Cara Menambah Kapasitas RAM di Smartphone Android


Semakin hari, ukuran aplikasi Android semakin besar dan memberatkan. Hal ini tentunya sangat merugikan pemilik smartphone dan tablet Android lawas, karena performanya akan menurun. Oleh karena itu, kali ini Caris Signal akan memberi tahu Anda cara menambah jumlah RAM pada smartphone dan tablet Android.

Jika sebelumnya kita sudah membahas cara menambah memori internal, maka kali ini tipsnya hanya menyangkut RAM saja. Tips yang akan dibahas disini bisa diterapkan pada perangkat yang sudah di root maupun yang belum di root. Namun sebelum membahas lebih jauh, mari kita kenali dulu pengertian dari RAM.

Apa itu RAM?

RAM adalah kependekan dari Random Access Memory. Fungsinya untuk menyimpan data sementara. Secara teoritis, semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin banyak aplikasi yang dapat Anda buka secara bersamaan tanpa menyebabkan lag.

Sistem operasi juga dapat mengkonsumsi jumlah RAM. Semakin banyak aplikasi yang diinstal, semakin banyak RAM yang akan digunakan. Jika sudah melebihi batasnya, maka perangkat Android akan mulai melambat, macet dan menjadi tidak stabil.

Menggunakan fungsi RAM Enhancer di semua tipe

Fitur ekspansi RAM kini sudah tersedia di beberapa ponsel di pasaran. Fitur ekspansi RAM atau sering disebut dengan virtual RAM yang dimiliki setiap ponsel memiliki nama yang berbeda-beda. Misalnya, fitur ekspansi RAM Samsung disebut RAM Plus, Xiaomi dan POCO dengan Ekspansi memoriOPPO dengan ekspansi RAM dan sebagainya.

Meski memiliki nama yang berbeda, namun fungsinya tetap sama yaitu penambah RAM secara virtual. Kenapa disebut maya? Karena jumlah RAM yang ditambahkan tidak ada secara fisik, seperti RAM pada HP. Cara kerjanya seperti ini: “meminjam” atau “menerima” beberapa kapasitas penyimpanan, atau penyimpanan dan digunakan sebagai RAM.

Baca juga  Jangan Ketinggalan, Ini Cara Mudah Menambah RAM di HP Tecno

kekuasaan umum penyimpanan “meminjam” juga bervariasi tergantung pada opsi yang tersedia. Yang jelas jumlah RAM pada ponsel lebih banyak dari kapasitas aslinya. Cukup banyak juga keuntungan yang diberikan, salah satunya adalah peningkatan performa dari ponsel itu sendiri. Lantas, bagaimana cara menambah RAM pada setiap ponsel yang ada? Untuk mengetahuinya, silahkan simak ulasan berikut ini.

1.Samsung

Fitur ekspansi RAM atau RAM virtual Samsung disebut RAM Plus. Fitur ini hadir di ponsel Samsung yang sudah menjalankan Android 12 dengan OneUI 4.1 ke atas. Jika Anda menggunakan ponsel dengan antarmuka pengguna versi lama, fitur ini tidak akan muncul dan tidak dapat digunakan.

Cara mengaktifkan RAM Plus di Samsung juga tidak ribet. Karena ini adalah fitur bawaan, Anda dapat menemukannya di pengaturan sistem yang disediakan.

Untuk langkah-langkahnya, Anda bisa mulai dengan masuk ke Pengaturan > Perawatan baterai dan perangkat > RAM Plus. Di dalamnya, Anda bisa memilih besaran kapasitas yang tersedia, mulai dari 2 GB, 4 GB, 6 GB, dan 8 GB. Semakin banyak kapasitas, semakin banyak kapasitas penyimpanan digunakan. Namun, performa yang dihasilkan juga lebih halus karena memiliki kapasitas yang lebih lega.

2. Xiaomi dan POCO

tambahkan ram xiaomi

Fitur peningkatan RAM yang dimiliki oleh Xiaomi atau POCO disebut dengan memory expansion. Tak heran jika keduanya memiliki nama yang sama karena POCO masih menggunakan antarmuka yang sama dengan Xiaomi, yakni MIUI. Meski sudah mengalami berbagai modifikasi dengan POCO Launcher, masih banyak kesamaan di antara keduanya.

Sedangkan penggunaan fungsi ini diperlukan ketika ponsel Xiaomi atau POCO Anda sudah menggunakan MIUI 12.5 ke atas. Selain itu, menggunakan sistem operasi Android 11. Dengan kata lain, jika Anda masih menggunakan versi sebelumnya, fitur ini tidak dapat digunakan atau tidak didukung.

Baca juga  Kenali 7 Perbedaan vivo iQOO 10 dan iQOO 11 Berikut Ini

Jadi bagaimana Anda mengaktifkannya? Caranya cukup sederhana, seperti pada ponsel lain, Anda bisa menemukan fitur ini di pengaturan. Jadi langkah yang harus Anda lakukan adalah masuk Pengaturan > Pengaturan tambahan > Ekspansi memori. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu mengklik sakelar itu ada di menu ekspansi memori.

3.OPPO

OPPO dan RAM

Fitur ekspansi RAM yang dimiliki OPPO disebut dengan RAM Expansion. Seperti ponsel lainnya, OPPO juga memiliki persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa menggunakan fitur ekspansi RAM ini. Salah satunya adalah harus menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka ColorOS 11.1 ke atas.

Sebagai fungsi default, tentunya Anda bisa dengan mudah menggunakan fungsi ini. Selain simpel, keamanan yang ditawarkannya juga cukup terjamin.

Jika ponsel yang Anda gunakan memenuhi syarat tersebut, Anda bisa langsung mengaktifkannya. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Pengaturan. Setelah itu pilih Tentang telepon > RAM. Di menu ini, Anda akan diminta beberapa jumlah RAM virtual yang akan digunakan mulai dari 2 GB, 3 GB, dan 5 GB.

RAM OPPO f

Setelah sukses seleksi dan selesaimulai lagi, Anda dapat memeriksa RAM virtual Anda di pengaturan. Caranya adalah dengan masuk Pengaturan lalu pilih Tentang telepon. Jika virtual RAM berhasil dipasang, bagian RAM akan menampilkan informasi tambahan mengenai besaran RAM.


https://actoncloud.com