Inilah 3 Cara Mudah Screenshot di Redmi Pad, Gampang Diikuti


Bagi anda yang bekerja sering menggunakan gadgetTentu saja, fungsi screenshot sangat penting. Pasalnya, screenshot memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk menjaga bukti percakapan atau informasi penting lainnya. Tentunya dengan bantuan screenshot, Anda bisa berbagi informasi penting dengan mudah dan kapan saja.

Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba mengambil screenshot menggunakan tablet Redmi Pad. Apalagi layar tablet ini cukup lebar untuk memudahkan Anda menyimpan lebih banyak hal menarik.

Nah, kali ini tim Caris Signal akan menjelaskan beberapa cara screenshot di tablet Redmi Pad ini. Diharapkan dengan mengambil screenshot yang tepat akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih optimal.

Metode umum untuk mengambil tangkapan layar di Redmi Pad

Sebagai tablet Android, Redmi Pad dibekali dengan sistem operasi MIUI. Ini memberikan sejumlah fitur yang berguna untuk bekerja, seperti fungsi tangkapan layar.

Bagi Anda yang tidak terbiasa menggunakan tablet, berikut langkah cepat dan mudah mengambil screenshot.

1. Secara bersamaan menekan tombol fisik pada tablet

Cara mengambil tangkapan layar di Redmi PadSumber: hardreset.info

Langkah pertama adalah pergi ke halaman web atau layar tempat Anda akan menyimpan gambar. Pastikan posisi gambar sesuai dengan ukuran layar agar dapat tersimpan dengan baik atau tidak terpotong.

Cara mengambil screenshot selanjutnya adalah cukup menekan tombol power dan volume down secara bersamaan di sebelah case.

Tekan dan tahan kedua tombol fisik selama beberapa detik hingga layar berkedip, menandakan tangkapan layar telah diambil. Jika tangkapan layar berhasil diambil, jendela kecil dengan hasil tangkapan layar akan muncul di sudut kanan atas.

Jika menu untuk mematikan ponsel tiba-tiba muncul, itu berarti Anda terlalu lama menekan ponsel atau mungkin hanya menekan tombol power. Atau mungkin sistemnya belum aktif atau tidak mendukung fitur ini.

Baca juga  Cara Buka Toko di Shopee, Plus Tips Sukses Buat Pemula!

Untuk memeriksanya, Anda dapat memasukkan pengaturan telepon, lalu memasukkan pengaturan tambahan. Temukan bagian isyarat atau tangkapan layar. Nantinya akan ada pilihan tombol fisik. Anda cukup mengaktifkan fitur tersebut.

2. Menggunakan ikon di Panel kendali

Cara mengambil tangkapan layar di Redmi PadSumber: hardreset.info

Salah satu keuntungan menggunakan sistem Android adalah sistem ini memiliki banyak fitur atau cara untuk mengambil screenshot. Nah, mengingat bentuk tablet yang besar, Anda mungkin merasa tidak nyaman untuk menekan tombol fisiknya. Untungnya, Anda dapat menggunakan ikon tangkapan layar yang sudah tersedia di panel kendali.

Untuk kejelasan, lihat metode berikut.

1. Langkah pertama, Anda harus menampilkan informasi atau gambar yang ingin diambil di layar tablet Redmi.

2. Buka panel kontrol dengan menyeret layar dari atas ke bawah. Temukan ikon tangkapan layar yang ada.

3. Klik ikon untuk mengambil tangkapan layar. Saat Anda menyentuh ikon tersebut, screenshot akan diambil secara otomatis dan layar HP berkedip.

Metode pengambilan tangkapan layar ini menjadi sangat populer di perangkat tablet. Pasalnya, tombol fisik pada tablet terkadang letaknya berjauhan satu sama lain sehingga cukup merepotkan.

3. Cara mengambil screenshot panjang dan mengedit screenshot

multitasking redmi pad terbatas_

Setelah Anda mengambil screenshot dengan berbagai cara, biasanya ada notifikasi atau tampilan kecil di pojok bawah atau atas layar tablet Anda. Nah di bagian bawah layar akan ada pilihan untuk mengambil long screenshot, edit screenshot, share screenshot, tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Untuk mengambil screenshot panjang, pastikan tampilan yang ingin disimpan memang bisa di-scroll ke bawah.

Untuk edit screenshot hanya ada pilihan sederhana, seperti cropping gambar agar hasil screenshot lebih fokus sesuai keinginan, menambahkan teks, atau menambahkan efek pada hasil screenshot.

Baca juga  15 HP OPPO dengan Layar Lebar Terbaru (Juli 2022)

Untuk mengecek hasil screenshot, Anda bisa masuk ke galeri. Sesuai dengan pengaturan sistem yang ada, semua tangkapan layar akan disimpan dalam folder bernama tangkapan layar. Folder terpisah memudahkan untuk memeriksa dan berbagi data dengan lebih cepat.

Cara khusus mengambil screenshot di Redmi Pad

Cara mengambil tangkapan layar di Redmi PadSumber: hardreset.info

Selain cara umum, Xiaomi juga memperkenalkan cara khusus untuk mengambil screenshot di tablet. Tentu saja, cara khusus ini dinilai lebih praktis dan simpel karena menggunakan fitur MIUI. Jadi Anda mungkin tidak menemukan metode berikut di ponsel lain.

1. Cara mengambil screenshot dengan tiga jari

Redmi Pad sangat nyaman untuk bekerja, bermain game, atau menjelajahi web. Mungkin di tengah kesibukan Anda, Anda menemukan sesuatu yang menarik dan ingin mempertahankannya. Jadi, Anda dapat mencoba metode di bawah ini.

  • Ini adalah cara khusus pertama, Anda perlu mengaktifkan fungsinya isyarat.
  • Memasuki Pengaturan lalu pilih Pengaturan lanjutan dan pilih bagian Tombol dan pintasan gerakan.
  • Pilih bagian ambil tangkapan layar lalu aktifkan bagian tersebut geser 3 jari ke bawah di dalam.
  • Sekarang,cara mengambil screenshot di fungsi ini cukup sederhana, anda hanya perlu menggerakkan tiga jari, caranya dengan menggores layar tablet dari atas ke bawah.
  • Jika tangkapan layar berhasil, tablet akan bergetar atau layar berkedip.
  • Jendela tangkapan layar akan muncul di sudut layar. Atau bisa langsung cek galeri di album screenshot.

2. Cara mengambil screenshot sebagian dengan tiga jari

Di tablet Redmi Pad tidak hanya bisa mengambil screenshot layar penuh, ternyata tablet ini juga bisa digunakan untuk screenshot sebagian. Ini sangat membantu bagi Anda yang ingin fokus menjaga bagian-bagian penting saja.

Fitur ini biasanya aktif secara otomatis. Namun, jika ternyata Anda tidak dapat melakukan ini, berarti Anda harus mengaktifkan fitur ini di pengaturan telepon terlebih dahulu.

Baca juga  Wajib Punya! Review Flashdisk TEAMGROUP C212 512 GB

Cari tahu cara mengaktifkannya di bawah ini.

  • Masukkan pengaturan, lalu pilih pengaturan tambahan.
Cara mengambil tangkapan layar di Redmi PadSumber: hardreset.info
  • Pilih bagian pintasan gerakan.
Cara mengambil tangkapan layar di Redmi PadSumber: hardreset.info
  • Pilih bagian tangkapan layar sebagian bagian, lalu hidupkan bagian itu..
  • Untuk mengambil tangkapan layar, Anda cukup mengetuk layar di area yang diinginkan dengan tiga jari.
Cara mengambil tangkapan layar di Redmi PadSumber: hardreset.info
  • Nantinya jika screenshot berhasil, akan ada semacam kotak untuk mengatur bagian yang ingin diambil screenshotnya.
  • Menariknya, Anda bisa mengubah bentuk screenshot sesuai keinginan, dari lingkaran atau persegi menjadi bentuk abstrak.
  • Jika Anda mengklik tanda centang di bagian atas layar.
  • Tangkapan layar dapat langsung disimpan di galeri di album tangkapan layar.

Catatan Aplikasi Screenshot

Jika cara screenshot di atas masih memiliki kekurangan, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi screenshot di Play Store untuk mendapatkan fitur screenshot yang kamu butuhkan.


https://actoncloud.com