15 Game Android Buatan Indonesia Terbaik di Tahun 2022


Siapa bilang jika game buatan anak Indonesia tidak seseru game yang dikembangkan oleh developer internasional? Ada begitu banyak game buatan Indonesia yang sangat mendunia. Misalnya, saja DreadOut, permainan video survival horor asal Indonesia ini sudah dimainkan oleh PewDiePie, seorang gamer terkenal dari Swedia.

Selain DreadOut, masih ada beberapa game asal Indonesia yang sangat seru dan menarik untuk dimainkan. Nah, kali ini Carisinyal sudah merangkum daftar game Android buatan Indonesia yang wajib Anda coba satu persatu. Yuk, simak daftar selengkapnya di sini!

1. Bus Simulator Indonesia

Kalau Anda suka main game simulasi, mungkin bisa coba mainkan game Bus Simulator Indonesia. Sesuai dengan namanya, game ini akan menjadikan pemain sebagai supir bsus.

Tapi yang uniknya, Anda akan mengendarai bus-bus yang ada di Indonesia. Bahkan, setiap bus yang dikendarai punya klakson yang sempat viral, yakni “Om Telolet Om!”

Selain pilihan busnya yang beragam, Bus Simulator Indonesia juga memberikan tantangan berupa rute-rute yang harus dilalui para pengendara.

Nah, rute yang akan ditemui pasti sangat terasa familiar, karena rutenya disesuaikan dengan rute bus yang ada di Indonesia juga lho. Penasaran ingin main? Langsung unduh di sini.

2. Tebak Gambar

game Tebak Gambar

Sejak dulu permainan teka-teki sudah menjadi game favorit. Kita bisa memperoleh hiburan sembari mengasah otak untuk memecahkan teka-teki tersebut. Tebak Gambar adalah game Android buatan Indonesia yang sangat seru dan bisa dimainkan untuk killing time saat sedang bosan.

Kumpulan gambar akan disusun sedemikian rupa dan Anda harus menebak kosakata dari rangkaian gambar-gambar tersebut.

Mau tidak mau kita akan berpikir untuk mendapatkan kata yang tepat dari susunan beberapa gambar tersebut. Yang menakjubkan, Tebak Gambar sudah diinstall sebanyak hampir 50 juta kali oleh pengguna Android.

3. Mini Racing Adventures

mini racing adventure

Game balap mobil di Android mungkin sudah biasa. Bagaimana jika kali ini Anda bermain game balap dengan menggunakan kendaraan sejenis ATV, motor trail, bahkan truk? Nah, Mini Racing Adventures akan memberikan Anda pengalaman untuk balapan dengan kendaraan-kendaraan tersebut.

Di dalam game ini, pemain akan membantu Martin Nitro Minimo alis MnM untuk memegang rekor sebagai pembalap dengan jarak terjauh.

Akan tetapi, hal tersebut tidak semudah yang Anda bayangkan karena Martin harus menghadapi saingannya, Omini Speedario, yang terus berusaha mengejar rekor Martin. Mini Racing Adventure menawarkan mode permainan online agar Anda bisa bersaing dengan teman Anda.

4. Juragan Ojek

Juragan Ojek

Ojek menjadi salah satu transportasi yang dibutuhkan di Indonesia, dan dari ojek juga dijadikan inspirasi untuk dibuat game, namanya Juragan Ojek. Dalam game ini, Anda bukan dijadikan sebagai tukang ojeknya, melainkan bosnya tukang ojek.

Baca juga  10 Tablet dengan RAM 3GB Terbaru (Agustus 2022)

Jadi, di sini Anda bertanggung jawab untuk mengatur manajemen yang ada dalam perusahaan ojek. Selain itu, Anda juga harus memastikan para pengendara ojek selalu tetap dalam pengawasan dan membuat pelanggan puas. Nantinya, Anda juga bisa membuka cabang di berbagai kota di Indonesia.

5. Diponegoro – Tower Defense

Diponegoro - Tower Defense

Sebagai rakyat Indonesia, tentu saja kita sangat tidak asing dengan Pangeran Diponegoro. Pahlawan nasional yang sosoknya terpampang di uang kertas pecahan lima ribu rupiah ini adalah figur pahlawan yang sangat berpengaruh dalam menentang penjajahan kolonial Belanda.

Nah, Diponegoro – Tower Defense adalah sebuah game di mana Pangeran Diponegoro akan melawan musuh, yakni bangsa penjajah.

Tugas Anda adalah meningkatkan skill dan menyelesaikan misi karakter Pangeran Diponegoro ini. Ada sekitar 26 level yang terdapat di dalam game Android buatan Indonesia ini. Siapkah Anda untuk memulai perjuangan membantu pahlawan kita dalam Diponegoro – Tower Defense ini?

6. Bubur Ayam Express

bubur ayam express_

Tidak lengkap rasanya bila tak memasukkan Bubur Ayam Express ke dalam daftar game buatan Indonesia terbaik. Game ini dirilis oleh Gambir Game Studio di tahun 2019. Kini, Bubur Ayam Express telah diunduh oleh lebih dari 500.000 pengguna Android.

Permainan yang ditawarkan dalam game ini terbilang seru. Anda perlu melayani para pelanggan bubur ayam yang ingin menyantap hidangan ini. Akan tetapi, setiap pelanggan yang datang akan meminta bubur ayam dengan berbagai topping yang berbeda. 

Kecepatan dan ketangkasan dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan level demi level dari Bubur Ayam Express. Gimana, Anda tertarik dengan game satu ini? Coba mainkan Bubur Ayam Express dengan cara mengunduhnya melalui tautan berikut.

7. Citampi Stories: Cinta & Hidup

citampi_

Citampi Stories adalah game RPG buatan Indonesia lainnya yang bisa Anda coba mainkan. Bisa dibilang permainan ini mirip dengan game klasik, Harvest Moon: Back to Nature. Anda akan memasuki sebuah desa bernama Citampi untuk memulai hidup baru.

Di Citampi, Anda dapat membangun pertanian sendiri dengan menanam aneka sayur dan buah. Anda pun bisa melakukan kegiatan lain, seperti memancing dan merawat hewan peliharaan.

Tidak hanya sebatas bertani atau memelihara hewan peliharaan saja, dalam game ini, Anda juga dapat menjalin hubungan dengan sesama penduduk Citampi, serta menikahi salah satu dari 7 gadis desa dan mulai membangun keluarga. Coba game Citampi Stories: Cinta & Hidup dengan mengunduhnya di sini.

Baca juga  Yuk Kenali 6 Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 10a!

8. Lokapala

lokapala_

Indonesia juga punya game MOBA seru yang terinspirasi dari kisah mitologi Nusantara. Namanya adalah Lokapala. Game ini dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan diluncurkan oleh Melon Indonesia Games di tahun 2020.

Lokapala memuat permainan 5v5 dengan pertarungan sengit antara para pemain melawan musuh-musuhnya. 

Anda tentu dapat mengajak teman atau keluarga untuk mencoba game ini bersama dan memenangkan pertarungan. Terlebih, untuk memenangkan pertarungan game Lokapala, Anda memerlukan teamwork yang luar biasa. Tertarik untuk mencoba game esports buatan Indonesia ini? Unduh Lokapala di sini.

9. Tahu Bulat 2

Tahu Bulat 2_

Game Tahu Bulat sempat viral beberapa tahun lalu. Pengembang dari game populer tersebut kembali merilis game yang merupakan sekuel dari game sebelumnya: Tahu Bulat 2. 

Dalam game ini, Anda tidak hanya fokus menjadi penjual tahu bulat saja, lho. Ya, Anda bertugas untuk membangun Kota Tahu Bulat sesuai dengan keinginan. 

Anda bisa menambahkan infrastruktur, bangunan dan pabrik tahu bulat dengan resep-resep baru yang menggugah selera. Game Tahu Bulat 2 bisa Anda unduh secara gratis di Google PlayStore melalui link ini.

10. Juragan Kost

juragan kost_

Ingin mencoba sensasi menjadi Ibu Kost? Kalau iya, cobalah untuk memainkan game satu ini. Ya, dengan menjajal Juragan Kost, Anda dapat merasakan bagaimana menjadi Ibu Kost lewat ponsel Android.

Anda bertugas untuk menagih uang kost kepada para penyewa secara berkala. Jika uang sudah terkumpul dalam jumlah banyak, Anda dapat memperbarui kamar kost agar harga sewanya naik dan kostnya semakin nyaman. Selain itu, Anda juga diharuskan untuk mencari penyewa-penyewa kost baru. 

Cara bermain game ini cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan tap pada layar ponsel untuk menagih uang kost dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Tertarik untuk bermain game Juragan Kost?

11. Pocong Adventure

Pocong Adventure _

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau ini adalah game petualangan. Ya, tapi bukan sekadar game petualangan biasa. Game ini melibatkan hantu pocong sebagai karakter utamanya. 

Jika pocong pada umumnya dikenal dengan image yang sangat menakutkan, karakter utama Pocong Adventure yang bernama Mumu ini sangatlah lucu. Bukannya seram, Anda mungkin saja akan dibuat gemas dengan tingkah Mumu.

Tugas Anda sebagai pemain adalah membantu Mumu menjelajahi hutan. Mumu harus mengumpulkan buah-buahan dan bunga agar bisa naik level. Tak lupa, musuh-musuh yang menghalangi jalannya juga harus dikalahkan. Salah satu musuh yang akan dihadapi Mumu adalah kelelawar. 

Penasaran seseru apa petualangan Mumu di hutan? Mainkan Pocong Adventure dengan mengunduhnya secara gratis di sini.

Baca juga  10 Rekomendasi HP di Bawah 3 Jutaan Terbaik (Agustus 2022)

12. Kuis Cerdas Cermat

kuis cerdas cermat_

Developer asal Indonesia, PaperPlay Studio mengembangkan game edukasi seru yang bisa dicoba: Kuis Cerdas Cermat. 

Game ini memuat soal-soal dari berbagai jenis mata pelajaran, seperti IPA, IPS, Ekonomi, Fisika, Matematika, dan masih banyak lagi. Setiap mata pelajaran memiliki lima level soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Nantinya, skor dari kuis atau soal yang Anda kerjakan dapat dilihat di leaderboard game. Anda bisa mengajak teman-teman atau keluarga untuk ikut bermain game Android buatan Indonesia ini dan berlomba-lomba mendapatkan nilai tertinggi. 

13. Emak Matic

emak matic_

Emak-emak di Indonesia terkenal akrab dengan motor matic. Hal inilah yang mungkin menginspirasi developer game lokal, Keong Games untuk mengembangkan dan meluncurkan game Emak Matic.

Ini adalah sebuah game ringan dengan tokoh sentral emak-emak bermotor matic. Kamu harus membantu si emak melewati rintangan di jalan raya dengan motor andalannya guna mengumpulkan koin. 

Dengan koin itulah nanti kamu bisa membantu si emak untuk menjadi juragan kaya dan memperbarui motor kesayangannya.

Game Emak Matic ini tidak hanya ringan dan menghibur, tapi juga mudah untuk dimainkan. Anda hanya perlu menggoyangkan ponsel dan menggunakan kontrol sederhana untuk bisa menyelesaikan misi-misi yang ada bersama si emak. Download game Emak Matic di sini.

14. On Time

on time_

Untuk Anda yang senang memainkan game survival horror, cobalah On Time. Game ini memungkinkan Anda untuk merasakan sensasi ngeri bertemu dengan para hantu lokal Indonesia.

Tugas Anda adalah mengumpulkan beberapa barang yang hilang, sekaligus mencari tahu kisah dibaliknya. Anda akan dihadapkan pada lokasi-lokasi menyeramkan. Salah satunya kuburan angker. Berani memainkan game horor Indonesia ini. Unduh On Time melalui link ini.

15. TTS Asli

TTS ASLI_

Jika dulu Anda harus membeli bukunya, kini Anda bisa bermain Teka-teki Silang (TTS) lewat ponsel Android. Salah satu game TTS yang bisa dicoba adalah TTS Asli.

Game buatan Indonesia ini menyajikan soal-soal yang seru dan menarik untuk dipecahkan. JIka Anda kesulitan mencari jawaban soal, Anda dapat melihat hint jawaban di dalam game.

Menariknya, game TTS Asli bisa Anda mainkan tanpa koneksi internet sekalipun. Unduh game TTS Asli secara gratis di sini.

Semua game Android buatan Indonesia ini bisa cukup menghibur Anda dan mengatasi rasa bosan. Yuk, segera tentukan judul game yang ingin Anda mainkan dan dapatkan semua game ini secara gratis melalui Google Play Store di perangkat Android Anda.


https://actoncloud.com