Inilah 6 Cara Screenshot Di Redmi 10C, Gampang Banget


Redmi 10C adalah ponsel entry-level serbaguna. Ponsel ini tidak hanya nyaman digunakan untuk membuka jejaring sosial, tetapi juga nyaman untuk browsing dan bermain game online bersama teman. Selain itu, Xiaomi telah memberikan ponsel ini MIUI 13 dengan fitur-fitur baru.

Nah, kali ini tim Caris Signal akan menjelaskan beberapa cara screenshot di HP Redmi 10C ini. Siapa tahu masih ada pengguna yang belum paham cara melakukannya, apalagi cara screenshotnya tidak jauh berbeda dengan seri Redmi sebelumnya.

Berikut 6 screenshot Redmi 10c yang bisa Anda coba. Cara ini juga bisa digunakan untuk seri Redmi 10, seri Redmi 9 bahkan seri Redmi Note.

1. Cara mengambil screenshot di Redmi 10C dengan dua tombol

Sumber: HardReset.Info

Jika Anda baru pertama kali menggunakan ponsel Redmi 10C, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa fiturnya, termasuk fitur screenshot. Pasalnya ponsel ini sudah menggunakan sistem Android 11.

Nah untuk cara screenshot di bawah ini adalah cara umum yang bisa digunakan di berbagai handphone android. Berikut langkah-langkah mengambil screenshot di ponsel Redmi.

  • Tunjukkan apa yang Anda inginkan dalam tangkapan layar di layar ponsel

Langkah pertama, buka ponsel dan arahkan layar ke apa yang ingin Anda simpan. Anda bahkan dapat membuka situs web, video, atau obrolan untuk mengambil tangkapan layar.

  • Tekan tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan

Cara mengambil screenshot selanjutnya, kamu hanya perlu menekan tombol power dan volume down secara bersamaan di bagian samping case.

Tekan dan tahan kedua tombol fisik hingga layar berkedip atau Anda mendengar bunyi klik, yang menandakan tangkapan layar telah diambil.

Jika berhasil, screenshot akan ditambahkan ke galeri. Satu hal yang perlu diingat saat menggunakan cara ini adalah Anda harus memastikan bahwa semua tombol fisik di ponsel Redmi Anda berfungsi dengan baik.

Baca juga  18 HP Tecno dan itel Terbaru yang Rilis di Indonesia 2022

2. Cara mengambil screenshot menggunakan ikon di Control Panel

screenshot xiaomi redmi note 10s

Cara mengambil screenshot di Redmi 10C selanjutnya adalah dengan menggunakan icon screenshot yang sudah ada di control panel. Tentunya cara ini merupakan cara screenshot yang cukup nyaman dan mudah dibandingkan dengan repotnya menekan tombol secara bersamaan.

Lihat metode berikut untuk informasi lebih lanjut.

  • Tunjukkan bahwa kamu ingin mengambil screenshot di layar HP Redmi.
  • Buka panel kontrol dengan menggesek layar dari atas ke bawah untuk membuka menu panel kontrol. Kemudian cari icon screenshot yang ada. Beberapa ponsel Android menampilkan ikon sebagai gunting, beberapa sebagai lembaran kertas.
  • Jika tidak ada ikon tangkapan layar, coba periksa pengaturan Panel Kontrol Anda. Ikon tangkapan layar mungkin belum muncul. Nah, kamu bisa mengatur ulang agar icon screenshot muncul di control panel.
  • Saat Anda menyentuh ikon tersebut, screenshot akan diambil secara otomatis dan layar HP berkedip.

3. Cara mengambil screenshot panjang dan mengedit screenshot

Cara mengambil tangkapan layar di Redmi 10CSumber: HardReset.Info

Biasanya ketika screenshot berhasil diambil, akan muncul notifikasi atau muncul gambar preview di pojok layar.

Nah di bagian bawah gambar preview nanti akan ada pilihan untuk mengambil screenshot panjang, edit screenshot, kirim screenshot. Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan.

Untuk mengambil screenshot panjang, pastikan layar yang ingin diambil memang bisa di-scroll ke bawah.

Untuk edit screenshot hanya ada pilihan sederhana, seperti cropping gambar agar hasil screenshot lebih fokus sesuai keinginan.

Anda juga dapat memeriksa tangkapan layar dengan membuka Galeri. Untuk ponsel Redmi 10C, hasil screenshot akan masuk ke dalam album screenshot.

4. Cara mengambil screenshot dengan tiga jari di Redmi 10C

Redmi 10S

Xiaomi juga memperkenalkan metode screenshot khusus menggunakan fitur bawaan HP. contohnya adalah tangkapan layar dengan tiga jari. Begini caranya.

  • Membuka Pengaturan Ponsel redmi 10s.
  • Lalu pilih Pengaturan lanjutan dan pilih bagian Tombol dan pintasan gerakan
  • Pilih bagian ambil tangkapan layarkemudian aktifkan partisi geser 3 jari ke bawah di dalam.
  • Untuk mengambil tangkapan layar, yang harus Anda lakukan adalah menemukan area layar yang ingin Anda tangkap, lalu geser ke bawah dengan tiga jari melintasi layar.
  • Nantinya jika screenshot berhasil, maka layar ponsel akan berkedip atau terdengar suara klik kamera.
  • Tangkapan layar dapat disimpan langsung di galeri.
Baca juga  Referensi 4 Kontroler Terbaik untuk Main Game di PC

5. Cara mengambil screenshot menggunakan tombol kembali

kasus untuk redmi 10s

Jika Anda dalam keadaan di mana Anda perlu mengambil tangkapan layar sesegera mungkin, Anda dapat mencoba cara di bawah ini.

1. Langkah pertama anda cukup menekan tombol back yang biasanya terhubung dengan tombol navigasi.

2. Biasanya tombol back pada ponsel Redmi berada di sisi kanan antara ketiga tombol navigasi.

3. Untuk mengambil tangkapan layar, cukup tekan tombol.

4. Nantinya jika screenshot berhasil maka layar HP akan berkedip atau terdengar suara klik kamera.

6. Screenshot bisa langsung disimpan di galeri di album screenshot.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa masuk ke pengaturan ponsel kemudian pilih menu home screen. Kemudian pilih navigasi sistem lanjutan, pilih pintasan keyboard.

Di bagian menu ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih “tekan lama tombol kembali dengan fungsi tangkapan layar. Cara ini hanya tersedia di ponsel Android dengan versi sistem terbaru.

6. Rekomendasi penggunaan screenshot di Redmi 10C

Beberapa pengguna Android lebih suka menggunakan aplikasi tangkapan layar di Play Store untuk mendapatkan fitur yang lebih baik dan lebih lengkap.

Nah, berikut rekomendasi aplikasi screenshot gratis yang bisa kamu gunakan di smartphone Redmi 10C.

master layar_

Ini adalah salah satu aplikasi tangkapan layar terbaik di Play Store. Buktinya, aplikasi gratis ini telah digunakan oleh lebih dari 5 juta pengguna bahkan mendapat rating 4,7. Pantas saja Screenshot Master sangat direkomendasikan untuk kamu yang sering mengambil screenshot handphone.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah user interface-nya yang cukup sederhana dan praktis sehingga mudah digunakan. Aplikasi ini juga cukup ringan sehingga tidak membebani RAM. Keunggulan utamanya tentu saja hasil gambar yang berkualitas tinggi, fungsi yang lengkap, termasuk fungsi editing dan social media sharing.

Baca juga  10 HP Android dengan Keypad QWERTY Terbaru (November 2022)

Sedikit kekurangan dari aplikasi screenshot ini adalah adanya iklan yang muncul karena aplikasi ini gratis. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat mengambil snapshot dari konten yang dilindungi. Kelemahan lainnya, aplikasi ini menampilkan bilah tambahan di bilah status. Ini, tentu saja, sedikit merepotkan ketika Anda perlu mengambil tangkapan layar dengan cepat.

Apa yang disukai tim Caris Signal tentang aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel. Saat kami mencobanya, fitur ini ternyata cukup cepat dan mudah digunakan.


https://actoncloud.com