Tutorial Cara Membuat Watermark di Word dengan Mudah


Anda sudah tahu istilahnya Tanda air? Ya, watermark atau yang disebut padding dalam bahasa Indonesia adalah cara untuk menyembunyikan gambar, video atau teks di data digital lainnya.

Misalnya Anda membuat teks di Word, maka ada teks lain di belakang teks Word Anda. Namun teks yang ada di belakangnya tidak akan terlihat jelas, hanya samar-samar. Nah, itu yang namanya watermark.

Beberapa orang menandai pekerjaan mereka dengan air sehingga orang lain tidak menduplikasi pekerjaan mereka. Namun nyatanya, watermark itu sendiri tidak hanya menjalankan fungsinya hak cipta hanya kamu tahu. Ada manfaat dan fitur lain dari tanda air.

Nah kali ini Caris Signal berkesempatan untuk membahas tentang cara watermark, dan kami juga akan sedikit membahas tentang fitur, manfaat, dan tujuan dari watermarking.

Tentu saja, beberapa orang biasanya membuat tanda air di PhotoShop dan aplikasi pengeditan foto lainnya, tetapi Anda juga dapat membuatnya di Word. Padahal, cara watermark sebuah kata relatif sederhana dan praktis. Apakah Anda ingin tahu caranya?

Keuntungan dan tujuan dari watermark

*

Tanda air ada di Ms. Office Word bukan hanya untuk menempelkan teks ke dalam dokumen. Namun, watermark itu sendiri memiliki kelebihan dan tujuan tertentu. Lalu apa manfaat dan tujuan penggunaan watermark? Menurut Wikipedia, watermark memiliki 4 manfaat dan juga tujuan, berikut manfaat dan tujuannya adalah:

1. Perlindungan terhadap akses yang tidak sah

Tujuan tunggal ini menandakan bahwa dokumen asli telah dimodifikasi, sehingga diberikan watermark sebagai tanda bahwa dokumen tersebut telah mengalami perubahan dari aslinya. Dengan cara ini, orang lain yang membaca dokumen tersebut akan mengerti bahwa dokumen tersebut telah diubah.

2. Tempat populer

Baca juga  10 Laptop dengan Layar 13 Inci Paling Murah Tahun 2022

Dengan tanda air, itu juga dapat menunjukkan atau mengidentifikasi konten dokumen. Selain menentukan isi suatu dokumen, Anda juga dapat mengetahui sumber atau asal usul suatu dokumen.

3. Anotasi/tanda tangan

Keuntungannya adalah memberikan informasi tentang dokumen yang telah diberi watermark.

4. Perlindungan hak cipta

Dengan manfaat tunggal ini, banyak orang mungkin sudah tahu di mana watermark berfungsi sebagai label hak cipta untuk sebuah dokumen.

Cara membuat watermark seperti “Rahasia”

Setelah membahas manfaat, fitur, dan tujuan watermarking, saatnya membahas cara watermark. Sekedar informasi, Word memiliki 4 jenis watermark yang bisa Anda pilih.

Tipe pertama Secara rahasia atau rahasia. Di sini Anda dapat memilih teks tanda air yang bersifat pribadi. Misalnya menggunakan teks watermark seperti rahasia atau Jangan ditiru.

Sedangkan tipe kedua adalah tipe Penolakan tanggung jawab dengan teks tanda air sebagai draf dan Sampel. Tipe ketiga memiliki tanda air mendesak. Ya, di sini Anda bisa membuat watermark untuk menandakan bahwa dokumen tersebut sangat penting.

Nah, untuk tipe yang keempat ini kebiasaan. Artinya, Anda dapat membuat teks watermark sesuai keinginan dan sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Sekarang saatnya untuk beralih ke tahap pembelajaran. Disini kami menggunakan ms. Office Word 2016. Untuk membuat tanda air tipe rahasia, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka dokumen Word yang ingin diberi watermark.
2. Setelah Anda menentukan dokumen yang akan diberi watermark, langkah selanjutnya adalah memilih bagian Desain.

Cara membuat watermark seperti

3. Untuk langkah selanjutnya bisa langsung pilih Tanda air yang ada di kanan atas.

Cara membuat watermark seperti

4. Kemudian Word akan menampilkan beberapa jenis watermark yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya. Nah, kamu bisa langsung pilih dan klik Watermark tersebut Secara rahasia.

Cara membuat watermark seperti

5. Nah, Anda sudah siap dan Word akan secara otomatis memasukkan tanda air pilihan Anda.

Baca juga  18 HP Tecno dan itel Terbaru yang Rilis di Indonesia 2022

Cara Membuat Disclaimer Watermark

Bagi anda yang ingin melakukan watermark pada font Penolakan tanggung jawab tidak jauh berbeda dengan membuat tanda air tercetak Secara rahasia. Namun, jenis ini memiliki teks yang berbeda dari secara rahasia.

jenis Penolakan tanggung jawab ada 4 pilihan watermark dengan 2 pilihan watermark teks yaitu draf dan Sampel. Cara membuat watermark di Word sangat sederhana. Mari kita lakukan beberapa langkah berikut:

1. Buka dokumen yang ingin Anda beri tanda air.
2. Kemudian pilih Desain.
3. Lalu tekan Tanda air yang ada di pojok kanan atas.
4. Kemudian pilih jenisnya Penolakan tanggung jawab sesuai dengan kebutuhan Anda. Terapkan tanda air Penolakan tanggung jawab dengan mengklik salah satu dari 4 opsi.

Cara Membuat Watermark Jenis Disclaimer 1

5. Secara otomatis watermark akan dilampirkan pada dokumen Word Anda.

Cara Membuat Disclaimer Watermark 2

Cara membuat watermark seperti “urgent”

Ingin menunjukkan bahwa dokumen Anda adalah dokumen yang sangat penting? Nah, Anda bisa menandainya dengan air. Ms. Office Word memiliki jenis watermark mendesak.

Watermark jenis ini akan menandakan bahwa dokumen Anda sangat penting dan hanya orang tertentu saja yang dapat melihat atau bahkan membaca dokumen tersebut. Untuk cara membuat watermark di Word dengan tipe mendesak, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:


https://actoncloud.com