Jangan Ketinggalan, Ini Cara Mudah Menambah RAM di HP Tecno


Techno adalah salah satunya sub-merek yang masih tergolong baru di pasar Indonesia, memulai debutnya pada tahun 2020. Bisa dibilang Tecno ini merupakan saudara kandung dari Infinix dan Itel yang berada di bawah payung perusahaan asal China, yakni Transsion Holdings.

Meski terbilang masih baru, sepertinya Tecno sudah memahami bahwa RAM merupakan salah satu sektor terpenting yang harus dimiliki sebuah ponsel, khususnya di pasar Indonesia. Kebutuhan para penggiat HP di Indonesia terutama terfokus pada RAM, sehingga semakin banyak RAM yang dimiliki sebuah ponsel, maka semakin mahal pula harga sebuah ponsel.

Maka Tecno tidak mau kalah dengan menambahkan fitur tambahan memori bernama Memory Fusion, namun hanya untuk beberapa produk saja. Tambahkan fungsi memori banyak digunakan merek lain sebagai pesaing, seperti Xiaomi, Samsung, OPPO, realme dan sebagainya.

Bahkan, saudaranya Infinix juga memiliki fitur ekspansi memori dengan nama yang sedikit berbeda, yaitu FusionMem atau MemFusion. Fitur ini sepertinya sudah biasa untuk HP ke depannya.

Sebelum membahas cara menambah jumlah RAM di HP Tecno, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu RAM. Oleh karena itu, di bawah ini adalah deskripsi singkat tentang RAM dan fitur-fiturnya untuk HP.

Tentang RAM dan Fungsinya

RAM (RAM) merupakan salah satu komponen yang terdapat pada prosesor utama HP. RAM sendiri memiliki fungsi penyimpanan instruksi sementara dan bertanggung jawab untuk memproses berbagai tugas seperti menjalankan aplikasi dan menyimpan berbagai data.

Pada prinsipnya RAM memiliki prinsip pengoperasian yang tidak jauh berbeda dengan memori internal (penyimpanan), namun RAM memiliki kemampuan membaca dan menulis lebih cepat dari memori internal.

Selain itu, RAM juga memiliki kemampuanmultitasking atau menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Ini adalah kemampuan yang sangat menarik, tetapi itu semua tergantung pada jumlah RAM. Dengan kata lain, semakin banyak RAM, semakin halus kinerja yang dihasilkan.

Baca juga  Gampang! Ini Cara Pakai Twitter Spaces di Android

Sebaliknya jika jumlah RAM HP melebihi kapasitasnya, Anda sering mengalami penurunan performa HP. Penurunan kinerja biasanya memanifestasikan dirinya dalam bentuk: jaminan simpananlag atau bahkan aplikasi yang tiba-tiba berhenti.

Nah, jika Anda pengguna HP Tecno dan memiliki RAM yang hampir penuh, jangan khawatir, Anda tetap bisa menghindari masalah yang mungkin timbul. Karena HP Tecno kini menyediakan fitur tambahan memori bernama Memory Fusion.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan informasi tentang cara menambah besaran RAM untuk HP Tecno. Silahkan baca artikel ini sampai habis, ya!

Bagaimana cara menambahkan RAM ke HP Tekno

Pada artikel ini, kami telah menyiapkan dua cara untuk menambah jumlah RAM pada HP infinix Anda. Berikut adalah cara-caranya.

1. Menggunakan fungsi penggabungan memori

Bagaimana cara menambahkan RAM Techno

Mengikuti merek Di sisi lain, Tecno kini juga memiliki fitur penguat RAM yang disebut Memory Fusion. Memory Fusion bekerja dengan cara yang sama seperti teknologi penambahan RAM pada ponsel lain, yaitu dengan mengalokasikan ruang internal untuk RAM.

Setelah mengalokasikan beberapa ruang di RAM, fungsinya multitasking RAM yang dimiliki juga akan bertambah dan tetap stabil pada waktu yang mantap. Lihat langkah-langkah berikut untuk lebih jelasnya.

Bagaimana cara menambahkan RAM Techno
  • membuka “Pengaturan” melalui aplikasi secara langsung atau melalui bilah notifikasi di bagian atas.
  • Gulir ke bawah dan pilih menu “Fitur spesial”.
Bagaimana cara menambahkan RAM Techno
  • Kemudian pilih menunya “Meme Fusion” yang ada di kanan atas.
Bagaimana cara menambahkan RAM Techno
  • Untuk mengaktifkannya, klik mengalihkan di sebelah kanan “Meme Fusion” sebaik “FusionMeme AI” sampai berubah menjadi biru.
  • Selain itu, Anda juga dapat memilih ukuran kapasitas yang akan ditambahkan ke RAM dengan mengklik menu “Instal RAM Virtual”.
Bagaimana cara menambahkan RAM Techno
  • Di sini Anda dapat memilih ukuran yang disarankan dari 2 GB, 3 GB hingga 5 GB.
  • Jika sudah selesai silahkan berlari lagi HP Tecno Anda akan memperbarui perubahan Anda dan RAM HP Tecno favorit Anda akan meningkat secara otomatis.
Baca juga  Pengertian, Manfaat, dan Cara Daftar

Namun, ada catatan tentang penggunaan fitur penggabungan memori ini. Karena tidak semua perangkat sudah mendukung fitur ini. Versi perangkat lunak mungkin memerlukan pembaruan OTA untuk mendukung Memory Fusion.

Perangkat yang sudah mendukung Memory Fusion adalah beberapa produk dari seri Tecno Camon, seri Tecno Pova Neo, dan seri Tecno Spark 8.

2. Penggunaan aplikasi pihak ketiga

RAM Booster-sisi_

Jika Anda memiliki ponsel yang tidak mendukung Memory Fusion, jangan khawatir. Ada cara lain untuk mengatasi penurunan kinerja RAM karena kapasitasnya yang sudah sempit.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengambil bantuan aplikasi pihak ketiga. Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga karena banyak juga aplikasi di Google Play Store yang memiliki fitur untuk mengoptimalkan kinerja RAM ponsel Anda.

Ini bekerja sedikit berbeda dari Memory Fusion, yang menambahkan lebih banyak RAM dengan meningkatkan jumlah memori. Jika Anda menggunakan aplikasi, RAM sebenarnya akan dioptimalkan dengan mengutak-atik penggunaannya sehingga RAM lebih ringan dan memiliki lebih banyak ruang.

Nah, salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk mengoptimalkan kinerja RAM HP kamu adalah RAM Booster 6GB. Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi ini di Google Play store dan mengunduhnya secara gratis.

Demi kejelasan, kami telah menyiapkan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan aplikasi ini. Lihat langkah-langkah di bawah ini.


https://actoncloud.com