Gampang! Ini Cara Pakai Twitter Spaces di Android


Pada tahun 2021, Twitter akan meluncurkan fitur yang disebut spasi. Dengan fitur ini, pengguna dapat saling berkomunikasi menggunakan audio. Dapat dikatakan bahwa Twitter Spaces mirip dengan aplikasi Clubhouse, yang juga menjadi salah satu aplikasi populer.

Twitter Spaces dapat digunakan oleh pengguna perangkat Android atau iOS. Dalam hal ini, Carisignal akan memberi tahu Anda cara menggunakan Twitter Spaces di Android. Penasaran? Simak pembahasan langsungnya di sini.

Apa itu ruang Twitter?

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya dan masih bingung dengan fitur Twitter yang satu ini. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, ruang ini dirancang untuk memungkinkan pengguna mendiskusikan berbagai topik satu sama lain di ruang virtual yang sama.

Twitter Spaces ini memiliki beberapa pengguna Twitter dengan peran yang berbeda. Adalah sebagai berikut:

1. Tuan Rumah

Seperti sebuah kata, menguasai di dalam Twitter Spaces adalah pemimpinnya. Dialah yang memimpin konferensi dan juga membuat ruang diskusi.

Pemilik Twitter Spaces mengontrol ruang obrolan yang dia buat. Tuan rumah sendiri dapat menambahkan pembicara, pendengar atau co-host yang akan membantu.

Tuan rumah juga dapat membisukan atau membunyikan suara pengguna atau pembicara Twitter yang bergabung dengan Space mereka.

2. Tuan rumah bersama

Tuan rumah bersama harus menemani tuan rumah di luar angkasa. Di Twitter Spaces, host dapat memilih dua pengguna Twitter sebagai co-host.

Tuan rumah dapat mengembalikan status rekan tuan rumah yang telah dipilihnya sebagai pendengar. Jika tuan rumah sebelumnya meninggalkan Ruang, tuan rumah pertama akan mengambil alih kendali ruang obrolan.

3. Berbicara dan mendengarkan

Seperti namanya, pembicara dan pendengar adalah mereka yang bergabung dengan Space dan diberi izin untuk mendengarkan atau mengutarakan pikirannya selama diskusi.

Baca juga  15 Game Perang Pesawat Tempur Terbaik di HP Android

Hingga 13 pengguna Twitter dapat bergabung dalam ruang tersebut, tiga di antaranya dapat menjadi host, dua dapat menjadi co-host, dan sisanya dapat menjadi pembicara dan pendengar.

Cara Membuat Ruang di Twitter

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi tuan rumah dan menciptakan space, cara ini sebenarnya tidak sulit. Silakan ikuti petunjuk di bawah ini segera.

  • Buka aplikasi Twitter di ponsel Android Anda.
  • Tekan + tombol seperti ketika Anda akan membuat tweet baru dan pilih spasi
  • Beri nama dari ruang Anda
  • Pilih topik untuk didiskusikan di Luar Angkasa, seperti teknologi, makanan, olahraga, film, dan sebagainya. Anda juga dapat menambahkan subtopik jika diperlukan.
  • Jika Anda ingin merekam Space, ikon geser di sebelah tulisan “Rekam Ruang” Benar. Jika tidak, Anda dapat meninggalkan ikon di sebelah kiri
  • Kemudian klik Mulai Ruang Anda untuk memulai. Jika Anda ingin menjadwalkan ruang untuk waktu tertentu, Anda dapat mengklik ikon kalender di sebelahnya dan atur waktu sesuai kebutuhan
  • Ruang Anda aktif dan berjalan. Anda dapat menambahkan co-host, pendengar, dan pembicara dengan menekan idua orang kon. Anda juga dapat mengundang pengguna lain untuk bergabung tekan tombol undangan yang ada di sebelah tombol untuk membuat tweet baru

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat Twitter Spaces. Untuk menghidupkan ruang, Anda juga dapat membagikan tautan ke ruang yang dibuat di tweet baru.

Dan jika Anda ingin mengakhiri spasi, Anda cukup menekan tombol akhiri apa yang tertulis dengan warna merah. Opsi ini terletak di sudut kanan atas layar.

Cara Mengelola Pendengar dan Pemirsa Twitter Spaces

cara menggunakan space di twitter 1_

Sebagai tuan rumah, Anda tentu memiliki kendali atas siapa yang dapat mendengarkan atau menonton ruang Anda, selain anggota yang bergabung. Memang, Spaces bisa dilihat dan diakses oleh publik karena Twitter sendiri adalah ruang publik.

Baca juga  Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP

Namun, sekali lagi, Anda adalah bosnya. Dengan demikian, Anda dapat mengontrol siapa yang memiliki akses ke Ruang yang dibuat untuk menjaga privasi. Berikut caranya:

  • Silahkan klik ikon mengatakan “lebih” (dengan simbol tiga titik) di bilah navigasi kiri
  • Buka menu Pengaturan dan privasi
  • Di menu pengaturanMencari Privasi & Keamanan
  • Masuk menu Aktivitas Anda di Twitter dan tekan spasi
  • Anda hanya perlu memilih opsi mengaktifkan atau menonaktifkan memungkinkan pengikut Anda untuk mendengarkan dan melihat ruang yang Anda buat

Cara bergabung dengan ruang Twitter

Nah, cara ini bisa kamu praktikkan jika ingin bergabung dengan space sebagai pendengar. Tentu saja, Anda dapat memilih Space yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda untuk membahas topik tertentu saat ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk bergabung dengan Space di Twitter.

  • Buka aplikasi Twitter
  • Di halaman utama, klik ikon mikrofon di tengah layar untuk melihat ruang yang dibuat oleh pengguna/host lain
  • Pilih ruang yang ingin Anda ikuti. Halaman ini akan menampilkan ruang yang sedang tren, direncanakan atau saat ini.
  • Klik pada ruang yang diinginkan, lalu klik tombol “Mulai Mendengarkan”.
  • Untuk keluar dari Space, tekan tombol berlabel ‘Meninggalkan’ di sudut kanan atas layar

Jika Anda tidak menemukan ruang yang tepat di halaman khusus Ruang Twitter, Anda dapat bergabung dari tautan yang dibagikan oleh host/pengguna lain. Atau Anda dapat meminta mereka untuk mengundang Anda langsung ke luar angkasa.

Nah, ini dia tata cara penggunaan Twitter Spaces di Android. Dimulai dengan membuat Space, mengatur siapa yang bisa mendengar atau bergabung dengan Space, dan juga bergabung dengan Space yang diinginkan.

Seperti yang kami katakan sebelumnya, Ruang Twitter ini bersifat publik. Anda atau tuan rumah dapat melihat siapa yang telah bergabung. Kecuali jika penyelenggara menentukan siapa yang dapat berpartisipasi dalam Space, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Baca juga  10 Rekomendasi Laptop 9 Jutaan Terbaik di Tahun 2022

Untuk saat ini, inilah diskusi kami. Jika Anda memiliki tips lain untuk menggunakan Twitter Spaces di Android, silakan bagikan di bagian komentar.




https://actoncloud.com