Inilah Cara Memilih HP yang Tepat dengan Budget yang Pas


Tentunya banyaknya ponsel yang beredar saat ini menjadi kabar gembira, karena Anda dan setiap orang memiliki banyak pilihan untuk dipilih. Namun, kabar buruknya terkadang terlalu banyak pilihan bisa membuat Anda atau calon konsumen lain bingung saat memilih ponsel. Apalagi saat ini handphone yang beredar memiliki karakteristik yang berbeda.

Namun, jangan bingung. Ada cara mudah agar kamu bisa memilih HP yang tepat dan sesuai kebutuhan. Caranya adalah dengan membaca panduan memilih HP yang tepat di bawah ini.

Pilihan HP pada peluang finansial

Cara pertama memilih ponsel adalah memilihnya berdasarkan dana yang tersedia untuk Anda. Anda mungkin memerlukan ponsel yang kuat, tetapi Anda akan menemukan bahwa Anda tidak memiliki cukup dana.

Oleh karena itu, ada baiknya menyiapkan dana jauh-jauh hari sebelum membeli ponsel. Cukup masukkan HP target. Kamu bisa melihat kategori HP tergantung dana di bawah ini.

1 kelas rendah (dari 1 hingga 2 juta)

Kelas anggaran identik dengan HP terjangkau. Biasanya kisaran harga untuk kelas ini adalah Rp 1 juta atau bahkan kurang dari Rp 2 juta. Kelas ini juga sering disebut sebagai kelas telepon anggaran.

Banyak vendor ponsel yang bermain di kelas harga terjangkau ini. Namun tidak semuanya menawarkan fitur yang menarik. Pasalnya, di titik harga terjangkau ini, spek yang ditawarkan cenderung pas-pasan.

Pabrikan ternama seperti Xiaomi, Samsung, vivo, OPPO, realme dan Infinix memperkenalkan beberapa tipe ponsel di kelas harga ini dengan chipset Menariknya.

Sebagai contoh chipset Seri Helio G, Unisoc Tiger seriatau seri Snapdragon 600. Pada titik harga ini, beberapa ponsel sudah menawarkan RAM 4GB. Contohnya adalah Infinix Hot 12, realme C35, Infinix Note 11 NFC dan realme Narzo 50.

Baca juga  15 HP dengan Kamera Terbaik di Dunia (Juli 2022)

Ada juga POCO M3 dan Redmi 9T dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Kedua ponsel ini layak dipilih mengingat apa yang ditawarkan keduanya chipset Snapdragon 662. HP dari pabrikan lain dengan chipset yang sama bisa ditawarkan dengan harga Rp 2 juta hingga 3 juta.

2. Kelas Kisaran menengah (antara 2 sampai 5 juta)

poco m4 pro

Kelas jarak menengah atau kelas menengah adalah kelas dengan persaingan terbanyak. Hampir semua vendor berjuang di kelas harga ini. Pasalnya, pasar terbesar penggunaan ponsel ada di kelas harga ini. Hal ini cukup beralasan mengingat banyak orang yang rata-rata berhemat untuk sebuah ponsel di kisaran Rp 2 hingga 3 jutaan.

Ada juga yang tak masalah membeli ponsel seharga Rp 4 jutaan. Karena persaingan yang ketat, Anda akan menemukan banyak ponsel kelas menengah dengan spesifikasi berbeda.

Ada yang unggul di sektor performa di kelas harganya, ada yang unggul di sektor kamera, ada yang unggul di sektor multimedia, ada juga yang unggul di membangun kualitas-miliknya. Padahal, di kelas harga ini, HP sudah bisa ditemukan dengan chipset cepat atau sudah mendukung jaringan 5G.

Jika Anda memiliki dana di kisaran Rp 2 hingga 3 jutaan, Anda bisa memilih banyak ponsel seperti Redmi Note 11, Samsung Galaxy M23 5G, OPPO A57 4G, POCO M4 Pro atau Realme 9.

Jika Anda menginginkan ponsel dengan kinerja yang baik, Anda dapat memilih dari beberapa ponsel seperti Redmi Note 11 Pro, POCO X3 Pro, Infinix Note 12, OPPO A76 dan Realme 9 Pro.

Jika fokus pada kamera, Anda mungkin ingin melihat seri HP Vivo V atau Samsung Galaxy A23 dengan OIS. Anda juga bisa melihat ponsel berdesain ramping seperti OPPO A95, Vivo V23e dan Xiaomi Mi 11 Lite.

Baca juga  8 HP dengan Snapdragon 870 5G Termurah (September 2022)

Jika ingin HP dengan spek seimbang, kamu bisa tengok HP seharga Rp 4 jutaan. Di kelas harga ini, Anda bisa menemukan ponsel dengan performa bagus, kualitas kamera bagus, bahkan beberapa fitur kelas atas. Di kelas harga ini, Anda bisa menemukan ponsel seperti Vivo T1 Pro 5G, Samsung Galaxy A33 5G atau area GT Master Edition.

3. Kelas Sedang hingga Tinggi (dari 5 hingga 8 juta)

harga rilis galaxy a53 5g__1

Sebenarnya tidak ada istilah untuk kelas harga ini. Kelas harga ini cukup sulit untuk digolongkan sebagai kelas menengah, karena biasanya fitur yang ditawarkan tergolong tinggi, namun belum sempurna untuk disebut ponsel high-end.

Kelas harga ini muncul dari kebutuhan banyak orang yang menginginkan ponsel berperforma tinggi dengan fitur yang bagus namun harganya tidak terlalu mahal. Dengan demikian, HP di kelas harga ini menghadirkan ponsel dengan fitur atau keunggulan tinggi yang tidak dimiliki ponsel jenis lain.

Beberapa ponsel di kelas harga ini yang umum digunakan. chipset kelas atas. Casing HP di kelas harga ini juga biasanya premium (logam). Di kelas Rp4 juta masih banyak yang menggunakan plastik. Pada kisaran harga menengah ke atas ini, casing dan tampilan layar umumnya menarik.

Biasanya, ponsel di kelas harga ini tidak memiliki fitur canggih. Fitur seperti NFC atau pengisian cepat Biasanya sudah ada di HP itu. Menariknya, banyak ponsel di kisaran harga ini ditenagai oleh chipset cepat dari Snapdragon.

Yang tidak ada di sini adalah ketahanan air, standar militer, dan dukungan fitur. pengisi daya nirkabel. Tidak semua ponsel melakukan hal tersebut, namun umumnya ponsel yang beredar resmi di Indonesia tidak memiliki semua fitur tersebut. Kalau yang disebar tidak resmi, biasanya fungsinya lengkap, seperti di ponsel high-end.

Baca juga  Ini 3 Cara Screenshot di Samsung Galaxy A04 dengan Cepat dan Mudah

Di kelas harga Rp5 jutaan, Anda bisa memilih Xiaomi 12 Lite, GT Neo Region 3T, Samsung Galaxy A53 5G, POCO F4, GT Neo Region 3T, Region 9 Pro+, Xiaomi 11T, Vivo V23 5G, dan OPPO Reno7 Z 5G.


https://actoncloud.com