3 Cara Mudah Merekam Layar atau Screen Recorder di Windows 10 


Jika Anda seorang kreator yang sering membagikan video tutorial di sistem operasi Windows, maka Anda pasti membutuhkan fitur perekaman layar. Fungsi ini tentunya akan berguna bagi Anda yang berbagi pengalaman dalam memecahkan suatu masalah di komputer. Dengan merekam layar, langkah pemecahan masalah menjadi lebih jelas dan dapat dipahami.

Tidak hanya bagi para kreator, bagi Anda yang sering mengajar atau mengajar di sistem operasi Windows, tentunya Anda juga membutuhkan aplikasi perekam layar. Aplikasi ini jelas akan bermanfaat karena bentuk video lebih sederhana dari sekedar presentasi atau sekedar rekaman. Apalagi jika buku teks dilengkapi dengan audio.

Jadi, bagaimana cara merekam layar di Windows? Pertanyaan tersebut akan terjawab pada artikel yang saya sajikan kali ini. Tentunya berdasarkan pengalaman saya dengan fitur atau aplikasi yang ada, cara ini berlaku untuk laptop atau desktop yang menjalankan sistem operasi Windows 10.

Mengapa Windows 10? Hingga September 2022, jumlah pengguna Windows 10 adalah 71,88 persen, menurut Statsunter. Sedangkan Windows versi terbaru, Windows 11 menyumbang 13,61 persen. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak pengguna yang menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi utamanya.

Untuk itu langsung saja kita melalui 3 cara merekam layar dan perekam layar yang saya coba di bawah ini.

1. Menggunakan fungsi bilah permainan

Cara pertama tidak sulit. Anda tidak perlu menginstal apa pun. Cukup gunakan fitur bawaan Windows. Fitur ini tersedia di Windows 10 dan Windows 11.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan Windows + G di laptop atau keyboard desktop Anda. Nantinya akan ada fitur yang berguna untuk merekam atau menangkap layar.
  • Anda juga dapat mencari di kotak pencarian Windows dengan memasukkan kata kunci “Game Bar”. Nanti akan ada aplikasi bernama Xbox Game Bar seperti gambar di bawah ini.
  • Untuk merekam, pilih ikon rekam dan rekam. Untuk memasukkan suara Anda, klik ikon mikrofon untuk menyalakannya dan merekam suara Anda.
  • Untuk mematikan mikrofon, cukup pilih ikon mikrofon lagi. Atau Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Windows + Alt + M.
  • Berdasarkan pengalaman saya dengan fitur ini, saya merasa cukup berguna dan praktis. Hanya saja fiturnya tidak terlalu banyak.
Baca juga  Nggak Pake Ribet! Ini 3 Cara Screenshot di Redmi A1

2. Menggunakan aplikasi dari EaseUS

EaseUS RecExperts

Cara kedua untuk merekam layar Windows 10 Anda adalah dengan menggunakan aplikasi dari EaseUS. Aplikasi ini disebut EaseUS RecExperts.

Aplikasi ini cukup bagus dalam merekam layar. Selain itu, karakteristiknya juga beragam. Anda tidak hanya dapat merekam video dan suara layar, aplikasi ini juga dapat merekam game yang Anda mainkan. Fitur perekaman rapat juga tersedia di aplikasi ini.

EaseUS RecExperts diklaim sebagai aplikasi perekaman video yang secara sederhana sebaik cerdik. Sederhananya, aplikasi ini adalah aplikasi yang mudah digunakan yang memiliki fitur dan fungsi cerdas.

EaseUS RecExperts (

Untuk merekam layar Anda dengan aplikasi ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Unduh EaseUS RecExperts dari situs web resmi. Anda dapat memilih versi berbayar atau gratis terlebih dahulu untuk mencobanya (uji coba gratis).
  • Bagi mereka yang menggunakan Mac, Anda dapat memilih opsi Mac di situs web resmi.
EaseUS RecExperts
  • Setelah itu, instal aplikasi di sistem operasi Windows Anda.
  • Jalankan EaseUS RecExperts jika Anda menggunakan versi berbayar, ada kode lisensi yang perlu dimasukkan nanti untuk menggunakan versi Pro.
  • Aplikasinya akan terlihat seperti di bawah ini.
EaseUS RecExperts
  • Yang harus Anda lakukan adalah memilih tombol “Rekam” besar untuk merekam layar Anda.
  • Jika Anda ingin menggunakan layar penuh, pilih opsi “Layar Penuh”, jika Anda ingin menggunakan sebagian layar, pilih opsi “Wilayah”.
  • Jika Anda ingin menambahkan suara Anda, pilih opsi mikrofon agar suara Anda juga direkam. Jika Anda ingin menunjukkan wajah Anda, pilih saja Webcam. Anda dapat memilih opsi System Sound jika Anda ingin suara dari Windows 10, seperti video Youtube, didengar.
EaseUS RecExperts
  • Jika Anda telah memilih opsi “REC”, Anda akan diminta untuk merekam, menghitung angka: 3, 2 dan 1.
  • Selama perekaman, ada beberapa tombol pilihan yang dapat Anda pilih. Misalnya tombol pause, tombol stop, dan lain-lain.
Baca juga  Ikuti 3 Cara Screenshot di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Ini
EaseUS RecExperts
  • Menariknya, aplikasi ini mendukung tombol keyboard untuk label. Misalnya, untuk berhenti merekam atau berhenti, cukup tekan F9, dan untuk menjeda atau menjeda, tekan F10 pada keyboard Anda.
  • Jika sudah merekam layar, hasilnya akan langsung terlihat di layar, rekaman sebelumnya sudah ada alias otomatis tersimpan.
EaseUS RecExperts
  • Untuk merekam, Anda dapat memilih untuk mengekstrak audio saja. Siapa tahu, Anda hanya perlu rekaman audio.
  • Anda dapat mengedit rekaman layar di aplikasi ini secara langsung menggunakan fitur trim (ikon gunting). Hal ini secara tidak langsung memungkinkan aplikasi ini tidak hanya merekam tetapi juga langsung mengeditnya.
  • Namun, jika Anda ingin melanjutkan pengeditan atau Canggih, Anda dapat menggunakan aplikasi Ease Video Editor. Aplikasi edit video menarik dari EaseUS.
  • Jika sudah membuat catatan, tinggal klik tombol X di pojok kanan atas untuk menutup aplikasi, sama seperti aplikasi Windows pada umumnya.

Langkah-langkah untuk perekaman layar dikategorikan sebagai. Menurut pendapat pribadi saya, ini didasarkan pada kenyataan bahwa aplikasi ini dirancang dengan tombol ikon yang jelas dan besar serta fitur yang memudahkan untuk melakukan berbagai tugas.

Selain itu, EaseUS RecExperts juga memiliki kemampuan untuk merekam progres game. Yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol “joystick” di sebelah kiri. Nantinya, ada opsi untuk menjalankan fitur ini sebagai administrator pengguna Windows.

EaseUS RecExperts mungkin menjadi pilihan yang paling menarik karena memiliki banyak fitur untuk mendukung perekaman layar. Terlebih lagi, aplikasi ini dikembangkan oleh EaseUS, yang dikenal selalu menawarkan aplikasi untuk membantu pengguna. Contoh aplikasi yang membantu cadangan data, pindah data manajer partisi penyimpanan, dan banyak lagi.

EaseUS didirikan pada tahun 2004. Dengan demikian, perusahaan ini memiliki banyak pengalaman dalam menyediakan aplikasi pendukung untuk sistem operasi Windows atau Mac. Saya juga telah menggunakan beberapa alat dari EaseUS. Misalnya, aplikasi Data Recovery Wizard Free.

Baca juga  10 HP Xiaomi dengan Baterai Paling Tahan Lama (Juli 2022)

3. Menggunakan ekstensi

Perekam Layar Apex dan Penyihir Tangkapan Layar

Cara ketiga untuk merekam layar adalah dengan menggunakan aplikasi ekstensi browser. Ekstensi ini disebut Apex Screen Recorder & Screenshot Master. Anda dapat menemukannya di toko ekstensi Google Chrome atau add-on Microsoft Edge.

Browser berbasis Chromium lainnya biasanya dapat menginstal aplikasi ini. Misal seperti Opera.

Setelah menginstal ekstensi, Anda cukup membuka ekstensi, lalu aktifkan bagian mikrofon dan kamera dengan memilih “Otorisasi”. Nanti ada perintah dari browser untuk mengizinkan akses ke bagian microphone dan camera. Bagian mikrofon tentu saja digunakan untuk merekam video. Saat kamera membidik, jika Anda perlu merekam layar saat merekam wajah Anda.

Saya juga telah mencoba ekstensi ini dan cukup bermanfaat.

Sebenarnya masih banyak lagi pilihan aplikasi perekam layar di Windows 10 atau Windows 11. Namun yang jelas 3 aplikasi yang saya uraikan ini merupakan aplikasi yang cukup menarik, praktis, dan tentunya mudah digunakan.


https://actoncloud.com