 888.

Konektivitas ASUS ROG Phone 5s ini bukanlah satu-satunya kelebihan, ia juga dikenal sebagai varian Phone 5s yang punya desain bodi lebih colorful dibanding 5s Pro.

Di belakangnya, tersemat layar kecil PMOLED yang dapat memperlihatkan tulisan atau gambar bergerak. Tidak seperti varian Pro yang hadirkan layar monokrom, kali ini Anda bebas tentukan kombinasi warna yang diinginkan.

Kapasitas baterainya pun tidak alami pengurangan dibandingkan 5s Pro, sama-sama tawarkan ukuran 6.000 mAh dengan fitur pengisian daya cepat 65 W. Selain itu, ia pun mendukung sebuah ekosistem aksesoris yang bervariasi, seperti kontroler tambahan, earphone gaming, atau cooler eksternal.

5. ASUS Zenfone 8 Flip

ASUS Zenfone 8 Flip
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Sejak kemunculan ASUS Zenfone 6, ASUS setia dengan pakem satu rangkaian kamera untuk fungsi ganda. Ya, pakem yang dimaksud adalah sistem kamera rotasi alias flip. Hal ini berarti kualitas foto biasa dan foto selfie akan sama saja karena memakai kamera yang sama.

Mekanisme yang semacam ini dilestarikan ASUS dengan kehadiran ASUS Zenfone 8 Flip. Kamera rotasi HP ini terdiri atas tiga lensa, yakni lensa utama 64 MP, lensa telefoto 8 MP (3x perbesaran optik), dan lensa ultralebar 12 MP. GSM Arena menyebut, jepretan kameranya sangat bagus, andal dalam merekam video, cocok buat vlogging.

Selain kamera, ponsel dengan konektivitas NFC ini punya speaker yang bagus. Speaker stereo-nya dilengkapi dengan dua amplifier NXP TFA9874 dan distel oleh Dirac. Kelantangan suaranya masuk kategori bagus (-26.8 LUFS) dalam uji yang dilakukan GSM Arena.

Hal yang menarik dari Zenfone 8 Flip ini adalah masih disertakan slot microSD khusus. Padahal, konfigurasi memori HP ini sudah cukup besar, 128 GB atau 256 GB plus RAM 8 GB. HP-HP flagship zaman sekarang pun sudah banyak yang meninggalkan opsi ekspansi memori ini. Keunikan selanjutnya ada pada hadirnya LED notifikasi yang kini juga jarang.

6. ASUS Zenfone 8

ASUS Zenfone 8
Layar Super AMOLED 5.9 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Kecil-kecil cabe rawit, itulah peribahasa yang bisa menggambarkan ASUS Zenfone 8. Bagaimana tidak, smartphone dengan bentang layar cuma 5,9 inci dijejali beragam spesifikasi kelas atas. Mulai dari chipset premium Snapdragon 888, RAM dan memori internal 16/256 GB (varian tertinggi), hingga proteksi Gorilla Glass Victus dan sertifikasi IP68.

HP ini seolah menjadi jawaban ASUS buat sebagian orang masa kini yang sudah sulit mencari smartphone berdimensi kecil, tetapi bertenaga. Sektor-sektor lain di ASUS Zenfone 8 juga tidak kalah menarik. Seperti konfigurasi dua kamera belakang yang ditenagai sensor Sony. Secara jumlah, dua lensa kamera belakang memang kalah dari HP-HP lain.

Namun, beberapa penguji menilai bahwa kamera Zenfone 8 mampu menjalankan tugasnya dengan baik, sekalipun mengambil foto pada kondisi malam hari yang kurang cahaya. Untuk audio, suara keluaran speaker ponsel ini terbilang bagus. Pasalnya, speaker stereo HP ini punya dua amplifier internal (Cirrus Logic CS35L45) dan disetel oleh analis audio kenamaan, Dirac.

Soal daya, baterai 4000 mAh tergolong cukup agar HP siap menemani aktivitas sang pengguna selama seharian. Apalagi, dengan teknologi pengisian cepat 30 W, baterai perlu waktu pengecasan cukup 80 menit dari kondisi kosong sampai penuh. Baca artikel kelebihan dan kekurangan ASUS Zenfone 8 ini untuk mengetahui si ponsel lebih jauh.

7. ASUS ROG Phone 5

ASUS ROG Phone 5
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Selain dijuluki sebagai ponsel gaming, ASUS ROG Phone 5 rupanya telah mendukung proses pembayaran digital lewat penyematan teknologi NFC. Ponsel gaming terbaru dari seri ASUS ROG ini disuntikan baterai berdaya 6.000 mAh yang memungkinkan pengguna bisa lebih anteng memakai perangkat sampai seharian. Pun mengangkat teknologi pengisian cepat 65W, yang dapat mengisi baterai secara penuh dalam 52 menit.

Kecangihan ponsel gaming ini juga terlihat dari segi dapur pacu yang sangat mendukung aktivitas multitugas, pada prosesornya menggunakan chipset Snapdragon 888 (5 nm) dari Qualcomm dan kartu grafis Adreno 660. Tambah perkasa dengan ruang penyimpanan yang besar dan bervariasi di antaranya 8/128 GB, 12/2568 GB, dan 16/256 GB.

Baca juga  15 HP Samsung dengan Layar Lebar Terbaru (September 2022)

Untuk menyuguhkan pengalaman lebih nyata dalam hal audio, ponsel yang dipatok sekitar Rp13,7 hingga Rp17,1 juta ini dilengkapi oleh  DTS:X stereo speakers. Berbeda dengan saudaranya ASUS ROG Phone 5 tersedia dalam dua warna, Phantom Black dan Storm White. Ponsel gaming ini mempersembahkan berbagai sensor mulai dari sidik jari bawah layar, akselerometer, gyro, proksimiti, dan kompas. Gimana minat membeli ponsel gaming ber-NFC ini?

8. ASUS ROG Phone 5 Ultimate

ASUS ROG Phone 5 Ultimate
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 18 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Di era digital ini ASUS tahu betul keinginan penggunanya dalam hal pembayaran non-tunai dan tren gaming, dengan demikian vendor ponsel kenamaan ini menelurkan sebuah ponsel gaming berfitur NFC bernama ASUS ROG Phone 5 Ultimate. Perangkat ini pula punya fitur konektivitas yang lebih ditingkatkan dari suksesornya mulai dari Bluetooth 5.2, WiFi, GPS, USB Type-C 3.1 (samping), hingga USB Type-C 2.0 (bawah).

Berbicara dapur pacu, tampaknya ponsel ini memiliki banyak kesamaan dengan rekannya di seri yang sama dengan merangkul prosesor Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 berteknologi fabrikasi 5 nm yang lebih cepat dan kartu grafis Adreno 660. Dalam hal penyimpanan, perangkat ini tidak tanggung mengusung RAM 18 GB dengan memori internal 512 GB memungkinkan dapat memasang aplikasi gim yang banyak dan berat.

Dalam menunjang kegitaan mobile harian pengguna, ASUS ROG Phone 5 Ultimate mendapatkan subsidi baterai Li-Po berdaya 6.000 mAh dilengkapi dengan pengisian cepat 65W. Ponsel gaming ini tampil elegan hanya meski tersedia dalam satu wana yaitu Matte White. Dengan mengeluarkan bujet sekitar Rp22,2 juta, kamu tidak akan dibuat kecewa oleh spesifikasi ASUS ROG Phone 5 Ultimate.

9. ASUS ROG Phone 5 Pro

ASUS ROG Phone 5 Pro
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Ponsel gaming edisi Pro ini masih masuk ke jajaran seri ASUS ROG Phone 5 yang telah disematkan oleh fitur NFC. Sebuah fitur yang menyuguhkan beragam faedah seperti melakukan transfer data dan pembayaran digital. ASUS ROG Phone 5 Pro diusung oleh layar AMOLED 6,78 inci yang membuat penggunanya lebih leluasa menggerakan jari-jemarinya saat menggulirkan beragam konten.

Meski tidak disokong oleh memori tambahan, soal ruang penyimpanan perangkat ini sudah membopong RAM dan memori internal yang besar yakni 16/512 GB. Edisi pro ini, berkinerja handal dan optimal berkat prosesor terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 888 bermanufaktur 5 nm. Tampilan visualnya pun jelas di atas rata-rata sejauh ini karena kehadiran Adreno 660.

Untuk memuaskan hasrat fotografi, ASUS ROG Phone 5 menyuguhkan triple sensor pada kamera belakangnya yang berukuran 64 MP + 13 MP + 5 MP dan kamera depan untuk berswafoto dengan konfigurasi 24 MP. Kendati akan dirilis di pasaran pada April 2021, tetapi sudah ada bocoran harga untuk perangkat ini yakni Rp20,5 jutaan. Yakin gak akan bungkus ponsel gaming berdaya 6.000 mAh ini?

10. ASUS Zenfone 7 Pro

ASUS Zenfone 7 Pro
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865+
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Selain menghadirkan konektivitas NFC, ASUS Zenfone 7 Pro ini juga memiliki konsep kamera yang sangat unik. Dijamin para pelaku selfie dan content creator akan mengapresiasi konsep ini, karena perangkat bisa memutar kamera belakang ke atas agar menghadap wajah pengguna.

Alhasil, Anda pun bisa mengambil selfie menggunakan kamera belakang, sebuah konsel yang mulai diperkenalkan pada generasi pendahulunya.

Tapi, kini alih-alih sekadar menggunakan dual camera seperti Zenfone 6, pengguna bisa menggunakan triple camera yang terdiri dari lensa 64 MP, kamera telefoto 8 MP yang bisa zoom optik hingga 3X, dan terakhir lensa 12 MP sebagai sensor ultra lebar dengan FOV 113 derajat.

Semua keunggulan ini bisa digunakan untuk mengambil selfie. Keren sekali, bukan? Ditambah lagi, ASUS Zenfone 7 Pro juga sudah dibekali chipset Snapdragon 865 Plus, lho!

11. ASUS Zenfone 7

Asus Zenfone 7 ZS670KS
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(telephoto)


12 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Tidak hanya menghadirkan versi Pro, merk asal Taiwan ini juga merilis ASUS Zenfone 7 versi reguler. Tapi jangan salah, rupanya kedua ponsel ini hampir tidak bisa dibedakan dari segi tampilan dan jeroannya.

Masih sama-sama menghadirkan NFC, kini versi regulernya hanya mengusung Snapdragon 865 varian biasa alih-alih Plus. Juga, smartphone unik ini menambah satu varian RAM 6 GB alih-alih versi Pro yang hanya menawarkan 8 GB. Dari sisi penyimpanan, kapasitas versi reguler juga berkurang dari 256 GB menjadi 128 GB saja.

Baca juga  15 HP OPPO dengan Layar Lebar Terbaru (Juli 2022)

Kedua perangkat sama-sama memiliki layar Super AMOLED berukuran 6,67 inci pada resolusi Full HD+ pada aspek rasio 20:9, dan disertai kaca pelindung antigores Corning Gorilla Glass 6.

12. ASUS ROG Phone 3

asus rog phone 3
Layar AMOLED 6.59 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865+
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Salah satu ponsel ASUS yang menghadirkan fitur NFC tentu adalah ASUS ROG Phone 3, sebuah ponsel gaming mutakhir yang membawa nama Republic of Gamers khas ASUS. Sebagai generasi ketiga, HP ini memang membawa banyak sekali peningkatan mulai dari chipsetnya yang kini menghadirkan Snapdragon 865+, juga dengan daya tahan baterainya yang awetnya bukan main.

Ya, ponsel ini merupakan salah satu yang pertama menghadirkan SD 865 varian Plus, Anda pun sudah tidak perlu mengkhawatirkan soal performa saat bermain game terberat sekalipun.

Soal layar, kebolehan ponsel ini boleh diuji. ROG Phone 3 menawarkan panel AMOLED dengan spektrum 1 miliar warna dengan kaca pelindung Gorilla Glass 6, serta menghadirkan refresh rate 144 Hz dan juga sertifikasi HDR10+. Ingin yang terbaik untuk bermain game? ASUS ROG Phone 3 memang jagonya.

13. ASUS ROG Phone 3 Strix

Asus ROG Phone 3 Strix
Layar AMOLED 6.59 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Kalau ingin versi “ringan” dari ASUS ROG Phone 3, Anda bisa mendapatkan varian bernama Strix ini. Dibilang versi ringan juga mungkin kurang akurat, karena walau menghadirkan harga lebih murah dan spesifikasi yang sedikit menurun, ASUS ROG Phone 3 Strix ini masih menawarkan pengalaman gaming yang sama dahsyatnya.

Perbedaan dari ponsel ini ketimbang versi ROG 3 biasa hanya sedikit, kini hanya mengandalkan Snapdragon 865 alih-alih Snapdragon 865+, juga hanya menawarkan memori internal maksimal 256 GB.

Selebihnya, Anda tetap akan mendapatkan spek yang sama seperti baterai yang juga menghadirkan kapasitas 6.000 mAh, layar berukuran 6,59 inci dengan refresh rate 144 Hz, juga kemampuan fast charging 30 W.

14. ASUS ROG Phone II

Asus ROG Phone II
Layar AMOLED 6.59 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 855+
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 512 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Sebagai salah satu smartphone gaming yang sedang menjadi primadona, ROG Phone II tak mau ketinggalan untuk menyediakan fitur NFC. Mengingat NFC adalah fitur pembayaran yang sudah ada di hampir semua ponsel pintar, maka rasanya tak afdol jika HP yang dirilis dengan harga 14 juta rupiah belum menyediakan fitur ini.

Kalau Anda merupakan gamer sejati, maka ROG Phone II adalah smartphone yang wajib Anda miliki. HP ini dilengkapi dengan chipset Snapdragon 855 dengan CPU Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.8 GHz Kryo 485). Chipset dan CPU ini adalah kombinasi yang sangat prima untuk memenuhi kebutuhan gaming.

Tak ketinggalan, Asus turut memberikan dua pilihan RAM berukuran besar, yakni 8 GB dan 12 GB. Memori internal yang ditawarkan pun juga tidak main-main. Ada memori internal 128 GB dan 512 GB yang siap menampung game dan aplikasi berukuran besar.

Kunjungi artikel kelebihan dan kekurangan Asus ROG Phone II ini jika Anda berminat membeli HP gaming yang tangguh ini.

15. Asus Zenfone 6 ZS630KL

Asus Zenfone 6 ZS630KL 4
Layar IPS LCD 6.4 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 855
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Yang satu ini adalah smartphone best seller dari Asus. Ya, Zenfone 6 hadir dengan spesifikasi yang memukau. Sebagai HP kelas premium, tentu saja Zenfone 6 sudah memiliki fitur NFC. Fitur inilah yang nantinya akan memudahkan Anda melakukan pembayaran digital.

Zenfone 6 juga digawangi oleh chipset yang sama dengan yang ada pada ROG Phone II, yaitu Snapdragon 855. Chipset yang satu ini memang cukup tangguh untuk menyokong berbagai aktivitas multitasking di ponsel pintar.

Untuk Zenfone 6, Asus menyediakan 3 varian yang dibedakan berdasarkan kapasitas RAM dan memori internalnya. Varian yang tersedia antara lain adalah 64/6 GB, 128/6 GB, dan 256/8 GB.

Tertarik membeli Zenfone 6? Baca dulu artikel kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 6 ini agar Anda bisa membuat keputusan yang tepat.

Itulah 15 HP dari Asus yang sudah didukung dengan teknologi NFC dan tentunya masih bisa Anda gunakan di tahun ini.


https://actoncloud.com