3 Cara Screenshot di realme 10 yang Mudah dan Cepat


Realme memperkenalkan ponsel jarak menengah yang cukup menarik adalah realme 10. Pabrikan ini menggunakan chipset MediaTek G99 untuk memastikan kelancaran pengoperasian. Bahkan, ponsel ini mampu menjalankan 18 aplikasi sekaligus untuk bermain game dengan grafis berkualitas tinggi.

Tentunya ketika Anda membuka banyak aplikasi, Anda akan menemukan banyak informasi menarik bahkan informasi penting. Untungnya, ponsel ini mendukung banyak fitur yang membantu penggunanya, termasuk kemampuan mengambil screenshot.

Nah, kali ini tim Caris Signal akan menjelaskan beberapa cara screenshot di HP. jarak menengah dia. Berikut cara mengambil screenshot di Realme 10 yang bisa Anda coba. Cara ini juga bisa digunakan pada perangkat HP realme 10 lainnya seperti realme 10 5G, realme 10s, realme 10 Pro, dan realme 10 Pro+.

1. Metode screenshot umum di realme 10

Realme memahami bahwa ponsel untuk multitasking harus dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap. Oleh karena itu, Realme memperkenalkan beberapa metode untuk mengambil screenshot.

Nah, karena ponsel ini merupakan ponsel Android, maka secara umum cara yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot sama dengan ponsel Android lainnya. Omong-omong, Anda cukup menekan tombol fisik di samping kasing.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil tangkapan layar yang sederhana dan cepat.

  • Tekan tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan
cara screenshot realme 10 3Sumber: Berita Teknologi Pavan

Langkah pertama, tampilkan di layar HP informasi atau hal yang ingin disimpan. Di sini Anda dapat membuka Internet, video, atau bahkan obrolan untuk mengambil tangkapan layar.

Untuk mengambil tangkapan layar, Anda hanya perlu menekan tombol daya dan volume turun secara bersamaan di samping kasing.

Tekan dan tahan kedua tombol fisik hingga layar berkedip, menandakan tangkapan layar telah diambil. Jika screenshot berhasil diambil, biasanya akan muncul jendela kecil di pojok kiri bawah yang berisi hasil screenshot.

Baca juga  Sebelum Beli, Ketahui 8 Perbedaan Infinix Zero 20 dan Zero Ultra

Jangan lepaskan kedua tombol hingga layar berkedip. Jika layar tidak berkedip, berarti tangkapan layar gagal atau penekanan tombol kurang pas.

Jika menu untuk mematikan ponsel tiba-tiba muncul, itu berarti Anda terlalu lama menekan ponsel atau mungkin hanya menekan tombol power. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa semua tombol fisik di ponsel Redmi Anda berfungsi.

  • Gunakan ikon di panel kontrol
cara mengambil screenshot realme 10

Cara mengambil screenshot di realme selanjutnya adalah dengan menggunakan icon screenshot yang sudah tersedia di control panel. Tentunya cara ini merupakan cara screenshot yang cukup nyaman dan mudah dibandingkan dengan repotnya menekan tombol secara bersamaan.

Untuk kejelasan, lihat metode berikut.

1. Tunjukkan apa yang ingin kamu lakukan di layar HP sungguhan.

2. Buka panel kontrol dengan menyeret layar dari atas ke bawah. Kemudian cari icon screenshot yang ada. Beberapa ponsel Android menampilkan ikon sebagai gunting, beberapa sebagai lembaran kertas.

3. Dalam versi bahasa Indonesia disebut “Screenshot”.

4. Jika tidak ada ikon screenshot, coba periksa pengaturan Control Panel Anda. Ikon tangkapan layar mungkin belum muncul. Nah, kamu bisa mengatur ulang agar icon screenshot muncul di control panel.

5. Mengetuk ikon tersebut akan secara otomatis mengambil tangkapan layar dan layar HP akan berkedip.

  • Cara mengambil tangkapan layar panjang dan mengedit tangkapan layar
cara screenshot realme 10 3Sumber: Berita Teknologi Pavan

Biasanya ketika screenshot berhasil diambil, akan muncul notifikasi atau tampilan kecil di pojok kiri bawah. Sekarang akan ada opsi di bagian bawah layar untuk mengambil tangkapan layar panjang, mengedit tangkapan layar, dan berbagi tangkapan layar.

Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan. Untuk mengambil screenshot panjang, pastikan tampilan yang ingin disimpan memang bisa di-scroll ke bawah.

Baca juga  10 HP dengan Snapdragon 450 Paling Murah (Agustus 2022)

Untuk edit screenshot hanya ada pilihan sederhana, seperti cropping gambar agar hasil screenshot lebih fokus sesuai keinginan.

Anda juga dapat memeriksa tangkapan layar dengan membuka Galeri. Untuk HP real 10, screenshot akan masuk ke album screenshot.

2. Metode screenshot khusus di realme 10

Selain cara umum yang biasa, realme juga memperkenalkan cara khusus untuk mengambil screenshot. Metode khusus ini dimaksudkan untuk membuat tangkapan layar lebih praktis dan sederhana. Lihat ikhtisar metode tangkapan layar khusus di bawah ini.

  • Cara mengambil screenshot dengan tiga jari
cara screenshot realme 10 3Sumber: Berita Teknologi Pavan

Didukung oleh chipset MediaTek Helio G99, realme 10 cukup cepat untuk bermain game atau bahkan membuka banyak aplikasi. Nah, terkadang Anda menemukan sesuatu yang menarik dan Anda ingin menyimpannya.

Sayangnya, saat ingin mengambil tangkapan layar, Anda mungkin mengalami masalah jika perlu mengklik tombol. Jadi, Anda dapat mencoba metode di bawah ini.

1. Langkah pertama aktifkan fungsi gesture terlebih dahulu.

2. Masuk ke pengaturan, lalu pilih bagian utility dan pilih bagian tersebut isyarat dan bergerak

3. Pilih bagian tangkapan layar, lalu aktifkan bagian tersebut geser 3 jari ke bawah di.

4. Untuk mengambil screenshot, cukup geser tiga jari di layar dari atas ke bawah.

5. Nantinya jika screenshot berhasil maka handphone akan bergetar atau terdengar bunyi klik kamera.

6. Screenshot bisa langsung disimpan di galeri di album screenshot.

  • Cara mengambil screenshot sebagian dengan tiga jari
cara mengambil screenshot realme 10 Sumber: Berita Teknologi Pavan

Ternyata tidak hanya untuk mengambil screenshot dalam mode layar penuh, tapi juga untuk membuat screenshot sebagian bisa menggunakan fungsi tiga jari. Cari tahu cara mengaktifkannya di bawah ini.

1. Langkah pertama adalah mengaktifkan fitur tersebut.

Baca juga  12 Game Jadul Dingdong Terbaik dan Paling Seru di Android

2. Masuk ke pengaturan, lalu pilih pengaturan lanjutan dan pilih bagian pintasan keyboard.


https://actoncloud.com