Cara Screenshot di OPPO A31 yang Sangat Mudah dan Gampang Diikuti


OPPO A31, atau sebut saja OPPO A31, adalah salah satu bukti nyata kesuksesan OPPO di pasar perangkat seluler entry-level. Pasalnya, ponsel ini memenuhi persyaratan untuk tugas sehari-hari dan game yang didukung fitur Android terkini.

Menariknya, ponsel ini hadir di penghujung tahun 2020, namun produknya tetap laris manis. Banyak di toko on line, yang masih menjual OPPO A31 versi bekas atau repackage. Tentu saja tidak ada yang baru.

Karena tergolong hot seller, banyak pengguna yang menggunakan ponsel ini. Sebagian dari mereka mungkin belum mengetahui cara mengambil tangkapan layar atau screenshot di OPPO A31.

Sekarang,, kali ini tim Caris Signal akan menjelaskan beberapa cara mengambil screenshot di HP OPPO entry level ini. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

Cara mengambil screenshot bersama di OPPO A31

Menjadi ponsel Android murah, OPPO A31 dilengkapi dengan beberapa cara untuk mengambil screenshot, termasuk cara tradisional yang digunakan di sistem Android.

Cara ini bisa ditemukan di banyak ponsel Android, baik seri lama maupun baru. Lalu langkah apa saja yang perlu dilakukan pada ponsel OPPO ini?

1. Tampilkan informasi yang ingin Anda simpan di layar.

FYI, Anda dapat mengambil tangkapan layar dari berbagai hal di ponsel Android Anda. Mulai dari artikel berita, game yang dimainkan, hingga perbincangan media sosial.

2. Tekan tombol power dan volume down secara bersamaan

Cara mengambil screenshot di OPPO A31Sumber: Teknologi 5 Menit

Untuk mengambil tangkapan layar, cukup tekan tombol daya dan volume turun di samping ponsel Anda secara bersamaan.

Jika tangkapan layar berhasil diambil, layar ponsel akan berkedip dan suara kamera terdengar di ponsel. Selain itu, akan muncul notifikasi hingga preview gambar di pojok layar.

Baca juga  15 Aplikasi Jual Beli Mobil Terbaik dan Populer di Indonesia

Jika menu untuk mematikan ponsel tiba-tiba muncul, itu berarti Anda terlalu lama menekan ponsel, atau Anda mungkin menekan kedua tombol yang tidak pas atau tidak cocok satu sama lain. Atau mungkin saja sistem Android ponsel Anda tidak mendukung fungsi ini.

3. Menggunakan ikon di panel kontrol

Cara mengambil screenshot di OPPO A31Sumber: Teknologi 5 Menit

Jika Anda merasa menekan tombol terlalu sulit dan memakan waktu lama, Anda dapat beralih mengambil tangkapan layar menggunakan ikon tangkapan layar yang tersedia di panel kontrol.

Untuk kejelasan, lihat metode berikut.

  • Tentukan apa yang ingin Anda lakukan pada layar HP OPPO.
  • Masuk ke panel kontrol dengan menyeret layar dari atas ke bawah. Kemudian cari icon screenshot yang ada. Beberapa ponsel Android menampilkan ikon sebagai gunting, beberapa sebagai lembaran kertas.
  • Jika tidak ada ikon tangkapan layar, coba periksa pengaturan Panel Kontrol Anda. Biasanya icon screenshot tetap tidak muncul. Nah, panel ini bisa kamu atur ulang agar muncul icon screenshot.
  • Menyentuh ikon akan mengambil tangkapan layar secara otomatis. Hasil screenshot akan disimpan di galeri.

4. Periksa Hasil Screenshot

Cara mengambil screenshot di OPPO A31Sumber: Teknologi 5 Menit

Anda dapat memeriksa hasil tangkapan layar dengan masuk ke Galeri dan masuk ke album tangkapan layar.

Cara khusus mengambil screenshot di OPPO A31

BATERAI OPPO A31

Karena menggunakan sistem modern, Anda juga dapat memanfaatkan metode khusus untuk mengambil tangkapan layar menggunakan perangkat lunak.

Cara mengambil screenshot dengan tiga jari

Cara mengambil screenshot di OPPO A31Sumber: Teknologi 5 Menit

Salah satu fitur yang sangat menarik dan berguna di ponsel OPPO adalah fitur gesture. Fitur ini memungkinkan Anda mengambil screenshot hanya dengan melakukan serangkaian gerakan pada layar HP OPPO A31 Anda. Lihat langkah-langkah berikut untuk informasi lebih lanjut.

1. Buka “Pengaturan”, lalu pilih bagian “Cerdas dan nyaman”.

Baca juga  Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Fold4 5G

2. Pilih bagian Gesture, lalu aktifkan bagian Three Finger Screenshot.

3. Untuk mengambil tangkapan layar, cukup geser layar ke bawah dengan tiga jari.

4. Nantinya jika screenshot berhasil maka layar akan berkedip atau terdengar suara klik kamera.

5. Tangkapan layar dapat disimpan langsung ke aplikasi atau galeri foto.

Cara mengambil screenshot dengan Smart Sidebar

Cara mengambil screenshot di OPPO A31Sumber: Teknologi 5 Menit

Untuk memudahkan pengguna mengatur ponsel OPPO, OPPO juga memiliki fitur smart sidebar yang berisi rangkaian shortcut keyboard. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan simak langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan fitur OPPO Smart Sidebar.

  1. Masukkan pengaturan ponsel Anda.
  2. Gulir ke bawah dan temukan bagian fitur “Cerdas dan nyaman”.
  3. Setelah masuk, yang harus Anda lakukan adalah menemukan opsi Smart Sidebar atau Bilah Sisi Cerdas.
  4. Aktifkan fitur.
  5. Setelah diaktifkan, Anda akan menemukan bilah putih di sisi kanan atau kiri layar.
  6. Anda cukup menyeret garis ke tengah layar. Nantinya akan muncul beberapa pilihan icon, termasuk icon screenshot.
  7. Klik ikon tersebut dan layar akan berkedip untuk menunjukkan bahwa tangkapan layar berhasil diambil.

Catatan Aplikasi Screenshot

Bosan dengan cara screenshot yang biasa, kamu bisa menggunakan aplikasi screenshot di Play Store. Beberapa aplikasi ini memiliki fitur yang memaksimalkan smartphone OPPO A31 Anda.

1. Sentuh Tangkapan Layar

Tangkapan layar sentuh_

Ini adalah aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar di OPPO A31. Aplikasi ini berisi sejumlah fitur yang membuat tangkapan layar menjadi lebih baik dan optimal. Tak heran jika aplikasi ini mendapat cukup banyak unduhan di Play Store.

Setelah diinstal, Anda cukup membuka aplikasi dan mulai membuat beberapa pengaturan. Anda kemudian akan dibawa ke halaman utama yang berisi fitur screenshot. Salah satunya adalah fitur getar dan penundaan.

Fitur ini berguna jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel. Untuk fitur delay, ada gunanya mengatur berapa lama hitungan mundur saat mengambil screenshot.

Baca juga  Kupas Tuntas Cara Membuat Proposal Usaha, Tujuan dan Manfaatnya

Setelah Anda mengaktifkan fitur yang Anda inginkan, Anda dapat mengklik memulai layanan pemantauan penangkapan dan pilih mulai sekarang. Jika tangkapan layar berhasil diambil, notifikasi akan muncul hingga ponsel bergetar. Instal Screennhot Touch sekarang juga.

2. Tangkapan Layar Mudah

tangkapan layar mudah_

Seperti namanya, ini adalah aplikasi tangkapan layar yang mudah digunakan yang telah menerima cukup banyak umpan balik positif dari pengguna Android. Aplikasi Screenshot Easy ini berukuran kecil tetapi penuh fitur.

Keunggulan aplikasi ini adalah Anda hanya perlu mengklik ikon kamera untuk mengambil tangkapan layar. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fungsi menggoyangkan ponsel untuk mengambil screenshot. Antarmuka pengguna juga minimalis dan mudah dimengerti.

Aplikasi ini juga menyediakan beberapa alat pengeditan yang bagus. Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengambil tangkapan layar halaman web, film, dan game.


https://actoncloud.com