8 Cara Mudah Menghubungkan Layar HP ke Laptop Tanpa Root


Sedikit orang yang tahu bahwa gambar layar ponsel Android juga bisa ditampilkan di layar besar, seperti TV LED. Cara ini biasanya digunakan sebagai pantulan cermin dan fitur yang mendukung metode ini biasa disebut dengan Miracast.

Miracast ini hanya berfungsi dengan perangkat menampilkan, yaitu monitor dan televisi. Fitur ini tidak berfungsi dengan PC atau laptop. Nah pada kesempatan kali ini Caris Signal akan membahas fungsinya yang sedikit mirip dengan miracast, namun tetap bisa dikoneksikan ke laptop atau pc, istilah sederhananya adalah untuk menampilkan atau menghubungkan layar handphone android ke pc (desktop dan laptop). . ).

Aplikasi pihak ketiga biasanya digunakan untuk menampilkan atau menyambungkan layar HP Android ke PC. Jadi, itu bukan fitur khusus yang ada di ponsel Android. Lantas bagaimana cara menyambungkan layar HP Android ke laptop atau PC? Jawabannya akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Menggunakan cermin layar

Pencerminan dan berbagi layar adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menampilkan layar ponsel Android Anda di PC atau laptop. Aplikasi ini tidak sulit untuk digunakan, sehingga siapapun dapat membuatnya dengan mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah ini:

  • Download Aplikasi Pencerminan dan Berbagi Layar di Google Play Store.
  • Nyalakan lampiran di ponsel Android Anda.
  • Terhubung ke laptop atau PC menggunakan Smartphone modem WiFi Anda.
  • Pastikan tidak ada perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama.
  • Akses situs Screen Mirror di laptop atau PC Anda menggunakan Chrome atau browser Lainnya.
cermin layar
  • Situs web Screen Mirror akan menampilkan kode QR seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.
  • scan Kode QR dapat diperoleh menggunakan aplikasi Screen Mirror di ponsel Android.
  • Selamat, layar HP Anda sudah terhubung dengan PC atau laptop Anda.

Menggunakan Screen Mirror Anda dapat melakukan banyak hal seperti tangkapan layar langsung dari situs atau make Rotasi otomatis. Sayangnya, aplikasi ini tidak memungkinkan Anda mentransfer file dari Android ke PC/Laptop.

Baca juga  Tanpa Ribet, Ini 2 Cara Restart HP Xiaomi Semua Tipe

2. Menggunakan Vaysor

Kedok

Vysor adalah aplikasi bagus untuk menghubungkan layar smartphone Android Anda ke komputer. Aplikasi ini juga cukup mudah digunakan. Untuk menggunakan Vysor Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah memperbaiki Proses debug USB di ponsel Android Anda.
  • Untuk mengaktifkan USB debugging, Anda harus login mode pengembang.
  • Setiap smartphone memiliki caranya masing-masing untuk mengaktifkan fungsi ini, namun biasanya ada di bagian tersebut pengaturan untuk “membangun nomor”. Di sini Anda perlu menekan 7 kali hingga mendapatkan notifikasi bahwa ponsel Anda telah memasuki “mode pengembang”.
Debug USB
  • Jika Anda berada dalam “mode pengembang”, aktifkan USB debugging.
  • Unduh aplikasi Vysor di ponsel Android Anda.
  • Sekarang kamu buka browser Chrome di laptop atau PC Anda.
  • Instal ekstensi Vysor di Chrome Anda dan luncurkan aplikasi Vysor.
Kedok
  • Setelah itu buka aplikasi Vysor di Android dan PC, nanti kamu akan diminta untuk menghubungkan HP Android kamu ke laptop atau PC dengan kabel USB.
  • Setelah terhubung, Vysor di PC akan mendeteksi layar Android seperti gambar di bawah ini.
Kedok

Jika terhubung, Anda sekarang dapat menavigasi Android di PC Anda. Anda dapat menginstal aplikasi atau mencopot pemasangan aplikasi dan melakukan banyak hal seperti di Android biasa. Jika ingin fitur yang lebih lengkap, Vysor menyediakan versi berbayar.

3. Menggunakan AirDroid

AirDroid

AirDroid bukan hanya aplikasi untuk menampilkan layar ponsel Android di PC. Aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai aplikasi pengelola file yang dapat diakses menggunakan PC, meskipun dengan fitur yang terbatas.

Menggunakan AirDroid adalah cara termudah untuk menampilkan layar Android di PC. Anda hanya perlu menginstal aplikasi AirDroid di ponsel Android Anda dan mendaftarkan akun AirDroid. Kemudian Anda mengakses situs web AirDroid di browser PC, Anda juga dapat mengunduh AirDroid untuk desktop.

Baca juga  10 Laptop HP (Hewlett-Packard) Paling Murah (Juni 2022)

Untuk menghubungkan Android ke PC ini, Anda harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama melalui Mode koneksi lokal. Kemudian masuk ke akun AirDroid Anda di situs web AirDroid atau aplikasi AirDroid. Anda juga harus masuk menggunakan akun yang sama di ponsel Android Anda.

Dengan AirDroid, Anda dapat melihat tampilan dan nuansa ponsel Android Anda dengan “tangkapan layar“, seperti pada gambar di atas. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa menampilkan tampilan tanpa kendali penuh, seperti navigasi di Android atau transfer data dari Android ke PC.

Fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah kemudahan dalam mengakses data yang ada di Android, seperti mengakses video, foto, dan lainnya. Namun, fitur-fitur tersebut tidak semenarik jika Anda membeli AirDroid versi Pro atau disebut juga versi berbayar. Jika Anda memilih AirDroid versi berbayar, Anda akan mendapatkan berbagai fitur keren seperti transfer data, kuota data terhapus tanpa batas dan tentunya tanpa iklan.

4. Menggunakan DroidScreen

Layar Droid

Cara lain untuk menampilkan layar HP Android di laptop atau PC adalah dengan menggunakan DroidScreen. Hanya saja cara ini kurang cocok untuk Anda yang tidak ingin ribet. Mengapa? Karena untuk menggunakan DroidScreen, Anda perlu menginstal banyak aplikasi dan melakukan USB debugging.

Salah satu yang tersulit adalah mengunduh Android SDK, yang tentunya tidak semua orang tahu cara menggunakannya. Tapi, jika Anda tidak mengalami masalah dengan hal tersebut, Anda bisa langsung mencoba layanan ini dengan mengikuti petunjuk yang ada di situs tersebut, yaitu situs DroidScreen.

5. Menggunakan AirServer Connect

server udara

Anda dapat menampilkan layar HP di PC desktop atau laptop menggunakan AirServer Connect. Aplikasi ini cukup bagus untuk dilakukan pantulan cermin atau menampilkan tampilan ponsel di laptop atau PC desktop.

Baca juga  Perbedaan OLED, AMOLED, Super AMOLED, Dynamic AMOLED, LTPO AMOLED

Namun, AirServer Connect tidak gratis. AirServer Connect memberlakukan dan membebankan biaya bukan untuk langganan, tetapi untuk pembelian satu kali. Harganya juga cukup menarik. Anda bisa melihat harganya di link ini.

Menariknya, Anda bisa mencoba aplikasi ini secara gratis selama 30 hari sebelum membeli. Hanya jika aplikasi ini menarik, Anda dapat memutuskan untuk membelinya.

Untuk menggunakan AirServer Connect, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Unduh AirServer Connect ke komputer Anda dari Microsoft Store atau dari tautan berikut.
  • Anda juga perlu menginstal di ponsel android Anda. Faktanya, aplikasi ini tersedia di App Store, artinya juga didukung di perangkat iOS.

Tautan Unduh AirServer Connect Android

Tautan Unduh AirServer Connect iOS

  • Jika sudah terinstall, kalian buka aplikasi AirServer Connect di PC kalian.
  • Ada kode QR di pojok kanan bawah yang perlu dipindai menggunakan aplikasi AirServer Connect di ponsel Anda.
airserver memindai kode qr
  • Buka AirServer Connect di ponsel Anda dan pilih untuk memindai kode QR. Setelah itu Anda selesai pantulan cermin.
tampilan server udara

Bagaimana? Mudah, bukan? AirServer memang salah satu aplikasi tersebut. pantulan cermin apa yang bisa Anda dapatkan. Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis.

6. Menggunakan ApowerMirror

apowermirror_

ApowerMirror adalah sebuah aplikasi menggandakan layar yang bekerja untuk platform iOS dan AN=droid. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menghubungkan perangkat iPhone, iPad, atau Android Anda ke laptop/PC melalui USB atau Wi-Fi tanpa jaminan simpanan.

Aplikasi ini bahkan dapat menghubungkan empat perangkat berbeda sekaligus ke satu PC. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan PC ke ponsel dan TV. Menarik bukan?


https://actoncloud.com