4 Cara Membuat Barcode Sendiri Lewat HP atau Laptop


Kode batang adalah pola geometris yang biasanya memiliki bentuk vertikal. fungsi barcode adalah memindai dan melacak item atau fitur. Di awal perkenalannya, barcode digunakan untuk melacak kereta api. Namun, seiring waktu barcode menjadi semakin populer karena telah digunakan untuk membuat daftar barang di supermarket.

Tahukah Anda ada 2 jenis barcodeyaitu kode produk universal/UPC sebaik Nomor buku standar internasional (ISBN). ISBN biasanya dilisensikan oleh lembaga resmi untuk memvalidasi produk yang akan dijual di pasar.

Selain untuk kebutuhan manufaktur dan pelacakan ketersediaan retail, barcode juga bisa digunakan untuk keperluan pribadi. Sebagai contoh, barcode dibuat untuk menandai barang yang dijual atau koleksi pribadi sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasinya.

Jika sebelumnya Anda membutuhkan alat khusus untuk membuat kode batang, kini Anda dapat membuat kode batang sendiri di perangkat PC, Android, atau Apple. Apakah ada cara untuk menghasilkan barcode makanan? Apakah mungkin untuk dilakukan barcode di excel? Nah, disini Caris Signal akan menjawab pertanyaan tersebut pada artikel kali ini.

Cara membuat barcode online

Ada beberapa situs yang bisa Anda andalkan untuk dibuat barcode on line. Berikut adalah daftar situs dan langkah-langkah untuk membuatnya.

1. Buat barcode untuk keperluan bisnis

Mengerjakan barcode online dapat digunakan untuk tujuan bisnis, karena Anda harus menggunakan kode identifikasi yang valid. Berikut adalah langkah-langkah membuat barcode resmi yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis Anda:

  1. Buat nomor identifikasi UPC/ISBN untuk produk Anda. Anda dapat membuat UPC/ISBN terlebih dahulu dengan nomor yang sama, tetapi beberapa digit terakhir harus berbeda.
  2. Sedangkan untuk mendapatkan nomor ISBN bisa ikuti tautannya ISBN.org. Di situs ini Anda bisa meminta ISBN tunggal, ISBN blok penerbit, atau ISBN penerbit tambahan. Di sini Anda akan meminta ISBN dari organisasi bernama Browser untuk memverifikasi bisnis Anda. Setelah ISBN dikirimkan, Anda dapat menyediakannya barcode itu ada di belakang item Anda.
  3. Masukkan tautan barcode.tec-it.com untuk membuat barcode Anda. Setelah memasukkan data produk beserta detailnya, barcode bisa didownload langsung dari situsnya. Selain barcode ISBN, situs Tec-it bisa diandalkan untuk membuat jenis. barcode Lain. Diantaranya adalah kode QR, kode baris, Nomor Produk Apotek dan banyak lagi.
Baca juga  10 HP dengan Snapdragon 435 Paling Murah (Agustus 2022)

2. Buat barcode untuk penggunaan pribadi

barcodegenerator.org_

Jika Anda tidak ingin menggunakan barcode untuk keperluan bisnis, Anda juga dapat menggunakannya untuk inventaris pribadi, kamu tahu. Inilah cara melakukannya barcode memakai barang pribadi:

  1. Masuk CreateBarcodes.com untuk membuat barcode on line.
  2. Mengikuti penyihir barcode melakukan barcode digital Anda.
  3. Tetapkan nama dan nomor seri untuk setiap item di situs ini untuk diproduksi barcode pribadi.
  4. Memasukkan barcode dalam item apa pun yang Anda miliki untuk penggunaan pribadi Anda.

Selain CreateBarcodes.com, Anda juga bisa mengandalkan situs kreator barcode daring lainnya. Simak langkah-langkahnya di sini:

  1. Buka situs barcode-generator.org untuk menghasilkan barcode.
  2. Pilih generasi barcode yang ingin Anda lakukan (QR, UPC-A, kode 128 atau kode 39).
  3. masukkan data barcode dalam kolom yang diberikan.
  4. Pilih format KELUARmiliknya (JPG, PNG atau SVG).
  5. Klik tombol Buat Barcode.. Tunggu sementara proses pembuatan barcode Dilakukan.
  6. Klik tombol “Unduh”. menyimpan barcode.

Cara membuat barcode melalui excel

membuat barcode di excel

Selain itu, melalui Situs web di internet, barcode juga dapat dengan mudah dilakukan dengan Excel saja. Kode batang yang dibuat oleh Microsoft Excel juga dapat langsung dicetak dan ditempelkan pada produk Anda. Berikut langkah-langkah pembuatannya barcode menggunakan Excel:

  1. Masukkan tautan IDautomation.com dan pilih menu “Produk”. Kemudian pada menu “Integrasi”klik opsi “Microsoft Excel”.
  2. Menu pencarian “Font Kode Batang dan Makro VBA”lalu klik tombol merah yang bertuliskan “Integrasi”.
  3. unduh file dengan satu sentuhan tombol “Unduhan” diwarnai merah.
  4. Menyimpan file sarat ke komputer Anda dan buka file bernama “Fungsi kode batang.zip” untuk mengekstrak di komputer Anda.
  5. Buka Microsoft Excelkemudian pilih menu “Peralatan” di bilah alat atas, lalu cari menu “Makro” dan pilih “Editor Visual Basic”.
  6. Klik menu “File” di bilah alat di atas, lalu cari dan pilih menu “File yang Diimpor”.
  7. Buka browser untuk menavigasi ke Automation ID yang telah ditentukan sebelumnya.download. Temukan file makro bernama “IDautomation.bas” dan buka di browser. Setelah itu, file akan ditambahkan ke folder “Modul” yang ada di excel
  8. Keluar dari Editor Visual Basickembali ke buku kerja kosong. Uji barcode Anda dengan memasukkan nomor di sel A1. Di sel berikutnya, masukkan fungsi barcode.
  9. Ketik “=Kode128(A1)” di sel B2. dan tekan “Masuk” setelah Anda selesai menyandikan data.
  10. Pilih sel B2dan pergi ke pilihan font kemudian temukan id otomasi font dan pilih salah satunya. Kode batang akan ditampilkan di sel B2.
Baca juga  Sebelum Beli, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10 5G

Cara membuat barcode lewat android

Jika sulit bagimu untuk melakukannya barcode dari Excel, ada cara yang lebih mudah kamu tahu. Bagi Anda yang menggunakan perangkat Android, ada beberapa aplikasi yang bisa Anda manfaatkan. barcode. Tentunya aplikasi berikut ini sangat mudah digunakan dan tidak sulit. Berikut ini adalah aplikasi android bagaimana melakukannya barcode:

1. Pembuat kode batang

Pembuat kode batang

Jika kamu tidak mau sulitAnda juga dapat menggunakan aplikasi untuk membuat barcode yang dapat diunduh dari perangkat Android. Satu aplikasi untuk pengembang barcode di Android, ini adalah generator kode batang. Aplikasi yang dikembangkan oleh Aeiou ini cukup pintar untuk barcode.

Ada 11 jenis barcode di dalam barcode generator yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Dimulai dengan kode QR dan diakhiri dengan barcode yang biasanya tertera pada kemasan produk yang dijual di supermarket.

Aplikasi ini menerima ulasan yang cukup positif dari pengguna android. Ya, Barcode Generator memang pilihan yang tepat jika ingin berkreasi barcode tidak harus sulit menggunakan Microsoft Excel. Unduh Barcode Generator untuk Android dari Google PlayStore.

2. Generator dan pemindai kode batang

pembuat kode batang 1_

Ada Aplikasi Pembuat lainnya barcode yang bisa dicoba di Android. Namanya Barcode Generator and Scanner. metode melakukan barcode dengan aplikasi ini mudah. Luncurkan saja aplikasi di ponsel Anda, lalu pilih opsi “Hasilkan Kode Batang”.

Jika ya, pilih jenis barcode apa yang akan kamu lakukan. Setelah itu, masukkan nomor kode pada kolom yang tersedia. Klik tombol “Buat” untuk membuat barcode. Dari sini Anda akan dibawa ke halaman berikutnya. Nah, di halaman ini, kamu bisa bebas mengedit warna. barcodebahkan menunjukkan template. Sangat unik bukan?

Baca juga  Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Kece vivo Y15s

Sayangnya, tidak semua fitur aplikasi ini tersedia secara gratis. Contohnya seperti template. Beberapa di antaranya hanya tersedia untuk pengguna VIP. Jika Anda menggunakan layanan gratis, aplikasi akan menampilkan iklan.

Jadi, jika Anda berlangganan VIP, Anda pasti dapat mencoba fitur-fitur khusus dari aplikasi ini. Iklan juga tidak akan ditampilkan. Harga berlangganan mulai dari Rp 14.000 per bulan. Ingin? Unduh Android Barcode Generator dan Scanner dari Google PlayStore.

3. Arsitek barcode

arsitek kode batang

Barcode Architect adalah salah satu aplikasi terbaik untuk pengembang barcode Lain. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Pengembang bernama Simon Boylen. Dalam aplikasi ini, Arsitek Barcode menyediakan fitur yang dapat dibuat oleh pengguna barcode 1D mudah dan tidak terbatas.

Tidak hanya itu, Arsitek Barcode juga mengambil keuntungan untuk format barcode seperti EAN, UPC-A, UPC-E, ISBN dan banyak lagi. Anda juga dapat mengirimkan hasil Anda sekarang. barcode sudah dibuat melalui email atau simpan sebagai PNG, JPG, SVG atau HTML5. Cukup kenyang, bukan? Download Arsitek Barcode untuk Android di Google PlayStore.

4. Pembuat kode QR – QRTIGER

qrtiger 1-sisi_

Selanjutnya adalah pembuat kode QR dari QRTIGER. Seperti namanya, aplikasi ini dapat digunakan untukuntuk menghasilkan Kode QR. Sangat mudah untuk membuat kode QR di sini. Buka saja aplikasinya, lalu pilih opsi untuk menghasilkan kode QR sesuai kebutuhan. Misalnya, tim Caris Signal membuat kode QR dari teks. Jadi, kami memilih opsi “Teks”.


https://actoncloud.com