Inilah Cara Mudah Screenshot di POCO M5 dan POCO M5s


POCO Indonesia memperkenalkan POCO M5 dan POCO M5 sebagai ponsel jarak menengah terbaik di kelas. Diluncurkan pada akhir tahun 2022, ponsel berdesain elegan ini memiliki sektor foto yang nyaman sehingga cocok untuk diposting di media sosial.

Keunggulan ponsel ini semakin bertambah dengan menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI terbaru. Dengan dukungan medan dan spesifikasi yang pas, ponsel ini sangat ideal untuk berbagai aktivitas, terutama web browsing dan gaming.

Nah, kali ini tim Caris Signal akan menjelaskan beberapa cara mengambil screenshot di ponsel POCO ini. Berikut cara mengambil screenshot di POCO M5 dan POCO M5s untuk Anda coba.

Metode umum untuk mengambil screenshot di POCO M5 dan POCO M5s

Sebagai ponsel kelas menengah, ponsel seri POCO M5 ini dibekali sejumlah fitur khas Android dan MIUI untuk memudahkan user experience.

Termasuk cara mengambil screenshot dari hal-hal penting yang muncul di layar ponsel ini. Anda bisa menggunakan cara umum yang bisa digunakan di berbagai handphone android.

Omong-omong, Anda cukup menekan tombol fisik di samping kasing. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil tangkapan layar yang sederhana dan cepat.

  • Tekan tombol power dan volume down secara bersamaan
Cara mengambil tangkapan layar di POCO M5Sumber: How2Buddies

Langkah pertama, buka ponsel Anda dan temukan apa yang ingin Anda simpan. Tampilan layar HP. Di sini Anda dapat membuka Internet, video, atau bahkan obrolan untuk mengambil tangkapan layar.

Cara mengambil screenshot selanjutnya adalah cukup menekan tombol power dan volume down secara bersamaan di sebelah case.

Tekan dan tahan kedua tombol fisik hingga layar berkedip, menandakan tangkapan layar telah diambil. Jangan lepaskan kedua tombol hingga layar berkedip. Jika layar tidak berkedip, berarti tangkapan layar gagal atau penekanan tombol kurang pas.

Baca juga  20 HP Nokia Terbaru Beserta Harga & Speknya (Juni 2022)

Jika menu untuk mematikan ponsel tiba-tiba muncul, itu berarti Anda terlalu lama menekan ponsel atau mungkin hanya menekan tombol power. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa semua tombol fisik di ponsel Redmi Anda berfungsi.

  • Gunakan ikon di panel kontrol

Cara screenshot di POCO M5 dan POCO M5s selanjutnya adalah dengan menggunakan icon screenshot yang sudah tersedia di control panel. Tentunya cara ini merupakan cara screenshot yang cukup nyaman dan mudah dibandingkan dengan repotnya menekan tombol secara bersamaan.

Untuk kejelasan, lihat metode berikut.

  1. Tunjukkan apa yang ingin Anda lakukan di layar HP POCO.
  2. Buka panel kontrol dengan menyeret layar dari atas ke bawah. Kemudian cari icon screenshot yang ada. Beberapa ponsel Android menampilkan ikon sebagai gunting, beberapa sebagai lembaran kertas.
  3. Jika tidak ada ikon tangkapan layar, coba periksa pengaturan Panel Kontrol Anda. Ikon tangkapan layar mungkin belum muncul. Nah, kamu bisa mengatur ulang agar icon screenshot muncul di control panel.
  4. Saat Anda menyentuh ikon tersebut, screenshot akan diambil secara otomatis dan layar HP berkedip.
  • Cara mengambil tangkapan layar panjang dan mengedit tangkapan layar

Biasanya ketika screenshot berhasil diambil, akan muncul notifikasi atau tampilan kecil di pojok kiri bawah. Sekarang akan ada opsi di bagian bawah layar untuk mengambil tangkapan layar panjang, mengedit tangkapan layar, dan berbagi tangkapan layar.

Anda tinggal memilih sesuai kebutuhan. Untuk mengambil screenshot panjang, pastikan tampilan yang ingin disimpan memang bisa di-scroll ke bawah.

Untuk edit screenshot hanya ada pilihan sederhana, seperti cropping gambar agar hasil screenshot lebih fokus sesuai keinginan.

Anda juga dapat memeriksa tangkapan layar dengan membuka Galeri. Untuk ponsel POCO, hasil screenshot akan masuk ke dalam album screenshot. Memiliki folder terpisah ini tentunya akan membantu Anda menemukan screenshot dengan mudah.

Baca juga  20 Laptop HP (Hewlett-Packard) Terbaru (Agustus 2022)

Metode screenshot khusus pada POCO M5 dan POCO M5s

Selain cara umum, kedua ponsel ini juga memiliki cara khusus untuk mengambil screenshot. Cara khusus ini akan menggunakan fitur bawaan HP untuk membuat screenshot menjadi lebih praktis dan simpel. Jadi Anda mungkin tidak menemukan metode berikut di ponsel lain.

Cara mengambil screenshot dengan tiga jari

Cara mengambil tangkapan layar di POCO M5Sumber: How2Buddies

Terkadang Anda sedang bermain game atau menjelajahi situs dan Anda menemukan sesuatu yang menarik dan Anda ingin menyimpannya. Sayangnya, ketika Anda ingin mengambil tangkapan layar, Anda mengalami masalah. Jadi, Anda dapat mencoba metode di bawah ini.

1. Langkah pertama aktifkan fungsi gesture.

2. Masuk Pengaturan lalu pilih Pengaturan lanjutan dan pilih bagian Tombol dan pintasan gerakan

3. Pilih bagian Screenshot, lalu aktifkan bagian ini. geser 3 jari ke bawah ..

4. Untuk mengambil screenshot, cukup geser tiga jari di layar dari atas ke bawah.

5. Nantinya jika screenshot berhasil maka handphone akan bergetar atau terdengar bunyi klik kamera.

6. Hasil screenshot bisa langsung disimpan ke galeri di album shortcut.

Cara mengambil screenshot menggunakan menu recent apps

Terkadang Anda mengalami kesalahan HP yang mencegah Anda menggunakan tombol fisik atau panel kontrol tidak muncul. Nah, jika kejadian ini menimpa Anda dan Anda sedang dalam keadaan di mana Anda perlu mengambil screenshot secepatnya, Anda bisa mencoba cara di bawah ini.

1. Langkah pertama kamu cukup menekan tombol recent apps yang biasanya ada di bagian tombol navigasi.

2. Biasanya ikon recent apps pada ponsel Redmi berada di sisi kanan antara 3 tombol navigasi.

3. Aplikasi terbaru akan menampilkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sekarang di bagian bawah aplikasi yang muncul ada tombol untuk screenshot.

Baca juga  10 HP Samsung dengan Baterai Paling Tahan Lama (Juli 2022)

4. Untuk mengambil tangkapan layar, cukup tekan tombol.

5. Nantinya jika screenshot berhasil maka ponsel akan bergetar atau terdengar bunyi klik kamera.

6. Screenshot bisa langsung disimpan di galeri di album screenshot. Cara ini hanya tersedia di ponsel Android dengan versi sistem terbaru.

Cara mengambil tangkapan layar dengan Short Ball

jempol poco m5

Selain beberapa cara screenshot di atas, seri POCO M5 juga memiliki cara screenshot yang lebih mudah dan cepat yaitu menggunakan fitur hot ball. Cara ini dianggap lebih mudah karena tidak ada tombol dan tidak perlu menggerakkan tangan. Berikut langkah-langkahnya.


https://actoncloud.com