10 HP Harga 6 Jutaan ke Atas Terbaik (September 2022)


Hal menarik dari perkembangan HP zaman sekarang adalah soal HP flagship. Beberapa HP flagship terbaru hadir dengan harga yang relatif mahal dibandingkan seri sebelumnya. Menariknya, kehadiran HP flagship terbaru berpengaruh pada harga HP flagship seri sebelumnya yang harganya lebih bersahabat.

Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan bahas soal deretan HP flagship alias HP dengan spesifikasi kelas atas tetapi banderol harganya masih masuk akal, yakni kisaran Rp6 juta sampai Rp8 jutaan. Apa sajakah itu? Berikut daftar HP terbaik di rentang harga tersebut versi Carisinyal.

1. realme GT Neo 3 80W

Layar Super AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
50 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

realme GT Neo 3 menjadi salah satu ponsel kelas menengah terbaik hingga saat ini. Pasalnya, ponsel ini menggunakan chipset MediaTek generasi baru, MediaTek Dimensity 8100. Seri SoC ini diklaim memiliki suhu yang lebih rendah serta kecepatan yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, chipset ini sudah mendukung konektivitas dual 5G.

Performa HP ini kian meningkat dengan dukungan RAM utama 8 GB dan RAM tambahan hingga 5 GB. Penggunaan RAM tambahan ini membuat performa HP lebih optimal untuk bermain game kelas berat maupun untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Keseruan bermain game ini didapat dengan dukungan baterai 5000 mAh. Keunggulan HP ini ialah adanya fitur pengisian cepat 80W yang membuat baterai terisi penuh dalam waktu 31 menit saja. Jadi, Anda tidak perlu meninggalkan HP terlalu lama.

Menggunakan panel AMOLED FHD+, layar HP realme ini mampu menampilkan warna yang hidup. Keunggulan layar ini kian bertambah dengan refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 360 Hz, dan tingkat kecerahan 1300 nits. Ini membuat layar kian responsif dan tampilan yang halus kala bermain game.

Tak lupa, realme memasang kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX 766. Dengan spek kamera ini, Anda bisa mengambil gambar dan video lebih detail.

2. Samsung Galaxy A73 5G

samsung galaxy a73 5g_
Layar Super AMOLED+ 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
108 MP
(wide)


12 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)


5 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Ponsel buatan Samsung terkenal memiliki build quality dan performa yang bagus di kelasnya. Namun, dalam Samsung Galaxy A73 5G, Samsung mencoba untuk masuk ke kelas ponsel kamera. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya kamera utama 108 MP. 

Ini menarik karena resolusi besar biasanya hanya ada di seri flagship. Sementara Galaxy A hanya ponsel kelas menengah. Walaupun demikian, Samsung tetap menghadirkan sejumlah fitur unggulan ala Galaxy S, seperti fitur OIS dan Video Digital Image Stabilization. Tentu hasil foto dan video dari ponsel ini akan terlihat bagus, jernih dan detail.

Desain yang dihadirkan pada ponsel 6 jutaan ini memang tipis, ringan dan pas digenggam. Walaupun demikian, HP ini sudah memiliki sertifikasi IP67. Samsung juga memasang layar panel AMOLED 6,7 inci dengan resolusi FHD+. Selain menawarkan tampilan yang jelas, layar ini juga menawarkan animasi yang halus berkat refresah rate 120 Hz.

Mesinnya masih sama dengan ponsel mid-range pada umumnya. Ponsel ini ditenagai chipset Snapdragon 778G ditemani RAM 8 GB. Tentu kinerja ponsel ini cukup kencang di kelasnya. Anda pun bisa memainkan game terbaru dengan pengaturan grafis tertinggi tanpa takut lag dan frame rate turun.

3. Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T Pro

Xiaomi tahu bahwa sebagian konsumen punya fokus pada spesifikasi tinggi ketika hendak membeli HP. Namun, pada saat yang sama, konsumen tersebut sensitif terhadap harga yang mahal. Karena itulah Xiaomi merilis Xiaomi 11T Pro sebagai penerus dari Xiaomi 10T Pro.

HP ini kebagian jatah SoC ganas bernama Snapdragon 888. Otomatis potensi performa yang bisa dihadirkan oleh ponsel ini amat menjanjikan. Gim-gim kelas kakap pun dilibasnya, termasuk Genshin Impact. Hanya saja, 11T Pro sedikit mengalami penurunan performa alias throttling.

Fenomena itu wajar karena banyak ponsel lain yang memakai SoC ini mengalami hal serupa demi menghindari overheating. Di luar itu, 11T Pro adalah ponsel bagus dan lengkap, tak terkecuali kemampuan kameranya. Pembahasan menyeluruh HP 5G ini bisa dibaca di artikel kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T Pro.

4. realme GT Neo2

realme GT Neo2
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Daripada jor-joran masalah SoC, realme memilih menciptakan setelan yang bagus demi memaksimalkan performa chipset Snapdragon 870. Hasilnya adalah realme GT Neo2 mampu mengeluarkan performa yang stabil untuk menjalankan gim berat, bahkan melebihi HP-HP lain dengan SoC Snapdragon 888.

Selain stabil, layar HP ini juga sedap dipandang dan responsif saat disentuh. Tentu saja itu berkat panel AMOLED, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 600 Hz. Elemen lain yang membuat pengguna tak bosan menggunakan HP ini adalah keluaran suara dari speaker stereonya.

Kemudian, daya tahan baterai GT Neo2 juga jempolan, proses pengecasannya pun singkat. Intinya, price to performance HP ini benar-benar sip. Baca artikel kelebihan dan kekurangan realme GT Neo2 untuk tahu selengkapnya soal HP ini.

5. Black Shark 4

 Black Shark 4
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

HP 6 jutaan terbaik sih sudah pasti dipegang oleh Xiaomi Black Shark 4. Bagaimana tidak? Di antara para penggiat gadget, pasti Black Shark adalah opsi yang paling menggiurkan karena menyuguhkan bukan hanya chipset yang gahar tapi juga hardware yang mendukung.

Black Shark 4 hadir dengan ekosistem aksesoris yang melimpah ruah seperti cooling fan eksternal, gamepad, earphone, dan masih banyak lagi. Jika Anda butuh HP gaming berkelas yang tidak terlalu menguras kantong, Black Shark 4 ini sangat layak jadi pilihan.

Memang, dapur pacunya “hanya” Snapdragon 870, masih kalah saing dibanding Snapdragon 888 yang dihadirkan pesaingnya (ASUS ROG Phone series, ZTE nubia Red Magic 6, dll). Tapi dengan clock speed mencapai 3,2 GHz, Snapdragon 870 juga bukan SoC yang bisa dianggap remeh.

Layarnya sangat menarik untuk dipandang berkat panel Super AMOLED yang dikombinasikan dengan refresh rate tinggi 120 Hz. Alhasil, layar pun bisa bergerak 2x lipat lebih mulus dibanding 60 Hz konvensional. Tertarik? Xiaomi Black Shark 4 ini dibanderol dengan harga rilis Rp8 jutaan saja.

6. Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon 

galaxy s20 fe snapdragon

Ingin rasakan pengalaman punya HP flagship ternama dari Samsung? Kami punya solusi murah untuk Anda. Mengapa tidak gunakan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon?

Menghadirkan chipset Snapdragon 865 5G, ponsel ini dijamin punya kinerja lebih baik dibanding Exynos 990. Ya, pasalnya para pengembang game memang lebih condong mengoptimasikan produk mereka dengan chipset besutan Qualcomm.

Meski bukan Galaxy S20 reguler, tapi varian Fan Edition ini tetap mencerminkan kualitas flagship sejati. Terlihat dari bodinya yang mendapatkan sertifikasi IP68, mampu bertahan di genangan air sedalam 1,5 meter hingga 30 menit.

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon juga punya kualitas speaker yang bukan kaleng-kaleng, mendapatkan skor -26,3 LUFS versi GSM Arena yang terbilang bagus.

Dan, meskipun ponsel hadir dengan baterai berkapasitas besar, rupanya ia hanya hadir dengan adapter 15 W dalam boks pembelian, padahal ponselnya sendiri sih sudah mendukung daya 25 W.

Belum lagi, kinerja sensor sidik jari pada ponsel ini juga turut dipertanyakan, karena sesekali tidak dapat mengenali jari pengguna atau bahkan layarnya ter-unlock sendiri tanpa diminta. Well, mungkin saja hal ini hanya kendala software yang bisa diperbaiki pada update berikutnya.

Omong-omong software, ponsel ini hadir di tahun 2020. Artinya, dia hanya punya sistem operasi Android 10 saat pertama kali dibeli. Tentunya HP ini bisa di-upgrade jadi Android 11, tapi dukungan software HP jadul rasanya tidak akan selanggeng HP yang dirilis lebih baru. Bisa saja ia tidak akan mendapatkan upgrade saat Android 13 atau 14 dirilis.

Jika masih belum puas dengan penjelasan singkat di atas, Anda bisa kunjungi kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon yang telah kami persiapkan untuk Anda. Oh iya, harganya juga lumayan murah, hanya di kisaran Rp6,7 jutaan saja.

7. OPPO Reno7 5G

OPPO Reno7 5G (Indonesia)
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


8 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini

OPPO Reno7 5G membawa napas sebagaimana Reno generasi sebelum-sebelumnya. HP ini mengandalkan desain yang cantik, tipis, dan ringan. Dengan teknologi OPPO Glow, penutup belakang Reno7 5G tampil berkilauan dengan kemampuan meminimalkan noda sidik jari.

Selain desain, kemampuan fotografi dan videografi juga jadi hal yang diandalkan oleh Reno7 5G. HP dengan SoC MediaTek Dimensity 900 ini andal dalam menciptakan foto potret pada malam hari, serta menghasilkan video flare bokeh layaknya kamera DSLR.

Meski desain dan kamera jadi nilai jual utamanya, Reno7 5G juga tangguh jika dipakai main game. Layar AMOLED-nya pun mulus, daya tahan baterainya bagus. Adapun HP ini hadir dengan pemindai sidik jari di bawah permukaan layar.

8. vivo X60

Vivo X60 5G
Layar AMOLED 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


13 MP
(telephoto)


13 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan Baca di sini

vivo X60 adalah ponsel flagship murah yang ditawarkan vivo Indonesia sebagai pendamping vivo X60 Pro. Saat dirilis pada April 2021, HP ini dibanderol dengan SRP (Suggested Retail Price) Rp7,9 jutaan. Lebih murah Rp2 juta ketimbang vivo X60 Pro.

Meski lebih murah, HP ini tetap memakai SoC Snapdragon 870 dan kamera dengan lensa Zeiss. Karena itu, Anda tak perlu ragu dengan performa dan kualitas jepretan vivo X60. Lalu, kualitas tampilan layarnya juga cemerlang berkat panel AMOLED dengan refresh rate 120 Hz dan dukungan HDR10+.

Baca juga  Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan iPad Air (2022) ini!

Hal yang membuat vivo X60 lebih murah ketimbang saudara kandungnya itu tidak banyak. Seperti layar yang flat, tidak adanya penstabil optik berbasis gimbal (memakai OIS biasa), dan material plastik untuk frame, Namun, itu semua bukan lah hal yang krusial. Ada baiknya Anda baca artikel kelebihan dan kekurangan vivo X60 sebelum beli HP ini.

9. Xiaomi Black Shark 3 8/128 GB

Black Shark 3
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera
64 MP
(wide)


13 MP
(ultrawide)


5 MP
(macro)
Baterai Li-Po 4720 mAh
Kelebihan Baca di sini

Anda kini bisa mendapatkan Xiaomi Black Shark 3 varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB di kisaran harga Rp7 jutaan. Dengan beberapa parameter unggulan yang ditawarkannya, jelas HP gaming ini adalah pilihan yang bagus di kelas harganya sekarang, khususnya jika Anda hobi bermain game.

Black Shark 3 menampilkan panel OLED FHD+ dengan laju penyegaran 90Hz. Meski tidak secepat Mi 10T Pro, tampilan Black Shark 3 mampu memberikan kualitas visual dari sisi yang berbeda karena teknologi panelnya lebih unggul. Sayangnya tidak ada proteksi kuat untuk menjaga layarnya, sehingga rawan tergores atau pecah saat ponsel terjatuh.

Black Shark 3 dibekali dengan kapasitas baterai yang lumayan besar plus dukungan pengisian cepat 30W yang dapat diandalkan. HP ini juga membawa pengaturan kamera yang terbilang bagus untuk HP sejenisnya. Dapur pacunya tidak perlu diragukan lagi karena prosesor unggulan siap memberikan kinerja yang sangat powerful.

10. vivo X50 Pro

vivo X50 Pro
Layar AMOLED 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 765G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera
48 MP
(wide)


8 MP
(periscope telephoto)


13 MP
(telephoto)


8 MP
(ultrawide)
Baterai Li-Po 4315 mAh
Kelebihan Baca di sini

vivo X50 Pro muncul dengan sistem stabilisasi gimbal. HP ini adalah smartphone pertama dengan penstabil optik berbasis gimbal. Konon, stabilisasi gimbal tiga kali lebih teguh ketimbang OIS dalam mereduksi guncangan. Alhasil, kamera jadi minim hasil blur, baik foto maupun video.

Kemampuan fotografi malam hari juga jadi meningkat. Kamera memang jadi ‘jualan utama’ HP ini. Sebab, selain sistem stabilisasi gimbal, HP ini punya lensa kamera yang total bisa melakukan perbesaran optik 7 kali! Ada juga sensor spektrum warna agar warna foto lebih akurat.

Di luar kamera, vivo X50 Pro masih punya banyak sisi menarik. Seperti layar AMOLED 90 Hz, kemampuan memutar audio resolusi tinggi 32 bit, dan teknologi pengisian cepat 33 W. Selain itu, HP ini juga future proof karena memakai SoC Snapdragon 765G. Ya, SoC ini mengandung modem 5G.

Oleh sebab itu, ketika vivo membuka akses 5G lewat update software, HP ini bisa tersambung dengan jaringan 5G. Sekadar informasi, vivo X50 Pro mendukung band n1 (2300 MHz) dan n3 (1800 MHz) yang dipakai Indosat dalam menyelenggarakan 5G. Adapun pembahasan lengkap HP senilai Rp7 jutaan ini bisa disimak di artikel kelebihan dan kekurangan vivo X50 Pro.

Di antara sepuluh HP dengan harga Rp6 jutaan ke atas tersebut, manakah yang menarik perhatian Anda untuk Anda beli? Atau daftar tersebut terlalu mahal? Jika dana Anda terrnyata terlalu kemahalan untuk membeli HP Rp6 jutaan ini, Anda bisa membeli HP di kategori Rp5 jutaan yang bisa Anda cek pada artikel “Daftar HP 5 Jutaan Terbaik” ini.


https://actoncloud.com