Cara Update MIUI dari Versi Lama ke Versi Baru yang Mudah dan Aman


MIUI adalah antarmuka pengguna yang dikembangkan oleh Xiaomi. Antarmuka ini umum untuk berbagai perangkat Xiaomi seperti smartphone atau komputer tablet. MIUI dikenal dengan berbagai fitur menariknya. Setiap tahun MIUI juga memiliki versi terbaru yang biasanya menawarkan fitur-fitur baru dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Misalnya pada tahun 2022, Xiaomi memperkenalkan MIUI 13. Banyak ponsel merek Xiaomi yang dirilis pada tahun 2022 sudah menawarkan MIUI 13. Sedangkan ponsel yang dirilis sebelum tahun 2022 akan memiliki versi MIUI 12 atau lebih rendah. Namun, beberapa HP Xiaomi ini biasanya sudah support update sistem ke MIUI 13.

Bahkan, kemungkinan ada pengguna ponsel yang menggunakan Xiaomi dan masih berkutat dengan MIUI 11. Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa ponsel tersebut mendukung sistem yang lebih baru. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara update MIUI dari versi lama ke yang baru.

Sebagai contoh pembelajaran pada artikel kali ini, penulis menggunakan handphone Xiaomi Redmi Note 10S. Saat pertama kali dirilis, ponsel ini memperkenalkan MIUI 12.5 berbasis Android 11. Ponsel ini merupakan salah satu ponsel yang bisa mendukung versi MIUI 13.stabil.

Untuk informasi versi MIUI 13 stabil Pembaruan terbaru ini didasarkan pada sistem operasi atau OS Android 12. Dengan kata lain, saat perangkatupdate pada MIUI 13 dari MIUI 12, sistem operasi juga akan secara otomatisupdate di android 12.

Tidak ada yang berbeda dari cara penggunaannya karena update ini dapat dilakukan untuk perangkat Xiaomi apa pun dengan cara yang sama. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk memperbarui ponsel Xiaomi dari versi MIUI lama ke versi baru.

Baca juga  15 Game Pesawat Terbaik yang Bisa Dimainkan di Android

Cara update MIUI melalui fitur update

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan update untuk MIUI, gunakan fitur update jika tersedia. Benar sekali, Xiaomi telah menyediakan opsi pembaruan bertahap untuk setiap perangkatnya. Jika perangkat Anda telah menerima pembaruan, Anda hanya perlu melakukannya update itu secara langsung.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Langkah pertama adalah membuka “Pengaturan” atau “Pengaturan” di ponsel Xiaomi Anda, baik langsung melalui aplikasi atau melalui panel notifikasi.
  • Ada menu di bagian atas “Tentang telepon”pilih menu.
cara update miui 13
  • Setelah itu tekan menu “Versi MIUI” dengan nomor logo versi yang saat ini digunakan.
cara update miui 13
  • Jika perangkat Anda telah menerima pembaruan, di bawah ini akan tertulis “Unduh pembaruan”
  • Namun, perangkat penulis adalahupdate sebelum versi 13 jadi hilang update dapat diunduh.
  • Mohon ditunggu prosesnya update MIUI sampai akhir.
  • Jika ada tulisan “Restart sekarang”klik pilihan ke HP menyalakan ulang atau berlari lagi untuk menerapkan pembaruan.
  • Tunggu hingga proses selesai dan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13 akan terpasang di HP.

Perlu diperhatikan sebelum melakukan update atau perbarui, periksa koneksi internet dan baterai Anda terlebih dahulu. Diharapkan internet memiliki koneksi yang stabil dan data yang cukup. Dan baterainya minimal di atas 80 persen sehingga tidak ada masalah saat melakukan update.

Cara update MIUI melalui Firmware Updater

Bisa dibilang cara sebelumnya cukup sederhana dan praktis, namun hanya tersedia untuk beberapa handphone saja. Lantas bagaimana dengan ponsel yang tidak mendapatkan update seperti dulu? Tidak perlu khawatir, karena masih ada cara yang bisa dilakukan yaituupdate Secara manual.

Pembaruan MIUI secara manual juga tidak terlalu sulit. Selain itu, metode ini juga dilakukan tanpa akar atau hal yang merugikan HP, jadi aman untuk dilakukan. Meski aman, Anda juga perlu memahami setiap langkahnya dengan baik agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan latihan.

Baca juga  Ketahui 6 Perbedaan HP 1 Jutaan, Redmi 9a dan Redmi 10a

Agar tidak terjadi error saat menjalankannya, berikut beberapa informasi yang perlu diperhatikan.

1. Jenis MIUI yang digunakan

cara update miui 13

Sebelum Anda melakukannya update secara manual, pertama-tama pastikan Anda mengetahui jenis MIUI apa yang digunakan perangkat Anda. Karena untuk diproses Memperbarui-miliknya Berfungsi dengan sempurna, file yang digunakan harus dari jenis MIUI yang sama dengan yang digunakan.

Cara mengeceknya juga cukup mudah, Anda hanya perlu membuka menu “About phone” di pengaturan HP. Setelah itu, buka Fitur Umum.

Meskipun memiliki nama “MIUI Global”, namun menggunakan tipe MIUI Indonesia. Ada beberapa jenis MIUI dengan nama yang berbeda tergantung negaranya, seperti SKLIDXM untuk Indonesia dengan kode ID, SKLMIXM untuk Global dengan kode MI, SKLINXM untuk India dengan kode IN, SKLEUXM untuk wilayah Eropa dengan kode EU, dan lain sebagainya.

2. Jenis file firmware

cara update miui 13

Salam, sama seperti tipe MIUI sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait file firmware ini. Pada dasarnya file firmware ini ada tiga jenis yaitu pemulihan, booting cepat, sebaik blok OTA.

Jenis file firmware Pemulihan ini adalah file yang dapat digunakan untukupdate tanpa perlu serial number. Dengan kata lain, Anda bebas untuk update MIUI ke versi apa pun tanpa serial. Namun, jika Anda menggunakan file itu baik untuk melakukannya di menghapus data agar lebih aman dan stabil.

Sedangkan file unduhan cepat itu memiliki fungsi untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi pada versi MIUI. Selain itu, prosesnya biasanya membutuhkan bantuan PC atau laptop dan masuk ke dalam pemuatan cepat di HP.

Sedangkan jenis file yang disarankan untuk digunakan adalah file blok OTA. File ini lebih kecil. Juga, jika Anda menggunakan file ini, maka update harus dilakukan secara berurutan. Namun, menggunakan langkah ini dianggap paling aman dibandingkan dengan file lainnya.

Baca juga  10 Rekomendasi HP Flagship Termurah di Bulan Oktober 2022

Jika Anda sudah memahami beberapa informasi yang telah disampaikan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Berikut adalah metode atau langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan ini. update secara manual menggunakan file firmware.


https://actoncloud.com